See The Real Indonesia!

Hai, kami adalah Indoneo! – Profesional muda yang sangat antusias dalam bidang Tour & Adventure dari kota Yogyakarta yang indah.

Dengan pengetahuan lokal kami yang sangat dalam, pemandu wisata ramah dan ratusan tempat yang bisa dikunjungi menjadikan Anda tidak akan pernah kekurangan pilihan untuk berwisata. Bersama kami melihat pulau-pulau tropis, pantai yang masih alami, ombak, gunung berapi, satwa liar, mengunjungi masyarakat dengan budaya yang unik, dan mencicipi berbagai masakan yang nikmat. Kami akan memberikan Anda pengalaman perjalanan terbaik dalam hidup Anda – karena Anda adalah prioritas kami!

INDONEO.COM PAKET WISATA DAPATKAN QUOTE GRATIS

HARGA KOMPETITIF   –   GRUP BESAR DISKON   –   PAKET WISATA UNIK   –   TOUR CUSTOM

Perbedaan Fitur Kabin Dalam Maskapai Indonesia

Bagi orang yang sering melakukan perjalanan jauh dengan intensitas yang sangat tinggi, memanfaatkan penggunaan moda transportasi pesawat terbang menjadi alternatif yang efektif dan efisien. Apalagi bila perjalanan yang dilakukan tidak hanya berbatas kota, namun berbeda negara. Tentu menggunakan pesawat terbang akan menjadi lebih efisien dari segi waktu. Rasa nyaman yang ditawarkan di dalam kabin pesawat pun juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih pesawat terbang. Apalagi, kini maskapai penerbangan telah menyediakan beragam fasilitas kabin yang disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari kelas pesawat ekonomi, bisnis, hingga first class, yang semakin memanjakan penumpang selama perjalanan. Berikut ulasan mengenai ragam perbedaan fitur kabin dan layanan maskapai penerbangan di Indonesia.

Garuda Indonesia

Mengusung konsep layanan Garuda Indonesia Experience, maskapai penerbangan ini berusaha menterjemahkan kekayaan lokal dan keramahtamahan sebagai budaya Indonesia ke dalam setiap 24 titik temu konsumen (customer touch point), mulai dari pra-perjalanan hingga pasca-perjalanan. Interior lounge dan pesawat Garuda Indonesia sengaja menampilkan berbagai ragam material dan wewangian khas Indonesia sekaligus sebagai ajang promosi budaya indonesia ke masyarakat dunia.

Untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan selama perjalanan, maskapai Garuda Indonesia juga melakukan peremajaan armada, baik melalui pergantian pesawat lama dengan pesawat baru untuk efisiensi biaya operasional ataupun menambah kuantiti armada supaya bisa melayani lebih banyak penumpang Garuda Indonesia seiring pertumbuhan pasar di industri penerbangan. Ada beberapa perbedaan armada pesawat berdasarkan jarak tempuh pesawat, yaitu jarak pendek, menengah, dan jarak jauh, dengan rincian berikut:

  • Penerbangan jarak pendek dan regional menggunakan jenis pesawat Boeing B737-800NG dan Bombardier CRJ1000NextGen.
  • Penerbangan jarak menengah, Garuda memakai armada Airbus A330-200/300.
  • Penerbangan jarak jauh menggunakan jenis pesawat Boeing B777-300ER.
  • Penerbangan pesawat low cost carrier Citilink menggunakan Airbus A320-200.

Konsep layanan Garuda Indonesia Experience, yang mengusung 24 titik temu konsumen (customer touch point), terasa mulai dari pra-perjalanan hingga pasca-perjalanan. Sebelum keberangkatan, Garuda Indonesia terus meningkatkan kualitas layanannya, bahkan layanan maskapai terbaik indonesia ini sudah dapat dirasakan sejak di bandara dengan adanya lounge dengan fasilitas ruang tunggu premium yang menghadirkan fasilitas kelas dunia (business center, jaringan wi-fi, spa, dan ruang ibadah), bantuan asisten khusus saat keberangkatan dan kedatangan di kota tujuan, serta bantuan kepengurusan dokumen imigrasi dengan jalur lebih cepat.

Saat penerbangan, di atas pesawat, Anda tidak akan berhenti menikmati konsep layanan Garuda Indonesia Experience. Disini berbagai menu lezat, pilihan hiburan, dan tempat duduk yang nyaman akan memanjakan Anda selama perjalanan. Ditunjang dengan head rest yang bisa menyesuaikan dengan kenyamanan posisi istirahat Anda, serta power socket di masing-masing kursi, Anda pun bisa tetap bekerja dan istirahat dengan nyaman. Di kabin, penumpang Garuda Indonesia juga akan mendapatkan kesempatan untuk memiliki serangkaian barang eksklusif bebas bea yang ditawarkan oleh sales on board garuda. Bahkan, bagi penumpang yang memiliki mileage point Garuda Frequent Flyer bisa mendapatkan keuntungan menukarkan poinnya dengan produk spesial yang ditawarkan tersebut.

Untuk penerbangan jarak menengah yang berdurasi sekitar 2 jam atau lebih, Garuda Indonesia juga menyediakan ragam pilihan hiburan Audio and Video on Demand (AVOD) dengan LCD TV layar sentuh yang menyajikan 58 film dan 50 program TV pilihan dengan berbagai kategori, mulai dari laga, drama, hingga komedi, sesuai dengan keinginan setiap penumpang maskapai Garuda Indonesia. Layanan hiburan ini juga termasuk 25 saluran musik, 9 stasiun radio dan 140 album musik dengan berbagai genre, mulai dari pop, jazz, klasik, serta musik Indonesia. Cool, right?

Soal makanan di atas pesawat, Garuda Indonesia menyajikan ragam kuliner terbaik Indonesia yang tercipta dari bahan-bahan alami dan diracik dengan cita rasa global yang menggugah selera bagi penumpang di setiap kelas pesawat Garuda Indonesia. Namun, bagi penumpang kelas eksekutif, Garuda Indonesia menambahkan berbagai pilihan minuman anggur merah dan putih (dari Australia dan Perancis), sampanye, minuman beralkohol, bir serta minuman bersoda yang dapat dipesan sesuai dengan keinginan masing-masing penumpang.

Tak hanya berhenti sampai disitu, maskapai Garuda Indonesia juga turut menyediakan layanan imigrasi dalam pesawat (Immigration on Board), sehingga penumpang tidak perlu melakukan antri di bagian imigrasi saat tiba di bandara sehingga penumpang dapat menghemat waktu mereka yang berharga. Layanan ini tersedia untuk penumpang dari negara lain yang hendak menuju Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar atau di Bandara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta.

Air Asia

Air Asia merupakan sebuah maskapai penerbangan terkemuka dan terbesar di Asia, dengan kantor pusat di Malaysia. Mengusung penerbangan bertarif rendah, Air Asia tercatat telah menerbangkan lebih dari 230 juta penumpang dan mengoperasikan armada 160 armada pesawat Airbus A320. Ekspansinya yang begitu masif di Asia Tenggara, membuat maskapai penerbangan yang berada di bawah naungan Air Asia Group ini pun akhirnya membuka afiliasinya di Indonesia dengan sebutan Indonesia Air Asia sejak tahun 1999.

Dengan adanya penawaran layanan penerbangan berbiaya rendah atau low cost carrier, maskapai Air Asia sangat diminati oleh para traveller di Indonesia. Tentu, hal ini sesuai dengan visi Air Asia Group, Everyone Can Fly, harga tiket murah yang ditawarkan akan menarik minat siapapun yang senang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Maskapai penerbangan Air Asia mengoperasikan jenis armada pesawat Airbus A330-300 yang memiliki 12 jumlah kursi kelas bisnis, serta 365 kursi kelas ekonomi. Di kabin pesawat, setiap penumpang diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dan satu tas laptop atau tas tangan dengan ukuran 56cmx36cmx23cm dengan berat tidak lebih dari 7kg. Setiap barang bawaan yang Anda bawa ke kabin ini harus muat untuk ditaruh di bawah kursi di depan Anda atau di kompartemen atas.

Telah meraih penghargaan sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah terbaik sedunia versi Skytrax sejak tahun 2009 hingga 2014, Air Asia selalu berusaha memberikan pengalaman penerbangan terbaik dengan menyediakan opsi pemilihan kursi sesuai dengan kebutuhan masing-masing penumpang pesawat Air Asia, apakah mau dekat di jendela, di tengah, ataupun duduk berdekatan bersama dengan keluarga. Namun, bagi penumpang yang ingin duduk di kursi-kursi dengan ruang lebih luas, maskapai Air Asia memberikan fitur Hot Seat, dimana penumpang diberikan prioritas utama untuk memilih kursi di baris 1, 12, dan 14.

Setiap kursi di maskapai penerbangan Air Asia dilapisi oleh material kulit yang penuh gaya dan kekinian. Anda juga perlu memperhatikan bahwa saat Anda memilih tempat duduk yang ada di baris 11, 12, dan 31, sandaran kursi tersebut tidak bisa disesuaikan seperti tempat duduk di baris lainnya. Khusus penumpang yang duduk dekat dengan pintu darurat, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, sebagai berikut:

  • Memiliki fisik dan mental yang baik, sehingga saat keadaan darurat bisa siap membantu para awak kabin melakukan evakuasi penumpang lainnya.
  • Memahami setiap instruksi keadaan darurat pesawat, baik tertulis maupun lisan.
  • Perempuan dan anak-anak tidak boleh duduk di kursi yang dekat dengan pintu darurat.

Mengenai fasilitas hiburan untuk penerbangan jarak jauh, maskapai penerbangan Air Asia menyediakan hiburan film-film box office terkini, pilihan musik, ataupun games yang dapat disaksikan melalui Samsung Galaxy dengan ukuran layar full-HD 10 inchi. Layanan ini baru saja tersedia untuk penerbangan dengan Air Asia X rute dari dan menuju Australia. Penumpang juga dapat merasakan layanan VIP Air Asia yang disebut dengan Red Carpet. Dengan layanan ini, penumpang akan mendapat perlakukan VIP untuk menikmati proses berpergian yang lebih cepat dan lebih nyaman, mulai dari area check in, pendaftaran bagasi prioritas, akses ke lounge, proses pemeriksaan imigrasi di jalur cepat, hingga proses pengantaran bagasi saat pendaratan pesawat di lokasi kedatangan. Red Carpet tersedia untuk semua penerbangan dengan kode AK, FD, QZ, I5 dan D7.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Lion Air

Maskapai penerbangan Indonesia Lion Air melayani segmentasi pasar yang memadukan antara layanan maskapai penerbangan berbiaya murah (low cost carrier) dan maskapai medium (hybrid carrier). Sebagai perusahaan penerbangan yang diminati oleh banyak masyarakat Indonesia, maskapai Lion Air kini telah melengkapi operasionalnya dengan pesawat jenis Boeing 737-900ER terbaru, Boeing 737-800 (Next Generation), serta Boeing 737-400 dengan total hingga 80 buah pesawat. Namun, semenjak Maret 2013, Lion Air juga memutuskan untuk menandatangani kontrak pembelian 234 buah Airbus A320 family, yang tercatat sebagai kontrak pembelian terbesar dalam sejarah Airbus.

Layanan kelas pesawat maskapai Lion Air terdiri dari dua, yaitu kelas ekonomi dan bisnis. Bagi penumpang kelas ekonomi, Lion Air memberikan fasilitas kursi kulit dengan seat pitch (jarak antar kursi) 29 inci yang didukung oleh fasilitas bagasi dengan maksimal berat barang bawaan 20kg. Sedangkan untuk kelas bisnis, kursi penumpang dibalut oleh material kulit yang nyaman dengan jarak antar kursi (seat-pitch) 38 inci.

Penumpang kelas bisnis juga akan mendapatkan layanan pre-flight drink, hiburan bacaan koran dan majalah, makanan dan minuman selama penerbangan, serta kuota bagasi hingga 30kg. Untuk bagasi kabin, baik untuk kelas ekonomi maupun bisnis, setiap penumpang akan mendapatkan fasilitas bagasi 10kg.

Batik Air

Sesuai dengan namanya, Batik Air menampilkan karakteristik khas Indonesia melalui penggunaan motif batik di bagian ekor dan saya pesawatnya. Keunikan desain pesawat ini juga terpancar di dalam seragam para pramugari dan pramugara yang selalu siap siaga melayani setiap penumpang Batik Air di pesawat. Batik Air memiliki dua jenis kelas pesawat, ekonomi dan bisnis. Kelas ekonomi dan bisnis memiliki perbedaan seat pitch yang cukup besar, yakni 32 inci untuk kelas ekonomi, dan 45 inci untuk kelas bisnis. Masing-masing kursi di kelas pesawat tersebut dibalut oleh material kulit yang terkesan mewah dengan interior yang cukup lapang.

Berada di bawah naungan Lion Air Group, maskapai Batik Air diciptakan untuk memberikan layanan penuh (full service), yang juga dapat dirasakan di kelas ekonomi. Penumpang bisa memilih untuk bermain game, mendengarkan musik atau menikmati tontonan di TV touch screen dengan interior kabin yang luas. Tak perlu khawatir soal makanan dan minuman, Batik Air juga menyediakan layanan makanan full service yang akan membuat penerbangan Anda semakin nyaman.

Tak hanya berhenti berinovasi sampai disitu saja, bagi penumpang yang ingin mendapatkan keistimewaan lebih di pesawat, Batik Air juga meluncurkan kartu Batik Frequent Flyer (BFF), yang dibagi menjadi 3 jenis, yakni Silver, Gold, Platinum. Dengan kartu tersebut, penumpang Batik Air bisa mendapatkan fasilitas bagasi lebih besar, akses booking tiket pesawat secara khusus, serta pengumpulan poin reward yang dapat ditukar dengan promo-promo menarik Batik Air. Kartu BFF akan otomatis diberikan pihak Batik Air kepada penumpang yang telah memenuhi batas frekuensi penerbangan di setiap jenis kartunya. Di masa depan, Batik Air juga merencanakan agar kartu ini dapat digunakan untuk memesan hotel dan taksi.

Sriwijaya Air

Sebagai perusahaan swasta yang didirikan oleh empat pengusaha lokal, Chandra Lie, Hendry Lie, Johannes Bunjamin, dan Andy Halim, maskapai penerbangan Sriwijaya Air memulai penerbangan perdananya dengan rute Jakarta-Pangkalpinang (PP) pada 10 November 2003. Saat pertama kali diluncurkan, Sriwijaya Air menggunakan armada Boeing 737-200 dengan pilihan rute perjalanan Jakarta-Pangkal Pinang PP, Jakarta-Palembang PP, Jakarta-Jambi PP, dan Jakarta-Pontianak PP.

Semakin berkembang, kini Sriwijaya Air terus meningkatkan pelayanannya dengan menambah armada hingga berjumlah 32 pesawat Boeing yang melayani 41 rute lokal maupun internasional. Sebagai maskapai penerbangan indonesia yang telah memperoleh penghargaan dari Direktorat Jendral Perhubungan Udara Departemen Perhubungan di bidang keselamatan dan keamanan penerbangan, Sriwijaya Air telah membuktikan komitmennya untuk memperhatikan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang dalam setiap penerbangannya. Sriwijaya Air juga telah memegang Air Operator Certificate (AOC) yang berada di bawah penilaian Civil Aviation Regulation (CASR) sebagai lisensi keamanan penerbangan.

Selama penerbangan, di dalam kabin, penumpang pun akan merasakan berbagai layanan yang membuat penerbangan menjadi semakin nyaman, diantaranya beragam pilihan makanan, bacaan majalah atau koran di kabin, serta souvenir menarik yang ditawarkan oleh Sales On Board maskapai Sriwijaya Air. Layanan kemudahan bagi penumpang ini tak berhenti sampai di dalam kabin pesawat, karena sesampainya di bandara kota tujuan, petugas Sriwijaya Air akan membantu mengarahkan Anda ke tempat pengambilan bagasi ataupun menunjukkan cara melakukan penerbangan ke rute selanjutnya, bagi yang mengambil tiket dengan jenis penerbangan transit.

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air juga memiliki layanan Sriwijaya Travel Insurance, yang memberikan tanggungan kepada penumpang bila terjadi pembatalan perjalanan, keterlambatan penerbangan atau kehilangan dan kerusakan bagasi. Sriwijaya Air juga memperhatikan penumpang yang memiliki kebutuhan dan penanganan khusus, seperti penumpang yang membutuhkan kursi roda, serta mengantarkannya sampai area drop zone bandara untuk dijemput keluarga. Bagi penumpang yang ingin mengirimkan barang dengan jumlah yang sangat besar, maskapai Sriwijaya Air juga memberikan layanan pengiriman barang ke berbagai daerah di nusantara maupun untuk pengiriman ke luar negeri.

Seru ya bila bisa mencoba fasilitas setiap maskapai yang ada di Indonesia tersebut! Yuk segera pesan tiket pesawat di https://www.tiket2.com!

Related Post