Punya Gaji Kecil Tetap Bisa Liburan Dengan Strategi Ini

Sekarang liburan sudah merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Liburan dapat dilakukan oleh siapa saja. Banyak cara untuk dapat merencanakan sebuah kebutuhan untuk liburan. Mau liburan tapi gaji kecil? Sepertinya ungkapan tersebut sudah tidak menjadi masalah lagi. Apalagi sekarang banyak sekali airlines dan hotel yang memberikan program promo. Gaji kecil bisa liburan adalah sebuah ungkapan yang terjadi pada masa kini. Banyak sekali buku panduan tentang traveling superhemat dan beberapa tips tentang bagaimana membuat tabungan traveling. Menurut Claudia Kaunang kita bisa menabung untuk jalan-jalan. Tak hanya traveling di dalam negeri, bahkan di luar negeri sekalipun.

Dari pada anda penasaran, mari kita simak beberapa tips menyisihkan gaji guna keperluan traveling. Banyak orang yang beranggapan bahwa traveling ke luar negeri memerlukan dana yang cukup besar dan waktu yang cukup lama. Jika kita pergi ke Eropa hal tersebut memang benar-benar terjadi. Namun, jika kita pergi di sekitar Asia maka anda tak perlu mengeluarkan budget yang terlalu besar.

Trik dan tips menyisikan uang untuk traveling

tips-traveling

1. Mengatur Gaji Bulanan

Mengatur keuangan dengan cara merencanakan beberapa pengeluaran pokok seperti makan, bayar kontrakan (bila ada), bayar listrik, dan satu lagi pos yang harus ditambahkan yaitu pos untuk lifestyle. Dalam pos lifestyle anda dapat mengisi setelah semua kebutuhan pokok terpenuhi dan tercukupi.

2. Buat rencana berlibur

Ketika anda sudah memulai untuk menabung, ada baiknya anda menentukan destinasi mana yang akan anda pilih setelah tabungan anda terkumpul. Anda juga harus menargetkan sampai kapan anda harus menggunakan uang tabungan anda untuk jalan-jalan. Jika anda akan pergi ke luar negeri, maka anda juga perlu untuk mencari ancang-ancang pemesanan tiket jauh-jauh hari. Jangan sampai anda memesan tiket ketika mendekati hari keberangkatan. Jika anda ingin traveling superhemat.

3. Beli tiket pesawat lebih awal

Membeli tiket pesawat beberapa bulan sebelumnya dapat menghemat budget anda dalam melakukan traveling. Benarkah? Faktanya iya! Karena memesan tiket pesawat jauh-jauh hari akan mendapatkan harga yang lebih murah. Belum lagi persaingan beberapa maskapai yang memberikan harga murah dalam program promo. Terlebih lagi jika anda ingin pergi ke luar negeri. Maka untuk mendapatkan tiket dengan harga murah sangatlah tidak mustahil.

4. Pilih penginapan murah

Selain memesan tiket pesawat, anda juga dapat melakukan pemesanan hotel untuk penginapan. Nah, untuk hotel anda dapat memesan dengan kelas backpaker agar traveling superhemat dan tidak boros di kantong. Sekarang hotel kelas backpaker pun terasa nyaman dengan fasilitas yang mirip dengan hotel berbintang. Jadi, tidak ada salahnya jika budget anda pas-pasan. Anda dapat memilih alternatif tersebut.

5. Jangan pergi sendiri

Karena dengan pergi sendiri maka biaya yang akan anda keluarkan akan membengkak. Beda jika anda pergi bersama teman anda. Dengan budget yang mepet masih bisa anda atur. Karena anda dapat melakukan share cost atau patungan dalam hal akomodasi. Namun kita juga bisa share cost transportasi, contohnya ketika ingin menyebrang pulau, dan memerlukan kapal untuk menyebrang, anda dapat share cost untuk menyewa kapal tersebut.

6. Buatlah rekening terpisah

Hal ini mengatasi agar tabungan anda tidak ikut tercampur oleh pengeluaran lainnya. Jadi dana tersebut benat-benar digunakan untuk tabungan liburan. Membuat rekening terpisah adalah cara untuk menghindari sifat boros anda. Dengan cara tersebut anda akan dengan mudah mengalokasikan pengeluaran dan menyisihkan uang anda untuk traveling.

7. Membuat celengan

Cara ini terbilang kuno, namun dapat sedikit mengatasi masalah keuangan anda. Ketika anda tidak dapat mengontrol keuangan, maka anda dapat menggunakan cara ini. Anda dapat menyisihkan uang jajan anda sebanyak Rp. 5000 sebagai alokasi tabungan traveling anda.

tips-traveling-1

8. Membuka usaha dadakan

Ini salah satu cara smart dari cara-cara yang lain, karena cara ini terbilang susah, jika anda bisa melakukannya maka anda tergolong orang yang hebat. Nah, untuk cara ini anda dapat memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan modal. Anda dapat menjadi reseler untuk baberapa barang yang bisa anda jual melalui media sosial.

9. Kurangi pergi ke Mall atau nongkrong

Ketika anda sedang melakukan sebuah ritual penghematan, maka ini adalah godaannya. Cepat atau lambat anda akan tergoda dengan hal-hal nongkrong dan pergi ke mall guna untuk memenuhi ajakan teman anda. Jika anda salah satu orang yang gampang tebujuk maka anda harus tegas untuk menolak ajakan mereka.

10. Belilah buku panduan perencanaan liburan murah

Lalu anda bisa mempraktekkan beberapa metode yang ada di buku tersebut. Sekarang banyak sekali ditemukan buku-buku panduan traveling dengan biaya hemat.

11. Beli produk perbankan tabungan berjangka

Anda dapat membeli produk ini di beberapa bank yang ada di Indonesia. Biasanya tabungan berjangka ini tidak bisa di tarik sebelum masa jatuh temponya berakhir. Hampir mirip seperti deposito, namun produk ini dapat dicicil seperti menabung biasa setiap bulan dan tidak bisa diambil sebelum jatuh tempo yang ditentukan.

12. Jangan terlalu sering menggunakan credit card

Credit card memang sebuah alat yang canggih ketika kita membutuhkan dana cepat. Bisa dibilang semacam solusi dana cepat. Namun perlu anda ketahui, bahwa menggunakan kartu kredit dapat menyebabkan anda lepas control dalam mengelola keuangan.

13. Membawa bekal makan untuk di kantor

Cara ini memang tidak terlalu efektif, namun bisa membantu sedikit untuk berhemat. Setidaknya anda tidak pergi ke luar kantor untuk membeli makan siang. Dan, uang makan anda dapat anda sisihkan untuk menambah tabungan traveling anda.

Nah, beberapa point tersebut dapat anda gunakan untuk acuan. Agar anda dapat mengumpulkan uang untuk tabungan travelling. Sejatinya traveling itu tidak harus mahal. Jika traveling saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi, maka anda akan melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Masalahnya, bagaimana cara anda untuk melakukan sebuah traveling ketika uang anda sudah terkumpul. Apa yang akan anda lakukan jika semuanya sudah siap untuk digunakan traveling?

Ada beberapa cara agar traveling anda menjadi traveling superhemat. Mari kita buat beberapa daftar apa saja yang perlu dilakukan agar gaji kecil bisa liburan.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Tips Hemat liburan

1. Liburan dengan cara Backpacker

Jika kita ingin berhemat ria ketika liburan, maka simak beberapa cara dibawah ini. Liburan tak selamanya mengeluarkan banyak uang dengan fasilitas mewah bukan? Dengan gaji kecil bisa liburan, untuk itu anda perlu mengubah cara traveling anda menjadi backpacker. Dengan cara ini, liburan anda tidak harus mengeluarkan biaya besar dan kita tidak perlu terlalu memaksa untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin. Karena jika kita paksakan maka yang terjadi anda akan gagal traveling.

2. Pergilah berkelompok

Perlu anda ketahui bahwa pergi berkelompok lebih hemat daripada pergi sendirian. Selain lebih seru kita juga dapat berbagi tenaga dan berbagi bakal. Misalnya, anda akan pergi ke gunung, maka anda dapat membagi beberapa barang yang harus dibawa kepada teman anda.

3. Gunakan metode share cost

Nah, metode ini terjadi lantaran anda pergi bersama teman. Di sini anda dapat berbagi mulai dari biaya hotel, transportasi selama di tempat tujuan, dan beberapa hal lainnya yang anda dapat lakukan. Share cost ini bukanlah semata-mata mengajarkan anda untuk pelit, namun hanya sedikit berhemat dari segi pengeluaran selama di tempat tujuan wisata.

4. Bawalah bekal makanan cepat saji dari rumah

Jika anda berlibur ke luar negeri tak ada salahnya anda untuk membawa bekal makanan dari rumah. Bekal tersebut adalah beberapa makanan ringan yang berkabohidrad tinggi. Selain untuk menanggulangi rasa lapar membawa makanan dari rumah pun dapat menekan budget selama liburan berlangsung.

5. Menginap di rumah teman itu lebih hemat

Perbanyaklah jaringan pertemanan. Karena ini akan memudahkan anda untuk berada di tempat tujuan. Selain dapat menginap di rumah teman, terkadang kita juga mendapatkan service berupa transportasi dan konsumsi. Maka itu, tak salah jika ada pepatah mengatakan bahwa banyak teman banyak rejeki.

6. Jangan kalap membeli oleh-oleh

Hal ini kadang berlaku buat para perempuan. Ketika traveling mereka pasti tak akan lupa akan membeli oleh-oleh. Selain berat oleh-oleh kadang dapat membuat kita boros dalam hal pengeluaran. Terlebih lagi bila anda pergi menggunakan pesawat, maka anda harus memikirkan barang bawaan anda. Jangan sampai anda kelebihan bagasi dan terkena denda, karena itu akan membuat budget anda semakin membengkak.

7. Gunakan transportasi umum

Karena biaya menggunakan MRT lebih murah dibandingkan anda menggunakan transportasi sejenis taksi.

8. Carilah tempat wisata yang free pass

Banyak sekali tempat wisata yang kita kunjungi tanpa harus membayar tiket masuk. Untuk hal ini anda dapat mencari informasi tempat wisata sejenis. Seperti halnya pantai, tempat-tempat bersejarah dan masih banyak lagi yang dapat kita eksplore.

9. Bandingkan biaya jika ikut tour atau jalan sendiri

Jika memang lebih murah menggunakan paket tour, maka itu dapat menjadi sebuah pilihan untuk anda.

10. Cari hostel atau domitori

Sekarang anda tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan tersebut. Gaji kecil bisa liburan bukanlah suatu hal yang mustahil. Untuk kebutuhan menginap di hotel anda dapat mencari beberapa hotel yang menawarkan harga murah namun dirasa tetap nyaman.

tips-traveling-2

11. One day tour

Jika anda keberatan untuk pergi jauh, atau tabungan liburan anda tidak mencukupi untuk pergi ke tempat yang jauh, maka anda dapat liburan ke tempat yang dekat dengan anda dengan cara one day tour atau liburan sehari. Anda dapat berkeliling kota untuk menikmati hari libur anda. Dengan metode ini anda tak perlu repot untuk mengeluarkan uang yang banyak. Jika anda mempunyai kendaraan pribadi maka biaya yang dikeluarkan pun akan terasa hemat.

12. Jangan pilih waktu di hari liburan sekolah

Liburan sekolah adalah waktu dimana semua rutinitas berhenti dan banyak sekali masyarakat yang berbondong-bondong untuk keluar rumah dan pergi tamasya. Selain jalanan macet semua tarif transportasi terkadang naik hingga 50 persen. Jadi tak heran bila anda akan mengeluarkan budget yang berlebihan ketika anda salah moment dalam menentukan jadwal travelling.

Dari setelah melihat daftar diatas bisa anda bisa menarik kesimpulan bahawa traveling superhemat pun dapat anda lakukan. Tanpa harus memikirkan biaya yang besar untuk sebuah ekspedisi perjalanan. Jika anda traveling dengan mengajak anak anda, maka anda harus mempersiapkan seluruh kebutuhannya dari rumah. Termasuk membawakan mainan buat si kecil. Hal ini menghindari sang anak untuk meminta mainan di tempat tujuan. Ada beberapa kasus yang terjadi, ketika orang tua sudah memberikan anggaran untuk traveling, namun di tengah perjalanan sang anak minta dibelikan mainan. Terpaksa dana yang dikeluarkan akan sedikit membengkak dari yang direncanakan.

Berlibur ke suatu tempat tidak harus dengan biaya mahal dan mewah. Kita bisa memilih tujuan liburan kita dengan mengukur kemampuan budget yang kita miliki. Metode memiliki tabungan traveling bisa menjadi salah satu cara untuk dapat melakukan traveling. Selain itu kita juga bisa melakukan traveling superhemat dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Gaji kecil bisa liburan bukanlah sebuah hal yang mustahil. Dengan siapa dan di mana kita melangkah untuk traveling.

Nah, setelah membaca beberapa penjelasan tentunya anda dapat membuat sebuah perencanaan keuangan untuk pergi traveling. Kemana tujuan anda pergi sebaiknya anda tulis dalam dream book anda beserta rancangan anggaran dana yang akan anda butuhkan. Lalu, anda dapat menghitung berapa lama anda dapat mengumpulkan uang tersebut untuk anda jadikan sebagai tabungan traveling anda. Selain itu anda juga perlu mengatur jadwal cuti yang tidak berdekatan atau bersamaan dengan jadwal liburan sekolah. Karena, di waktu liburan sekolah maka akan terjadi kepadatan di area tempat wisata.

Sudah siapkah anda untuk pergi traveling superhemat? Tunggu apa lagi? Alokasikan sebagian dana anda untuk memesan tiket sekarang. Selanjutnya anda bisa mengambil dana tabungan traveling anda untuk jalan-jalan. Happy holiday!