Check-in Garuda Indonesia Dan Pengaturan Bagasi

Memesan penerbangan

 

Bagaimana Cara Check-In?

Check-in secara online atau web sebenarnya tak diwajibkan dalam penerbangan Garuda Indonesia, tapi bagaimanapun web check-in bisa menghindari Anda dari antrian di bandara. Jika Anda tak memilih untuk check-in lewat online, Anda bisa datang sesegera mungkin ke bandara, tunjukkan e-tiket Anda di konter Garuda Indonesia dan Anda bisa langsung check-in dengan mudah.

Di halaman selanjutnya Anda akan menemukan informasi detail tentang proses check-in.

Garuda Indonesia Informasi

Kami telah mempersiapkan untuk Anda satu set halaman tentang informasi mendasar dan mendalam mengenai Garuda Indonesia:

Garuda Indonesia Promo

Semua orang menyukai penawaran terbaik. Di halaman-halaman tersebut Anda bisa menemukan berbagai promosi, diskon eksklusif dan last minute deals dari Garuda Indonesia. Hemat uang, mari liburan murah!

Garuda Indonesia airplane

menangkan tiket gratis!

Kami mengadakan kontes non-stop di mana orang-orang telah menikmati terbang secara gratis! Terhubunglah bersama kami dan lihat caranya untuk menang!

Klik untuk MenangPemenang

Sistem Check-in Garuda di Bandara

Garuda Indonesia sangat menyarankan bahwa penumpang untuk tiba di bandara setidaknya 1 (satu) jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik dan 2 (dua) jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional. Lebih cepat tiba di bandara, lebih baik.

Sistem Check-in Garuda Secara Online/Web

Sistem check-in Garuda Indonesia secara web atau online adalah pilihan alternatif untuk penumpang lewat internet agar tak perlu mengantri atau menunggu lama di bandara.

Pilihan check-in secara online bisa dilakukan oleh penumpang penerbangan domestik dan internasional mulai dari 24 jam sebelum penerbangan, dan berakhir 4 jam sebelum keberangkatan.

Kecuali untuk keberangkatan dari Jakarta (CGK) untuk destinasi domestik, layanan ini bisa diakses mulai 24 jam sebelum keberangkatan dan berakhir 2 jam sebelum keberangkatan.

Sistem Check-in Garuda Secara Mobile

Dengan sistem check-in mobile Garuda Indonesia, penumpang dapat memilih kursi dengan mudah menggunakan aplikasi mobile Garuda dari smartphone Anda mulai 24 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan.

Kecuali untuk keberangkatan dari Jakarta (CGK) untuk destinasi domestik, layanan ini bisa diakses mulai 24 jam sebelum keberangkatan dan berakhir 2 jam sebelum keberangkatan.

Waktu Check-in Garuda

Sangatlah penting untuk tiba lebih awal di bandara sehingga lebih banyak waktu sebelum berangkat, karena proses sebelum keberangkatan sering tak dapat diprediksi. Penumpang harus tiba di bandara dengan waktu cukup untuk melengkapi proses tiket, pengecekan bagasi, prosedur pengecekan keamanan dan tiba di boarding room sebelum bersiap berangkat. Jika penumpang tidak melengkapi proses check-in, resikonya adalah tertinggal pesawat dan biaya tambahan akan dikenakan.

Waktu maksimal sebelum check-in adalah 1 (satu) jam sebelum waktu keberangkatan. Pintu pesawat tutup 30 menit sebelum keberangkatan dan 45 menit untuk keberangkatan ke negara-negara Timur Tengah.

Sebagai bagian dari pelayanan kelas Garuda Indonesia Plus-Plus Economy, check-in lebih awal bisa dilakukan melalui seluruh jaringan domestik di Indonesia.


30 min
Penerbangan Domestik

60 min
Penerbangan Internasional

Boarding Pass

Boarding pass berisi kode bar yang berisi informasi dari nomor tempat duduk, waktu keberangkatan, dan rute penerbangan.

Untuk mendapatkan boarding pass, penumpang dapat check-in secara online dari rumah atau kantor. E- boarding pass akan dikirim ke lewat alamat e-mail yang bisa langsung dicetak/print. Check-in secara web/online juga memungkinkan penumpang untuk check-in bagasi terlebih dahulu, memilih kursi yang diinginkan, memilih makanan (jika tersedia) dan pilihan-pilihan lainnya sebelum berangkat. Saat tiba di bandara, boarding pas haruslah ditunjukkan ke petugas Garuda Indonesia.


Bagaimanapun, Anda juga tak harus melakukan online check-in dan langsung mendapatkan boarding pass di konter bandara.

Penumpang juga dapat mengambil keuntungan dari penawaran promo BPTV - Boarding Pass True Value.
Promo ini berlaku 7 hari setelah tanggal penerbangan yang tertera pada boarding pass. Promo BPTV menawarkan penumpang keuntungan-keuntungan luar biasa dari Garuda Indonesia dan perusahaan-perusahaan partner. Penumpang diharuskan untuk menunjukkan Garuda Indonesia boarding pass atau kartu GarudaMiles kepada perusahaan partner GA untuk mendapatkan harga spesial. Program ini memberikan pelanggan kesempatan untuk mengeksplor hotel, resort, spa, tempat belanja, tempat wisata, penyewaan mobil dan restoran-restoran yang istimewa. Benar-benar pengalaman yang bernilai, dengan banyak penawaran menarik untuk pelanggan!

Peraturan Bagasi: Penerbangan Domestik

Sektor domestik Garuda Indonesia memperbolehkan penumpang agar dapat membawa tas tangan paling berat 7kg. Dimensi maksimum bawaan: panjang 56cm, lebar 36cm, kedalaman 23 cm dan termasuk roda, pegangan, dan kantong tambahan. Tas harus dapat ditempatkan di kabin di atas kursi penumpang atau di bawah kursi Anda untuk penerbangan yang lebih nyaman. Kursi roda yang dapat dilipat atau perlengkapan yang mendukung penumpang disabilitas adalah gratis di penerbangan domestik. Berat bagasi yang diperbolehkan mulai dari 20kg untuk kelas Ekonomi, 30kg untuk kelas Bisnis dan 40kg untuk penumpang First Class.


20+ kg
Bagasi pesawat

7 kg
Bagasi kabin

Peraturan Bagasi: Penerbangan Internasional

Peraturan bagasi Garuda Indonesia untuk penerbangan internasional sangatlah mudah. Penumpang dapat membawa tas tangan seberat 7kg tanpa biaya tambahan, dan harus dapat ditempatkan di kabin atas kursi penumpang. Dimensi maksimum bawaan: panjang 56cm, lebar 36cm, dan kedalaman 23 cm. Kursi roda yang dapat dilipat atau perlengkapan yang mendukung penumpang disabilitas adalah gratis di penerbangan internasional. Total berat bagasi yang diperbolehkan untuk kelas Ekonomi adalah 30kg, kelas Bisnis 40kg, dan penumpang First Class dibolehkan membawa seberat 50kg.


30+ kg
Bagasi pesawat

7 kg
Bagasi kabin

Bagasi Gratis untuk Penumpang yang Terbang Bersama

Bagasi gratis atau Free Baggage Allowance (FBA) terdiri dari dua atau lebih penumpang yang terbang bersama ke tujuan yang sama via penerbangan yang sama. Anda harus datang bersama-sama dengan tas yang akan dimuat di bagasi dan total bagasi yang dihitung adalah total bawaan keseluruhan, walaupun salah satu bawaan kelebihan berat. Jika kombinasi bawaan melebihi total berat yang diperbolehkan, maka ada biaya yang dikenakan.

Peraturan Bagasi untuk Bayi dan Anak-Anak

Untuk penerbangan domestik, total bagasi yang dibolehkan Garuda untuk anak-anak (di atas 2 tahun) adalah 20kg untuk kelas Ekonomi, 30kg untuk kelas Bisnis, dan 40kg untuk penumpang First Class. Sedangkan maksimum bagasi yang dapat dibawa bayi untuk kelas Ekonomi dan Bisnis adalah 10kg, dan untuk First Class 20kg.

Harap perhatikan: Garuda Indonesia telah mengenakan kebijakan bagasi untuk memastikan bahwa setiap barang yang telah di check-in tidak lebih dari 32kg atau biaya akan dikenakan.

Untuk penerbangan internasional, total bagasi yang dapat dibawa anak-anak adalah 30kg untuk kelas Ekonomi, 40kg untuk kelas Bisnis, dan 50kg untuk penumpang First Class.

Bayi yang berada dalam penerbangan domestik dan internasional yang tak dapat duduk di kursi sendiri diperbolehkan membawa bagasi seberat 10kg dan tambahan 1 (satu) stroller/kereta dorong yang dapat dilipat atau keranjang atau kursi duduk bayi, yang dapat dibawa ke dalam kabin namun tergantung kesediaan tempat.

Biaya Kelebihan Bagasi

Garuda Indonesia memberlakukan biaya kelebihan berat bagi bawaan yang melebihi batas yang ditentukan untuk penerbangan domestik dan internasional. Sektor domestik memiliki harga tetap untuk kelebihan bagasi - sebanyak 1.5% dari biaya standar untuk tiap per kilogram kelebihannya.

Harap kunjungi halaman Peraturan Umum Bagasi Garuda untuk mempelajari lebih lanjut tentang peraturan bagasi di Garuda dan biaya-biayanya. Beberapa penerbangan Garuda dioperasikan oleh pesawat lain dikarenakan kerjasama. Dengan kondisi ini, kebijakan biaya dan peraturan tentang bagasi pun bisa berbeda tergantung peraturan pesawat itu sendiri.

Peraturan Peralatan Olahraga dan Instrumen Musik

Semua peralatan olahraga dan instrumen musik akan dimasukkan ke dalam peraturan Free Baggage Allowance (FBA) tergantung dari tarif yang dibayar. Jika dalam bagasi berisi peralatan olahraga atau instrumen musik melebihi berat FBA, maka biaya kelebihan berat akan dikenakan. Sepeda diperbolehkan untuk dibawa di penerbangan Indonesia, namun maksimum berat untuk sepeda adalah 30kg. Jika lebih dari 30kg, maka biaya kelebihan berat akan dikenakan.

Kehilangan Bagasi

Dalam kasus kehilangan bagasi, Garuda Indonesia akan menyediakan pilihan sesuai kenyamanan dalam mendapatkan informasi status mengenai bagasi Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengakses Garuda Indonesia Tracing Page dan isi dengan nama dan nomor referensi yang diberikan oleh staf bagasi Garuda Indonesia. Klik "submit" dan sistem akan menginformasi Anda status bagasi Anda yang hilang.


Tingkat Kepuasan Penumpang Garuda Indonesia

4.6/5Dari 8088 Suara

vote
Peringkat Keamanan
Kenyamanan Tempat Duduk
Makanan
Ketepatan Waktu

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.