Ini Dia 15 Maskapai yang Menyediakan Akses Wifi di Dalam Pesawat

Tidak diperbolehkannya alat komunikasi dan elektronik di dalam pesawat selama penerbangan tentu menjadi permasalahan selama ini para penumpang. Kita tidak leluasa menggunakan perangkat smartphone dan lainnya yang memiliki konektivitas sinyal telepon dan internet. Tapi belakangan ini, teknologi berkembang dengan baiknya. Sinyal komunikasi yang dipancarkan telepon tidak lagi mengganggu navigasi pesawat. Anda pun bisa berinternet ria selama penerbangan berlangsung. Berikut ini adalah 15 maskapai penerbangan yang menyediakan fasilitas koneksi Wi-Fi Onboard yang memungkinkan anda mengakses internet dari gawai anda selama penerbangan.

1. Garuda Indonesia
Garuda Indonesia
Garuda Indonesia menawarkan fasilitas Wi-Fi onboard gratis untuk penerbangan First Class dengan pesawat bertipe Boeing 777-300ER atau Airbus 330-200/300. Namun jika anda tidak terbang di kelas satu, anda bisa juga menikmati internet di udara pada kelas bisnis dan ekonomi dengan armada Boeing 777-300ER dengan biaya sekitar USD 11,95 untuk pemakaian 1 jam dan USD21,95 untuk durasi 24 jam. Sedangkan untuk penerbangan kelas ekonomi dan bisnis dengan Airbus 330-200/300 anda bisa membeli paket Wi-Fi onboard seharga USD 2,49 untuk perangkat mobile dengan kuota sebesar 3Mb, USD9,95 untuk kuota 10 Mb, atau USD 21,95 untuk kuota 25 Mb di perangkat laptop.

2. Lion Air
Lion Air
Penumpang maskapai lokal Lion Air bisa bergembira dengan adanya internet di dalam pesawat selama penerbangan. Lion Air telah bekerjasama dengan Telkomsel untuk menyediakan kebutuhan Wi-Fi onboard selama penerbangan di beberapa armada yang disediakan dan dalam rute-rute tertentu.

 

3. Emirates

Maskapai penerbangan terbesar di Timur Tengah ini semakin mengukuhkan diri sebagai maskapai terbaik dunia dengan menyematkan fitur Wi- Fi dalam armada terbangnya. Berkantor pusat di Dubai, Emirates semakin memuaskan para penumpang dengan askes internet berkecepatan tinggi. Namun tentu saja koneksi internet yang bisa dinikmati di atas pesawat tersebut harus dibayar dengan cukup mahal. Untuk kuota gratis di semua kelas penerbangan hanya diberikan sebesar 10 Mb. Sedangkan untuk tambahan kuota berikutnya dikenakan biaya sebesar 1 USD untuk setiap 50 Mb. Fasilitas Wi- Fi yang disiapkan oleh Emirates ini bisa anda dapatkan saat terbang dengan pesawat bertipe Airbus A380.

4. All Nippon Airways
All Nippon Airways
Maskapai penerbangan asal Jepang, All Nippon Airways menyiapkan koneksi Wi-Fi onboard untuk penerbangan internasional. Sekitar 28 pesawat dengan rute internasional sudah siap untuk menyediakan Wi-FI dari perusahaan telekomunikasi asal Swiss, OnAir. Untuk saat ini pesawat bertipe B777-300ER dan B767-300 ER adalah pesawat yang sudah siap untuk layanan internet ini untuk kemudian berjalan di pesawat B787 Dreamliner.

5. Air China
All Nippon Airways
Meski baru bisa digunakan dalam perangkat laptop, tapi Air China telah berusaha untuk memberikan fasilitas Wi-Fi gratis bagi para penumpangnya selama penerbangan. Dengan lebih dari 289 rute penerbangan ke 30 negara di Asia,Timur Tengah, Eropa Barat, dan Amerika Utara, Air China telah menyematkan fitur internet ini untuk kemudahan dan kenyamanan para penumpang.

6. Thai Airways
Thai Airways
Thai Airways sepertinya tahu apa yang dibutuhkan oleh para penumpang selama perjalanan jauh terlebih untuk penerbangan jarak jauh. Terbukti dengan banyaknya pilihan paket yang ditawarkan untuk akses Wi-Fi onboard selama penerbangan dengan Airbus A330-300 dan A380-800. Jika kuota gratis belum bisa memenuhi kebutuhan berinternet anda selama penerbangan, maka maskapai penerbangan Thailand ini memberikan beberapa pilihan seperti Thai Sky Connect Smartphone Users untuk kuota 3 Mb dengan harga USD4,50, pilihan kuota 10 Mb dengan harga USD 14,5, sedangkan untuk penggunaan laptop dikenakan biaya USD14,5 untuk kuota 10 Mb dan juga paket 20 Mb dengan harga USD28,5.

7. Hong Kong Airlines
Hong Kong Airlines
Hong Kong Airlines telah memberikan fasilitas Wi-Fi onboard gratis pada penerbangan yang menggunakan armada Airbus A330-200. Sedangkan untuk penerbangan dengan pesawat yang lain belum menyediakan layanan internet ini. Pastikan juga provider OnAir sudah terhubung pada perangkat anda saat berada di dalam pesawat.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

8. Norwegian
Norwegian
Meski menerapkan konsep low cost airlines, Norwegian yang menjadi maskapai penerbangan terbesar ke tiga di Eropa ini tak enggan untuk memberikan fasilitas internet di dalam penerbangannya. Anda bisa menikmati internet gratis untuk penerbangan singkat dan menengah di wilayah Eropa dengan pesawat Boeing 737-800. Sedangkan untuk penerbangan jarak jauh, Norwegian belum memberikan fasilitas menggiurkan ini.

9. Turkish Airlines
Turkish Airlines
Maskapai penerbangan yang pernah meraih penghargaan sebagai maskapai terbaik di Eropa ini juga tak ingin kalah dalam melayani permintaan penumpangnya dalam hal koneksi internet selama dalam penerbangan. Turkish Airlines memberikan internet gratis bagi penumpang kelas bisnis dan ekonomi yang melakukan penerbangan ke Amerika Serikat. Untuk penerbangan kelas ekonomi, Wi-Fi onboard ini bisa didapatkan setelah anda menjadi anggota Elite dan Elite Plus dari program Miles yang diusung oleh Turkish Airlines.

10. Aer Lingus
Aer Lingus
Aer Lingus yang menjadi maskapai penerbangan terbesar kedua di Irlandia juga memberikan fasilitas Wi-Fi onboard untuk penerbangan kelas bisnis dengan pesawat Airbus A330. Fasilitas ini diberikan secara Cuma-Cuma untuk penerbangan transatlantic dengan kelas bisnis. Tapi anda juga bisa menikmati fasilitas internet di udara ini dengan membayar USD14,95 untuk pemakaian internet selama 1 jam di luar dari kelas penerbangan dan rute yang ditentukan dan pilihan durasi 24 jam pemakaian dengan biaya sebesar USD 24,95.

11. American Airlines
American Airlines
300 armada American Airlines sudah mendukung koneksi internet untuk kepuasan para penumpang selama penerbangan. Beberapa penyedia layanan telekomunikasi AA sudah dipercayakan untuk memberikan pelayanan internet di Boeing 767-200 dan untuk maskapai 300 MD-80 dan Boeing 737-800 dilayani oleh AirCell. Koneksi internet di American Airlines ini akan diaktifkan saat pesawat sudah terbang di ketinggian 10.000 kaki.

12. Singapore Airlines
Singapore Airlines
Singapore Airlines sudah menyiapkan 14 pesawat dari tipe Airbus A340-500, Airbus A380-800.A340-500, dan Boeing 777-300ER dengan Wi-Fi onboard untuk kepuasan para penumpang selama menempuh penerbangan jarak jauh. Meski baru tersedia untuk koneksi smartphone, Singapore Airlines sudah serius menggarap fasilitas ini dengan bekerjasama lewat perusahaan telekomunikais asal Swiss, OnAir. Saat ini semua akses internet yang bisa digunakan masih berbayar untuk semua kelas penerbangan dan rute penerbangan Singapore Airlines.

13. Qantas
Qantas Boeing 737
Maskapai penerbangan asal Australia sudah menyiapkan perangkat Wi-Fi dalam armada terbangnya Boeing 737-800 untuk penerbangan domestik ke Sydney, Melbourne, dan Brisbane. Bekerja sama dengan ViaSat sebagai rekan telekomunikasi, fasilitas ini diharapkan akan jadi salah satu poin pendukung untuk memuaskan penumpang yang terbang dengan maskapai Qantas.

14. JetBlue Airways
JetBlue Airways A321
Maskapai penerbangan JetBlue Airways yang menyediakan rute perjalana ke Amerika Serikat ini menyediakan akses internet Wi-Fi onboard saat penerbangan dengan Airbus A321. Paket internet gratis yang disediakan yaitu Sinple Suf basic version yang bisa ditambahkan lagi dengan paket Fly-Fi Plus dengan biaya sebesar USD9 setiap satu jam pemakaiannya.

15. Virgin America
Virgin America
Maskapai penerbangan Virgin America bekerja sama dengan ViaSat akan memanjakan anda selama terbang di ketinggian 35.000 kaki. Akses internet yang disiapkan cukup mumpuni dengan pilihan harga yang cukup beragam tergantung lama pemakaian. Untuk pemakaian selama kurang dari 2 jam akan dikenakan biaya USD4,99 dan pemakaian di atas 5 jam dikenakan biaya sebesar USD 17,99.

Related Post