See The Real Indonesia!

Hai, kami adalah Indoneo! – Profesional muda yang sangat antusias dalam bidang Tour & Adventure dari kota Yogyakarta yang indah.

Dengan pengetahuan lokal kami yang sangat dalam, pemandu wisata ramah dan ratusan tempat yang bisa dikunjungi menjadikan Anda tidak akan pernah kekurangan pilihan untuk berwisata. Bersama kami melihat pulau-pulau tropis, pantai yang masih alami, ombak, gunung berapi, satwa liar, mengunjungi masyarakat dengan budaya yang unik, dan mencicipi berbagai masakan yang nikmat. Kami akan memberikan Anda pengalaman perjalanan terbaik dalam hidup Anda – karena Anda adalah prioritas kami!

INDONEO.COM PAKET WISATA DAPATKAN QUOTE GRATIS

HARGA KOMPETITIF   –   GRUP BESAR DISKON   –   PAKET WISATA UNIK   –   TOUR CUSTOM

Inilah Fakta yang Wajib Kamu Ketahui Seputar Idul Fitri!

Idul Fitri, atau juga dikenal dengan istilah Lebaran, adalah sebuah perayaan umat Muslim di seluruh dunia pada tanggal 1 Syawal menurut kalender Hijriah. Ini adalah momen dimana umat Muslim sedunia merayakan keberhasilan atau kemenangan mereka setelah satu bulan berpuasa dan menahan hawa nafsu.Tak heran, ada beberapa orang yang menyebut hari Idul Fitri sebagai hari Kemenangan. Penasaran apa saja fakta seputar Idul Fitri? Yuk, mari disimak!

Sejarah Idul Fitri

Nabi Muhammad baru saja tiba di Madinah. Kemudian, Nabi Muhammad melihat ada dua orang yang bersenang-senang selama dua hari. Tercetuslah di benak Nabi Muhammad, bahwa Allah SWT wajib memiliki 2 hari raya yang lebih megah dan meriah, yaitu Idul Fitri serta Idul Adha.

Saat hendak menentukan tanggal, dipercaya bahwa Allah SWT mewarisi ayat Al-Qur’an pertama pada bulan Ramadhan. Kemudian, bulan Ramadhan dijadikan patokan untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

6 Hal Wajib dalam Idul Fitri

1. Berpuasa selama satu bulan penuh

Sebelum merayakan Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim mengawalinya dengan puasa selama satu bulan penuh. Puasa ini dilaksanakan setiap hari, mulai dari adzan Subuh sampai adzan Maghrib. Umumnya, satu bulan ini disebut sebagai bulan Ramadhan oleh umat Muslim.

2. Saling meminta maaf

Bersilahturahmi dan minta maaf adalah poin utama dari perayaan Idul Fitri. Saat Idul Fitri artinya kita wajib memulai semuanya dengan lembaran baru, dan melupakan kesalahan atau rasa sakit hati yang ditimbulkan orang lain.

3. Berkunjung ke rumah kerabat

Idul Fitri adalah saat dimana seluruh keluarga besar dapat berkumpul menjadi satu, makan bersama, dan mengikuti kabar-kabar terbaru dalam keluarga mereka. Ini waktu yang harus dimanfaatkan untuk mengakrabkan diri satu sama lain. Jangan lupa untuk memanfaatkan kesempatan ini berkunjung ke rumah orang tua, mertua, dan saudara lainnya ya untuk saling bersilahturahmi! Pasalnya, anda tak akan pernah tahu apa yang bakal terjadi setahun kedepan. Tali kekeluargaan dan persaudaraan itu sangat penting untuk dijaga.

4. Membeli pakaian baru

Sudah semacam kebiasaan jika Lebaran identik dengan pakaian baru. Namun, bukan berarti anda wajib membeli pakaian baru dari toko. Jika budget tidak mencukupi, maka cukup dengan mencuci pakaian lama supaya bersih dan terlihat baru.

5. Membayar zakat fitrah

Setelah berpuasa selama sebulan, kita tak boleh lupa bahwa apa yang kita miliki sekarang hanyalah titipan dari Allah SWT. Dengan membayar zakat fitrah mengijinkan kita untuk berbagai kebahagiaan dengan masyarakat yang lebih membutuhkan, dan merupakan hal wajib dilakukan sebelum Idul Fitri tiba .

6. Memberi amplop pada anak-anak

Anak-anak juga sangat senang saat Idul Fitri tiba, karena mereka akan menerima banyak sekali uang dari orang tua dan sanak saudara dalam amplop yang lucu. Paling pusing kalau dalam keluarga banyak terdapat anak kecil, karena uang yang dikeluarkan makin banyak!

Di beberapa negara seperti Amerika, Inggris, hari Raya Idul Fitri belum dianggap sebagai hari Libur Nasional, sehingga perayaannya pun belum semeriah Negara-negara seperti Indonesia, Arab, dan juga Malaysia. Namun, umat Muslim masih bisa merayakannya dengan bertanya secara langsung pada perkumpulan Umat Muslim di negara-negara tersebut.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Makanan yang wajib disediakan saat Idul Fitri

Ketupat & Opor Ayam

Berbentuk seperti persegi 4, ketupat adalah lontong yang dibungkus cantik dengan daun kelapa. Umumnya, ketupat dapat dinikmati dengan sajian lain seperti opor ayam dan hanya dapat ditemukan pada saat Idul Fitri tiba.

Aneka kue

Dikarenakan banyak sanak keluarga berkunjung, kue adalah makanan wajib sebagai cemilan. Dulunya, hanya terdapat beberapa jenis kue saja seperti putri salju dan nastar, namun sekarang sudah tersedia beragam pilihan kue untuk lebaran.

Setiap keluarga pasti punya tradisi atau makanan favorit saat Idul Fitri tiba. Namun, 2 makanan ini pasti bisa anda temukan disetiap keluarga. Apa makanan favorit anda saat Idul Fitri?

4 Fakta unik seputar Idul Fitri di Indonesia

1. Horee!! Dapat THR!

Bagi pegawai kantoran, inilah yang ditunggu-tunggu! Kapan lagi coba dapat gaji dobel? Umumnya, setelah mendapatkan THR, masyarakat langsung menghabiskannya, seperti membeli emas, pakaian, dan lain sebagainya, untuk menyambut Lebaran.

2. Setengah dari penduduk Jakarta menghilang

Apakah anda ingin merasakan Jakarta tanpa macet? Bisa, datanglah saat hari raya Idul Fitri tiba! Kota Jakarta sangat lengang, dan seperti tak ada kehidupan. Hal ini wajar, karena rata-rata penduduk di Jakarta adalah pendatang, bukan penduduk asli Jakarta.

3. Iklan para pejabat dan sirup berjamuran, bahkan SMS anda juga bakal penuh!

Pasti anda sering melihat iklan “Mohon Maaf Lahir dan Batin; Selamat Hari Raya Idul Fitri” oleh para pejabat tinggi bukan? Tidak hanya itu saja, iklan sirup sering anda lihat dimana-mana. Belum lagi saat hari raya Lebaran, handphone anda akan menerima puluhan hingga ratusan SMS ucapan Idul Fitri. Ini salah satu perbedaan paling mencolok antara perayaan Idul Fitri di Indonesia dengan negara lainnya.

4. Angka kecelakaan meningkat pesat

Sedihnya, data dari kepolisian menyebutkan bahwa kasus kecelakaan saat lebaran tahun 2012 silam mencapai 5,013. Dari angka tersebut, 869 korban meninggal. Kalau di rata-rata, jumlah tiap jam yang tewas mencapai 2.5 orang. Ini melebihi jumlah tewas orang di peperangan biasa loh!

Kapan sih, Idul Fitri dirayakan?

Idul Fitri dirayakan pada tanggal 1 Syawal dari kalender Hijriyah. Namun, perayaan Idul Fitri bisa berubah setiap tahunnya, dikarenakan perhitungan Tahun Hijriyah yang mengikuti peredaran bulan. Cara penentuan tanggal 1 Syawal juga bervariasi, sehingga tak heran jika beberapa umat Muslim Indonesia bisa merayakannya pada tanggal yang berbeda.

Nah, tahun 2016 ini Idul Fitri atau Lebaran akan jatuh pada tanggal 6 Juli, yang artinya puasa akan mulai dilaksanakan di awal Juni. Apakah anda sudah memiliki rencana hendak melakukan kegiatan apa saja selama Lebaran?