Persiapkan Mudik Anda Mulai Dari Sekarang

Lebaran memang masih beberapa bulan lagi. Meski demikian, tak ada salahnya kan jika Anda sudah mulai bersiap dari sekarang. Anda dapat memulai untuk memesan tiket perjalanan mudik dari sekarang.

Mudik rasanya sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia di kala lebaran. Rasanya kurang lengkap bila Anda tidak menghabiskan momen suci yang penuh kemenangan ini bersama keluarga tercinta. Apalagi jika Anda yang tinggal merantau, jauh dari keluarga besar. Lebaran adalah momen di mana Anda memiliki waktu yang cukup lama untuk melepas rindu bersama keluarga besar. Sayang rasanya jika Anda tidak bisa mudik untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar. Untuk itu, sebelum Anda kehabisan tiket, tak ada salahnya Anda mempersiapkan perjalanan Anda mulai dari sekarang.

Di Hari Yang Fitri tersebut biasanya digunakan untuk saling bermaafan dan menjaga silahturahmi dengan bertemu orang-orang tercinta.

Hari Raya Idul Fitri atau yang akrab dengan Hari Lebaran merupakan perayaan keagamaan yang sangat penting bagi umat Islam. Pada hari ini, umat Islam yang telah sebulan lamanya melakukan ibadah puasa di Bulan Ramadhan dihadapkan pada hari kemenangan. Setelah selesai membersihkan hati dengan berpuasa, pada hari itu mereka merasa lahir kembali dengan saling bermaafan. Momen inilah yang digunakan untuk menjaga silahturahmi dengan kerabat.

mudik dengan kereta api

Di Indonesia terdapat suatu tradisi unik saat Lebaran yaitu mudik. Kata mudik berasal dari kata ‘mau ke udik’ yang berarti pulang ke kampung. Yang dimaksud kampung di sini ialah kampung halaman orang tersebut. Saat Lebaran, Anda yang mungkin merantau dari kampung halaman untuk sekolah atau bekerja ke luar kota memiliki banyak kesempatan untuk mudik. Momen berkumpul bersama sanak keluarga di kampung halaman tentu sangat dirindukan bagi Anda yang merantau jauh dari kampung halaman. Maka kesempatan Lebaran inilah saatnya Anda pergunakan semaksimal mungkin untuk pulang ke kampung halaman dan menengok keluarga di sana. Betapa menyenangkan bukan merayakan hari kemenangan bersama orang-orang tersayang!

Tak perlu khawatir dengan tiket yang melambung tinggi atau harus mengantri, persiapkan perjalanan Anda dari sekarang.

Banyak orang yang ingin merasakan kebersamaan bersama keluarga tercinta saat Lebaran. Untuk itu sarana transportasi dan lalu lintas selalu padat pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Harganya pun kadang tak masuk akal. Sudah menjadi hal yang lumrah bila menjelang Hari Raya Idul Fitri seluruh harga mendadak naik, termasuk harga tiket pesawat. Tidak tanggung-tanggung, kenaikan harga tiket saat lebaran bisa mencapai empat kali lipat. Tak hanya harga yang melambung tinggi, kepadatan di tempat-tempat penjualan tiket perjalanan pun terjadi. Sering kan Anda mendengar banyak orang yang mengantri hingga menginap hanya untuk membeli tiket mudik?

Agar perjalanan mudik Anda berjalan lancar dan tanpa hambatan seperti kehabisan tiket atau harus membayar lebih tinggi, ada baiknya Anda mempersiapkannya dari sekarang. Sangat disarankan untuk Anda menggunakan alat transportasi yang nyaman dan dapat dipesan jauh-jauh hari seperti pesawat terbang. Saat ini, Anda sudah bisa memesan tiket penerbangan secara on-line. Tak perlu datang ke agen penjualan tiket atau bandara, Anda cukup memesannya dari rumah atau kantor Anda. Tentu saja ini sangat memudahkan Anda yang ingin melakukan perjalanan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mulai dari sekarang Anda bisa memesan tiket pesawat Anda secara online, begitu praktis dan mudah kan?

di stasiun kereta api

Dengan langkah sederhana ini, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat untuk mudik dengan harga yang terjangkau.

Mungkin Anda berpikir, berpergian naik pesawat di saat mudik membutuhkan biaya yang tinggi. Ongkos tiket pesawat yang lebih mahal dari biasanya membuat Anda berpikir ulang untuk mudik dengan menggunakan pesawat terbang. Dengan membeli tiket mudik dari sekarang, Anda tak perlu merasa takut akan mendapat harga tiket yang jauh lebih mahal dari biasanya. Ada begitu banyak promo yang diberikan maskapai untuk penerbangan saat lebaran jika Anda memesannya jauh-jauh hari. Jadi, ada baiknya Anda memesannya dari sekarang.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mulai mencari harga tiket penerbangan yang akan Anda tuju. Jangan lupa Anda harus sudah memiliki tanggal penerbangan yang tepat karena umumnya tiket promo tidak bisa diubah jadwalnya. Anda bisa mulai mencoba membuka beberapa website resmi maskapai dan melakukan pengecekan harga. Selain di website maskapai, Anda juga bisa melakukan pengecekan harga di website travel agent yang banyak menjual tiket penerbangan. Silahkan Anda membuat perbandingan, maskapai mana yang kira-kira tepat dengan harga dan fasilitas yang Anda butuhkan. Jika barang bawaan Anda sedikit, Anda bisa memilih low budget airlines sehingga Anda tidak perlu membeli bagasi. Namun, jika bagasi bawaan Anda banyak, sebaiknya Anda memilih maskapai full service yang mana harga bagasinya sudah termasuk dalam harga tiket. Cermati juga fasilitas maskapai apakah sudah sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak. Ada beberapa maskapai yang menawarkan harga khusus atau fasilitas tertentu jika Anda berpergian bersama anak-anak.

Selanjutnya, jika Anda sudah merasa yakin dengan pilihan maskapai, tanggal penerbangan, dan lain-lain, Anda dapat melakukan pembelian secara on-line. Masukan nama Anda dan anggota keluarga lain yang akan bepegian bersama Anda dengan benar sesuai dengan KTP. Jika Anda membawa anak kecil, Anda perlu memerhatikan ketentuan harga dan hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan. Ketika melakukan pemesanan masukanlah alamat email Anda dengan benar, karena nantinya tiket Anda akan dikirim melalui email. Siapkan juga alat pembayaran on-line yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan kartu kredit, internet banking, atau transfer melalui ATM. Untuk Anda yang membayar menggunakan ATM perhatikan baik-baik langkah yang harus Anda pahami untuk membayar via ATM.

Setelah transaksi Anda dinyatakan berhasil, secara langsung Anda akan menerima email yang berisi tiket perjalanan Anda. Untuk mempermudah, Anda bisa memberi tanda pada email Anda, sehingga tak susah dicari. Anda juga bisa mencetak tiket Anda agar lebih mudah ketika nanti diperiksa petugas bandara.

Banyak alasan mengapa Anda lebih baik mudik menggunakan pesawat terbang dibanding alat trasportasi lainnya.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

kereta api

Memang ada banyak alat transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mudik. Namun, tak semuanya memiliki kemudahan dan kenyamanan seperti pesawat terbang. Dahulu naik pesawat terbang memang tak semudah saat ini. Tak banyak maskapai yang bisa Anda gunakan pada saat dulu. Naik pesawat terbang merupakan barang yang sangat mahal yang tak mudah dijangkau oleh banyak orang. Namun kini kondisinya telah jauh berbeda. Anda memiliki banyak pilihan maskapai dengan jadwal penerbangan beragam. Tujuan maskapai pun saat ini mulai banyak menjangkau daerah-daerah kecil. Contoh saja, ketika dulu tidak ada pesawat dengan tujuan dari Jakarta menuju ke Malang. Namun, saat ini ada empat maskapai yang membuka rute Jakarta-Malang. Begitu pula dengan kota-kota lain yang sudah mulai membuka jalur penerbangan. Kalau dulu Anda harus membeli tiket pesawat ke bandara, saat ini Anda bisa membelinya di mana pun Anda secara online. Anda tak perlu menghabiskan waktu Anda untuk mengantri membeli tiket pesawat terbang. Kondisi ini tentu sangat menguntungkan untuk Anda yang ingin pulang ke kampung halaman saat Hari Lebaran namun tak memiliki banyak waktu libur.

Pilihan alat transportasi lain juga tidak banyak memberikan kenyamanan seperti yang diberikan pesawat terbang. Mungkin, pada lebaran sebelumnya, Anda terbiasa mudik dengan naik kendaraan pribadi. Menurut Anda itu jauh lebih hemat dari pada harus membeli tiket pesawat terbang. Kenyataannya, jalanan lebih macet dari pada biasanya. Keadaan itu membuat Anda harus membuang waktu lebih banyak. Bahan bakar mobil Anda pun harus diisi lebih dari biasanya. Saat macet diperjalanan, kondisi badan Anda dan keluarga jadi lemas apalagi sedang puasa. Ketika waktu berbuka tiba, Anda harus berhenti untuk berbuka yang mana pada umumnya tempat makan selalu penuh sesak dan juga mengantri pada saat buka puasa. Belum lagi jika badan Anda tidak fit dan harus berhenti di untuk tidur di penginapan di sela-sela perjalanan. Biaya yang Anda keluarkan akan semakin membengkak. Kecelakaan yang terjadi saat menjelang Hari Raya Idul Fitri pun sering terjadi. Pada tahun 2014 saja tercatat ada 379 kasus kecelakaan pada saat menjelang Hari Lebaran (republika.co.id). Keadaan tersebut umumnya disebabkan karena pengemudi lelah dan mengantuk saat membawa kendaraan.

“Setiap kali mudik dengan jalur darat, saya selalu menemukan paling tidak empat kecelakaan lalu lintas dan rata-rata kondisinya cukup parah. Alasannya selalu karena pengemudi dalam keadaan mengantuk,” ujar Tiwi pemudik yang tiap tahun selalu pulang ke kampung halamannya di Solo.

di stasiun

Bila pada saat mudik dengan kendaraan pribadi, Anda bertugas untuk mengemudi. Padahal Anda juga sedang berpuasa, tentu ibadah Anda bisa terganggu dengan perjalanan yang cukup jauh saat mudik.

Di samping itu, jika semua pemudik membawa kendaraan, daerah mudik Anda pasti akan semakin sesak dan lagi-lagi macet. Padahal Anda membayangkan suasana mudik sembari berlibur di kota kecil tempat kelahiran Anda yang tenang dan bebas dari polusi kendaraan. Sehari-hari di kota tempat Anda merantau, Anda mungkin selalu disuguhkan dengan jalanan yang padat dengan kendaraan dan penuh polusi. Anda merindukan suasana di kampung halaman Anda yang tenang tanpa kebisingan lalu lintas dan polusi. Hal tersebut akan sulit Anda temukan ketika Anda dan sebagian besar pemudik lain datang dengan membawa kendaraan masing-masing. Anda hanya menjadi bagian pemindah kemacetan di kampung halaman Anda. Untuk itu lah, naik pesawat terbang lebih efisien dibanding membawa kendaraan pribadi.

Harga tiket pesawat terbang pun saat ini lebih terjangkau. Jika Anda memesannya jauh-jauh hari, Anda bisa saja mendapatkan harga yang tak lebih mahal dari harga tiket eksekutif kereta api. Anda pun telah mendapatkan berbagai fasilitas yang membuat Anda bisa merasakan nyamannya mudik di kala lebaran. Ibadah puasa Anda pun tak perlu terganggu karena perjalanan yang Anda lakukan tidak menyita energi yang banyak. Anda bisa tetap berpuasa saat perjalanan mudik. Coba bayangkan, jika Anda harus menyetir selama berjam-jam untuk mudik, mungkin akan banyak godaan untuk tidak berpuasa yang mengganggu Anda. Waktu libur untuk lebaran Anda mungkin juga tidak terlalu banyak, jika Anda menempuh jalur darat untuk mudik. Dua hari libur Anda terbuang untuk perjalanan. Sementara, jika Anda menggunakan pesawat terbang, dalam beberapa jam Anda sudah bisa bertemu keluarga. Jadwal penerbangan yang sudah pasti, membuat Anda tak perlu takut datang ke tempat mudik tidak tepat waktu.

Anda yang ingin berlibur di hari ini juga bisa memanfaatkan tiket promo mulai dari sekarang.

Mungkin Anda tidak merayakan Idul Fitri, namun Anda ingin memanfaatkan hari libur saat Idul Fitri. Meski tak merayakan, Anda juga mendapat libur saat Lebaran. Dari pada di rumah saja, alangkah baiknya memanfaatkan waktu liburan ini untuk mengajak keluarga Anda berlibur. Anda bisa memanfaatkan tiket promo yang diberikan sejumlah maskapai. Intinya, Anda perlu memesannya jauh-jauh hari dengan tanggal yang sudah pasti.

Beberapa hal ini bisa Anda lakukan agar Anda mendapat tiket mudik yang terjangkau.

Banyak cara agar Anda dapat selalu mengetahui berita seputar ketersediaan tiket promo selama mudik. Yang paling mudah, Anda dapat mengikuti jejaring sosial semua akun maskapai penerbangan dan travel agent online. Dengan begitu, Anda dapat selalu mengikuti informasi terbaru tentang tiket promosi.

ngantri di stasiun

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan berlangganan newsletter dari maskapai atau travel agent. Tak hanya mendapatkan informasi seputar tiket promo saat Hari Raya idul Fitri, Anda akan mendapatkan email setiap kali ada tiket promo. Sering-seringlah mengunjungi halaman website maskapai dan travel agent secara teratur agar selalu mengetahui informasi tiket promo. Sedikit bocoran, Tiket2 akan mempersiapkan berbagai macam tiket promo. Jadi follow dan subcribe sosial medianya – Facebook, Google+ dan juga Twitter untuk mendapatkan banyak informasi seputar tiket promo.Jangan lupa juga untuk selalu mengecek website kami!

Dengan mempersiapkan mudik jauh-jauh hari sebelumnya, Anda dapat mendapatkan harga yang terbaik untuk perjalanan mudik Anda. Melalui pembelian secara online, Anda tidak perlu repot-repot mengantri untuk mendapatkan tiket mudik. Dengan berbagai fasilitas yang diberikan pesawat terbang, mudik Anda akan terasa lebih menyenangkan.