Check-in AirAsia Dan Pengaturan Bagasi

Memesan penerbangan

 

Bagaimana Cara Check-In?

Ada tiga cara Anda bisa melakukan check-in AirAsia: web check-in, mobile check-in, dan check-in langsung di bandara. Anda bisa melakukan check-in online AirAsia melalui web atau mobile sebelumnya untuk menghindari antrean check-in di bandara. Namun bila Anda memilih untuk check-in di bandara, cukup datang lebih awal ke bandara dan tunjukkan e-ticket ke konter AirAsia untuk masuk ke gate.

Di sini kami telah memberikan informasi lengkap yang Anda butuhkan mengenai proses check-in AirAsia.

Airasia Informasi

Kami telah mempersiapkan untuk Anda satu set halaman tentang informasi mendasar dan mendalam mengenai AirAsia:

AirAsia Promo

Semua orang menyukai penawaran terbaik. Di halaman-halaman tersebut Anda bisa menemukan berbagai promosi, diskon eksklusif dan last minute deals dari AirAsia. Hemat uang, mari liburan murah!

AirAsia airplane

menangkan tiket gratis!

Kami mengadakan kontes non-stop di mana orang-orang telah menikmati terbang secara gratis! Terhubunglah bersama kami dan lihat caranya untuk menang!

Klik untuk MenangPemenang

Sistem Check-in AirAsia di Bandara

Check-in di bandara adalah cara yang paling umum. Anda datang ke terminal keberangkatan di bandara, tunjukkan e-ticket ke staf di konter Air Asia, dan Anda akan diberikan boarding pass untuk masuk ke dalam pesawat. Namun check-in di bandara bisa memakan waktu bila antreannya panjang. Jadi, penting untuk datang ke bandara lebih awal dari jadwal penerbangan untuk menghindari antrean.

Sistem Check-in AirAsia Secara Online/Web

Check-in Online AirAsia adalah alternatif cara check-in selain check-in di bandara. Dengan check-in secara online di website Air Asia, Anda tidak perlu ikut antrean check-in di bandara sehingga bisa menghemat waktu. Setelah melakukan Air Asia Web Check-in, Anda akan dikirimkan 2D barcode melalui SMS untuk discan di konter Air Asia dan boarding pass akan langsung dicetak.

Sistem Check-in AirAsia Mobile

Check-in Online AirAsia juga bisa dilakukan melalui mobile website atau aplikasi smartphone AirAsia Mobile. Dengan ini, melakukan check-in secara online menjadi lebih mudah melalui smartphone Anda. Air Asia mobile check-in dibuka mulai dari 14 hari sebelum tanggal keberangkatan sampai 1 jam (untuk kode penerbangan AK/FD/QZ/PQ) atau 4 jam (untuk kode penerbangan D7) sebelum jam keberangkatan.

Waktu Check-in AirAsia

Air Asia Web dan Mobile Check-in dibuka mulai dari 14 hari sebelum tanggal keberangkatan sampai 1 jam (untuk kode penerbangan AK/FD/QZ/PQ) atau 4 jam (untuk kode penerbangan D7) sebelum jam keberangkatan. Untuk check-in secara manual di bandara, konter check-in AirAsia akan dibuka 2 jam (untuk penerbangan domestik) atau 3 jam (untuk penerbangan internasional dan AirAsia X) dan ditutup 1 jam sebelum jam keberangkatan.


60 min
Penerbangan Domestik

60 min
Penerbangan Internasional

Boarding Pass

Boarding pass adalah lembaran tiket untuk masuk ke dalam pesawat dan ditunjukkan ke kru Air Asia saat di gate. Anda akan menunjukkan dokumen yang dibutuhkan serta e-ticket kepada staf di konter check-in AirAsia untuk mendapatkan boarding pass. Untuk yang check-in melalui web atau mobile, Anda akan mendapatkan pilihan untuk mencetak boarding pass sendiri yang dikirimkan melalui email dalam bentuk .pdf atau menunjukkan 2D barcode yang dikirimkan melalui SMS untuk dipindai dan mencetak boarding pass di konter Air Asia.


Peraturan Bagasi: Penerbangan Domestik

Anda diperbolehkan membawa bagasi kabin dan satu tas laptop atau tas tangan ke dalam pesawat. Sedangkan untuk bagasi yang didaftarkan, Anda akan dikenakan biaya untuk membawa bagasi seberat 15kg/20kg/25kg/30kg/40kg, tergantung destinasinya. Khusus penerbangan domestik dengan kode penerbangan QZ (Indonesia), Anda akan mendapatkan jatah bagasi gratis sebesar 15kg.


15+ kg
Bagasi pesawat

7 kg
Bagasi kabin

Peraturan Bagasi: Penerbangan Internasional

Anda diperbolehkan membawa bagasi kabin dan satu tas laptop atau tas tangan ke dalam pesawat. Sedangkan untuk bagasi yang didaftarkan, Anda akan dikenakan biaya untuk membawa bagasi seberat 20kg/25kg/30kg/40kg, tergantung destinasinya.


20+ kg
Bagasi pesawat

7 kg
Bagasi kabin

Bagasi Gratis untuk Penumpang yang Terbang Bersama

Anda bisa menggabungkan bagasi yang didaftarkan bila teman Anda berada di jadwal penerbangan yang sama. Cukup datangi staf di konter check-in AirAsia bersama teman Anda jika Anda ingin menggabungkan bagasi.

Peraturan Bagasi untuk Bayi dan Anak-Anak

Bayi Anda tidak mendapatkan tambahan kapasitas bagasi, namun Anda dapat mendaftarkan kereta dorong bayi untuk dimasukkan ke dalam kabin pesawat secara gratis. Anak-anak akan mendapatkan kapasitas bagasi yang sama dengan orang dewasa.

Biaya Kelebihan Bagasi

Harga bagasi Air Asia yang kelebihan dari berat yang didaftarkan akan dikenakan per kilogram, dan harga ini berbeda untuk tiap penerbangan. Harga kelebihan bagasi akan dikalikan 1,5% dari harga tiket tertinggi yang dijual pada jadwal penerbangan tersebut (contoh: bila harga tiket tertinggi pada penerbangan Anda adalah Rp1.000.000, maka tarif kelebihan bagasi adalah Rp15.000 per kilogram). Jadi pastikan bagasi yang Anda daftarkan tidak melampaui berat bagasi yang sudah Anda bayar.

Kehilangan Bagasi

Ada dua kemungkinan bagi bagasi yang tidak muncul saat pengambilan di conveyor belt bandara, yaitu bagasinya tertunda atau hilang. Bila bagasi tidak kunjung muncul saat pengambilan, lapor kepada staf Air Asia dengan menunjukkan tiket, boarding pass, dan baggage tag untuk memudahkan Air Asia mencari bagasi Anda melalui Air Asia Baggage Tracing System. Anda juga akan diberikan nomor Property Irregularity Report (PIR) untuk mengecek kondisi bagasi Anda melalui website Air Asia. Bila bagasinya tertunda, Air Asia akan mengantarkan bagasi ke alamat yang tertera pada PIR yang Anda isi. Bagasi dinyatakan hilang setelah 7 hari (untuk penerbangan domestik) atau 14 hari (untuk penerbangan internasional) dari tanggal Anda isi formulir nomor PIR. Di situasi ini, Anda akan menyiapkan fotokopi paspor atau ID, fotokopi buku tabungan, kode SWIFT/IBN/BCB (untuk transaksi internasional), dan dokumen lain yang diminta. Anda akan dihubungi oleh Air Asia Central Baggage Tracing Office untuk tindakan selanjutnya. Bila Anda menginginkan kompensasi dari kehilangan bagasi, jangan lupa untuk sertakan asuransi tambahan.


Tingkat Kepuasan Penumpang AirAsia

4.5/5Dari 5644 Suara

vote
Peringkat Keamanan
Kenyamanan Tempat Duduk
Makanan
Ketepatan Waktu

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.