Lakukan 5 Kesalahan Ini, Maka Anda Jadi Boros Saat Travelling

Saat sedang travelling, anda akan merasa bahagia. Rata-rata, orang bahagia bisa mengambil keputusan tanpa menggunakan akal sehat, alias hanya berdasarkan kebahagiaan tersebut dan sesaat saja. Oleh karena itu, tak jarang orang menghamburkan terlalu banyak uang pada saat travelling. Ini dia kesalahan umum yang membuat anda jadi boros.

1. Menarik uang menggunakan kartu kredit ataupun ATM luar negeri.
atm

Kalau travelling keluar negeri, sebisa mungkin hindari pembelanjaan menggunakan kartu kredit. Kartu kredit akan menghitung kurs pada hari itu dan umumnya kurs yang digunakan sangatlah tinggi. Hindari pula menarik uang di ATM luar negeri karena biaya administrasinya mahal. Kecuali, kalau anda benar-benar kepepet.

2. Tidak memberi budget untuk makan.

Pengeluaran yang paling tidak kita sadari namun banyak adalah biaya makan dan minum. Jika anda asal-asalan dalam hal ini, tentu kas anda bisa bocor. Ada baiknya untuk sediakan budget agar anda bisa membatasi diri sendiri. Yang penting, anda sudah bisa menikmati kuliner khas setempat sekaligus kenyang, kok.

3. Tidak bertanya dengan jelas soal hak dan kewajiban pesawat, contohnya bagasi.

Harga boleh murah, namun pastikan bahwa jika dengan biaya biaya tambahan, biaya tersebut tetap yang paling murah. Adakalanya harga murah hanya diawal, kemudian tambahan-tambahannya sangat banyak sehingga menjadikan harga tiketnya mahal. Untuk mendapatkan harga terbaik, anda bisa cek tiket2.com .

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

4. Baru tukar uang saat berada diluar negeri.

Tukar uang diluar negeri sering kali lebih mahal daripada tukar langsung di tempat penukaran uang setempat. Perhitungkan pula berapa banyak yang perlu anda tukar. Pasalnya, jika tidak habis dan anda tukarkan kembali ke rupiah, rata-rata nilainya akan turun.

5. Tidak membuat perencanaan biaya sebelum berangkat.

Anda langsung berangkat begitu saja tanpa memperkirakan berapa biaya travelling anda sehari-harinya. Inilah yang sumber keborosan nomor satu. Jika anda tidak tahu berapa perkiraan biaya dan budget, anda akan terus menerus merasa punya banyak uang dan akhirnya menjadi boros.

Setelah mengetahui 5 kesalahan anda dalam mengatur keuangan pada saat travelling, anda bisa menghindarinya dan lebih mengontrol diri agar pengeluaran tak banyak. Soal biaya, anda bisa mencari informasi lewat internet ataupun forum-forum travelling. Selamat travelling hemat!

Related Post