Misteri Sajian Hidangan di Maskapai Penerbangan Indonesia, Mana yang Paling Enak?

Selain menghantarkan kita sampai ke tempat tujuan dengan selamat, hampir seluruh maskapai penerbangan Indonesia juga menawarkan fasilitas tambahan lainnya, yaitu makanan didalam pesawat. Entah penumpang sadar atau tidak, makanan ini menjadi sebuah elemen sangat penting dalam perjalanan kita. Apalagi untuk penerbangan jarak jauh yang bisa memakan waktu 4 jam, bahkan mungkin hingga 24 jam. Bayangkan saja jika tidak ada makanan, mungkin daya tahan tubuh kita akan berkurang, dan dapat menjadi sakit.

Disaat teknologi berkembang semakin maju dan kita sudah dapat membeli tiket pesawat secara online seperti di Tiket2.com, fasilitas makanan yang diberikan oleh tiap maskapai pun semakin berkembang, terutama dari segi kualitas dan gizi. Namun, tidak semua maskapai memberikan makanan secara gratis. Beberapa dari mereka ada yang membuat menu makanan terpisah dan tidak termasuk didalam harga tiket pesawat.

Maskapai penerbangan Indonesia pun mulai menyadari, bahwa makanan yang disediakan diatas pesawat cukup memberikan pengaruh yang besar terhadap kenyamanan penumpang. Pasalnya, mereka tidak bisa order makanan lain selain yang tersedia didalam pesawat. Jelas saja, mereka berada di udara, bagaimana bisa order makanan dari luar? Mau tidak mau, penumpang mengkonsumsi makanan yang diberikan dari maskapai penerbangan.

Melirik makanan yang disajikan oleh beberapa maskapai penerbangan Indonesia

1.Garuda Indonesia

”makanan dalam penerbangan Garuda Indonesia

Sumber: wikimedia.org

Sebagai maskapai penerbangan milik pemerintah, Garuda Indonesia memang menunjukkan keunggulannya di segala aspek, termasuk dari segi kualitas meals on board-nya. Bahkan, Garuda juga dinobatkan sebagai maskapai dengan makanan terlezat di Asia Pasifik oleh Skyscanner melalui Airline Food Awards 2012. Melalui penghargaan tersebut, kualitas makanan Garuda Indonesia tak perlu diragukan lagi.

Untuk mendapatkan makanan dengan kualitas terbaik ini, anda tidak perlu menambah biaya tambahan lagi. Harga tiket pesawat yang anda bayar sudah termasuk biaya makanan yang akan anda dapatkan saat penerbangan berlangsung. Bahkan, para penumpang yang duduk di economy class sudah bisa menikmati makanan berat beserta sup dan berbagai variasi pilihan minum. Tersedia juga welcome drink bagi para penumpang, sebagai penyegar untuk memulai perjalanan.

Sedangkan bagi anda yang duduk di business class Garuda Indonesia, maka anda dapat menikmati fine dining yang telah disediakan langsung oleh para chef yang berkualifikasi hotel bintang 5. Pilihan menunya pun beragam, ada Indonesia, Jepang, serta Eropa. Tidak hanya itu saja, tersedia berbagai tipe makanan penutup seperti buah potong, pudding, coklat, es krim, dan berbagai makanan penutup lain yang menggugah selera. Lidah anda akan dimanjakan dengan berbagai santapan lezat hingga sampai ditempat tujuan.

Makanan khas Indonesia di menu penerbangan Garuda Indonesia

Sumber: Google.com

Inilah salah satu makanan khas Indonesia yang disuguhkan oleh Garuda Indonesia untuk rute penerbangan lokal, yaitu opor ayam. Salah seorang penumpang business class di Garuda Indonesia yang mem-posting gambar tersebut, dan mengaku puas dengan rasanya. Disajikan tidak seperti opor ayam pada umumnya dan terlihat sangat tertata rapi, rasa opor ayam ini sangat lezat sekali. Penyajiannya pun lengkap dengan lontong, ikan, labu, serta tempe.

Minuman yang disuguhkan oleh Garuda Indonesia juga tak kalah banyak variasinya. Anda bisa memilih mulai dari air putih biasa, teh, kopi, susu, jus, bahkan hingga koleksi wine. Namun, untuk penerbangan lokal atau di wilayah Indonesia, Garuda Indonesia tidak menyajikan wine. Hal ini dilakukan untuk menghormati tradisi dari Indonesia, serta penduduknya yang mayoritas beragama Muslim.

Tidak hanya dimanjakan saat diatas pesawat, penumpang business class dapat duduk manis di Garuda Indonesia Lounge sebelum penerbangan dan mencicipi beberapa makanan berat serta snack. Tersedia pula aneka pilihan buah bagi mereka yang sedang berdiet atau malas makan berat. Jadi, anda tidak akan naik ke pesawat dengan perut kosong.

Salah satu menu makanan di Garuda Indonesia

Sumber: Google.com

Itulah salah satu contoh menu makanan yang terdapat di Lounge Garuda Indonesia. Terdiri dari ikan asam manis, ayam, serta sayuran. Menu makanan bervariasi tergantung di airport mana anda berada. Garuda Indonesia memang benar-benar memanjakan para penumpangnya dengan sangat maksimal. Tidak hanya dalam pelayanan saja, namun sampai ke lidah.

2. Lion Air

Hanya para penumpang business class Lion Air yang bisa menikmati makanan selama dalam perjalanan. Sedangkan bagi penumpang economy class, layanan santapan diatas pesawat telah dihapuskan oleh Lion Air. Kebijakan ini telah ditetapkan oleh Lion Air sejak beberapa tahun silam dikarenakan semakin banyak kompetitor di industri penerbangan Indonesia dan semuanya bersaing untuk memberikan harga tiket termurah.

Banyak sekali para penumpang yang tidak keberatan untuk tidak mendapatkan makanan di dalam pesawat, asalkan harga tiket bisa menjadi lebih murah. Terutama bagi para penumpang yang hanya melakukan penerbangan selama 1 – 2 jam saja. Mereka masih bisa menahan lapar dan haus. Didasari hal tersebut, Lion Air tidak lagi menyediakan makan dan minum di pesawat.

3. Air Asia

Menu makanan di Air Asia

Sumber: airasia.com

Maskapai penerbangan low cost carrier ini menjual makanan selama penerbangan berlangsung. Jadi, harga tiket pesawat yang anda bayarkan belum termasuk biaya makanan saat di pesawat. Anda dapat memesan makanan secara langsung di pesawat dengan pilihan terbatas, atau memesan langsung secara online bersamaan dengan tiket.

Terdapat berbagai pilihan menu makanan di Air Asia , mulai dari makanan khas Indonesia yaitu nasi padang, Malaysia dengan nasi lemaknya, ataupun Western dengan hotdog. Tersedia juga pilihan Kids Meal bagi anak-anak, serta berbagai camilan dan minuman ringan lainnya. Dari semua menu tersebut, paling favorit adalah Nasi Lemak Pak Nasser yang rasanya sangat menggugah selera.

Bagi anda yang tidak mau menyantap makanan berat, bisa memesan roti, atau mungkin mie instan cup yang dijual oleh Air Asia. Bahkan, Air Asia juga bekerja sama dengan Cha-Time dan anda bisa membeli Cha-Time diatas pesawat untuk rute penerbangan di Indonesia. Tentu saja, dengan pilihan varian terbatas.

”Menu nasi lemak di penerbangan Air Asia

Sumber: mithunonthe.net

Menurut voting yang telah dilakukan oleh Air Asia melalui para penumpangnya, diketahui hidangan favorit dari penumpang adalah Nasi Lemak Pak Nasser, yang merupakan hidangan khas asal Malaysia. Rasanya nasinya yang gurih, ditemani dengan ikan teri, kacang, telur, lengkap dengan bumbu ayam penuh rempah membuat setiap orang tidak bisa menolak saat disuguhi hidangan tersebut. Bagi yang nggak ingin kehabisan, bisa melakukan Pre-Book Meal juga saat pemesanan tiket!

4. Citilink

Merupakan anak maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Citilink lebih mengarah ke low cost carrier dan menjual harga tiket lebih terjangkau daripada Garuda Indonesia. Oleh karena itulah, sama seperti Air Asia, Citilink tidak memberikan layanan free meals on boarduntuk para penumpangnya. Mereka juga turut menjual beragam pilihan menu makanan kepada penumpang di pesawat.

Serupa dengan Air Asia, makanan yang disediakan Citilink sangat beragam, mulai dari makanan berat hingga child’s meal. Namun, khusus untuk pesawat berjenis Airbus, menu makanan yang dijual hanya berupa mie instan serta roti. Hal ini disebabkan tak ada fasilitas oven di pesawat Airbus. Hanya pesawat tipe Boeing saja yang menjual menu makanan lengkap.

Menu makanan Citilink

Sumber: Google.com

Inilah salah satu contoh makanan untuk anak-anak yang disediakan oleh Citilink. Anak-anak umumnya suka dengan makanan seperti nugget dan nasi goreng, dan Citilink cukup peka untuk menyadari hal tersebut. Tidak lupa, Citilink menyajikan sayuran segar yang warnanya cerah dan menggoda supaya anak-anak mau menyantapnya.

>5. Batik Air

Merupakan bagian dari Lion Group, Batik Air mengincar penerbangan first-class atau high class di Indonesia, dan menjanjikan sebuah pelayanan eksklusif. Melalui reputasi yang berusaha mereka bangun tersebut, Batik Air menyediakan menu makanan lengkap bagi setiap penumpangnya, baik itu di business maupun economy class.

Rata-rata, menu makanan di penerbangan Batik Air adalah masakan Indonesia. Contohnya saja bihun goreng dengan telur, nasi dengan ayam atau ikan, dan lain sebagainya. Tidak hanya disuguhi makanan berat saja, penumpang juga dimanjakan dengan camilan ringan seperti kue serta coklat. Pilihan minum juga cukup beragam, mulai dari kopi, teh, jus, hingga cola.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Salah satu dari masakan Indonesia yang dihidangkan adalah bihun goreng lengkap dengan telur dan sayurnya. Tidak lupa, terdapat hidangan penutup berupa kitkat dan juga bolu gulung yang dibungkus rapih, sehingga kalau penumpang kenyang, bolu dan kitkat tersebut bisa dibawa pulang. Untuk minumannya, tersedia berbagai pilihan lain, hanya saja di foto diatas penumpang memilih apple juice.

Meskipun penampilannya kurang menggugah selera serta kurang fotogenik saat difoto, namun banyak para penumpang yang menyukai masakan dari Batik Air. Penumpang mengaku bahwa masakannya sangat enak. Bahkan terlalu enak, sampai-sampai ada seorang penumpang yang tidak malu untuk menghabiskan kue dari penumpang disebelahnya.

6. Sriwijaya Air

Pada rute penerbangan khusus di wilayah Indonesia, Sriwijaya Air memberikan ganjalan berupa roti serta air minum untuk setiap penumpangnya. Roti akan diletakkan di sebuah wadah, lengkap dengan air minum. Dahulu, penyajian roti hanya diberikan melalui kantong kertas berwarna coklat. Sehingga, penyajian model baru ini merupakan suatu perubahan dan kemajuan bagi Sriwijaya Air.

Para penumpang Sriwijaya untuk tujuan lokal wilayah Indonesia berkata tidak terlalu kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh Sriwijaya Air, karena roti tersebut gratis serta bisa dibuat ganjalan selama perjalanan. Selain itu, penumpang juga mendapatkan minum meskipun hanya air mineral gelas. Namun, para penumpang mengaku bahwa rasa dari roti yang diberikan biasa saja dan tidak istimewa.

Berbeda sekali dengan rute penerbangan luar negeri yang dilayani oleh Sriwijaya Air. Contohnya saja, untuk rute penerbangan Jakarta – Singapore, ternyata Sriwijaya menyediakan free meals on board bagi para penumpangnya. Sungguh hal yang tak pernah anda sangka, bukan? Tidak hanya Garuda Indonesia atau Batik Air yang menyuguhkan makanan berat gratis, namun Sriwijaya juga melakukannya. Sayangnya, masih banyak penumpang yang belum mengetahui hal tersebut.

Menu makanan di Sriwijaya Air

Sumber: photobucket.com

Perbedaan Sriwijaya Air dengan maskapai lain terletak pada menu pilihan makanannya. Di Sriwijaya Air, penumpang tidak bisa memilih variasi makanan, dan hanya disuguhkan satu jenis makanan saja, seperti contohnya nasi goreng dan telur. Meski tampak sederhana, namun rasa dari makanannya cukup enak dan porsinya cukup. Tersedia juga buah-buahan, makanan penutup, serta variasi minuman didalam pesawat.

Hal yang harus diperhatikan saat anda memesan in-flight meals

1. Bagi anda yang memiliki alergi, pastikan bahwa makanan tersebut aman dikonsumsi

Kalau tidak hati-hati, anda mungkin saja memakan makanan yang mengandung elemen tertentu dan membuat alergi anda kumat. Tentunya, anda tidak ingin alergi tersebut muncul saat berada didalam pesawat, bukan? Jika alergi tersebut ringan, hanya sekedar gatal mungkin tidak terlalu bermasalah. Namun jika efek alergi parah, tentu membahayakan. Jadi, selalu tanya dengan pasti dengan pramugari / pramugara sebelum menyantap hidangan.

2. Selalu lihat bagian expired date

Terutama untuk makanan dibungkus, minuman kaleng, serta produk yang tidak fresh lainnya. Meskipun para kru penerbangan sudah memeriksa dengan teliti, bisa saja terselip satu produk expired, dan anda orang kurang beruntung yang mendapatkannya. Kalau untuk makanan serta minuman, pasti akan dibuat dan dicek setiap kali sebelum penerbangan berlangsung.

Kriteria inflight meals di dalam pesawat yang seharusnya

1. Cita Rasa Enak

Tentu saja hal ini menjadi kriteria utama. Kalau cita rasa sudah nggak enak, penumpang akan merasa mual dan tidak nyaman selama penerbangan berlangsung. Penumpang tak bisa memesan atau membeli makanan lain selain yang telah disediakan, jadi jangan sampai mengecewakan penumpang. Tak menutup kemungkinan penumpang bisa tidak mau menaiki maskapai tersebut lagi jika rasa makanannya tidak enak.

2. Porsi cukup, terutama bagi para pria

Setiap penumpang memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Sehingga, maskapai penerbangan harus pintar dalam menentukan porsi makanan supaya sanggup mencukupi seluruh kebutuhan dari penumpang. Tak perlu porsi yang terlalu besar, cukup turutilah porsi orang makan pada umumnya. Jadi, penumpang yang makan pun tidak merasa terlalu kenyang atau terlalu sedikit saat menyantap hidangan.

3. Memenuhi kebutuhan gizi (4 sehat 5 sempurna)

Sebisa mungkin, setiap hidangan yang diberikan memenuhi kebutuhan gizi dari penumpang. Hidangan yang baik terdiri dari karbohidrat, protein daging / ikan, sayur, buah, dan juga susu. Meskipun tak semua penumpang mau meminum susu, setidaknya sediakan menu pilihan susu. Kesehatan penumpang juga menjadi tanggung jawab pihak maskapai penerbangan.

4. Penampilan tak wajib seperti di hotel bintang lima, namun menggugah selera

Penampilan memang bisa menarik minat orang untuk memakannya, namun rasa adalah yang utama. Apabila penampilannya bagus layaknya bintang lima, ekspektasi orang saat makan lebih tinggi daripada biasanya. Sehingga kalau rasa makanan biasa saja, bahkan cenderung kurang enak, penumpang akan kecewa.

Sebaliknya, penampilan makanan yang sangat standard dengan rasa begitu lezat lebih mengagetkan dan membuat penumpang lebih menikmati hidangan tersebut. Tentu saja, jangan menyediakan makanan dengan tampilan terlalu jelek, cobalah percantik secukupnya agar layak untuk disajikan.

5. Disajikan tepat pada waktunya

Hendaknya, hidangan bagi para penumpang disajikan tepat pada saat jam makan berlangsung. Contohnya saja, jam 9 pagi, jam 12 siang, serta jam 6 sore. Sehingga, jadwal jam makan penumpang tak terganggu, dan mereka sedang dalam kondisi pas untuk menyantap hidangan. Kalau hidangan disajikan terlalu malam, atau bahkan terlalu pagi, penumpang bisa malas menyantap hidangan tersebut.

6. Tersedia menu untuk anak-anak

Satu hal yang tak boleh dilupakan bagi setiap maskapai penerbangan adalah, di pesawat tidak hanya terdapat orang dewasa. Sering kali ada anak kecil turut serta dalam penerbangan tersebut. Anak kecil tersebut tak mungkin makan hidangan bagi orang dewasa, sehingga mereka perlu dibuatkan sebuah menu khusus yang bentuknya lebih lucu, namun tetap memiliki gizi yang cukup.

Sajian hidangan diatas udara sudah mulai terlupakan keberadaannya, terutama bagi penerbangan lokal. Persaingan harga tiket pesawat menjadi salah satu penyebabnya. Namun, perlu diingat bahwa sajian tersebut sangat penting demi kesehatan para penumpang. Kalau anda bersiap menempuh perjalanan jauh menggunakan pesawat, jangan lupa untuk tetap makan dan minum agar tubuh selalu fit.

Related Post