Lingkari Jadwal Liburan Anda dan Bersiap Untuk Memperoleh Tiket Promo

Setiap kali mendapat libur, kerap kali Anda merasa kecewa karena hanya menghabiskannya di rumah saja. Hal tersebut karena liburan yang Anda rencanakan bersama keluarga beberapa hari sebelum masa libur gagal terwujud karena tiket pesawat yang mahal. Berkaca dari pengalaman ini, ada baiknya Anda mulai mempersiapkan sejak dini liburan-liburan berikutnya. Mulailah mengatur jadwal liburan Anda jauh-jauh hari sebelumnya. Jika Anda masih ragu untuk menyiapkan jadwal liburan jauh-jauh hari sebelumnya, ulasan berikut ini mungkin bisa membuat Anda berubah pikiran.

1. Anda masih ragu memilih tanggal yang tepat untuk menentukan liburan.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapat jika Anda merencanakan liburan jauh hari sebelumnya. Salah satunya, Anda bisa memanfaatkan tiket promo yang diberikan oleh maskapai atau travel agent. Selain harga yang murah, rencana perjalanan Anda untuk keberangkatan dan kedatangan pun telah tersistem rapi. Ini memudahkan Anda untuk merencanakan akomodasi dan kegiatan di tempat berlibur, bukan?

Meski demikian, tidak mudah mencari tanggal yang tepat untuk berlibur. Sering kali, jadwal liburan Anda tidak sama dengan jadwal liburan anggota keluarga atau rekan yang ingin Anda ajak liburan bersama. Hal itu membuat Anda ragu-ragu untuk membuat jadwal liburan yang terperencana. Anda takut jadwal yang sudah Anda persiapkan dengan tentunya membayar di awal batal, sehingga Anda malah merugi.

2. Di akhir tahun, Anda dapat memulai mencari kalender libur nasional untuk tahun berikutnya.

Ada banyak cara untuk menentukan jadwal liburan yang tepat untuk Anda agar tidak terbuang sia-sia. Untuk Anda yang bekerja rutin sesuai jam kerja yang berlaku, Anda bisa mencoba dengan mencari kalender libur nasional untuk akhir tahun atau tahun berikutnya. Tiket promo umumnya dipesan minimal tiga bulan sebelum keberangkatan. Umumnya, maskapai dan travel agent banyak menawarkan tiket promo di akhir tahun. Dengan memanfaatkan kalender libur nasional, Anda dapat mengerti tanggal mana saja yang bisa Anda manfaatkan untuk berlibur. Misalkan saja, tanggal merah di hari Jumat, bisa Anda manfaatkan untuk melakukan perjalanan singkat tiga hari dua malam yang cukup menyenangkan. Anda yang masih punya banyak cuti, bisa menggunakan libur nasional di hari Selasa atau Kamis, di mana ada hari kecepit yang bisa Anda gunakan untuk cuti.

3. Jika Anda ingin berlibur dengan putra-putri, mintalah kalender akademik di sekolahnya.

Agar liburan Anda semakin menyenangkan, Anda tak ingin pergi sendiri. Anda yang sudah berkeluarga, mungkin ingin mengajak pasangan Anda dan anak-anak untuk turut berlibur. Sayangnya, Anda tidak tahu kapan waktu yang pas untuk mengajak mereka. Anda takut waktu yang Anda tentukan tersebut justru bertepatan dengan jadwal ujian sekolah mereka. Kapan ya kira-kira mereka libur sekolah? Segala jadwal kegiatan belajar mengajar sekolah anak Anda dapat Anda lihat di kalender akademik di sekolahnya. Setiap sekolah, bisa memiliki kalender akademik yang berbeda-beda. Mintalah pada pihak sekolah kalender akademik anak Anda, sehingga Anda bisa mengetahui jadwal liburan sekolah anak Anda.

mengajak anak memilih liburan

4. Ajaklah rekan atau keluarga yang ingin Anda ajak bepergian untuk berunding bersama.

Setelah Anda mendapat partner berlibur yang akan menemani Anda, jangan terburu-buru untuk memutuskan membeli tiket pesawat. Sebaiknya, Anda terlebih dahulu merundingkan rencana berlibur Anda. Baik itu dengan pasangan atau rekan-rekan, Anda perlu membicarakan rencana liburan ini dengan matang. Mulai dari biaya perjalanan yang akan dikeluarkan hingga tujuan liburan.

Membuat kesepakatan dari awal sebelum berlibur ini sangat penting. Setiap orang punya keinginan masing-masing, termasuk ketika berlibur. Membicarakannya dari awal, dapat mengurangi potensi kesalahpahaman saat berlibur yang akan mengganggu suasana liburan.

5. Mulailah merencanakan perjalanan yang ingin Anda tuju dengan berburu tiket promo dari internet.

Ketika semua sudah sepakat, mulai lah berburu tiket promo di internet. Memesan tiket penerbangan ini membutuhkan waktu yang singkat. Dengan catatan, Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Pilihlah waktu yang tidak sibuk untuk memesan tiket secara on-line, misalnya di malam hari. Tidak sebanyak jam sibuk, pada malam hari orang lebih sedikit membuka layanan penjualan tiket on-line, sehingga Anda lebih mudah mengaksesnya. Koneksi internet yang stabil juga diperlukan. Koneksi yang stabil sangat diperlukan karena jika koneksi Anda terputus di tengah pemesanan, tiket Anda bisa saja belum terpesan sehingga Anda harus mengulanginya dari awal.

6. Ada banyak maskapai yang menawarkan tiket promo dengan harga yang terjangkau. Sebelum memutuskan, pilihlah maskapai yang sudah terpercaya.

mencari tiket pesawat promo di Tiket2

Tentunya, Anda akan menemukan banyak sekali maskapai yang menawarkan tiket promo. Tak sedikit pula maskapai yang menawarkan tiket dengan harga Rp 0,- untuk penerbangannya. Untuk menentukan maskapai yang akan Anda gunakan, di samping harga, Anda juga perlu mempertimbangakan track record maskapai tersebut. Bila Anda bingung untuk mengetahuinya, Anda cukup mencari tahu melalui search engine. Ada banyak komentar dan testimoni dari pengguna maskapai yang akan Anda gunakan. Komentar dan testimoni tersebut bisa Anda perbandingkan untuk menjadi acuan memilih maskapai yang hendak Anda gunakan.

7. Banyak juga website yang menyajikan penawaran tiket promo dengan harga yang bersaing.

Ada banyak juga situs travel agent yang menawarkan beragam tiket promo untuk pesawat terbang. Anda perlu berhati-hati, karena tak sedikit yang menipu atau palsu. Teliti lah sebelum menggunakan jasa travel agent di internet. Travel agent on-line yang terpercaya, tentu mencantumkan alamat kantor dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Untuk keamanan, Anda dapat menelpon nomor telepon yang tertera di website tersebut. Anda juga bisa mengecek alamat biro perjalanan tersebut melalui peta digital yang bisa Anda akses dengan koneksi internet Anda.

8. Sebelum melakukan pemesanan, periksa dan siapkan kembali segala kelengkapan administrasi yang diperlukan.

Setelah menemukan travel agent dan maskapai yang tepat, kini Anda dapat memulai melakukan pemesanan. Saat melakukan pemesanan, ada baiknya Anda menyiapkan identitas diri dan calon penumpang lain yang akan berangkat. Jika Anda berniat melakukan perjalanan ke luar negeri, menyiapkan pasport masing-masing penumpang saat akan melakukan pembelian penting sangatlah penting. Hal ini menjaga agar input data yang dimasukkan dalam formulir pemesanan tiket tidak berbeda dengan identitas atau pasport penumpang.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

9. Saat memesan, tak perlu terburu-buru. Baca dan cermati setiap ketentuan dan informasi yang tertera pada website tersebut agar tak menyesal kemudian hari.

Banyak pemesan yang malas membaca ketentuan dan informasi yang ada di situs jasa penjualan tiket pesawat terbang. Padahal, ketentuan dan informasi tersebut bisa saja berguna untuk perjalanan. Ada baiknya Anda melakukan pemesanan dengan tidak tergesa-gesa. Membaca dan mencermati ketentuan dan informasi yang tersedia di website membantu Anda untuk mengetahui hak dan kewajiban Anda sebagai penumpang.

10. Setelah melakukan pembayaran, tiket Anda dengan segera akan dikirim ke e-mail Anda.

Jika pengisian formulir penumpang telah terisi, permintaan Anda akan diproses dan selanjutnya Anda akan masuk pada proses pembayaran. Banyak pilihan yang diberikan untuk melakukan pembayaran. Jika, Anda memiliki kartu kredit, Anda dapat menggunakannya dengan memasukkan nomor kartu kredit dan yang masih berlaku. Nama yang tertera di kartu kredit ini sebaiknya sama dengan nama pemesan yang akan berangkat. Tidak memiliki kartu kredit, Anda bisa juga menggunakan internet banking. Cara pembayarannya bisa beragam tergantung bank yang Anda gunakan. Masih tidak memiliki internet banking? Pembayaran juga dapat Anda lakukan dengan transfer ATM. Jangan lupa mencatat nomor pesawat yang digunakan untuk melakukan pembayaran dari ATM.

Setelah urusan pembayaran selesai, tiket pun akan segera dikirim ke e-mail Anda. Untuk memudahkan mencarinya ketika akan digunakan, beri tandai berilah tanda pada email Anda. Tiket elektronik ini juga bisa Anda cetak, agar memudahkan petugas saat check-in di bandara.

11. Untuk pengingat, pasanglah jadwal pada kalender di ponsel Anda beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan.

Hari keberangkatan Anda masih beberapa bulan lagi, agar Anda tidak lupa, catat pada kalender di ponsel Anda. “Membuat catatan di kalender ponsel ini, memudahkan saya jika akan membuat janji dengan klien. Ketika saya akan membuat janji, saya tahu bahwa tanggal sekian sampai sekian saya sudah merencanakan liburan,” ujar Mayka, salah seorang pegawai bank yang selalu menggunakan tiket promo untuk liburan.

12. Mendekati hari H mulailah persiapkan yang keperluan berlibur Anda.

Beberapa hari sebelum keberangkatan, Anda sebaiknya melakukan persiapan. Anda bisa memulai dengan menyiapkan barang-barang yang perlu dibawa saat liburan. Cermati barang bawaan yang akan Anda bawa. Anda dapat memilih barang yang sekiranya memang penting untuk dibawa, sisakan tempat sekiranya ingin membeli oleh-oleh atau cindera mata dari tempat liburan. Perhatikan juga bobot bawaan yang akan Anda bawa. Jangan sampai lebih dari bagasi yang diberikan atau Anda harus membayar untuk kelebihan bagasi yang pastinya tidak sedikit.

Untuk Anda yang akan berlibur ke luar negeri, Anda dapat terlebih dahulu menukar uang agar tidak kesulitan nantinya. Sekali lagi, jangan lupa kelengkapan dokumen perjalanan Anda.

13. Yang perlu Anda perhatikan tentang ketentuan tiket promo.

“Jika saya membeli tiket promo apakah saya bisa mengganti jadwal atau membatalkan bila tak jadi berangkat?”
Agak susah mengganti jadwal saat Anda menggunakan tiket promo. Rata-rata tiket promo bersifat fix date, jadi Anda tidak bisa mengubah jadwal sama sekali. Saat ini, memang ada beberapa maskapai yang bisa mengubah jadwal tiket promo, namun biaya penggantian yang dibebankan juga cukup tinggi. Tiket promo juga bersifat non-open dan non-refund, yang berarti tidak dapat digunakan setiap saat dan tidak bisa diuangkan kembali jika batal berangkat. Itulah sebabnya Anda perlu memilih tanggal keberangkatan dengan benar-benar matang.

14. Saat hari H tiba, datanglah ke bandara dua jam lebih awal dari jadwal penerbangan Anda.

Semua dokumen telah lengkap, barang bawaan pun telah tertata dengan rapi dan siap untuk dibawa. Segalanya sudah tersusun dengan sempurna. Kini, Anda dapat berlibur bersama orang-orang terdekat dengan nyaman. Agar perjalanan liburan Anda semakin nyaman, Anda sebaiknya datang ke bandara lebih awal dari pada biasanya. Saat musim liburan, bukan tidak mungkin jalanan menuju bandara lebih padat dari biasanya. Konter petugas check in pun mengantri lebih panjang dari pada hari biasa. Sampai di bandara dua jam lebih awal dari waktu keberangkatan akan membuat Anda tidak perlu terburu-buru takut takut tertinggal pesawat.

15. Dengan liburan yang terencana, Anda dapat menikmati liburan tanpa harus memikirkan pengeluaran yang membengkak di belakang.

Membuat perencanaan perjalanan jauh-jauh hari sebelumnya memang belum menjadi gaya hidup orang Indonesia. Meski demikian, tidak salahnya kan mencoba? Dengan merencanakan liburan di jauh-jauh jari sebelumnya, berbagai keuntungan tentu akan dapatkan. Selain tiket promo dengan harga yang sangat terjangkau, biaya akomodasi dan lainnya juga dapat Anda persiapkan jauh-jauh jari. Anda pun dapat berlibur dengan tenang tanpa harus kepikiran tagihan yang akan membengkak seusai liburan. Selamat berlibur!