Maskapai Ini Izinkan Pramugarinya Kenakan Hijab

Di era modern seperti sekarang ini, hijab sudah bukan lagi menjadi penghalang seseorang untuk menentukan profesi atau karir yang diinginkan. Saat ini mulai dari atlet, petugas keamanan polisi wanita (polwan), hingga pramugari berhijab dengan mengenakan baju serba tertutup selama menjalankan tugasnya. Dapat dikatakan bahwa beribadah sambil bekerja kini bukan lagi menjadi hal yang sulit dijalankan. Meskipun memang untuk profesi pramugari baru beberapa maskapai penerbangan saja yang sudah menerapkannya.

Belum lama ini, polisi wanita muslim Indonesia yang ingin berhijab selama bertugas telah mendapatkan izin secara resmi melalui peraturan Kapolri Nomor: 245/III/2015. Sehingga niat untuk mengenakan hijab guna menutup aurat dapat segera terlaksana tanpa sedikit pun mengurangi profesionalitas kerja. Lantas bagaimana dengan izin mengenakan hijab bagi pramugari? Benarkah maskapai penerbangan Indonesia mengizinkan pramugarinya mengenakan hijab?

NAM Air Mengizinkan Pramugarinya Berhijab Sejak Pertama Terbang

Mungkin masih ada beberapa diantara pengguna sarana transportasi udara yang hingga kini belum mengetahui bahwa maskapai penerbangan di Indonesia memang ada yang sudah lama mengizinkan pramugarinya mengenakan hijab selama bertugas. Ya! Maskapai yang mengizinkan pramugari berhijab tersebut adalah Nam Air, sister company Sriwijaya Air.

Sebagai “adik” dari maskapai Sriwijaya Air, NAM Air justru mengizinkan pramugarinya untuk berhijab sejak pertama kali terbang pada tahun 2013 lalu. Pramugari NAM Air yang hingga saat ini tercatat lebih dari 50 orang tersebut sekitar 30% diantaranya mengenakan hijab selama bertugas. Oleh karena itu, dalam satu armada pesawat yang sedang terbang akan selalu ada pramugari NAM Air yang mengenakan hijab.

Pakaian atau seragam pramugari berhijab di NAM Air sendiri didominasi dengan warna biru muda, senda dengan pilihan hijab yang dibiarkan mengembang. Jika selama ini Anda mungkin terbiasa melihat pramugari mengenakan rok, maka tidak demikian dengan NAM Air. Pasalnya pramugari yang memutuskan berhijab di maskapai ini mengenakan celana dengan warna cenderung gelap. Sedangkan selama berada di luar pesawat, para pramugari akan mengenakan blazer bernuansa biru tua dengan topi kecil dilengkapi pin NAM Air pada bagian atasnya. Meskipun tidak ada aturan secara mendetail mengenai seragam pramugari, namun memang pada prinsipnya seragam tidak mengganggu ruang gerak selama bertugas. Terutama ketika berada dalam keadaan darurat. Sehingga dinilai pilihan seragam dengan celana yang diberlakukan NAM Air justru membantu gerak lebih leluasa para pramugarinya.

Sekilas Mengenal NAM Air

NAM Air merupakan penghubung bagi rute penerbangan Sriwijaya Air. Dimana daerah operasiona NAM Air berada pada tingkat Kabupaten dan Kotamadya, sehingga terintegrasi “satu tiket” dengan penerbangan Sriwijaya Air. Hingga saat ini NAM Air mengoperasikan armada pesawat Boeing 737-300 dan Boeing 737—500 dari Sriwijaya Air yang merupakan maskapai induknya.

Kedua pesawat tersebut adalah keluarga dari Boeing 737 yang sudah sangat dikenal sebagai pesawat terlaris dunia. boeing 737 sendiri menjadi raja dari armada pesawat jenis kecil-menengah yang memfungsikan dua mesin jet. Mulai dioperasikan sejak tahun 1967, Boeing 737 hingga saat ini masih terus diproduksi dengan nama Boeing 737 MAX yang baru akan beroperasi pada tahun 2017. Tepat 50 setelah penerbangannya yang pertama.

NAM Air memusatkan penerbangannya di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta bertindak sebagai feeder dari Sriwijaya Air. Oleh karena itu, NAM Air juga berbagi terminal dengan Sriwijaya Air. Tepatnya terminal NAM Air dan Sriwijaya Air berada di terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta.

Mengenai sistem pelayanan penumpang, NAM Air menggunakan format hybrid. Meskipun tidak menyediakan Personal TV Screen atau PTV di setiap kursi penumpang, NAM Air masih menyediakan majalah hiburan lengkap dengan penganan manis untuk penerbangan jarak dekat dan makanan lengkap bagi penumpang penerbangan jarak menengah. Sehingga tiket pesawat NAM Air dapat dijual dengan harga yang lebih murah tanpa mengurangi tingkat kenyamanan penumpang. Tidak kalah jika dibandingkan dengan maskapai penerbangan full-service.

Sriwijaya Air Baru Mengizinkan Pramugarinya Kenakan Hijab

Setelah 3 tahun NAM Air terbang dengan pramugari berhijab, baru-baru ini Sriwijaya Air akhirnya mengizinkan pramugarinya untuk mengenakan hijab. Izin tersebut diberikan usai menilik bahwa hijab yang dikenakan oleh pramugari tidak mengganggu aspek safety sesuai tugas yang harus dilaksanakan oleh seorang pramugari.

Bukan hanya mendapatkan respon positif karena mengizinkan pramugarinya untuk berhijab selama bertugas, namun doa bersama penumpang yang menjadi agenda rutin Sriwijaya Air sebelum terbang juga dinilai menjadi hal positif. Dimana sebelum terbang, Sriwijaya Air memang mengajak penumpang berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Hal tersebut dilakukan guna meminta perlindungan keselamatan kepada Tuhan sesuai dengan agama dan juga kepercayaan masing-masing penumpang.

Sedikit berbeda dengan NAM Air, seragam pramugari Sriwijaya Air yang mengenakan hijab cenderung berwarna cerah. Lebih elegan dan pastinya sopan, menurut penumpang yang telah menggunakan layanan Sriwijaya Air dan melihat langsung pramugari berhijab yang bertugas di maskapai penerbangan Indonesia ini.

Mengenal Sekilas Sriwijaya Air, Induk NAM Air

Sriwijaya Air merupakan maskapai penerbangan ketiga yang terbesar di Indonesia. Rute penerbangan yang dilayani oleh Sriwijaya Air tercatat sebanyak 44 destinasi, termasuk tiga diantaranya merupakan destinasi ke negara tingkat regional yakni Cina, Malaysia dan Timor Leste. Hingga saat ini Sriwijaya Air telah menerbangkan lebih dari 800.000 penumpang di setiap bulannya dengan nyaman dan aman.

Berdiri sejak 10 Novembeer 2013, maskapai yang berbasis di Jakarta ini terus menunjukkan usahanya dalam mempertahankan eksistensinya. Hal tersebut terbukti melalui keberhasilan Sriwijaya Air dalam bertahan sekaligus keluar dari krisis global pada tahun 2008 lalu tanpa mencatatkan adanya kerugian. Bahkan kini Sriwijaya semakin berkembang dengan terus menambah beberapa rute baru, termasuk membuka anak perusahaannya yakni NAM Air.

Sriwijaya Air juga selalu mengikuti standar pemeliharaan pesawat dari regulasi Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat demi memberikan jaminan keselamatan dalam setiap penerbangan. Ditambah lagi dengan kerja sama Sriwijaya Airlines dengan Garuda Maintenance Facility (GMF), perawatan dan pemeliharaan pesawat tingkat internasional.

Pada tahun 2008, maskapai penerbangan ini mendapatkan penghargaan dari Boeing dan penghargaan yang diberikan oleh Departemen Transportasi Indonesia. Penghargaan yang berhubungan dengan tingkat keamanan serta kenyamanan penerbangan.

Dengan selalu mengedepankan keamanan dan kenyamanan penumpang, Sriwijaya Air hingga saat beroperasi menggunakan 38 armada pesawat Boeing yang terdiri dari Boeing 737-300, Boeing 737-400, Boeing 737-500, Boeing 737-800W NG (Next Generation) serta Boeing 737-900ER yang merupakan armada pesawat baru Sriwijaya.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Adakah Tips Khusus Jika Ingin Mendaftar Sebagai Pramugari?

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa untuk bisa bekerja sebagai pramugari bukan hal yang mudah. Selain terdapat serangkaian tes yang panjang, beberapa syarat fisik juga termasuk salah satu kendala yang terkadang dinilai harus dipenuhi bagi calon pramugari.

Padahal hingga saat ini menjadi pramugari merupakan salah satu pekerjaan impian bagi para lulusan SMA. Selain menurut pandangan terlihat keren, menurut sebagian besar wanita yang ingin berkarir sebagai pramugari adalah berkesempatan menjelajah berbagai pelosok negeri atau bahkan manca negara secara gratis. Secara umum, beberapa hal yang ada di bawah ini ialah faktor penting yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mencoba mendaftar menjadi salah satu calon pramugari maskapai penerbangan incaran:

1. Sehat Jasmani dan Rohani

Sebagai seorang pramugari tentunya Anda harus memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang seimbang. Karena Anda tidak akan bisa lolos tes sebagai calon pramugari jika memang mengidap penyakit berat layaknya jantung maupun penyakit berat yang lainnya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk terlebih dahulu melakukan medical check up atau memeriksa kondisi kesehatan ke dokter terlebih dahulu. Selain itu, secara fisik seorang pramugari juga memiliki kriteria tertentu. Diantaranya adalah memiliki tinggi minimum 160 cm dengan berat badan proporsional.

2. Cari Informasi Lengkap Sebelum Mendaftar

Sebelum memutuskan untuk mendaftar sebagai pramugari, Anda juga perlu terlebih dahulu mencari informasi lengkap mengenai profesi yang akan Anda geluti tersebut. Contoh kecil yang perlu Anda kulik lebih dalam adalah tugas seorang pramugari dalam penerbangan dan pastinya syarat-syarat penerimaan pramugari dari berbagai maskapai penerbangan. Ini akan sangat membantu Anda mempelajari berbagai hal yang mendukung pengetahuan Anda selama seleksi pramugari.

Selain itu, mencari informasi terkait persyaratan yang dipatok oleh masing-masing maskapai akan membuat Anda lebih mudah menemukan maskapai yang cocok dengan kriteria atau kepribadian Anda. Misalnya Anda yang berhijab tentunya saat ini lebih mengetahui bahwa NAM Air dan Sriwijaya Air merupakan maskapai dalam negeri yang tepat dijadikan sebagai pilihan. Karena Anda tetap dapat mewujudkan mimpi sebagai pramugari tanpa melepas hijab Anda selama bertugas.

3. Memiliki Kemampuan Akademik Yang Baik

Pramugari bukan hanya cantik dan menarik, namun Anda juga harus memiliki kemampuan akademik yang baik. Singkatnya memiliki pengetahuan luas, lolos psikotes sekaligus dapat berbahasa Inggris dengan baik. Hal-hal tersebut memang sangat penting karena nantinya sebagai seorang pramugari Anda akan berhadapan dengan berbagai penumpang, sehingga tidak menutup kemungkinan penumpang tersebut berasal dari luar negeri yang menuntut Anda berkomunikasi bahasa asing.

Seorang pramugari juga harus mampu melayani semua penumpang yang berada dalam penerbangan dengan baik, ramah dan penuh senyum. Sehingga manner juga sangat penting untuk Anda perhatikan. Jika selama ini Anda sadar bertindak sebagai seseorang yang justru kurang memperhatikan keramahtamahan atau manner mulai saat ini akan lebih baik jika Anda sudah mulai mengasahnya. Sementara psikotes dan bahasa Inggris dapat diperdalam melalui kursus serta mempelajari buku.

4. Tetap Percaya Diri Ketika Proses Wawancara

Bukan hal yang baru seseorang tiba-tiba grogi dan tidak percaya diri saat menghadapi sesi wawancara. Untuk sesi wawancara calon pramugari biasanya akan dilakukan setelah Anda berhasil dinyatakan lolos dari tes kesehatan (jasmani & rohani). Tunjukkan sikap yang wajar selama proses wawancara, terutama tersenyumlah secara natural.

,p>Selama wawancara para pewawancara akan melihat bagaimana sopan santun, keramahan, fleksibilitas sekaligus tingkah laku Anda sebagai calon pramugari. Jangan menunjukkan Anda memiliki gelar dari pendidikan tinggi maupun hal-hal lain yang cenderung terkesan sombong. Karena dapat dipastikan Anda tidak akan lolos sesi wawancara pramugari.

5. Tidak Perlu Memakai Make-up yang Berlebihan

Memiliki penampilan yang menarik sebagai pramugari pada kenyataannya bukan cantik dengan wajah penuh make-up dan tubuh seksi. Pasalnya seorang pramugari perlu memiliki penampilan yang menarik dalam segi tingkah lakunya. Sah-sah saja berdandan pada saat menghadiri proses wawancara, akan tetapi sangat tidak disarankan jika terlalu berlebihan.

Mengingat ketika wawancara maka pewawancara secara otomatis akan melihat gaya bicara, keramahan, sopan santun dan tingkah laku Anda. Jadi, apa gunanya make-up tebal dengan manner yang buruk? Sudah pasti Anda tidak akan dinyatakan lolos oleh pewawancara. Juga tidak peduli seberapa bagusnya akademik Anda, bagi mereka manner merupakan suatu hal penting yang dibutuhkan oleh seorang pramugari.

6. Mengikuti Pendidikan Pramugari

Di Indonesia juga ada banyak pendidikan pramugari yang mendidik Anda menjadi seorang pramugari secara tepat. Sehingga ketika lulus dari sekolah pramugari Anda sudah dibekali dengan berbagai pengetahuan penting seputar tugas, hak dan kewajiban pramugari. Untuk ke depannya dapat diterapkan dalam karir profesional. Pilihan ini dapat Anda pilih untuk lebih siap mendaftar sebagai pramugari.

Apakah Anda sudah paham dengan beberapa tips sederhana yang dipaparkan di atas? Anda dapat mulai mempersiapkan segala sesuatunya mulai saat ini juga, sehingga mimpi menjadi seorang pramugari dapat segera terwujud. Terlebih lagi bagi Anda yang berkeinginan untuk menjadi pramugari dengan tetap mempertahankan hijab. NAM Air dan Sriwijaya Air siap untuk menyambut Anda berkarir sebagai pramugari profesional bersama mereka.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin menjadi pramugari dan hanya sebatas penasaran dengan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh para pramugari berhijab dari NAM Air dan juga Sriwijaya Air, segera ambil gadget Anda untuk melakukan booking online tiket NAM Air atau Sriwijaya Air. Terlebih saat ini layanan pemesanan tiket pesawat murah yang terkenal dari kedua maskapai tersebut dapat dilakukan secara online.

Semakin memberikan Anda kemudahan sekaligus kenyamanan. Selain itu, jangan lupa rajin memeriksa berbagai diskon atau penawaran menarik tiket penerbangan dari NAM Air, Sriwijaya Air maupun maskapai penerbangan Indonesia lainnya melalui situs booking online terpercaya yang akan memberikan Anda kesempatan terbang kemana pun dengan tiket pesawat murah tanpa “tapi”.

Related Post