Mitos-Mitos Seputar Tiket Pesawat Menjelang Lebaran yang Perlu Anda Ketahui

Mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam membuat Hari Raya Idul Fitri begitu terasa kemegahannya. Tidak hanya menjadi sebuah perayaan hari besar agama yang selalu diperingati setiap tahunnya, hari raya yang lebih memasyarakat dengan istilah Lebaran ini pun memiliki aktivitas penunjang lainnya yaitu Mudik. Kegiatan pulang kampung setahun sekali dalam rangka libur Lebaran ini telah membuat sebuah pergerakan massa dari kota ke kampung halaman para perantau. Pergerakan arus mudik yang terjadi setiap tahunnya membuat armada transportasi pun mendapat imbasnya. Anda yang sering melakukan mudik setiap tahunnya pasti mengalami masa-masa pencarian transportasi menjelang libur lebaran. Semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan tiket dari moda transportasi darat, laut, dan udara untuk bisa bertemu dengan sanak saudara di kota asal. Tentu saja hal ini mempengaruhi harga-harga tiket transportasi seiring meledaknya permintaan akan kebutuhan tersebut.

Jika anda sedang merencanakan untuk mudik lebaran menggunakan pesawat terbang, maka sering kali anda akan mendapatkan informasi-informasi yang kurang tepat dalam pemesanan tiket. Mitos-mitos seputar tiket pesawat menjelang lebaran ini sering menghantui para calon pemudik dan menyebabkan kepanikan dan kerugian. Jadi sebelum anda benar-benar menyiapkan tiket untuk mudik nanti dengan pesawat terbang, pahami dulu beberapa mitos yang harus anda luruskan ini.

Saat musim mudik biasanya tiket pesawat akan jadi lebih mahal

Dalam hukum ekonomi memang membenarkan jika permintaan melonjak maka harga juga akan ikut naik. Anda akan mendapatkan informasi bahwa tiket pesawat akan mengalami kenaikan harga seiring waktu penerbangan yang dekat dengan tanggal libur dan Hari Raya. Jadi jika anda memesan tiket lebih dekat dengan hari H maka anda akan mendapatkan tiket pesawat yang harganya bisa dua kali atau tiga kali lipat dari harga normal.
Sebenarnya dalam kenyataannya harga tiket pesawat yang mahal disebabkan karena maskapai penerbangan harus bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap keberangkatan yang membludak. Ditambah lagi pihak maskapai harus mengeluarkan tenaga-tenaga ekstra untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi wajar jika semakin dekat dengan hari Lebaran maka ongkos keberangkatan juga akan naik. Berarti apakah anda memang tidak bisa mendapatkan tiket murah saat mudik? Tentu saja melonjaknya harga tiket pesawat bisa anda siasati dengan memesan tiket pesawat untuk tujuan anda jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Anda bisa memesan tiket minimal 54 hari sebelum keberangkatan karena harga tiket belum melonjak naik. Setidaknya anda bisa berhemat sekitar 29% dari harga saat anda memesan tiket saat dekat dengan tanggal keberangkatan di Hari Raya Lebaran.

Tiket Pesawat Selalu habis terjual
sold out

Meski anda sudah menyiapkan anggaran yang cukup besar untuk membeli tiket pesawat di waktu Lebaran yang harganya bisa naik hingga tiga kali lipat, tapi ternyata kenyataan di lapangan tidak semudah itu. Mitos yang sering berkembang adalah tiket pesawat dari penerbangan yang anda inginkan sudah habis terjual dan semua kursi sudah terisi penuh. Ini berarti semahal apapun harganya anda tetap tidak bisa membelinya karena memang sudah tidak ada. Pada kenyataannya setiap musim mudik Lebaran pihak Dinas Perhubungan sudah melakukan penambahan armada untuk semua lini transportasi baik itu udara, laut, dan darat. Bahkan beberapa maskapai penerbangan sudah menyiapkan pesawat tambahan untuk mengangkut para pemudik pulang ke kampung halaman. Jadi pastikan anda jeli melihat perkembangan mudik lebaran dan memesan tiket di waktu yang tepat. Jika memang anda punya dana lebih untuk memesan tiket, maka kursi penumpang akan selalu ada untuk anda walaupun harus terbang di hari raya.

Memilih Maskapai full service bukanlah pilihan bijak

Maraknya maskapai penerbangan berbiaya murah membuat anda berpikiran bahwa memilih penerbangan dengan maskapai full service akan menghamburkan uang anda. Saat musim lebaran, menggunakan uang satu rupiah saja perlu perhitungan yang matang mengingat anda tidak hanya butuh transportasi, tapi banyak hal yang harus dibeli dan dibiayai. Tentu saja di momen lebaran yang padat pemudik, maskapai penerbangan full service tidak akan melewatkan kesempatan untuk menarik hati para pelanggan dengan mematok harga yang mahal. Justru pada masa-masa mudik ini, pihak maskapai penerbangan full service memberikan harga yang cukup kompetitif dibandingkan dengan maskapai penerbangan berbiaya murah lainnya. Biarpun terkadang harganya tetap tidak diturunkan, biasanya maskapai penerbangan full sevice akan memberikan diskon atau tiket promo di waktu keberangkatan tertentu. Jadi jangan buru-buru menganggap bahwa maskapai penerbangan full service tidak layak untuk jadi kendaraan mudik anda karena harga tiket yang mahal.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Memesan tiket pesawat langsung dari situs maskapai bisa lebih murah

Setiap maskapai penerbangan yang ada di Indonesia sekarang ini punya website yang bisa dikunjungi oleh semua orang. Dan mudahnya lagi, website dari maskapai tersebut juga memberikan layanan pemesanan tiket yang lebih leluasa. Pastinya anda akan berpikir bahwa memesan tiket pesawat langsung dari website maskapainya akan lebih murah karena tidak ada penambahan keuntungan jika anda membeli tiket lewat travel agen atau situs tiket online lainnya. Mitos ini tentu saja tidak sepenuhnya benar. Jika anda mau sedikit meriset dengan membuka situs tiket online lainnya untuk melihat harga tiket tujuan anda, bisa jadi harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan website maskapainya. Setiap situs tiket online juga bersaing untuk merebut hati pelanggan agar mau memesan tiket di situsnya, untuk itulah penawaran-penawaran menarik selalu bisa anda temukan dan bandingkan. Situs tiket online biasanya sudah mendapatkan keuntungan dari iklan-iklan dan aplikasi mereka sehingga berani memberikan potongan harga untuk tiket yang anda pesan. Jadi jangan buru-buru memesan tiket di website resmi maskapai penerbangan.

Memesan tiket pesawat saat musim mudik itu ribet

Anda masih punya pekerjaan yang harus diselesaikan karena musim liburan belum datang tapi anda sudah harus mempersiapkan mudik lebaran dengan sangat matang mulai dari beres-beres hingga mencari tiket pesawat di tanggal yang tepat. Bagi sebagian orang yang super sibuk, kegiatan mencari tiket pesawat yang sesuai dengan keinginan sangatlah sulit. Hal ini menjadikannya sebuah kegiatan baru yang meribetkan. Jika anda adalah salah satu diantara orang-orang tersebut, maka anda perlu mencari di tempat yang tepat dengan suasana yang tidak terburu-buru. Cobalah untuk mengunjungi situs tiket online tiket2.com untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih murah dan kemudahan dalam mencari dan memesan tiket yang sesuai dengan keinginan anda. Tiket2 akan memberikan rekomendasi tiket yang murah dan tentu saja tanggal keberangkatan yang fleksibel karena navigasi yang mudah dan cepat.

Itu dia beberapa mitos-mitos yang biasanya anda dengar menjelang musim lebaran. Pemesanan tiket pesawat yang murah dan tentunya penerbangan yang aman dan nyaman menjadi perhatian kita semua. Selamat menentukan tanggal keberangkatan dan selamat mudik Lebaran.