Terminal 3 Bandara Soetta Disahkan, Fasilitas Canggih Ini Bisa Kamu Dapatkan!!

Siapa yang tak tahu Bandara Soekarno Hatta? Bandara yang terletak di Cengkareng, Tangerang Banten ini menjadi salah satu bandara paling banyak disinggahi masyarakat. Tentu bukan hanya msyarakat Indonesia, namun juga masyarakat dari berbagai belahan dunia. Hal ini tidak lain karena letaknya yang strategis. Yaitu di wilayah Jabodetabek yang juga sebagai pusat pemerintahan. Bahkan, bisa dibilang Bandara Soekarno Hatta adalah salah satu bandara yang sangat sibuk di Indonesia.

Bagaimana tidak, bandara yang dioperasikan dari tahun 1985 bukan hanya disinggahi oleh maskapai penerbangan dengan rute domestik, melainkan juga maskapai penerbangan internasional. Sarana transportasi udara yang mulai menjadi pilihan masyarakat di Indonesia ini bahkan sudah memiliki 3 terminal. Tujuannya tidak lain adalah untuk semakin mengakomodir pergerakkan para pengguna pesawat terbang. Benar, kini Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sudah difungsikan. Dan tak tanggung-tanggung, Terminal baru Bandara Soetta ini memiliki berbagai macam fasilitas canggih dan konsep yang begitu modern. Penasaran? Yuk simak ulasannya!

Sejarah Singkat Pembangunan Terminal 3 Bandara Soetta

Setelah mengalami proses yang panjang, akhirnya kini pengesahan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta telah dilakukan dan sudah mulai beroperasi. Bagaimana tidak, terminal baru Bandara Soetta ini dibangun oleh Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Soekarno-Hatta semenjak 2007. Ya, setidaknya butuh hampir 10 tahun untuk kemudian dapat beroperasi.

Pengesahan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta ini tentunya membawa angin segar bagi semua pihak yang biasanya memanfaatkan Bandara Soekarno Hatta, terlebih juga bagi sektor ekonomi di Indonesia. Bagaimana tidak, dua terminal yang lebih dulu ada, yaitu terminal 1 dan terminal 2 sudah tidak mampu menampung pergerakan penumpang dengan kondisi ideal. Ya, Pengesahan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta ini mengurangi beban penumpang di terminal 1 dan 2. Karena dalam perencanaan terminal, daya tampung penumpang yang mampu dibebankan pada 2 terminal lainnya adalah mencapai 18 juta penumpang per tahunnya. Namun, aplikasi dilapangan menunjukkan perkembangan penumpang sudah tembus 32 juta penumpang setiap tahunnya. Padahal, tahun 2020 yang masih jauh untuk dijangkau. Terminal 3 Bandara Soetta ini direncanakan memiliki daya tampung alias kapasitas sebanyak 25 juta penumpang setiap tahun. Jadi konsentrasi penumpang di terminal 1 dan 2 dapat dipecah disini.

Bandara Ramah Lingkungan dan Berkonsep Modern

Yap, pengesahan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta ini masih menyisakan kekaguman. Mengapa? Karena selain disebut-sebut sebagai Bandara ramah lingkungan, terminal baru Bandara Soetta ini diklaim mampu menandingi Bandara Changi, Singapura. Tentu saja, keberadaan terminal baru Bandara Soetta ini menambah warna dalam perkembangan sarana transportasi udara di Indonesia. Selain mengusung konsep Bandara ramah lingkungan, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, yang dalam pembangunannya menghabiskan dana lebih dari 300 miliar hadir dengan konsep yang lebih modern. Apa yang membuatnya modern?

Bangunan Terminal baru Bandara Soetta ini berdiri diatas lahan seluas 422.804 meter persegi (m2) dan memiliki panjang 2,4 kilometer (km). Luas yang dihitung mencapai 2 kali lipat terminal 1 dan 2 ini sudah tentu menjadi terminal terbesar di Bandara Soekarno Hatta. Bangunan tersebut dibagi menjadi beberapa bagian yaitu bangunan terminal memiliki luas 331.101 meter persegi (m2), gedung parkir terminal 3 seluas 85.578 meter persegi (m2), serta gedung VVIP yang dibangun seluas 6.124 meter persegi (m2). Bangunan terminal 3 ini pun dibangun begitu megah setinggi lima (5) lantai. Dimana lantai satu difungsikan sebagai terminal kedatangan, kemudian lantai dua difungsikan sebagai terminal keberangkatan. Tiga lantai lainnya akan difungsikan sebagai sarana perkantoran juga lounge.

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta ini kedepannya bukan hanya akan melayani penerbangan internasional namun juga penerbangan dalam negeri (domestik). Jumlah gate yang telah disediakan oleh Pihak Angkasa Pura di terminal 3 ini mencapai 28 gate. Adapun 10 gate akan digunakan untuk penerbangan internasional dan 18 gate lainnya diperuntukkan bagi penerbangan dalam negeri (domestik). Untuk lokasi cek in dan ruang tunggu di dalam Terminal 3 Bandara Soetta ini, akan diklasifikasi pada penerbangan internasional dan domestik. Jadi keduanya akan dipisah. Untuk penerbangan internasional kelengkapan garbarata ganda khusus pelayanan pesawat super jumbo layaknya Airbus 380 sudah disediakan pula di Bandara Soetta terminal 3 ini. Jadi bisa dibayangkan bukan, bagaimana modernnya terminal baru Bandara Soetta ini? Jika belum, yuk kita ulas beberapa fasilitas yang ada disana.

Fasilitas-Fasilitas di Terminal 3 Bandara Soetta

Sebagai terminal baru Bandara Soetta yang dikatakan dapat menjadi sanginan baru bagi Bandara Changi, Singapura, Terminal 3 Bandara Soetta ini pastinya memiliki begitu banyak fasilitas modern, mewah dan ramah lingkungan yang disediakan. Terlebih lagi penyediaannya pasti disesuaikan dengan skala internasional, mengingat bandara Soekarno Hatta adalah salah satu bandara nomor satu di Indonesia.

1. Mengangkat tema budaya

Terminal 3 Bandara Soetta yang baru ini menyediakan beberapa ornamen khas Indonesia yang tentunya akan menjadi ikon tersendiri bagi terminal yang mulai difungsikan Juni 2016 ini.

Menurut Budi Karya, Direktur Utama Angkasa Pura II, pengangkatan tema untuk dekorasi Terminal 3 Bandara Soetta adalah art and culture. Hal ini sesuai dengan keadaan Indonesia yang memang kaya akan budaya. Ornamen-ornamen yang akan disajikan di Terminal 3 ini nanti berasal dari daerah-daerah di Indonesia. Salah satu ornament tersebut adalah batik, dimana batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia (juga dunia) yang berasal dari Indonesia. Selain ornament-ornamen, di Terminal 3 Bandara Soetta ini diketahui terdapat area khusus pameran. Pameran ini nantinya diharapkan mampu menunjukkan Indonesia sebagai bangsa yang memiliki banyak seni dan budaya.

Selain berguna untuk mempercantik interior bandara, area ini juga akan menjadi ajang promosi budaya dan wisata di Indonesia pada calon penumpang. Mengingat hingga akhir tahun ini, setahap demi setahap direncanakan pengalihan seluruh penerbangan internasional, area ini akan sangat potensial untuk mengatakan pada dunia bahwa Indonesia sangat kaya.

2. Penggunaan kaca lebih dominan

Kemudian untuk mendukung konsep yang diusung sebagai Bandara ramah lingkungan, design kaca yang dominan menggantikan tembok, memungkinkan cahaya matahari menerobos masuk ke dalam gedung. Pencahayaan alami ini tentu akan mengurangi penggunaan listrik yang boros di area publik sehingga penggunaan listrik secara nasional juga dapat ditekan. Selain untuk tujuan tersebut, penggunaan kaca yang lebih dominan ini juga membuat kesan modern dan area jauh lebih luas. Para calon penumpangpun juga bisa mengamati aktivias pesawat-pesawat yang beroperasi di Terminal 3 Bandara Soetta ini.

3. Lampu LED dipilih untuk pencahayaannya

Selain penggantian tembok menjadi kaca yang berimplikasi pada pencahayaan tersebut, Terminal 3 Bandara Soetta juga mememilih memasang lampu-lampu LED. Hal ini bertujuan agar meminimalisir penggunaan energi. Pihak Angkasa Pura II menerapkan teknologi ramah lingkungan dengan memilih menggunakan pencahayaan lampu LED di area terminal 3 ini juga menjadi bukti bahwa terminal baru bandara Soetta ini adalah bandara ramah lingkungan. Dan selain itu, penerangan jalan yang ada diluar ruangan juga menggunakan sumber energi solar cell.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.
4. Bangunan memiliki tinggi 50-an meter

Bangunan terminal memiliki luas 331.101 meter persegi (m2) dengan tinggi bangunan kurang lebih 50 meter. Jika terdiri dari lima lantai, artinya setiap lantai memiliki tinggi ceiling kurang lebih 10 meter. Tingginya ceiling ini menjadi design yang menarik. Selain itu, calon penumpang juga dapat menikmati pemandangan sekeliling Bandara Soetta dari dalam terminal. Bahkan dari lokasi drop off saja, pemandangan sekeliling bandara bisa dilihat dengan mudah.

5. Children’s Playing Area

Sembari menunggu pesawat, dan menjaga mood anak agar tetap menyenangkan, keberadaan chlidren’s playing area ini menjadi fasilitas ramah anak yang bisa dimanfaatkan siapa saja. Lokasi chlidren’s playing area ini juga berada di area ruang tunggu. Sehingga orang tua bisa mengamati sang anak dari tempat duduk yang disediakan rengan rapi dan penataannya yang ciamik. Area terminal yang luas juga memungkinkan gerak anak-anak menjadi lebih luas. Sehingga anak tidak merasa bosan menunggu kapan pesawat take off.

5. Kursi Tunggu yang Berkelas dan Modern

Jika masuk ke dalam Terminal 3 Bandara Soetta ini, dijamin mata kita akan segar. Bagaimana tidak, terlepas dari penggunaan kaca yang memungkinkan cahaya masuk, banyak kursi dengan warna-warna yang menyegarkan mata seperti hijau, biru, juga coklat. Penataannya-pun dikonsep sedemikian rupa sehingga diprediksi membuat pengunjung lebih nyaman dan betah di area terminal.

6. Keamanan diperketat

Dari segi keamanan, Terminal 3 Bandara Soetta ini juga tak ingin kalah dari bandara-bandara internasional lainnya. Keamanan di Terminal baru Bandara Soetta ini lebih ditingkatkan dari 2 terminal lainnya dengan dengan pemasangan CCTV. Puluhan CCTV telah disiapkan pihak angkasa pura di puluhan sudut gedung. Kecanggihan teknologi CCTV ini juga menjadi keunggulan canggih dan inovatif dari Terminal baru Bandara Soetta. Bagaimana tidak, kamera CCTV ini nantinya akan menjadi pemandu bagi petugas untuk mengamankan hal-hal yang menimbulkan keributan. Misalnya, seorang calon penumpang lupa meinggalkan barangnya dalam waktu lima hingga sepuluh menit saja, CCTV akan otomatis menyorot barang tersebut, dideteksi lokasi dan petugas akan bergerak mengamankannya. Cara ini tentunya menjadi salah satu kenyamanan dari segi keamanan calon penumpang.

7. Fasilitas check in yang lengkap

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Pihak Angkasa Pura menyediakan 28 gate di Terminal 3 Bandara Soetta ini. Pembagian yang dilakukan adalah 10 gate untuk penerbangan internasional dan 18 gate untuk penerbangan domestik. Lokasi check in dan ruang tunggu di dalam Terminal 3 Bandara Soetta ini diklasifikasi pada penerbangan internasional dan domestik. Jadi keduanya akan dipisah. Untuk penerbangan internasional kelengkapan garbarata ganda khusus pelayanan pesawat super jumbo layaknya Airbus 380 sudah disediakan pula di Bandara Soetta terminal 3 ini.

8. Transportasi dari dan ke Terminal 3 Bandara Soetta sudah terakomodasi Monorel

Bila anda bertanya, transportasi apa yang disediakan bagi penumpang untuk akses dari dan ke Terminal 3 Bandara Soetta ini, bisa jadi anda berbangga hati. Ya, karena selain transportasi bus seperti yang selama ini melayani di terminal-terminal lain, Terminal 3 Bandara Soetta ini akan dilenggapi kereta monorel sebagai salah satu moda aksesnya. Menarik bukan? Kereta monorel yang disiapkan oleh pihak Angkasa Pura ini nantinya akan menjadi penghubung antara Terminal 3 Bandara Soetta ke Stasiun Bandara Soekarno Hatta dan ke beberapa terminal lainnya di Jakarta.

Keberadaan kereta monorel ini akan menegaskan konsep teknologi modern juga Bandara ramah lingkungan. Menurut Djoko Murjatmojo, Direktur Operasional Angkasa Pura II salah satu teknologi modern yang yang menjadi andalan di Terminal 3 Bandara Soetta adalah teknologi automated people mover with monorail. Operasi kereta monotel ini nantinya akan berputar dari terminal satu, dua, dan tiga per 4 menit sekali. Dalam sekali angkut, kereta monorel ini memiliki daya tamping 150 hingga 200 orang. Teknologi ini disebut-sebut sama seperti di Bandara Changi, Singapura.

9. Kelengkapan Hotel dalam Bangunan Terminal 3 Bandara Soetta

Untuk akomodasi, Pihak Angkasa Pura II juga telah melakukan integrasi dalam terminal. Untuk menginap, para calon penumpang tidak harus ke luar bandara, atau bahkan keluar Terminal 3 Bandara Soetta. Karena di dalam terminal 3 ini, hotel disediakan sebagai salah satu fasilitas yang menunjang pergerakan orang. Bila ingin menginap, hotel di Terminal 3 Bandara Soetta ini terletak di bagian depan, terdiri dari dua bagian yaitu di sisi kanan dan kiri terminal.

10. Petunjuk dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Terminal 3 Bandara Soetta ini dilengkapi dengan petunjuk dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Tujuannya tentu memudahkan calon penumpang domestik maupun internasional. Peletakkannya yang dekat dengan tangga ekskalator ini juga memudahkan bagi siapa saja untuk lebih bergerak cepat seperti orang-orang di negara maju.

11. Parkir bertingkat

Sebagai bandara skala internasional, penyediaan parkir bertingkat juga sudah tersedia di terminal baru Bandara Soekarno Hatta ini. Fasilitas parkir bertingkat berada di sisi kanan dan kiri terminal bandara baru ini.

Nah itulah informasi mengenai kemegahan dan fasilitas canggih yang bisa kamu dapatkan di Terminal 3 Bandara Soetta. Sekali-kali, walau cuma transit, boleh lho terbang dari bandara ini. Selamat mencoba ya!