Persiapan Traveling Ke Luar Negeri

Pernahkah anda berkeinginan untuk traveling ke luar negeri? Apa yang anda harapkan dari liburan luar negeri anda? Apa yang akan anda siapkan untuk bekal anda saat melakukan traveling ke luar negeri? Berkunjung ke negara orang memang berbeda dengan jalan-jalan di negara sendiri. Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya ketika anda hendak traveling ke luar negeri. Beberapa bekal yang harus anda perhatikan adalah.

1. Siapkan mental anda dengan sebaik mungkin
2. Pastikan dokumen anda lengkap agar dapat lolos saat memasuki pintu keimigrasian.
3. Cari informasi kantor KBRI di negara tujuan anda. Tujuannya jika terjadi sesuatu, anda dapat meminta pertolongan di kantor KBRI
4. Bawalah barang secukupnya karena akan merepotkan anda
5. Ketahui rate mata uang negara yang anda tuju.
6. Carilah info kartu seluler di negara tersebut untuk menghubungi keluarga anda
7. Gali info mengenai musim di sana

Keuntungan Traveling ke Luar Negeri

Banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan ketika anda melakukan traveling. Terlebih lagi bila anda traveling ke luar negeri. Keuntungan-keuntungan tersebut dapat anda dapatkan ketika pada saat menempuh perjalanan atau pun pada saat tiba di destinasi tersebut. Pengalaman-pengalan tersebut dapat anda petik apabila anda menemukan sebuah kejadian.

1. Melatih percaya diri

Anda dapat melatih rasa percaya diri anda ketika anda berada di luar negeri. Karena pengalaman di luar negeri pasti berbeda saat anda berada di negeri anda sendiri. Anda akan merasa menjadi seperti orang asing dan maka dari itu, anda harus meningkatkan rasa percaya diri anda.

2. Mengasah kemampuan bahasa

Anda dapat dengan mudah mengasah kemampuan berbahasa anda. Ke negara manapun anda pergi, bahasa yang akan digunakan untuk berkomunikasi adalah bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa universal. Maka dari itu, mau tidak mau anda harus berdialog menggunakan bahasa Inggris. Disitu anda dapat sambil belajar memperlancar kemampuan bahasa Inggris anda.

3. Mengenal budaya baru

Budaya kita di Indonesia pasti berbeda dengan budaya luar negeri. Meskipun masih di lingkup Asia. Anda akan mengenal beberapa budaya baru di negara yang anda tuju. Seperti halnya cara memberi salam kepada orang, mengucapkan selamat pagi bahkan jamuan sarapan pagi.

4. Mendapatkan teman baru

Jika anda tergolong orang yang ramah anda akan dengan mudah mendapatkan teman baru. Banyak sekali pengunjung yang datang dari berbagai negara. Seperti anda yang datang dari negara anda.

5. Mencicipi kuliner yang baru dan berbeda

Meskipun masih di lingkup Asia anda traveling, namun kuliner yang anda jumpai di negara tersebut dapat dipastikan berbeda dengan cita rasa masakan lokal di negera anda.

6. Menggali potensi kemampuan

Melakukan perjalanan ke luar negeri secara langsung membuat anda keluar dari zona nyaman. Terkadang orang beranggapan bahawa melakukan perjalanan ke luar negeri dapat menimbulkan berbagai banyak masalah dan resiko. Padahal, traveling ke luar negeri tidak menimbulkan resiko tinggi seperti yang anda pikirkan.

Sebenarnya masih banyak yang harus dipaparkan mengenai keuntungan traveling ke luar negeri. Pastinya anda juga mendapatkan sebuah wawasan dan pengalaman yang belum tentu orang lain dapatkan. Jika anda sudah mencoba untuk traveling ke luar negeri sekali, maka bisa dipastikan anda akan datang berkali-kali setelahnya.

Rekomendasi Destinasi Wisata Saat Liburan Akhir Tahun Di Luar Negeri

Jika niat dan tekat anda sudah bulat untuk traveling ke luar negeri. Tak ada salahnya jika anda mulai memikirkan soal destinasi mana yang akan anda tuju. Negara mana yang akan anda datangi. Terlebih lagi pada saat akhir tahun seperti pada saat ini. Anda pasti dapat membayangkan bagaimana ramainya sebuah destinasi pada saat masa liburan akhir tahun.

Namun, semua itu kembali pada anda. Gaya liburan yang seperti apa yang anda inginkan? Jika anda menyukai festival dan keramaian atau tempat-tempat yang cenderung sepi dengan pengunjung. Jika anda menyukai sebuah pertunjukan dan festival maka tak ada salahnya jika anda datang ke Eropa. Pada akhir tahun, di Eropa sedang terjadi musim dingin, liburan natal, dan perayaan natal. Maka yang akan anda temui pada saat akhir tahun di Eropa adalah berbagai macam festival dan pertunjukan.

Pada saat momen seperti ini, maka anda jangan berharap kawasan ini akan sepi pengunjung. Mereka akan berbondong-bondong keluar rumah untuk menyaksikan festival tersebut. Festival tersebut rutin diadakan setiap tahunnya, sebagai perayaan natal di musim dingin. Anda juga dapat menikmati dinginnya salju disana. Namun, jika anda tidak tertarik dengan musim dingin dan salju anda dapat memilih destinasi wisata Asia seperti Malaysia, Singapore, Vietnam, dan Myanmar.

Hal yang terpenting ketika anda traveling adalah masalah komunikasi. Bagaimana caranya anda dapat menghubungi keluarga anda di rumah untuk sekedar memberi kabar. Selain itu anda juga juga mempergunakan ponsel pintar anda untuk kebutuhan anda traveling. Seperti halnya menggunakan Google Map untuk mencari arah jalan, mencari informasi hotel dan transportasi. Tapi masalahnya kebutuhan telekomunikasi menggunakan telepon seluler tak segampang yang kita bayangkan. Pasalnya tidak semua negara memiliki brand provider yang sama.

Banyak sekali masalah-masalah yang timbul mengenai hal ini. Salah satunya adalah biaya roaming yang mahal. Tapi anda jangan kawatir, masalah seperti ini dapat anda atasi dengan mudah. Mengingat sekarang sudah beranjak ke dunia digital. Pada artikel ini akan membahas bagaimana anda dapat mengatasi romaing mahal, sehingga anda dapat menikmati traveling anti roaming. Jangan sampai masalah roaming ini dapat menghambat perjalanan anda di luar negeri. Karena sedikit banyak anda tidak akan bisa lepas dengan ponsel anda. Meskipun semua data perjalanan anda sudah anda persiapakan secara offline. Namun anda tetap membutuhkan online saat berada dalam perjalanan. Karena hal tersebut merupakan sebuah kunci kemudahan untuk traveling. Untuk itu akan dibagikan beberapa tips untuk mengatasi semua masalah anda mengenai roaming yang mahal.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Trik Mengatasi Komunikasi Roaming Saat Traveling Ke Luar Negeri

Roaming adalah sebuah istilah yang digunakan oleh penyedia jasa layanan telepon seluler yang berbeda dari negara tempat servis layanan pengguna terdaftar. Pada dasarnya Internatioanl Roaming ini menjamin perangkat anda bahkan perangkat wireless anda tetap tersambung dengan jaringan tanpa perlu kehilangan koneksi anda. Istilah roaming ini berasal dari GSM (Global System For Mobile Communication), namun dapat pula diaplikasikan ke teknologi CDMA.

Semisal, ketika anda pergi ke luar negeri dengan menggunakan ponsel dan nomor dari negara asal anda, maka anda akan dikenakan tarif internasional roaming. Sementara anda pun dapat menggunakan telepon seluler anda untuk menerima panggilan, melakukan pangilan bahkan mengirim dan menerima pesan singkat (SMS), anda pun dapat mengakses internet. Jika anda melakukan semua aktivitas tersebut maka seluruh pelayanan servis akan dijalnkan oleh jaringan di negara anda berasal. Karena penyedia layanan dari negara asal tidak beroperasi di negara lain. Dalam hal ini maka penyedia layanan luar negeri akan membebankan biaya tagihan kepada operator dari negara asal anda yang kemudian ditagihkan kepada pelanggan, yaitu anda.

International Roaming dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Roaming Call

Dalam roaming panggilan ini, penerima telepon maupun penelepon sama-sama dikenakan tarif sesuai dengan kebijakan provider.

2. Roaming SMS

Pada saat anda mengirimkan SMS ke luar negeri secara otomatis operator selluler anda akan mengenakan sebuah tambahan pada harga SMS normal.

3. Data Roaming

Ketika anda berada di luar negeri anda tetap dapat menggunakan servis data. Seperti halnya mengirim SMS, e-mail dan mengakses internet sekalipun dengan tarif yang bervariasi tentunya. Beban roaming dan biaya data yang dibebankan adalah per KB. Jadi dapat anda hitung untuk sekali unduh atau upload foto dengan ukuran tertentu.

Dengan adanya roaming ini, tentunya anda merasa tidak nyaman bukan? Karena itu anda dapat mengatasi roaming mahal saat traveling ke luar negeri dengan beberapa tips berikut ini :

  • Pastikan provider anda dapat digunakan di luar negeri, jika anda tidak ingin mengganti kartu dan pastikan pula anda sudah mendaftar paket roaming. Namun, jika anda ingin membeli kartu lokal, maka anda perlu mengetahui fitur yang disediakan.
  • Belilah paket SMS untuk mengabari keluarga anda di rumah, terkadang tak semua orang tua memahami dunia digital dan internet, maka langkah ini dapat anda ambil sebagai sebuah solusi yang tepat. Sementara itu pula, paket biaya paket sms terkesan lebih murah dibandingkan paket data internet atau telepon.
  • Matikan paket data anda jika anda tidak ingin pulsa yang anda miliki ludes tersedot paket internet. Kecuali memang anda tidak memiliki pulsa pada saat itu.
  • Gunakan wifi. Cara ini dikenal dapat dengan mudah menghemat pulsa. Di luar negeri sinyal wifi banyak anda temukan. Anda cukup mengunduh aplikasi yang mendukung untuk memudahkan anda menemukan sinyal wifi.
  • Gunakan peta offline. Tak harus menggunakan google map untuk mencari sebuah lokasi. Anda dapat menggunakan peta offline untuk mencari lokasi. Kemudian anda dapat menikmati travelling anti-roaming.
  • Simpan data anda secara offline. Ini perlu anda lakukan jika memang anda berniat untuk berhemat dan mengatasi roaming mahal.
  • Gunakan simcard lokal jika anda ingin aman dan terbebas dari roaming saat menggunakan data internet. Sementara anda dapat menyimpan simcard anda untuk digunakan ketika anda pulang ke negara anda.

Selain masalah komunikasi anda juga dapat merencanakan liburan akhir tahun anda ke sebuah destinasi yang anda inginkan. Cara ini dapat anda pergunakan sebagai panduan dan sebuah tips traveling akhir tahun. Selain anda menikmati traveling anti roaming anda juga dapat menikmati liburan hemat ke luar negeri. Sebelum anda memesan tiket untuk perjalanan anda. Sebaiknya anda memilih sebuah destinasi yang anda inginkan pada akhir tahun. Galilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai situasi dan kondisi negara tersebut.

Apakah pada saat akhir tahun negara pilihan anda mengalami keramaian yang signifikan atau tidak. Ada baiknya anda memilik moment pada saat low season. Jika pada tahun (bulan Desember) merupakan high season maka anda dapat memajukan jadwal traveling ke luar negeri. Karena pada high season semua akomodasi akan terbilang mahal. Berbeda jika anda datang pada saat low season.

Anda dapat memantau kurs mata uang negara yang akan anda tuju. Pastikan rate tersebut lebih murah dari rate mata uang di negara anda. Ketika kita datang ke sebuah negara yang rate mata uangnya rendah, dapat dipastikan anda akan mendapatkan sesuatunya dengan murah. Untuk mendapatkan fasilitas yang mewah sekalipun.

Setelah informasi tentang negara yang ingin anda tuju, maka ada baiknya anda melakukan pemesanan tiket pesawat sesegera mungkin dan pilih tiket pesawat dengan harga rendah. Jika anda mendapatkannya maka setidaknya anda akan mendapatkan sebuah keuntungan pada pengeluaran anda.

Setelah sampai di negara yang anda tuju anda dapat mencari tempat wisata yang gratis. Banyak sekali destinasi wisata gratis yang ditawarkan di luar negeri. Kastil, katerdal dan bangunan tua lainnya sungguh sebuah obyek wisata yang tak terlewatkan. Anda dapat eksplore tempat-tempat tersebut dengan berjalan kaki. Karena di luar negeri banyak sekali orang yang berjalan kaki daripada menggunakan transportasi umum.

Untuk kebutuhan makan dan minum pun dapat anda siasati untuk membawa bekal makanan ringan yang tahan lama seperti roti, mie gelas, atau sereal. Makanan-makanan tersebut dapat anda makan ketika anda berada di jalan saat traveling. Untuk minum anda dapat mengambil di keran-keran yang ada di jalan. Anda tak perlu kawatir dengan air keran tersebut karena air tersebut aman untuk diminum. Sementara anda pun dapat menikmati makanan khas negara yang anda tuju.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah mempersiapkan beberapa daftar rencana liburan anda pada akhir tahun ini? Kemanakah anda akan menentukan tujuan traveling ke luar negeri? Tips yang sudah di paparkan diatas dapat anda gunakan sebagai acuan rencana traveling anda. Terlebih anda dapat menikmati traveling anti roaming. Anda dapat menggunakan tips traveling akhir tahun untuk sebagai panduan. Selamat meikmati liburan akhir tahun anda semoga liburan anda berakhir menyenangkan. Selamat berlibur!