Jayapura DJJ - Makassar UPG

Tiket Pesawat Termurah Dan Informasi Penerbangan

Memesan penerbangan

 

Informasi penerbangan

Informasi tentang Kota Makassar

Makassar adalah ibukota dari Sulawesi Selatan. Kota ini dulunya dikenal dengan nama Ujung Pandang, namun diganti menjadi Makassar. Kota Makassar merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia dan merupakan kota metropolitan terbesar yang ada di luar Pulau Jawa. Kota ini merupakan pintu masuk penting untuk wilayah Indonesia Timur. Selain itu, Makassar juga memiliki banyak lokasi wisata menarik untuk dikunjungi, seperti Trans Studio, Pantai Losari, Benteng Rotterdam, Taman Nasional Bantimurung dan masih banyak lainnya. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin merupakan salah satu pintu masuk penting ke Makassar dan wilayah timur Indonesia secara keseluruhan. 

Berapa lama penerbangannya?

Rute penerbangan Jayapura – Makassar biasanya ditempuh dalam waktu 3 jam 20 menit.

Perbedaan waktu diantara kedua kota

Perbedaan waktu antara kota Jayapura dan kota Makassar adalah -1 jam. Jika waktu di kota Jayapura menunjukkan pukul 10.00 WIT, maka waktu di kota Makassar akan menunjukkan pukul 09.00 WITA.

Fakta-fakta menarik

• Ada 4 maskapai yang melayani rute penerbangan Jayapura – Makassar, diantaranya yaitu Batik Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia dan Lion Air
• Ada 6.711 kursi yang tersedia di setiap minggunya untuk terbang langsung ke Makassar dari Jayapura
• Ada 36 jadwal penerbangan di setiap minggunya untuk rute Jayapura - Makassar
• 50% dari semua jadwal penerbangan langsung untuk rute Jayapura – Makassar disediakan oleh Lion Air
• Lion Air memiliki 378 penerbangan penghubung antara kota Jayapura dan Makassar
• 30% dari semua jadwal penerbangan langsung rute Jayapura – Makassar berangkat di pagi hari
• 50% dari semua jadwal penerbangan langsung dari Jayapura ke Makassar tiba di siang hari
• Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia memiliki banyak penerbangan penghubung antara kota Jayapura dan Makassar
• Timika, Biak dan Manokwari adalah kota-kota utama tujuan transit penerbangan rute Jayapura - Makassar
• Waktu tempuh tercepat untuk rute penerbangan dari Jayapura ke Makassar adalah 3 jam 5 menit

Informasi umum tentang rute ini

Jauhnya jarak penerbangan dari Bandara Sentani Jayapura (DJJ) ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (UPG) adalah 1.457 mil atau 2.344 km.





Informasi tentang Kota Jayapura

Jayapura merupakan ibukota dari Provinsi Papua. Kota ini merupakan kota yang terletak di wilayah paling timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan negara Papua New Guinea. Dilihat dari topografi kotanya, kota Jayapura memiliki kontur yang menarik dimana kota ini dikelilingi oleh pegunungan dan pantai yang menjorok ke arah daratan yang dikenal dengan Teluk Jayapura. Kota ini dulunya bernama Holandia yang artinya kota yang memiliki banyak teluk. Setelah itu berganti lagi menjadi Kotabaru, Sukarnopura dan terakhir Jayapura yang dipakai hingga kini. Kota Jayapura dapat diakses melalui udara dan juga laut. Anda bisa melalui Pelabuhan Kota Jayapura yang terletak di jantung kota atau bisa juga lewat udara melalui Bandara Sentani. 

Berapa lama penerbangannya?

Lamanya waktu yang diperlukan untuk menempuh penerbangan langsung rute Makassar – Jayapura adalah selama 3 jam 25 menit. 

Perbedaan waktu diantara kedua kota

Perbedaan waktu antara kota Makassar dengan kota Jayapura adalah 1 jam. Jika waktu di kota Makassar menunjukkan pukul 12.00 WITA, maka waktu di kota Jayapura akan menunjukkan pukul 13.00 WIT.

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Transportasi dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ke Kota Makassar

Jika Anda baru saja mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin, angkutan umum yang bisa Anda gunakan untuk menuju pusat Kota Makassar dari bandara, yaitu:

1. Taksi

Ada taksi bandara dan juga taksi komersial di bandara ini. Jika ingin naik taksi resmi bandara, Anda bisa menjumpai taksi ini di dekat pintu keluar bandara. Namun biasanya begitu keluar dari pintu kedatangan akan banyak supir taksi yang menawarkan jasanya. Ongkos naik taksi ini dari bandara menuju pusat kota Makassar biasanya sekitar Rp 80.000 – Rp 100.000 sekali jalan.

2. Bus Damri

Anda juga bisa menjumpai bus Damri di bandara ini. Bus Damri ini beroperasi mulai pukul 05.00 WITA hingga 24.00 WITA setiap harinya. Rute yang tersedia hanya satu, yaitu Bandara Internasional Sultan Hasanuddin – pusat kota PP dengan ongkos Rp 25.000 per orang.

3. Angkutan Kota / Pete-Pete

Jika Anda ingin transportasi yang lebih murah, Anda bisa naik angkutan kota. Di Makassar angkutan kota ini dikenal dengan nama Pete-Pete. Untuk naik Pete-Pete, Anda harus berjalan lumayan jauh keluar bandara menuju Jalan Perintis Kemerdekaan. Tapi ada shuttle bus bandara gratis yang bisa Anda naiki hingga pintu keluar bandara untuk menghemat waktu dan tenaga. Setelah itu Anda harus berjalan lagi untuk mencapai Jalan Perintis Kemerdekaan. Setelah itu, naiklah pete-pete tujuan Terminal Daya. Sesampainya di Terminal Daya, ganti pete-pete lagi yang ke pusat kota. Ongkos naik pete-pete ini adalah Rp 4.000 per orang sekali jalan.





Transportasi dari Kota Jayapura ke Bandara Sentani

Bagi Anda yang ingin menuju Bandara Sentani, transportasi umum yang bisa Anda gunakan untuk menuju bandara dari pusat kota Jayapura dan sekitarnya adalah:

1. Taksi bandara

Anda bisa naik taksi untuk menuju bandara dari mana saja di Jayapura. Namun taksi disini bukan taksi sedan seperti umumnya, namun menggunakan mobil minibus seperti Kijang, Avanza dan sebagainya. Tarif yang dikenakan pun beragam, biasanya tergantung lokasi Anda, seperti:

• Pusat kota Jayapura – Bandara Sentani Rp 250.000
• Waen – Bandara sentani Rp 200.000
• Abepura (Tujuan Abe serta Kotaraja) – Bandara Sentani Rp 250.000
• Pasir Dua dan area sekitarnya – Bandara Sentani Rp 350.000

2. Ojek

Anda juga bisa memilih naik ojek untuk menuju bandara. Ongkos normal naik ojek dari pusat kota ke bandara adalah sekitar Rp 60.000. Namun ongkos ojek ini bisa ditawar sesuai dengan jarak tempuh.

3. Taksi Angkot

Ada juga angkot yang menuju Bandara Sentani. Masyarakat Jayapura menyebut angkot dengan sebutan taksi. Untuk bisa sampai ke bandara Anda harus ganti taksi angkot beberapa kali. Agar tak salah naik angkot, ada baiknya Anda tanya sopir atau masyarakat sekitar terlebih dahulu angkot mana yang menuju bandara. Ongkos naik taksi angkot ini adalah Rp 5.000 per orang sekali jalan.

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.