Ini 26 Alasan Kenapa Anda Tak Perlu Ragu Naik Pesawat ke Korea Selatan, Destinasinya Keren-Keren!

Sepertinya tak akan habisnya membicarakan tentang Korea Selatan. Negara yang dijuluki negeri ginseng ini memiliki kebudayaan yang populer di dunia. Mulai dari film drama, industri musik, destinasi wisata, hingga pamornya di kancah politik dunia. Tentu sangat mengasyikkan jika bisa berlibur ke negara yang satu ini. Siapkan tiket pesawat anda dan mari kunjungi 26 destinasi wisata yang bisa dijelajahi selama berada di Korea Selatan.

1. Namsan Seoul Tower
Jika anda ingin melihat Kota Seoul dari ketinggian 237 meter maka Namsan Seoul Tower ini adalah jawabannya. Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu ikon wisata yang populer di Seoul dan juga Korea Selatan pada umumnya. Di puncak menara ada Love Lock yang terkenal itu dimana anda bisa menyematkan gembok sebagai perlambang rasa cinta pada pasangan anda. Selain itu terdapat toko souvenir dan juga restoran yang bisa anda nikmati di atas menara.

Namsan Seoul Tower

2. Ggotji Beach
Salah satu tempat terbaik di Korea Selatan untuk menikmati matahari terbenam adalah Pantai Ggotji yang berada di Kota Anmyeon eup. Di sekitar pantai terdapat dua batu besar yang sering disebut sebagai The Granny Rock dan The Grandpa Rock. Keindahan bawah lautnya pun cukup menarik untuk menjadi tujuan diving anda.

3. Olympic Park
Olympic Park yang berada di Distrik Songpa ini merupakan tempat rekreasi yang cukup diminati karena anda bisa melakukan banyak hal di tempat ini. Ditambah lagi area yang begitu luas, membuat anda membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengeksplorasi seluruh bagian taman. Olympic Park dibagi menjadi beberapa zona yaitu Taman Seni Budaya, Taman Rekreasi Olahraga, Taman Lingkungan Hidup, dan Taman Pengalaman Sejarah. Sebelum dialihfungsikan menjadi taman seperti sekarang ini, dulunya Olympic Park merupakan area peternakan ulat sutra di jaman Dinasti Joseon. Jika merasa lelah berjalan-jalan di taman ini, anda bisa menaiki kereta Hodori atau menyewa sepeda untuk berkeliling.

Olympic Park

4. Teater Nanta
Sejak mulai dipentaskan tahun 1997, Teater Nanta yang ada di MyeongDong ini memang sudah menjadi salah satu destinasi wisatawan yang datang ke Korea Selatan. Dipentaskan di lantai 3 dan lantai 5 Gedung UNESCO, Teater Nanta merupakan pertunjukan drama komedi nonverbal dengan setting sebuah dapur serta menggunakan alat-alat memasak sebagai alat musiknya. Kolaborasi pertunjukan alat musik dan aksi teatrikal para pemainnya berhasil menghipnotis jutaan penonton setiap tahunnya sehingga membuat pertunjukan ini terkenal dan menjadi salah satu rujukan para wisatawan.

5. Seoul Arts Center
Inilah pusat kesenian yang disiapkan untuk para masyarakat yang haus akan pertunjukan seni dan hal-hal yang berkaitan dengan seni lainnya. Seoul Arts Center ini dibangun tahun 1984 dengan Sembilan bangunan utama dan dibuat sesuai dengan fungsinya masing-masing. Di sini selalu rutin diadakan pertunjukan seni budaya dan pameran mulai dari tari-tarian, opera, teater, film, dan pertunjukan musik. Bangunan yang terletak di Seocho-gu ini juga merupakan rumah bagi organisasi kebudayaan dan kesenian di Korea Selatan.

Seoul Arts Center

6. Istana Changdeok
Sebuah istana dari masa Dinasti Joseon yang berada di Seoul ini merupakan satu dari lima istana besar yang dibangun untuk tempat tinggal keluarga kerajaan Korea. Arsitektur dari Istana Chandeok ini cukup unik karena dibangun di lahan yang berkontur naik turun. Changdeok yang artinya Istana Kemakmuran ini memiliki sebuah bagian yang cukup terkenal yaitu Taman Rahasia. Dikatakan taman rahasia karena pada masa lalu taman ini hanya boleh dimasuki oleh keluarga kerajaan. Namun sekarang anda boleh memasukinya dalam rangka tour mengelilingi Istana Chandeok dengan membayar sekitar 3 ribu Won.

Istana Changdeok

7. Myeongdong
Kawasan Myeongdong merupakan surga belanja bagi masyarakat lokal dan juga wisatawan mancanegara yang datang ke Korea Selatan. Jika anda ingin mengetahui tren fashion di Korea Selatan saat ini maka anda harus datang ke Myengdong. Selain produk fashion, anda juga bisa berbelanja produk kosmetik dari ujung rambut hingga ujung kaki di kawasan ini. Setelah puas berbelanja, nikmati wisata kuliner pinggi jalan yang menyediakan berbagai jajanan dan makanan lokal. Sebuah kawasan dengan fasilitas menyenangkan bagi anda pecinta belanja dan jalan-jalan.

8. Taman Nasional Bukhansan
Jika anda ingin menikmati suasana alam Korea Selatan yang benar-benar alami dengan keindahan alam yang pastinya tak akan anda temui di negara lain maka mendatangi Taman Nasional Bukhansan ini adalah pilihan yang tepat. Taman seluas 78,9 km ini berada di tengah kota Seoul. Bukhansan yang berarti Gunung Han Utara menjelaskan letak taman nasional ini yang berada di sebelah utara Sungai Han. Silahkan telusuri lebih dari 1.300 spesies floras fauna di habitat aslinya, sungai yang mengalir jernih, puncak granit, dan juga Benteng Bukhansanseong yang sudah berumur lebih dari 2.000 tahun.

Bukhansan

9. Bukchon Village
Rumah-rumah tradisional Korea Selatan berjajar rapi dan terawat menjadi pemandangan yang sangat menyenangkan di desa ini. Bukchon Village memang disiapkan bagi anda yang ingin merasakan suasana Korea Selatan di masa lalu. Desa ini berada di tengah-tengah kota Seoul sehingga anda akan melihat suasana nyamannya kontras dengan hiruk pikuk ibu kota. Terletak di antara istana-istana besar di Korea Selatan, Bukchon Village bisa diakses dengan mudah dengan kendaraan umum. Tentu merupakan momen yang menenangkan melihat suasana tempo dulu di sore hari sambil berfoto-foto di Bukchon Village.

Bukchon Village

10. Halla Mountain
Gunung Halla merupakan tempat berlangsungnya Festival Salju Hall yang diselenggarakan setiap akhir Januari hingga Februari setiap tahunnya. Tapi saat ini sudah tidak ada lagi festival tersebut karena beberapa tahun terakhir hujan selalu turun di saat tanggal perayaan yang ditentukan. Tapi jika anda berminat untuk mendatangi puncak gunung ini, keindahan alam berselimut es di ranting-ranting pohon masih sangat nyaman untuk dinikmati.

11. Istana Changgyeong
Sebuah istana bersejarah yang dibangun tahun 1104 di jaman Kaisar Dinasti Goryeo ini termasuk ke dalam 5 istana besar di Korea Selatan. Setelah Dinasti Goryeo berakhir, istana ini diwariskan ke Dinasti Joseon dan hingga kini menjadi salah satu bangunan populer yang didatangi wisatawan. Di dalam istana ini terdapat beberapa bagian penting dan terkenal seperti Jembatan Okcheongyo, Kolam Chundangji, Gerbang Honghwamun, dan beberapa bangunan istana yang cantik. Suasana istana ini begitu tenang saat anda berada di dalamnya, sambil mengagumi bangunan kuno ini, anda akan ditemani sayup-sayup musik tradisional Korea. Untuk bisa masuk ke dalam Istana Changgyeong ini anda cukup membayar 1.000 Won.

Changgyeong

12. National Folk Museum of Korea
Perjalanan kebudayaan Korea bisa dilihat di museum ini. Di dalamnya tersimpan koleksi benda-benda dari jaman dulu yang digunakan masyarakat Korea Selatan hingga saat ini. Arsitekturnya cukup unik karena mengadopsi banguan kuil Buddha di Korea. Museum Nasional Rakyat Korea ini dibagi menjadi 3 ruangan pameran yaitu Sejarah Orang Korea, Gaya Hidup Orang Korea, dan Siklus Hidup Orang Korea.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

13. Cheonggyecheon
Berjalan-jalan menelusuri pinggiran Sungai Cheonggyecheon di malam hari merupakan aktivitas yang cukup mengasyikkan saat anda berada di Kota Seoul. Sungai ini bersih dan jernih dengan bebatuan alami di sekitarnya. Anda bisa duduk-duduk sambil merendamkan kaki dan menunggu ikan-ikan kecil datang menghampiri. Ada beberapa kafe di sekitaran sungai yang bisa dijadikan persinggahan saat anda merasa lapar. Sambil menikmati kudapan ringang melihat keindahan kota dari pinggiran sungai.

14. Anapji
Anapji merupakan kolam buatan yang sudah ada sekitar 1.500 tahun sejak Dinasti Silla. Ada tiga bangunan utama yang terdiri dari pulau buatan dan kolam yang cantik. Anda akan terkesan dengan pemandangan indahnya saat malam tiba. Penataan cahaya yang cukup cantik membuat tempat ini seperti kolam di negeri dongeng.

15. Istana Gyeongbok
Istana Gyeongbok yang dibangun tahun 1395 ini merupakan istana terbesar di Korea Selatan dan jadi simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea hingga saat ini. Istana Dinasti Joseon ini memiliki halaman batu yang sangat luas saat kita memasukinya dari gerbang utama Gwanghamun. Di dalamnya juga terdapat Museum Nasional Rakyat Korea dan anda bisa menyewa baju tradisional lalu berfoto-foto di sekitar istana.

Istana Gyeongbok

 

16. Monumen Peringatan Perang Korea
Di tempat ini anda akan mendapatkan informasi tentang perang yang pernah terjadi di Korea Selatan 60 tahun yag lalu. Monumen Peringatan Perang Korea ini berada di lahan seluas 20 ribu meter persegi. Dulunya tempat ini merupakan markas tentara Korea dan sekarang diubah menjadi monument dan juga museum. Di dalam museum terdapat lebih dari 13 ribu item sisa-sisa perang dan juga layar-layar interaktif yang akan menjelaskkan tentang perang yang terjadi di masa lalu itu. Bagi anda yang suka dengan sejarah, maka datang ke tempat ini tentunya akan memuaskan rasa ingin tahu anda tentang perang yang terjadi di Korea. Masuk ke dalam museum pun tak dipungut biaya sehingga semakin memantapkan anda untuk singgah.

17. Kuil Bongeunsa
Diantara riuhnya modernisasi di distrik Gangnam, terdapat sebuah kuil kuno yang masih dijaga dan berdiri kokoh. Kuil Bongeunsa yang dibangun tahun 794 di tahun ke 10 masa pemerintahan Raja Shilla Wongseong ini masih dijaga kelestariannya hingga kini dan jadi salah satu destinasi wisata yang bisa dinikmati semua orang karena tak dipungut biaya apapun untuk bisa mengaksesnya. Setiap bangunan kuil tua ini bisa ditelusuri dengan rute yang telah ditentukan oleh pengelola. Anda akan merasa kembali ke beberapa abad silam saat melihat setiap detail Kuil Bongeunsa tapi merasakan suasana jaman sekarang saat melihat bangunan tinggi di sekelilingnya.

18. Dongdaemun Design Plaza
Sebuah spot asik di Kota Seoul yang bisa anda nikmati adalah Dongdaemun Design Plaza. Sekilas tempat unik ini berbentuk UFO dari kejauhan. Dengan balutan lampu-lampu LED yang megah membuat suasana malam di Korea Selatan semakin tak terlupakan. Dari tempat ini anda bisa langsung menuju Lotte World, wahana hiburan yang ramai dikunjungi wisatawan.

Dongdaemun Design Plaza

19. Seongsan Sunrise Peak
Beralih ke Pulau Jeju, Seongsan Sunrise Peak ini merupakan tempat unik karena terbentuk akibat letusan gunung berapi sekitar 5.000 tahun yang lalu. Karena tempatnya yang indah dan tercipta secara alami, UNESCO memutuskan untuk memasukkannya ke dalam salah satu situs warisan dunia yang dilindungi. Selain kecantikan alamnya, di tempat ini juga terdapat beberapa spesies tanaman langka yang tidak akan anda temui di tempat lain.

20. Gwang An Bridge
Gwang An Bridge merupakan jembatan yang menghubungkan dua kota yaitu Kota Suyeong Gu dan Haeundae Gu. Dari jembatan ini anda akan melihat kota yang begitu indah. Apalagi jika dilihat dari atas bukit. Pegunungan, pantai, dan lampu-lampu kota menyatu menjadi panorama cantik yang sayang untuk dilewatkan.

21. Upo Marsh
Upo Marsh merupakan sebuah desa yang dipenuhi rawa-rawa yang telah terbentuk sejak 140 juta tahun yang lalu. Hingga kini, rawa-rawa ini masih alami dan ditinggali oleh 1.500 spesies tanaman dan hewan yang diantaranya termasuk ke dalam spesies langka. Anda bisa bersepeda di sekitar rawa-rawa dan menikmati suasana alam yang asri.

22. Jeungdo Salt Farm
Sebuah pulau penghasil garam terbesar di Korea Selatan ini adalah Jeungdo. Anda bisa melihat pemandangan unik bagaimana lahan yang begitu luas dipenuhi oleh garam. Jeungdo memang disiapkan untuk pabrik garam di Korea Selatan sehingga saat anda menyinggahi pulau yang satu ini, maka anda akan melihat garam dimana-mana.

23. Chunwang Peak
Daerah ini merupakan puncak tertinggi kedua di Korea Selatan yang sering dikunjungi wisatawan. Chunwang Peak berada di Gunung Jiri yang memiliki ketinggian 1.915 mdpl. Chunwang Peak ini membentang luas memakan 3 provinsi dan memiliki tanaman unik yang tumbuh di atasnya. Dari puncak ini anda bisa melihat alam Korea Selatan dari sudut pandang yang berbeda.

24. Juknokwon
Jika anda bosan dengan penatnya suasana kota, maka tempat ini merupakan salah satu alternatif untuk melarikan diri sejenak. Juknokwon merupakan tempat dimana rumpun bambu lebat tumbuh menjadi hutan bambu yang menenangkan. Semak-semak yang ada di dalamnya dibagi menjadi 8 tema dengan 8 jalan yang berbeda. Menelusuri hutan bambu ini membuat anda berasa berada di alam yang berbeda. Area unik ini berada di Damyang, dan sering dijadikan tempat syuting film dan drama Korea.

25. Boseong Green Tea Field
Boseong merupakan hamparan hijau perkebunan teh terbesar di Korea Selatan. Tempat ini menghasilkan 40 persen teh di Korea Selatan dan sering didatangi oleh wisatawan karena selain pemandangannya yang indah, tempat ini juga cukup terkenal di serial drama dan film Korea. Jika memesan tiket pesawat di bulan Mei ke Korea Selatan, maka anda bisa menyaksikan Festival Teh Hijau.

Boseong Green Tea Field

26. Cheongdo Bull Fighting Festival
Festival yang satu ini cukup mendebarkan dan memacu adrenaline anda. Festival pertempuran banteng terbesar di Korea ini menjadi salah satu festival yang difavoritkan para wisatawan mancanegara karena setiap diadakan selalu menyedot hampir setengah juga penonton setiap tahun. Jika anda tak ingin melewatkan keseruan festival ini, segera pesan tiket sekarang juga dan terbang ke Korea Selatan untuk menyaksikannya. Ada pertempuran 130 sapi jantan, kontes seni, pengalaman rodeo, dan permainan lain yang berkaitan dengan sapi.

Itu dia 26 destinasi wisata yang bisa anda datangi setelah pesawat anda mendarat di Korea Selatan. Siapkan jadwal penerbangan dan susun rencana jalan-jalan anda selama berada di Korea Selatan nantinya.

Related Post