Memanfaatkan Online Ticket Booking? Inilah FAQ Situs Booking Online

Apakah anda sering melakukan perjalanan bisnis atau sekedar liburan menggunakan pesawat? Bagaimana cara anda membeli tiket pesawat? Apakah anda mendatangi pihak agen secara langsung atau dengan cara booking tiket pesawat online? Saat ini, segala kemudahan banyak ditawarkan di berbagai situs booking online atau agen tiket online sebagai penyedia layanan terbarukan mengenai pertiketan di tanah air dan Internasional. Apakah anda sudah mengetahui bahwa banyak sekali manfaat Online Ticket Booking?

Manfaat Online Ticket Booking

Apakah anda masih ragu untuk pesan tiket online? Apa yang menyebabkan anda ragu? Apakah anda belum tahu mekanismenya? Atau anda masih bingung apa manfaatnya? Sekarang anda justru tidak diperlu khawatir ataupun ragu dengan pesan tiket secara online. Sekarang banyak sekali situs booking online yang memudahkan anda membeli tiket pesawat tanpa anda harus datang ke agen secara langsung. Anda juga tidak perlu lagi bertanya hal-hal yang dirasa menyulitkan, sehingga harus datang ke agen langsung. Beberapa kemudahan layanan situs booking ticket online akan membantu permasalahan anda. Salah satu kemudahan tersebut bisa anda dapatkan di Tiket2.com.

Apakah anda tahu Tiket2.com? Tiket2.com merupakan website dengan fitur perbandingan penerbangan dan pemesanan tiket pertama di Indonesia sejak 2010. Hanya di Tiket2.com anda dapat menemukan dan memesan penerbangan murah di kawasan Indonesia dan Asia – Pasifik. Jika anda mengalami kesulitan anda akan diberikan kemudahan bagaimana cara pesan tiket pesawat online dengan masuk pada menu bantuan. Di sanalah anda akan tahu FAQ Situs Booking Online yang sering ditanyakan oleh konsumen.

Mengenal FAQ Situs Booking Online

Jika anda masuk dalam menu bantuan pada sebuah website, anda akan dibawa untuk mengetahui FAQ. FAQ merupakan singkatan dari Frequently Asked Question. FAQ adalah format daftar informasi online berisi pertanyaan yang sering diajukan orang dan jawaban yang sudah disediakan. FAQ juga meliputi tanggapan standar yang sudah disiapkan baik oleh instruktur atau asisten teknis atas beberapa pertanyaan tertentu. Tujuannya adalah membantu pengguna baru menghindari pertanyaan berulang ke agen tiket. Dalam FAQ Situs Booking Online banyak ditemukan beberapa pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh konsumen. Pertanyaan tersebut meliputi siapa agen yang sedang anda cari, informasi tiket pesawat, promo, harga, bagasi, pembatalan dan pengembalian uang, peraturan umum penerbangan, dan website versi mobile.

FAQ yang Sering Ditanyakan Kepada Pihak Agen Tiket Online

Beberapa situs booking online menyediakan layanan FAQ untuk memudahkan pelanggan baru apabila menemukan kesulitan. Beberapa dari mereka juga menyediakan informasi lengkap terkait profil perusahaan penerbangan, rute penerbangan, harga, sampai testimoni pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan dari pihak agen maupun pihak perusahaan penerbangan. Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan penerbangan di Indonesia tidak hanya satu dua tiga perusahaan, kira-kira lebih dari 10 perusahaan penerbangan. Nah, beberapa FAQ ini akan memberikan informasi kepada anda terkait FAQ yang sering ditanyakan kepada pihak agen tiket online mengenai informasi maskapai penerbangan di Indonesia.

A. Siapa Agen Tiket Online yang Anda Percaya

Bagi anda yang berniat untuk memesan tiket, anda sebaiknya mengecek siapa agen tiket yang sedang anda cari. Hal ini untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan. Anda jangan mudah percaya begitu saja dengan agen tiket online. Namun anda wajib tahu bahwa ada agen tiket online yang sudah terpecaya, anda bisa cari tahu Tiket2.com untuk informasi pemesanan tiket online.

Agen Tiket2.com merupakan website pembanding penerbangan sehingga anda bisa menemukan informasi tiket dan memesan penerbangan murah di kawasan Indonesia dan Asia Pasifik. Di Ttiket2.com anda bisa meghubungi customer care jika anda menemukan beberapa masalah yang anda temui. Jika anda gagal untuk menghubungi customer care, anda bisa sesegera mungkin bisa beralih ke live chat. Beralamatkan di Jl. Kaliurang Km 7,8 No 150, Yogyakarta 55581, Indonesia, apabila anda mengalami kesulitan, anda juga bisa datang ke kantor setiap saat.

B. Pencarian Tiket

Anda tidak perlu cemas dengan harga yang biasa ditawarkan di Tiket2.com. Harganya terjangkau dan informasinya lengkap. Anda cukup mengisi kolom di bagian teratas, seperti rute, tujuan, pesawat, dan anda akan segera mendapatkan informasi terkait penerbangan yang terjangkau. Tiket2.com melayani 12 maskapai penerbangan Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia Indonesia, Sriwijaya, Citilink, Tiger Air, Batik Air, Wings Air, Kalstar, Sky Aviation, Nam Air dan Thai Lion Air. Apabila dalam pencarian rute pesawat anda mengalami kegagalan, anda jangan menyerah karena itu berarti tidak ada penerbangan yang melayani rute yang anda cari. Atau bisa jadi tidak ada penerbangan yang tersedia di tanggal yang anda terntukan. Anda dapat memeriksa filter pencarian lanjutan dan cobalah untuk menghapus beberapa pencarian yang sempat anda pilih.

Apakah anda ingin melakukan perjalanan ke Eropa? Anda belum menemukan tiket yang anda cari? Perlu anda ketahui bahwa Tiket2.com hanya memberikan pelayanan untuk penerbangan ke Indonesia (domestik), Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Thailand. Pihak Tiket2.com terus meningkatkan pelayanan agar bisa melakukan rute ke seluruh dunia. Pihak Tiket2.com juga memberikan fitur pencarian dengan benar. Setiap harinya mereka update informasi dan mengecek bahkan sampai mengganti informasi tiket seperti harga yang biasa sering ditanyakan. Mereka setiap hari melakukan pengecekan harga, rute, dan waktu, agar tidak mengecewakan pelanggan. Untuk setiap keberangkatan, anda tidak perlu cemas jika anda berada di daerah, pasalnya pihak Tiket2.com telah menginformasikan bahwa waktu keberangkatan disesuaikan dengan zona waktu masing-masing tempat. Kemudian jika anda menemukan tanda +1 anda perlu perhatikan bahwa waktu anda sampai ke tempat tujuan yaitu sehari setelah anda melakukan penerbangan.

C. Booking Ticket

Setelah anda puas melakukan pencarian tiket di Tiket2.com, anda bisa melakukan pemesanan segera dengan beberapa tahapan yang wajib anda ketahui. Tahapan tersebut sebagai berikut:

1. Silakan anda masuk tiket2.com
2. Setelah anda masuk, silakan isi beberapa kolom yang memang wajib diisi, seperti tanggal dan jumlah penumpang
3. Setelah itu anda klik cari penerbangan seperti tahapan dalam pencarian tiket pesawat.
4. Setelah semua berhasil, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memeriksa kembali tanggal keberangkatan anda. Apakah sudah benar? Anda bisa dengan mudah memilih tanggal sesuai yang anda inginkan.
5. Anda juga bisa memilih maskapai tertentu dengan menggunakan kolom “SARING MASKAPAI”.
6. Apabila anda ingin melihat penerbangan dijam-jam tertentu, anda bisa menggunakan kolom “LEPAS LANDAS MENDARAT” dan anda bisa dengan mudah menentukan kapan anda akan melakukan penerbangan.
7. Bagi anda yang ingin tahu durasi anda selama melakukan penerbangan, anda bisa mengeceknya dengan kolom “LAMA PERJALAN MAX”, dengan mengecek kolom ini, tentu anda sangat terbantu.
8. Sebelum anda melakukan booking, sebaiknya cek terlebih dahulu mengenai harga, rute, diskon, dan kelas. Jangan sampai anda terlanjur melakukan pemesanan.
9. Setelah anda merasa cocok, anda bisa melakukan klik pada tombol “PESAN”. Di sana anda akan diajak ke halaman pemesanan.
10. Anda sudah di halaman pemesanan? Selanjutnya anda isi formulir pemesanan. Isi data diri anda sesuai yang ada di paspor.
11. Kemudian, tentukan berat bagasi anda. Anda perlu cek informasi bagasi setiap maskapai sebelum anda menentukan berapa berat bagasi anda.
12. Jika anda tidak melakukan penerbangan sendiri, anda bisa menambahkan penumpang dengan klik + PENUMPANG.
13. Periksa kembali berapa total yang anda harus bayar, termasuk bayar pajak dan service yang akan anda terima.
14. Jika dari seluruh tahapan di atas cukup dirasa baik, klik tombol “LANGKAH BERIKUTNYA”
15. Isi detail kontak anda lalu klik “PESAN TIKET”
16. Tunggu sebentar karena proses pemesanan tiket sedang berlangsung. Hanya butuh waktu 1-2 menit saja anda bisa mendapatkan check booking code. Setelah itu anda akan mendapatkan konfirmasi via email dari pihak tiket2.com
17. Kemudian setelah itu anda waktunya melakukan pembayaran setelah proses reservation berhasil. Anda bisa melakukan pembayaran dengan 3 motode yaitu:

  • Transfer bank/ATM –¬ Pilihan ini hanya untuk pelanggan yang melakukan pembayaran ke rekening Bank Indonesia.
  • Pembayaran populer dengan E-¬payment (Mandiri Clickpay atau CIMB Clicks). -Anda akan dipandu pihak agen untuk pembayaran melalui E-payment.
  • Kartu Kredit (Visa/MasterCard). Pembayaran via kartu kredit direkomendasikan untuk pembayaran internasional.

18. Setelah anda melakukan pembayaran, anda akan mendapatkan e-tiket yang nantinya akan dikirim oleh pihak agen ke alamat email anda.

D. Harga

Soal harga, apakah selalu berubah-ubah? Jika anda melakukan pencarian pada hari ini kemudian 2 hari kemudian mengalami perubahan tentu karena setiap agen tidak bisa memastikan ketersediaan tiket setiap maskapai. Sebaiknya anda melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari, paling tidak seminggu sebelum anda melakukan penerbangan. Harga dan ketersediaan kursi bisa berubah tidak terduga.

Harga tiket pesawat biasanya sudah sepaket dengan harga bagasi, jadi tidak perlu membayar lagi. Hanya saja untuk biaya makan, selain Garuda Indonesia, Nam air, Batik Air, Sriwijaya Air, dan Kalstar wajib membayar lagi jika anda ingin menikmati katering di atas pesawat. Perlu diketahui bahwa biaya pajak dan asuransi belum termasuk biaya setelah anda melakukan pencarian. Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk keduanya. Begitu halnya dengan bagasi akan ditampilkan pada bagian sidebar sebelah kanan setelah anda melakukan pemesanan.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

E. Bagasi

Bagasi menjadi sangat penting ketika anda harus menyiapkan beberapa keperluan yang harus anda bawa ketika melakukan penerbangan. Lalu apakah anda harus membayar bagasi meski anda tidak ingin membeli bagasi? Ternyata khusus untuk Air Asia, meski anda tidak berniat membeli bagasi, anda wajib membelinya minimal 15 kg bagasi. Untuk penerbangan yang lain tidak dikenakan biaya. Untuk bagasi setiap maskapai tentu memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Berikut adalah informasi terkait bagasi setiap maskapai penerbangan:

1. Garuda Indonesia

Bagi anda yang ingin melakukan perjalanan dengan Garuda Indonesia, tentu peraturan memperbolehkan pelanggan agar dapat membawa tas tangan paling berat 7 kg menjadi berita baik buat anda. Dimensi maksimum bawaan: panjang 56 cm, lebar 36 cm, kedalaman 23 cm dan termasuk roda, pegangan, dan kantong tambahan. Perlu diperhatikan bahwa tas harus ditempatkan di kabis di atas kursi tempat duduk pelanggan atau di bawahnya. Kursi roda yang dapat dilipat atau perlengkapan yang mendukung pelanggan disabilitas adalah gratis di penerbangan domestik. Berat bagasi yang diperbolehkan oleh pihak Garuda Indonesia cukup fantastis yaitu 20 untuk kelas ekonomi, 30 kg untuk kelas Bisnis, dan 40 kg untuk pelanggan First Class. Selain itu, Garuda Indonesia Indonesia juga memiliki layanan bagasi gratis untuk terbang bersama, bagasi tambahan dengan membeli bagasi, dan anda bisa masuk Garuda Indonesia Tracing Page apabila anda mengalami kehilangan bagasi.

2. Air Asia Indonesia

Bagi anda yang ingin melakukan penerbangan dengan membawa tas laptop di Air Asia, anda patut berbangga karena anda akan diperbolehkan membawa 2 tas laptop atau 1 tas tangan dengan berat tidak melebihi 7 kg.

3. Batik Air

Anda berhak membawa 1 buah check-in bagasi hingga 20 kg (untuk kelas ekonomi) atau sampai dengan 30 kg (untuk kelas bisnis). Batik Air memperbolehkan membawa sepeda, papan selancar, klub golf atau peralatan menyelam tanpa biaya tambahan. Berita yang baik untuk anda yang gemar olahraga.

4. Lion Air

Anda diperbolehkan untuk membawa 1 buah bagasi hingga 15 kg (untuk kelas bisnis) dan 10 kg (untuk kelas ekonomi). Papan surfing dan sepeda umumnya diterima tanpa biaya tambahan.

5.Citilink

Sama halnya dengan Air Asia, Citilink mengizinkan anda untuk membawa tas laptop atau tas tangan dengan berat tidak lebih dari 7 kg. Anda juga diizinkan untuk membawa 1 buah bagasi hingga 15 kg.

6. Sriwijaya Air

Anda diperbolehkan untuk membawa bagasi maksimal 20 kg untuk semua tujuan kecuali Tanjung Pinang – Jakarta (15 kg). Kelebihan bagasi akan dikenakan biaya sesuai aturan yang ada.

7. Nam Air

Anda diperbolehkan untuk membawa bagasi diperiksa maksimal 20 kg dan 5 kg bagasi tangan. Kelebihan bagasi akan dikenakan biaya sesuai aturan yang ada.

8. Wings Air

Anda diperbolehkan untuk membawa bagasi maksimal 10 kilogram dan 5 kilogram bagasi tangan. Kelebihan bagasi akan dikenakan biaya sesuai aturan yang ada.

F. Pembatalan dan Pengembalian Uang

Keuntungan anda jika memesan tiket di Tiket2.com adalah layanan terbaik. Anda tidak perlu cemas untuk urusan refund ticket online, karena sebenarnya pihak agen tiket2.com akan memberikan layanan dengan sepenuh hati. Caranya adalah silahkan menghubungi pihak tiket2.com di: (+62) 81 22444 0000. Mereka menawarkan bantuan gratis dalam mengubah reservasi dan selama proses pengembalian dana. Untuk informasi lebih lanjut silahkan cek kebijakan maskapai penerbangan tertentu, karena setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan tertentu.

G. Peraturan Umum Penerbangan

Meski anda telah membayar biaya yang terkait dengan penerbangan, anda perlu mentaati peraturan umum dalam penerbangan. Sebelum anda melakukan penerbangan, anda perlu melakukan check-in terlebih dahulu. Saat anda chec-in anda perlu membawa e-ticket yang sudah dicetak pada saat melakukan pembelian tiket. Anda juga perlu membawa tanda pengenal atau identitas diri termasuk paspor.

Perusahaan penerbangan di Indonesia memiliki kebijakannya masing-masing dalam melayani pelanggan termasuk tiket pesawat. Lebih dari 10 perusahaan penerbangan di Indonesia, seperti Air Asia, Nam Air, dan sebagainya tentu memilki layanan yang berbeda-beda. Dari pernyataan di atas terkait informasi FAQ yang sering ditanyakan pelanggan di setiap perusahaan kurang lebih sama. Hal-hal yang membedakan biasanya terkait dengan tata cara teknis dalam memesan dan melakukan check-in. Hal-hal lain yang menjadi pembeda adalah terkait dengan refund tiket pesawat. Sebaiknya, jika anda berniat melakukan penerbangan, kenali terlebih dulu perusahaan yang anda percaya. Kemudian untuk informasi terkait hal-hal yang berhubungan dengan FAQ, anda bisa tanyakan kepada pihak agen tiket online, salah satunya yaitu tiket2.com. Semoga informasi berikut membantu anda dalam memesan tiket pesawat ya!