Kerja Sama “Code Share” Garuda Indonesia – Aeromexico. Apa Untungnya?

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia belum lama ini kembali memberikan satu kejutan manis kepada penumpang setianya. Bagaimana tidak, Garuda Indonesia menjalin suatu kerja sama dengan maskapai asal Meksiko, yakni Aeromexico “Code Share”. Melalui kerja sama Garuda Indonesia dengan Aeromexico ini tentu diharapkan ada banyak keuntungan atau manfaat yang nantinya didapatkan oleh penumpang dari kedua maskapai tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kerja sama tersebut, kami sudah meangkum beberapa info pentingnya seperti di bawah ini.

Berjalan Mulai Awal Oktober 2016, “Code Share” Berikan Kemudahan Penerbangan

Sebagaimana diketahui, kerja sama dengan maskapai Aeromexico merupakan kerja sama kesekian bagi maskapai nasional Garuda Indonesia. Dimana nyaris bersamaan dengan perilisan mengenai kerja sama “Code Share”, Garuda Indonesia juga menjalin kerja sama dengan Korea Tourism Organization (KTO).

Kerja sama “Code Share” Garuda Indonesia – Aeromexico mulai berjalan terhitung sejak tanggal 1 Oktober 2016. Buah dari kerja sama tersebut ke depannya adalah memberikan aneka kemudahan kepada para pengguna jasa penerbangan kedua maskapai penerbangan, dalam hal ini Garuda Indonesia dan Aromexico. Khususnya mengenai layanan penerbangan dari dan ke Meksiko maupun Indonesia.

Nantinya melalui kerja sama “Code Share”, pengguna jasa maskapai Garuda Indonesia memiliki berkesempatan untuk menikmati berbagai pilihan akses jaringan menuju Meksiko. Pemberangkatan akan dilakukan dari Denpasar melalui Tokyo Narita menuju Meksiko. Demikian halnya dengan pengguna jasa maskapai Aeromexico mendapatkan kesempatan untuk menikmati akses layanan penerbangan menuju kota-kota besar yang ada di Indonesia, khusus melalui rute yang dilewati oleh Garuda Indonesia. Secara khusus melalui penerbangan dari dan ke Meksiko melalui destinasi Denpasar maupun Jakarta. Layanan penerbangan “Code Share” antara Garuda Indonesia dan Aeromexico juga akan beroperasi sebanyak 5 kali setiap minggunya.

garuda-indonesia

Bukan hanya sampai di situ, keuntungan lain yang juga didapatkan oleh Garuda Indonesia melalui “Code Share” diantaranya adalah memiliki akses penerbangan menuju beberapa destinasi utama yang ada di Meksiko, contohnya seperti Cancun, Acapulco, Guadalajara sampai dengan Monterrey. Dengan kata lain, melalui kerjasama “Code Share” jaringan rute penerbangan maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan menjadi semakin kuat. Khususnya untuk kawasan regional yang ada di wilayah Amerika Serikat. Sebagaimana diketahui, eksiko merupakan salah satu pasar yang cukup menjanjikan dari AS.

Kerja sama Garuda Indonesia dan Aeromexico bukan hanya sebatas untuk memperluas jaringan terbang maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, namun termasuk untuk tujuan promosi pariwisata di negara asal kedua maskapai tersebut.

Garuda Indonesia dan Aeromexico merupakan maskapai yang sama-sama berada di dalam satu aliansi penerbangan, yakni SkyTeam. Dengan begitu, seluruh pengguna jasa yang memanfaatkan jasa layanan penerbangan kedua maskapai tersebut mendapatkan kesempatan untuk menikmati bermacam fasilitas seperti Sky Priority, accrue, lounge dan juga redeem miles point.

Untuk mendukung kelancaran semua program kerja samanya, termasuk kerja sama “Code Share”, pada sepanjang tahun 2016 ini Garuda Indonesia Group akan menerima kedatangan total 18 armada terbaru. Sederet armada tersebut terdiri dari 1 armada Boeing 777-300 ER, 4 ATR72-600, 4 Airbus A330-300 dan 9 Airbus A320 (yang ditujukan untuk Citilink). Dengan demikian, Garuda Indonesia Group terhitung pada sepanjang 2016 mengoperasikan total 197 armada. 144 armada diantaranya untuk penerbangan Garuda Indonesia dan 53 armada sisanya digunakan untuk melayani penerbangan yang berada di bawah anak perusahaan Garuda Indonesia, yakni Citilink.

Kerja Sama “Code Share” Menjadikan Kamu Lebih Mudah Wujudkan Mimpi Kunjungi Destinasi Meksiko Ini

Tujuan utama traveller ke Meksiko umumnya adalah kebudayan. Dimana negara yang satu ini memiliki kebudayaan kuno yang sangat menawan. Bukan hanya terkenal menyuguhkan kebudayaan kuno, ada pula sejumlah destinasi wisata menggoda yang menjadi favorit dari para wisatawan dari manca negara. Bahkan menyambangi Meksiko terasa belum lengkap tanpa mengujungi deretan destinasi wisata favorit seperti di bawah ini. Terlebih lagi dengan adanya kerja sama “Code Share” maskapai Garuda Indonesia – Aeromexico yang akan memudahkan kamu untuk terbang ke sejumlah destinasi wisata di Meksiko.

1. Cenote Ik Kil, Sumur Raksasa yang Dipercaya Sebagai Gerbang Akhirat

Tidak perlu khawatir, Cenote Ik Kil bukan gerbang akhirat yang sebenarnya. Sebenarnya situs wisata di Meksiko ini merupakan sebuah sumur berukuran raksasa. Namun, masyarakat setempat percaya bahwa tempat tersebut adalah gerbang menuju ke akhirat. Meskipun demikian, sekarang ini Cenote Ik Kil sudah menjadi salah satu destinasi menawan yang sangat eksotis.

Lebih lanjut, Cenote Ik Kil merupakan situs peninggalan dari peradaban suku Maya. Lokasinya tidak jauh dari Chicezan Itza yang merupakan piramida suku Maya yang ada di Valladolid, semenanjung Yucatan, Meksiko. Sebenarnya Cenote Ik Kil merupakan sumber air tawar yang berada di bawah tanah. Meskipun kemarau, debit air yang ada di Cenote Ik Kil sama sekali tidak pernah surut maupun berubah warna.

Situs destinasi wisata eksotis ini memiliki diameter sekitar 60 meter dengan kedalaman mencapai 35 meter. Permukaan airnya sendiri berada sekitar 25 meter dari permukaan tanah. Para wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pengalaman berbeda ketika berenang di Cenote Ik Kil. Airnya yang biru dan segar cenderung dingin terlihat begitu mempesona ketika mulai memantullkan cahaya matahari. Terlebih adanya akar-akar pohon yang menjuntai ke atas kepala ketika berenang, menambah kesan alami terasa lebih nyata.

2. Cuixmala, Hutan Lindung Gambaran Alam Meksiko Nan Mempesona

Pernah membayangkan berdiri di sebuah tempat dengan pantai spektakuler, laguna, hutan dan berbagai macam fauna dan flora. Jika kamu ingin mencoba melihat gambaran alam semacam itu, maka ini waktu yang tepat untuk menyambangi Cuixmala. Destinasi wisata yang menawan ini berlokasi tepat di tepi Pantai Costalegre, Meksiko. Cuixmala dikelilingi vefetasi nan subur, laguna lengkap dengan pasir pantai yang berwarna keemasan. Termasuk beberapa bangunan vila nan mewah.

Cuixmala sendiri sebenarnya merupakan kawasan hutan lindung di Meksiko. Luas areanya mencapai total 131, 42 kilometer persegi. Topografi berbukit merupakan salah daya tarik yang mendominasi objek wisata Meksiko ini. Selain itu, kamu bisa menemukan 270 burung, 1.200 jenis tanaman, 70 mamalia, 19 amfibi, 68 reptil dan ribuan jenis invertebrata dan serangga. Cuixmala juga menjadi rumah bagi habitat spesies yang terancam punah seperti buaya, penyu dan puma. Di bulan-bulan tertentu, para pakar dalam bidang biologi akan mengumpulkan telur-telur penyu yang ada di Cuixmala untuk menghindarkannya dari ancaman predator. Jika beruntung, kamu berkesempatan untuk melihat langsung proses peleasan anak penyu atau tukik di lepas pantai Costalegre.

3. Menyusuri Peninggalan Bangsa Atlantis Nan Lama Hilang di Kota Tula

Dikenal dengan nama kota Tollan, kota Tula merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Meksiko. Konon di wilayah tersebut terdapat banyak bukti peninggalan bangsa Atlantis yang sudah lama hilang. Di kota Tula ini kamu bisa melihat langsung jajaran patung atlantean yang menjadi situs arkeologi paling tua yang pernah ada. Patung-patung tersebut merupakan bukti kuat jika Tula memang pernah menjadi salah satu lokasi peradaban paling besar di Meksiko pada zaman kuno. Berdasarkan sejarah, kota Tula sudah terbentuk sejak menjelang akhir periode klasik. Kala itu, manusia mulai melakukan migrasi dari utara ke Mesoamerika. Bangsa Toltec menjadi salah satu yang diketahui mampu bertahan dalam keadaan alam saat itu.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Dimana kemunculan bangsa Toltec tersebut diperkirakan menandai munculnya peradaban Mesoamerika. Sebagai bangsa paling unggu sekaligus kuat, bangsa Toltec mendominasi masyarakat lainnya yang ada di wilayah tersebut. Bahkan sejak saat itu, kota Tula atau Tollan menjadi ibu kota yang sangat legendaris dari bangsa Toltec, sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa sumber pasca penakhlukan.

4. Menikmati Keindahan Meksiko Bagian Selatan di Pantai Cancun

Pantai Cancun merupakan sebuah pantai yang berada di bagian selatan Meksiko. Tepatnya berada di negara bagian Quintana Roo, Munisipalitas Benito Juarez. Pantai yang satu ini berlokasi di pesisir pantai laut Karibia. Berada di pantai ini membuat kamu berkesempatan menyusuri pantai dengan pasir putih nan cantik bersama orang-orang terkasih.

Konon nama “Cancun” berasal dari bahasa Meksiko kuno yang artinya “ular emas”. Meskipun pantai ini memiliki nama layaknya seekor binatang buas, namun kamu tidak akan bertemu dengan ular selama ada di Pantai Cancun. Adapun pemberian nama tersebut sebenarnya lebih karena Pantai Cancun jika dilihat dari kejauhan tampak seperti seekor ular yang meliuk-liuk dengan warna khas keemasan karena terkena pantulan cahaya sunset. Terlebih ketika dipandang dari atas tebing untuk menghabiskan waktu senja.

cancun

Pantai Cancun

Di Pantai Cancun juga membuat kamu berkesempatan menikmati sensasi berenang di laut biru bersama sinar matahari cerah. Tidak heran jika banyak pasangan muda yang menghabiskan waktu berbulan madu di Pantai Cancun setiap harinya.

5. Cabo San Lucas Menjadi Destinasi Liburan Musim Semi Super Mewah

Menjadi destinasi wisata yang banyak menarik wisatawan manca negara untuk traveling ke Meksiko, Cabo San Lucas terkenal dengan ciri khasnya yang sangat kuat. Diantaranya memiliki beragam pantai, mulai dari perairan tenang di Playa del Amor dan Laut Cortez sampai ombak besar di Zippers sebagai lokasi surfing sempurna di Meksiko. Bukan hanya menyuguhkan pantai yang beragam, berada Cabo San Lucas juga memberikan kamu kesempatan untuk bercengkerama dengan fauna asli di wilayah tersebut. Termasuk mengunjungi teluk sekaligus melihat berbagai formasi batuan yang ada di pantai Cannery. Di situs destinasi wisata ini anak-anak umumnya senang bermain dengan hewan asli setempat, misalnya seperti berenang bersama lumba-lumba maupun mengendarai unta di sepanjang Desert Park Natural Reserve.

6. Melihat Kehidupan Laut Yang Beragam Beserta Goa Bawah Air di Playa del Carmen

Playa del Carmen merupakan salah satu destinasi menyelam yang terbaik di dunia. Tentunya karena di destinasi ini terdapat kehidupan laut yang sangat beragam sekaligus goa bawah air yang menakjubkan. Sedangkan di wilayah daratannya, Playa telah berubah dari yang sebelumnya merupakan desa nelayan menjadi sebuah kota modern dan trendi. Meluangkan waktu sejenak untuk bermain golf maupun bermain bersama spider monkey yang sangat lincah di cagar alam The Jungle Place merupakan momen menarik yang sayang dilewatkan. Menjelajahi reruntuhan Coba Mayan Village maupun berbaur bersama dengan keramaian khas Playa del Carmen sambil berbelanja hingga berjalan-jalan di sepanjang 5th avenue juga akan menjadi pengalaman menarik lainnya di Playa del Carmen.

Mengeksplor Meksiko Penting Memperhatikan Sederet Tips Ini

Terdapat beberapa perlu diperhatikan saat traveling ke Meksiko, beberapa diantaranya:

  • Makanan
  • Makanan di Meksiko tergolong cukup terjangkau. Membeli makanan di pasar lokal kamu membutuhkan sekitar 240 MXN (sekitar Rp 155.000). Berbeda jauh dengan makanan yang dijual di beberapa restoran atau di lokasi wisata, pasalnya kamu perlu mengeluarkan 400 MXN (Rp 258.000) untuk sekali makan.

    Oleh karena itu, sangat disarankan kamu lebih baik mempersiapkan bahan makanan yang dibeli di pasar tradisional dan mengolahnya sendiri untuk memenuhi kebutuhan makan selama berlibur di Meksiko.

  • Transportasi
  • Sebagian besar wilayah Meksiko dilewati oleh bus, harganya sendiri sangat beragam disesuaikan jauh dekatnya perjalanan yang ditemput. Contohnya naik bus dari Puerto Vallarta dengan jarak tempuh 5,5 jam umumnya menghabiskan biaya sebesar 480 MXN (sekitar Rp 310.000). Sedangkan tarif mulai dari 16 MXN (sekitar Rp 10.000) di beberapa kota.

    aeromexico

  • Travelling saat off-season
  • Peak season memang terkenal mahal, tidak peduli di luar maupun dalam negeri. Maka dari itu traveling di saat off-season anytara akhir April dan awal Desember merupakan pilihan tepat berkunjung ke Meksiko. Sepanjang off-season tarif akomodasi hingga makanan di destinasi wisata Meksiko cenderung murah.

Nah, bagaimana? Apakah informasi mengenai pengalaman traveling ke Meksiko yang semakin terbuka lebar dengan adanya kerja sama Garuda Indonesia – Airmexico sudah cukup jelas?

Sekarang saatnya kamu mulai melihat apakah ada kesempatan untuk mendapat tiket pesawat murah agar kamu berkesempatan menikmati layanan penerbangan Garuda Indonesia ke Meksiko. Jika membeli tiket promo atau diskon dengan harga yang lebih murah, tentunya kamu bisa menggunakan budget yang sudah disiapkan untuk sepenuhnya membiayai keperluan liburan di Meksiko. Termasuk untuk membeli tiket pesawat kembali ke Indonesia.

Related Post