Terbang Ke Danau Toba Bersama Batik Air

Mulai bulan Maret, maskapai penerbangan Batik Air akan mulai mengoperasikan rute baru yang menghubungkan antara Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta dan Bandara Silangit Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Istimewanya, rute ini adalah rute langsung pertama yang menghubungkan kedua bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II tersebut. Selama ini penerbangan menuju Bandara Silangit memang baru dioperasikan maskapai Wings Air dan Susi Air dari Bandara Kualanamu Medan.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Budi Karya, penerbangan menuju Bandara Silangit memiliki potensi yang tinggi karena dekat dengan destinasi wisata ternama di Sumatera Utara, Danau Toba. Hmm, bayangkan betapa menakjubkannya pengalaman terbang dan menyaksikan danau Toba dari atas!

Budi juga menjelaskan bahwa respon maskapai penerbangan yang akan melakukan penerbangan langsung dari Jakarta ke Bandara Silangit sangat positif. Terlebih lagi, Bandara Silangit dekat dengan Danau Toba dimana pemerintah pusat menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia atau Monaco of Asia.

Langkah Batik Air yang melakukan penerbangan langsung dari Jakarta ke Bandara Silangit merupakan langkah awal pengembangan Bandara Silangit, yaitu dengan menambah frekuensi penerbangan. Saat ini, Batik Air masih menunggu izin dari Kementerian Perhubungan dan mempersiapkan keperluan promosi. Rencananya, Batik Air akan menerbangi rute ini dua atau tiga kali seminggu dan dalam waktu tiga bulan Batik Air akan mengupayakan penerbangan di rute ini setiap hari.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Selain Batik Air, ada dua maskapai penerbangan lain yang tertarik melayani penerbangan rute Jakarta-Silangit secara nonstop, yaitu Citilink Indonesia dan Sriwijaya Air. Mengenai hal ini, Budi mengatakan bahwa tiga maskapai penerbangan ini bersedia melakukan penerbangan ke Silangit langsung ke Jakarta. Khususnya Batik Air yang berniat melakukan penerbangan dengan menggunakan Airbus A320 untuk rute ini. Batik juga merupakan maskapai yang mengajukan komunikasi paling intensif dengan pihak AP II.

Budi menambahkan, Angkasa Pura II telah berkoordinasi dengan Ditjen HubudKementerian Perhubungan agar penerbangan menuju Bandara Silangit tidak hanya dioperasikan dari Bandara Soekarno-Hatta saja, tapi juga dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Nah, bagi Anda yang kebetulan berencana untuk bepergian ke Sumatera Utara, tidak perlu ragu lagi untuk booking tiket Batik Air. Sebagai informasi, Batik Air merupakan maskapai penerbangan paling tepat waktu di semester kedua 2015. Data dari Kementerian Perhubungan menunjukkan bahwa maskapai ini mencatat tingkat ketepatan waktu (On Time Performance) hingga 91,20 persen dari total 25.617 penerbangan. Tingkat ketepatan waktu ini ternyata lebih unggul dari NAM Air yang menempati urutan kedua dan disusul Garuda Indonesia di urutan ketiga.

Presiden Direktur Lion Group, Edward Sirait, menyatakan kegembiraannya dan berniat untuk menjaga konsistensi ketepatan waktu anak perusahaannya tersebut. Maka untuk mewujudkan komitmen menjaga konsistensi itu, sepanjang tahun 2016 ini Batik Air berencana mendatangkan 14 pesawat Airbus A320 untuk memperkuat armadanya.