Sudah Siap Mudik Lebaran? Perhatikan Waktu yang Tepat Memesan Tiket Pesawatnya

Beberapa tahun belakangan ini moda transportasi udara menjadi sebuah pilihan untuk mudik lebaran setelah sebelumnya mendapatkan cibiran karena dinilai terlalu mahal. Namun seiring berkembangnya dunia penerbangan di tanah air diikuti mudahnya mencari tiket pesawat di situs pencari tiket online membuat persaingan harga tiket menjadi lebih ramah dikalangan calon penumpang. Mudik dengan menggunakan pesawat terbang bukan lagi milik kaum kelas atas tapi sudah bisa dinikmati berbagai kalangan. Diperkirakan setiap tahun penumpang pesawat terbang untuk musim lebaran mengalami kenaikan yang cukup pesat sehingga membuat pemerintah memberikan perhatian lebih untuk moda transportasi ini. Terlebih banyaknya bandara-bandara internasional di kota-kota besar di Indonesia yang sudah mendukung ratusan penerbangan setiap harinya semakin membuat terbang ke kampung halaman terasa lebih menyenangkan.

Jika saat ini anda sedang sibuk merencanakan mudik lebaran 2017 dengan menggunakan pesawat terbang sebagai sarana transportasi pulang ke kampung halaman, maka anda harus mempersiapkan semuanya dengan matang terutama kapan harus memesan tiket pesawat. Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memesan tiket pesawat terbang untuk musim mudik Lebaran 2017.

Maskapai Full-service bisa jadi pilihan

Kehadiran maskapai penerbangan berbiaya murah membuat angin segar bagi para masyarakat untuk merasakan nikmatnya terbang dengan pesawat. Anda bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah yang sebelumnya terbilang cukup mahal dari maskapai penerbangan full service. Tapi tentu saja hal sebalinya bisa terjadi di musim lebaran. Pada masa ini, pihak maskapai penerbangan full service justru sering memberikan harga promo dan potongan harga untuk jadwal penerbangan dekat dengan Hari Raya Idul Fitri. Promo-promo ini bisa menghemat pengeluaran anda hingga 30% dari harga yang seharusnya. Jadi jangan buru-buru memandang sebelah mata maskapai penerbangan full sevice saat musim mudik karena bisa jadi anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dengan fasilitas penerbangan yang mewah.

Rencanakan jauh-jauh hari

Menurut data yang ada, hampir setengah dari total tiket penerbangan yang disediakan oleh seluruh maskapai penerbangan di Indonesia di musim mudik sudah terjual kurang dari satu bulan sebelum hari H. Tentu saja dengan mayoritas umat Muslim di Indonesia yang merayakan Idul Fitri membuat pergerakan pencarian tiket ini menjadi lebih massif dari biasanya. Jadi persiapkan benar rencana anda untuk mudik ke kampung halaman. Tentukan tanggal keberangkatana dan hal lainnya agar anda sudah bisa memesan tiket minimal 2 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Biasanya semakin jauh tanggal pemesanan maka anda akan berpeluang mendapatkan tiket promo yang ditawarkan oleh pihak maskapai. Perhatikan pekerjaan anda yang akan anda tinggal, dan rencana arus balik kembali ke perantauan agar anda bisa memesan tiket kembali sekaligus. Ini akan membuat tiket yang anda dapatkan jauh lebih murah karena perencanaan yang cukup matang dari tiket pergi hingga tiket pulang.

Terbang sendirian

Memesan tiket untuk satu orang akan berpeluang mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan memesan tiket untuk rombongan. Jangan samakan dengan hal lain yang bisa mendapatkan diskon jika membeli barang lebih dari satu item. Tiket pesawat dengan satu orang akan lebih fleksibel menempatkan anda pada penerbangan-penerbangan langka. Biasanya pihak maskapai butuh penumpang untuk menggenapi penerbangannya dalam sebuah pesawat dan bisa jadi itu adalah anda. Berbeda dengan anda yang memesan tiket untuk dua atau tiga orang yang akan membutuhkan lebih banyak kursi dalam penerbangan nantinya. Jadi pada saat musim mudik, melakukan penerbangan sendirian bisa memberikan hal positif dari harga tiket yang ditawarkan.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Booking tiket pesawat secepatnya

Menurut survey, tiket pesawat akan semakin langka di waktu-waktu dekat Lebaran. Hal ini tentu memicu kenaikan harga yang cukup signifikan dan bisa menguras kantong anda. Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap moda transportasi udara pun akan membuat penerbangan tambahan menjadi sangat penuh. Jadi semakin cepat anda melakukan pemesanan tiket pesawat maka semakin besar peluang anda mendapatkan tiket murah dengan penerbangan berkualitas. Terkecuali anda bersedia membayar tiket hingga 3 kali lipat untuk penerbangan di hari H. Tapi melakukan pemesanan secepatnya juga harus dibekali dengan pengetahuan tentang aktivitas promo dan diskon dari setiap maskapai. Mungkin ada tiket murah yang harus dipesan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari pihak maskapai sehingga anda bisa menunda dan menunggu sampai waktu yang ditetapkan tiba. Misalnya maskapai penerbangan yang menjual tiket promo di bulan tertentu atau di tanggal tertentu saja.

Perhatikan arus balik

Progres yang cukup terlihat dari arus mudik biasanya terjadi seminggu sebelum hari Lebaran. Hal ini juga berkaitan dengan libur nasional dan cuti yang diperbolehkan oleh tempat bekerja untuk para karyawannya. Jadi setelah anda membeli tiket untuk penerbangan mudik, anda juga harus memperkirakan kapan anda akan melakukan perjalanan balik. Arus balik ini juga berkaitan denga berapa lama libur yang ditetapkan dan biasanya juga terjadi seminggu setelah lebaran. Meski terkadang arus balik tidak seramai arus mudik, anda tetap harus mempertimbangkan ketersediaan tiket pesawatnya. Akan lebih efektif jika anda sudah memesan tiket untuk dua kali penerbangan pulang dan penerbangan balik. Tentu lebih nyaman dan pertimbangan biaya yang dikeluarkan pun sudah dialokasikan dengan baik. Jangan sampai anda kehabisan biaya untuk memesan tiket arus balik karena harganya sudah naik tidak sesuai dengan ekspektasi anda.

Jalur Alternatif

Meski tak se-fleksibel perjalanan darat yang bisa mengganti-ganti kendaraan dan rute, ternyata melakukan penerbangan dengan pesawat juga memungkinkan anda untuk mencari jalur alternatif untuk mendapatkan tiket yang lebih murah. Tiket transit dan tujuan penerbangan yang berbeda bisa jadi juga memberikan harga berbeda pula. Bisa lebih murah atau lebih mahal. Anda bisa mencari bandara terdekat dengan tujuan anda, atau mengalihkan perjalanan ke transportasi lain seperti kereta api dan bus. Cara ini bisa memangkas biaya pengeluaran untuk tiket pesawat anda hingga 30%. Tapi tentu saja mencari jalur alternatif akan menguras waktu dan tenaga anda karena anda akan membutuhkan waktu lagi mencari-cari rute yang pas dan menghemat pengeluaran. Apalagi jika pindah ke sarana transportasi kereta dan bis yang juga harus memesan tiket jauh-jauh hari.

Itu dia 6 hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan pemesanan tiket pesawat saat mudik lebaran 2017 nanti. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap penerbangan tahun ini dipastikan akan melonjak naik dengan kemudahan pemesanan tiket melalui situs tiket online dan juga aplikasi smartphone. Bagi anda yang sedang mempersiapkan tiket penerbangan mudik Lebaran 2017 bisa langsung mengunjungi www.tiket2.com untuk mendapatkan penawaran tiket yang menarik. Dengan kemudahan navigasi, anda bisa bebas melakukan pengecekan harga sesuai dengan tanggal keberangkatan dan maskapai yang tersedia. Selamat mudik dan selamat terbang!

Related Post