Tips Jitu Mudik Nyaman Bebas Hambatan

Marhaban ya Ramadhan! Syukur alhamdulillah tahun ini kita bisa berjumpa lagi dengan Bulan ramadhan, bulan puasa yang penuh berkah dan rahmat. Semoga bulan ini kita benar-benar bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan menggunakan waktu yang ada untuk terus memperbaiki diri dan berbuat kebaikan. Dan bicara soal Bulan ramadhan, maka otomatis kita juga bicara tentang mudik. Yap, mudik menjadi agenda wajib bagi orang Indonesia khususnya saat akhir Bulan ramadhan atau menjelang Idul Fitri. Berkumpul dengan sanak family di kampung halaman merupakan impian semua orang saat Idul Fitri tiba. Walau masih awal Bulan ramadhan, tentu banyak dari kita yang sudah berfikir tentang mudik. Seperti apakah kita sekeluarga akan mudik tahun ini?

Kalau iya jadi mudik, enaknya naik apa ya? Pertanyaan seputar mudik pasti akan bermuara pada satu pertanyaan tersebut, mudik tahun ini mau naik apa ya? Gimana caranya mudik lebaran nyaman dan mudik bebas hambatan? Apakah membawa mobil sendiri, apakah naik kapal, apakah naik kereta api ataukah mudik naik pesawat? Jawabannya tentu bergantung dari kehendak masing-masing. Jika naik mobil, antisipasi kemacetan perlu dipikirkan, dan jika naik kereta, tentu hanya ada di kota-kota di Pulau Jawa saja, naik kapal juga hanya untuk tujuan tertentu dan tentunya memakan waktu yang lama. Rasanya yang paling fleksible dan nyaman adalah mudik naik pesawat. Benarkah demikian? Apakah mudik naik pesawat memang menjadi pilihan terbaik mudik lebaran nyaman? Yuk kita kupas tuntas dulu disini, sebelum kita menentukan pilihan.

Pilihlah Moda Mudik Bebas Hambatan!

Hampir setiap orang pasti menginginkan diri mereka berada di tengah tengah-tengah keluarga besar untuk bersama sama merayakan hari kemenangan alias idul fitri. Namun, untuk berkumpul bersama itu, kita butuh effort untuk pulang kampung alias mudik yang seperti sudah mendarah daging pada masyarakat Indonesia. Nah agar mudik lebaran nyaman
kita perlu memutar otak, memikirkan kekurangan dan kelebihan antar moda transportasi.

Bagi yang kampung halamannya di Jawa, pulang mudik dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, atau Surabaya memiliki banyak pilihan moda. Seperti kendaraan pribadi lewat darat, bus, kereta api, juga pesawat. Moda moda tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun untuk memilih kita tentu harus memikirkan dampak yang terkecil. Jika menggunakan moda darat seperti mobil atau bus, dengan banyaknya orang yang juga mudik menggunakan mobil, kemacetan lalu lintas tentu harus dihadapi. Selain itu, kekurangan dengan moda mobil pribadi atau bus adalah saat banyak orang yang mudik kecelakaan di jalan dapat meningkat juga kamacetan yang ada menimbulkan stres tingkat tinggi. Bagi yang membawa anak kecil, kemacetan tentu tidak hanya melelahkan, namun juga menjadi tidak nyaman bagi si kecil. Alih alih ingin berkumpul dengan keluarga besar, bisa bisa si kecil sakit karena kelelahan di jalan.

Kemudian, moda kereta api. Mudik bebas hambatan lewat darat memang bisa dicapai dengan kereta api. Sayangnya moda ini masih memakan waktu yang lama walaupun bebas hambatan. Untuk menempuh perjalanan Surabaya Solo saja, kereta api menjadwalkan lebih dari lima jam. Walau mudik bebas hambatan, naik kereta api juga masih melelahkan.
Terakhir moda pesawat. Dari sisi kenyamanan, memilih moda pesawat memang terbilang nyaman, karena tak mungkin mengalami kemacetan. Kemudian dari sisi waktu, naik pesawat tidak perlu waktu yang lama, untuk menempuh perjalanan Jakarta Surabaya, maskapai penerbangan tertentu hanya memiliki waktu tempuh satu jam sepuluh menit. Tidak seperti kereta api, moda pesawat ini juga memiliki rute yang tidak hanya di Jawa saja. Misal dari Kota Batam ke Kota Surabaya, hanya membutuhkan waktu tempuh selama dua jam lima menit dengan menggunakan maskapai Citilink. Nah jika sudah begitu, moda pesawat ini menjadi pilihan moda untuk mudik yang bebas hambatan sehingga mudik lebaran nyaman untuk kita maupun anak anak kita dapat terealisasi.

Beli tiket pesawat di tiket2.com

Mudik dengan pesawat memang nyaman, karena kita bebas dari kemacetan di jalan, dan waktu tempuh lebih singkat. Tapi wait, bagaimana dengan harga tiket pesawat? Apakah tidak mahal? Ya, perjalanan dengan menggunakan pesawat memang membuat kita merogoh kocek lebih dalam. Namun, dalam beberapa kasus justru lebih murah dari moda darat. Dan pada kasus ini, kita harus cermat juga cerdas memilih tempat untuk membeli tiket.

Beberapa bulan sebelum Ramadhan, beberapa maskapai penerbangan biasanya sudah mengadakan event promo tiket pesawat lebaran. Begitu juga dengan platform-platform penjualan tiket. Salah satunya adalah tiket2.com. Platform ini memungkinkan kita untuk mendapat tiket pesawat mudik murah. Bahkan hingga memasuki bulan Ramadhan, tiket2.com masih menggelar promo tiket pesawat lebaran.

Dalam sebulan ini, menuju mudik lebaran maupun pasca mudik untuk arus balik, tiket2.com akan terus memberikan update harga tiket pesawat mudik murah dengan event promo tiket pesawat lebarannya. Nah agar kita tak ketinggalan informasinya, kita bisa berlanggaran newsletter tiket2.com juga beberapa akun media sosial resmi tiket2.com . Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai
promo tiket pesawat lebaran tiket2.com , silahkan cek https://www.tiket2.com/tiket-pesawat-promo dan jangan lupa untuk berlangganan newsletter ya! Di tiket2.com banyak promo-promo harga tiket pesawat mudik murahyang bisa menjadi alternatif kita menghindari kemacetan moda darat, juga mempersingkat waktu dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Cek secara berkala agar tidak ketinggalan harga tiket murah dan juga informasi-informasi menarik terkait mudik.

Tips Jitu Mudik Lebaran Nyaman

Well, selain tiket pesawat mudik murah, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar mudik lebaran nyaman. Mau tahu apa saja?

1. Kurangi Bawaan Berlebih

Bawalah barang secukupnya saja saat mudik. Selalu menjadi catatan tersendiri, saat bepergian, orang Indonesia memang sering beli oleh oleh atau membawa barang-barang yang memang dirasa perlu untuk dibawa pulang. Namun, saat lebaran, sebaiknya kita meminimalisir membawa barang yang terlampau banyak. Barang bawaan yang banyak akan mebuat kita kelelahan selama membawa barang tersebut. Atau harus merogoh kocek lebih banyak untuk menyewa porter atau membayar kelebihan bagasi.

Yap, saat naik pesawat, penumpang dibatasi hanya untuk membawa barang dengan berat 15 kilo hingga 20 kilo saja, tergantung kebijakan maskapai penerbangan terkait. Dan bila terdapat kelebihan barang yang masuk bagasi, kita sebagai penumpang dikenakan fee tambahan. Fee tambahan untuk bagasi pesawat ini juga menerapkan jarak terbang dan lama terbang lhoo selain tambahan berat barang tersebut.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Bagaimana menyiasatinya jika kita memang harus membawa barang yang banyak? Mudahnya, kirim saja barang-barang terlebih dahulu menggunakan jasa pengiriman barang. Sebelum kita berangkat menggunakan pesawat atau mudik ke kampung halaman, kita bisa terlebih dahulu mengirimkan barang-barang kita termasuk juga oleh oleh untuk para sanak saudara. Tapi jangan terlalu dekat dengan waktu lebaran, idealnya adalah H-2 sebelum waktu terbang kita. Mengapa? Kita mengantisipasi arus pengiriman barang yang juga padat dan mengantisipasi waktu-waktu libur. Jika terkait barang bawaan ini beres, yakin kita tidak akan ribet saat akan pulang. Istilahnya tinggal berlari membawa badan.

2. Berangkat ke Bandara Lebih Awal

Agar tak tergesa-gesa, berangkatlah menuju bandara paling tidak dua atau tiga jam sebelum keberangkatan. Ini agar kita tidak tergesa gesa dan menghindari terlambat karena kemacetan dari rumah ke bandara.

3. Membawa maianan untuk si kecil

Bila kita membawa balita saat mudik menggunakan pesawat, kemungkinan si kecil rewel karena bosan cukup tinggi. Maka sebagai orang tua, kita harus maklum dan mengantisipasi dengan membawakan si kecil mainan kesukaannya atau mainan yang bisa mengasah otaknya. Apa saja mainan yang bisa dibawa ke dalam pesawat? Pertama adalah buku mewarnai plus crayon, kedua benda ini menjadi mainan yang bisa dibawa kedalam pesawat. Selain itu mewarnai adalah salah satu aktivitas yang mengasah otak si kecil. Kedua, buku cerita atau komik.

Jika si kecil sudah bisa membaca atau suka melihat gambar-gambar di buku, maka bawalah buku untuk menghibur si kecil. Selama perjalanan, kita bisa membacakannya untuk dia yang bisa saja bosan selama duduk di dalam kabin. Ketiga adalah clay. Untuk anak anak usia empat atau lima tahun, clay yang bisa dibentuk bentuk menjadi berbagai macam bentuk, bisa menjadi aksi yang menyenangkan di atas pesawat. Keempat, boneka jari. Yap, untuk menghibur si kecil karena bosan duduk, orang tua bisa bercerita dengan boneka jari. Dengan benda-benda atau mainan itu, kita berharap anak anak akan lupa dengan kebosanannya.

4. Menikmati perjalanan selama mudik

Berfikirlah mudik sebagai sarana liburan. Jangan bebani pikiran kita dengan hal-hal yang dapat menimbulkan stress. Saat naik pesawat, pilihlah seat yang dekat dengan jendela. Saat berada pada ketinggian, melihat keluar Jendela menjadi aktivitas yang menyenangkan. Melihat pemandangan di darat saat pesawat terbang dengan ketinggian yang cukup rendah, atau melihat awan awan dengan berbagai bentuk, bisa menghindarkan kita dari stress.

5. Mendengarkan musik

Tak bisa kita pungkiri bahwa mendengarkan music menjadi salah satu cara rileksasi yang jitu. So, saat kita dalam perjalanan mudik, mendengarkan music menjadi salah satu aktivitas yang bisa diperhitungkan. Bawalah headset dan updatelah lagu lagu dalam smartphone agar kita bisa mendengarkannya selama dalam perjalanan. Eiits, tapi saat dalam pesawat jangan lupa untuk memindahkan handphone kita ke mode pesawat terbang ya! Selain musik, bagi kaum muslimin, bisa mendengarkan pengajian atau murotal yang juga akan mengisi rohaniah kita. Sambil menyelam minum air bukan?

6. Membaca buku atau novel dari smartphone

Bukan hanya anak kecil saja yang butuh membaca buku saat dalam perjalanan. Bagi orang dewasa, membaca buku atau novel selama perjalanan mudik juga menjadi keasyikan tersendiri. Di era teknologi yang sudah canggih ini, handphone kita menawarkan sejuta kemudahan, termasuk di dalamnya viewer dokumen yang bisa membantu kita membaca buku atau novel dalam bentuk file. Sebelum berangkat, pastikan untuk memasukkan file ke dalam HP kita.

Well itulah tips-tips jitu mudik yang tentunya bebas hambatan dan waktu yang kita miliki dapat kita manajemen dengan baik. Selain itu, kita juga terhindar dari stress dalam perjalanan mudik kita. Oke semoga bermanfaat. Tetap hati-hati di perjalanan dan selamat berlebaran bersama keluarga besar! Mohon maaf lahir dan batin people!

Related Post