Mau Mendaki Gunung Jayawijaya? Tiket Pesawatnya Rp 448.000 Aja!

Apakah anda ingin mendaki Gunung Jayawijaya, yang merupakan salah satu pendakian paling terkenal di dunia? Jika iya, maka inilah saatnya, karena ada tiket promo spesial dari Sriwijaya Air hanya di Tiket2.com. Buat anda warga Merauke, terbang ke Jayapura hanya Rp 448.000 saja sekali jalan. Ini dia, fakta-fakta menarik seputar pegunungan Jayawijaya, bagi anda yang ingin menjelajah kesana!

1. Inilah satu-satunya tempat bersalju di area tropis Indonesia

Mungkin sebagai warga Indonesia sendiri, masih ada yang tidak mempercayai bahwa puncak Jayawijaya ini bersalju. Benar lho! Meksipun di daerah tropis, wilayah pegunungan ini bisa bersalju karena ketinggiannya yang lebih dari 4.884 meter diatas permukaan laut. Bahkan, gunung ini merupakan salah satu puncak tertinggi didunia.

2. Tak hanya itu saja, gunung bersalju ini juga dilintasi oleh garis khatulistiwa

Biasanya, tempat-tempat yang dilewati oleh garis Hhatulistiwa adalah tempat-tempat tropis, karena di wilayah khatulistiwa, akan diterangi langsung oleh cahaya atau sinar matahari. Tak heran, kalau saat siang hari cerah, salju yang menyelimuti puncak pegunungan tersebut memantulkan sinar mentari tersebut.

3. Namun, akibat pemanasan global, dikabarkan bahwa salju di gunung ini bisa menyusut

Ketebalan salju di gunung Jayawijaya memang sangat tebal, bahkan dikatakan es disini merupakan 5% dari total cadangan es didunia. Namun, kegiatan manusia yang mengeksploitasi bumi sekaligus pemanasan global yang tak terbendung lagi, ditambah dengan sinar matahari terus menerus menyinari pegunungan tersebut, maka salju disini akan menyusut, bahkan telah terdapat aliran sungai es.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.
4. Gunung Jayawijaya ditaklukkan pertama kali pada tahun 1962

Orang pertama yang berhasil menaklukkan puncak Jaya adalah regu yang dibawahi oleh pimpinan Heinrich Harrer. Sebelum Heinrich, telah banyak pendaki yang mencoba namun tak berhasil, bahkan kehilangan nyawa diperjalanan. Gunung Jayawijaya memang begitu menantang.

5. Tahukah anda, bahwa nama lain dari Jayawijaya adalah Carstensz Pyramide?

Ada beberapa pendaki yang hanya mengetahui nama Carstensz. Nama ini sebenarnya diambil oleh nama warga Belanda, yaitu Jan Carstensz. Beliau adalah orang pertama yang menemukan bahwa ada gunung salju di daerah tropis. Carstensz tak sengaja melihatnya saat beliau sedang berada diatas kapal laut, tempatnya pada tahun 1623. Saat beliau mengatakan hal tersebut, semua orang tak percaya dan mengira bahwa Carstensz mengada-ada.

Ternyata masih banyak sekali bukan fakta-fakta menarik seputar gunung Jayawijaya yang belum pernah anda ketahui sebelumnya? Bagi anda yang penasaran dan hendak menjelajah ke Gunung Jayawijaya, buruan beli tiket promo dari Sriwijaya Air hanya di Tiket2.com! Murah banget lho, dari Merauke ke Jayapura hanya Rp 448.000 saja nih sekali jalan. Cek jadwal penerbangannya dibawah ini ya.

  • 21 Juni 2016
  • 22 Juni 2016