Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Industri Penerbangan di Indonesia

Ketika travelling, Anda tentu membutuhkan transportasi untuk mencapai ke tempat tujuan. Berbagai alternatif transportasi seperti kereta api, bus, maupun pesawat terbang tersedia untuk mengantar Anda dari kota tujuan hingga ke destinasi. Masing-masing moda transportasi memiliki kelas yang beragam, mulai dari kelas ekonomi yang tiketnya dijual dengan harga murah, hingga kelas eksekutif dengan biaya tiket yang lebih mahal, namun dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang membuat Anda merasa lebih nyaman sepanjang perjalanan. Anda juga bisa memanfaatkan tarif tiket penerbangan murah, salah satunya dengan cara memesan tiket pesawat Anda melalui situs yang menayangkan fasilitas promo bulanan maskapai, seperti Tiket2.com. Karena maraknya promo tiket murah inilah, tak heran jika pesawat terbang tetap menjadi moda transportasi idaman para traveller, terutama yang sering bepergian cukup jauh (antar pula atau negara). Akan tetapi tahukah Anda jika ada beberapa hal menarik dan juga unik seputar industri penerbangan yang ada di Indonesia? Apa saja hal menarik dari industri penerbangan di Indonesia tersebut? Silahkan simak dalam pembahasan berikut ini.

Runway dan Rute Penerbangan Terpanjang di Indonesia

Landasan pacu atau runway merupakan bagian yang paling penting dari sebuah bandar udara. Setiap bandara sendiri memiliki landasan dengan panjang yang sangat beragam disesuaikan kebutuhan dari masing-masing penerbangan. Indonesia sendiri tercatat memiliki beberapa bandara dengan landasan pacu terpanjang yang patut diperhitungkan seperti yang dapat Anda lihat dibawah ini:

1. Bandara Internasional Hang Nadim, Batam

Satu-satunya bandara di kota Batam ini memang layak menempati urutan pertama sebagai bandara dengan landasan pacu terpanjang di Indonesia. Dimana landasan pacunya sepanjang 4.025 meter dan mengalahkan semua bandara Indonesia lainnya. Bahkan mampu mengalahkan bandara Changi yang ada di Singapura dan bandara Narita di Jepang dengan landasan pacu sepanjang 4.000 meter. Bandar udara Hang Nadim mulai beroperasi sejak 1965 dan melayani penerbangan internasional sejak 1994.

2. Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta

Bandara yang paling besar di Indonesia ini berada di Tangerang, Banten. Bandara ini memiliki 2 landasan pacu dan terletak 20 km sebelah barat kota Jakarta. Bandara internasional Soekarno-Hatta ini memiliki luas sekitar 18 km² dengan panjang runway 3.660 meter.

3. Bandara Frans Kaisiepo, Biak

Bandara yang berada di kota Biak ini memiliki runway terpanjang ketiga di Indonesia. Landasan pacu bandara ini memiliki panjang 3.571 meter. Selain itu, Bandara Frans Kaisiepo ini adalah peninggalan Belanda dari masa Perang Dunia II.

4. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar

Bandara yang berada sekitar 30 meter dari kota Makassar ini menduduki posisi ke-4 sebagai bandara dengan runway terpanjang. Meskipun statusnya bandara internasional, hampir tidak ada 1 pun rute penerbangan internasional kecuali untuk penerbangan haji. Akan tetapi sejak 25 Juli 2008, maskapai penerbangan Air Asia sudah membuka rute internasional dari Kuala Lumpur ke kota Makassar. Dari bandara yang satu ini Anda dapat menemukan landasan pacu sepanjang 3.100 meter.

5. Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar

Bandara yang dapat ditemukan di kota Denpasar ini termasuk sebagai bandara paling besar nomor 2 di Indonesia. Bandara ini juga merupakan jalur masuk ke Pulau Dewata sebagai destinasi utama dari Indonesia di mata dunia. Bandara internasional di Denpasar ini memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 meter.

6. Bandara Internasional Juanda, Surabaya

Bandara terbesar di Jawa Timur ini berada di posisi keenam sebagai bandara dengan landasan pacu terpanjang di Indonesia. Runway dari Bandara Juanda sendiri sama dengan landasan pacu di bandara Ngurah Rai yaitu 3.000 meter. Sayangnya landasan pacu di bandara ini hanya ada satu, jadi pesawat harus rela mengantri ketika ingin landas atau terbang. Luas bandar udara Juanda ini sendiri mencapai 51.000 m².

7. Bandara Internasional Kualanamu

Bandara yang hanya satu-satunya di Medan ini sebelumnya bernama bandara Polonia dengan luas 144 hektar. Bandara ini juga termasuk ke-4 terbesar di Indonesia dengan runway sepanjang 3.000 meter.

8. Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang

Bandara yang berada di Kecamatan Sukarame ini namanya sengaja diambil dari nama pahlawan. Bandara dengan runway sepanjang 3.000 meter ini bahkan ditetapkan sebagai bandara internasional sejak 1 Januari 1970.

9. Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh

Bandara dengan landasan pacu 3.000 meter ini berada di Kecamatan Blang Bintang, Banda Aceh. Di bandar udara ini melayani rute penerbangan domestik dan internasional. Sekarang ini terdapat dua jalur internasional di bandar udara Sultan Iskandar Muda.

10. Bandara Minangkabau, Padang

Runway sepanjang 2.749 meter dan luas bandara 4,27 km² dimiliki oleh Bandara Minangkabau yang terletak di Padang. Bandara yang beroperasi sejak 22 Juli 2005 ini merupakan bandar udara pertama di Indonesia yang dibekali dengan nama etnis atau suku.

Nah, setelah mengetahui bandara di Indonesia dengan landasan pacu terpanjang, saat ini Anda harus mengetahui beberapa rute penerbangan terpanjang yang ada di Indonesia. Jika rute penerbangan di dunia yang terjauh sekarang ini dipegang oleh Qantas Airways yang terbang dari Sydney (Australia) ke Dallas (Amerika Serikat) dengan waktu 17 jam tanpa transit, maka dibawah ini merupakan rute penerbangan domestik terpanjang (tanpa transit) dari 5 maskapai populer Indonesia:

1. Jakarta (CGK/HLP) – Jayapura (DJJ), 3.765 km/5 jam 25 menit: Garuda Indonesia & Sriwijaya Air
2. Jakarta (CGK/HLP) – Ambon (AMQ), 2.379/ 3 jam 30 menit: Lion Air & Sriwijaya Air
3. Jakarta (CGK/HLP) – Manado (MDC), 2.194 km/ 3 jam 20 menit: Garuda Indonesia, Citilink & Sriwijaya Air
4. Jakarta (CGK/HLP) – Banda Aceh (BTJ), 1.813 km/ 2 jam 50 menit: Garuda Indonesia & Lion Air
5. Yogyakarta (JOG) – Medan (KNO), 1.807 km/ 2 jam 45 menit: Sriwijaya Air dan Air Asia

Apakah Anda pernah merasakan pengalaman terbang ke 5 rute seperti yang ada di atas? Tentunya sangat pegal dan bosan berada di dalam pesawat terbang dengan waktu cukup lama bukan? Namun rute penerbangan Indonesia yang terjauh ini masih tergolong cukup dekat dibandingkan dengan terbang ke rute internasional non-stop yang pastinya akan lebih jauh dan lebih melelahkan.

Bandara paling sibuk di Indonesia

Bandar udara atau bandara ialah fasilitas utama bepergian dengan jarak jauh menggunakan transportasi udara (pesawat). Fasilitas yang satu ini menjadi salah satu gerbang untuk keluar masuknya pengunjung atau wisatawan suatu daerah ataupun suatu negara. Sehingga dalam setiap harinya setiap bandara selalu melayani para pengunjung yang datang maupun pergi ke daerah tempat bandara tersebut berada.

Salah satu contohnya seperti Bandara Soekarno-Hatta yang selalu dipenuhi oleh traveller, baik wisatawan yang baru datang untuk menyempatkan diri menjelajahi Indonesia maupun masyarakat Indonesia yang ingin berlibur ke negara-negara tetangga. Ramainya traveller ini bahkan menjadikan bandara Indonesia yang satu ini masuk sebagai bandara tersibuk di dunia.

Bagaimana tidak, bandara yang terletak di Ibu Kota Indonesia ini setiap tahunnya melayani 51,17 juta-an penumpang. Sehingga Bandara Soekarno-Hatta sekaligus juga menempati posisi bandara paling sibuk di Indonesia.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Bandara Soekarno-Hatta memiliki 3 terminal sebagai lalu lintas berbagai maskapai penerbangan. Untuk terminal 1 digunakan sebagai terminal penerbangan domestik, penerbangan internasional dan domestik di terminal 2 dan terminal 3 yang digunakan untuk melayani penerbangan dengan maskapai termurah. Semuanya akan mendapatkan pelayanan yang baik dari staff bandara.

Bandara Terbesar di Indonesia

Bandar udara di Indonesia ternyata menyimpan begitu banyak hal menarik yang jarang diketahui para penggunanya. Tidak cukup hanya dengan mencatatkan beberapa bandara dengan landasan pacu terpanjang, beberapa bandara Indonesia juga tercatat sebagai yang terbesar dan termegah di negera maritim ini. Nah, bagi Anda yang selama ini belum mengetahui bandara apa yang terbesar di Indonesia, maka dibawah ini merupakan daftar bandara terbesar dan termegah di Indonesia:

1. Bandar Udara Hang Nadim

Bandara Hang Nadim merupakan bandar udara internasional di Batam, Kepulauan Riau. Bandara yang satu ini mendapatkan nama seorang laksamana yaitu Laksamana Hang Nadim dari Kesultanan Malaka. Bandara ini memiliki landasan pacu dengan panjang 4.025 meter yang sekaligus menempatkan Bandara Hang Nadim sebagai pemilik landasan pacu paling panjang di Indonesia. Dengan kondisinya sekarang ini, Bandar Udara Hang Nadim mampu menampung 18 pesawat dengan badan lebar sejenis Boeing 767.

2. Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta

Nama bandara yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda bukan? Bandara yang tidak hanya menangani rute penerbangan Indonesia ini terletak di ibukota Indonesia yaitu Jakarta. Luas bandara 18 km persegi menjadikan bandara internasional ini masuk sebagai bandar udara terbesar dan termegah di Indonesia. Bandar udara Soekarno-Hatta juga mampu melayani lebih dari sekitar 47 juta penumpang pada tahun 2011 lalu. Bangunan bandara Soekarno-Hatta terbagi atas 3 bangunan terminal. Di setiap terminal (kecuali di terminal 3) dibagi atas 3 concourse, terminal 1A, 1B dan juga 1C serta terminal 2A, 2B dan 2C.

3. Bandar Udara Internasional Kualanamu

Bandara Kualanamu sebenarnya merupakan bandara baru yang melayani penerbangan kota Medan yang berada di Kecamatan Beringin, Deli Serdang. Bandar udara ini mulai beroperasi pada 25 Juli 2013. Bandar udara internasional Kualanamu juga memiliki luas 1.365 Ha yang menjadikannya sebagai bandara paling besar nomor dua setelah bandara internasional Soekarno-Hatta. Selain itu, bandara yang ada di Medan ini juga menjadi bandara di Indonesia pertama yang secara langsung terhubung dengan moda transportasi kereta api, bukan karena letaknya berdekatan dengan stasiun kereta api melainkan stasiun yang ada di area bandara memang sengaja disediakan secara khusus.

Maskapai Penerbangan Paling Populer di Indonesia

Metode transportasi pesawat rasanya memang sudah bukan hal yang baru lagi di Indonesia. Setiap tahun bahkan jumlah penerbangan yang ada di bandara mampu menembus angka puluhan juta, baik domestik maupun internasional. Terlebih dengan banyaknya tiket pesawat yang dijual dengan harga lebih terjangkau bagi semua kalangan, menambah minat masyarakat untuk bepergian menggunakan pesawat semakin tinggi. Karena besarnya minat masyarakat tidak jarang mereka mengikuti (follow/add) media sosial yang dimiliki oleh maskapai favoritnya.

Lantas kira-kira maskapai penerbangan apa yang paling populer di media sosial Indonesia?

a. Facebook

– Garuda Indonesia: 1.938.385
– Air Asia Indonesia: 802.563
– Citilink: 198.966
– Lion Air Group: 12.864
– Sriwijaya Air: 8.889

b. Twitter

– @AirAsiaID: 1.616.211
– @IndonesiaGaruda: 1.483.229
– @Citilink: 469.152
– @LionAirID: 56.124
– @SriwijayaAir: 32.761

c. Instagram

– @garuda.Indonesia: 63.6k
– @AirAsiaIndonesia: 54.7k
– @Citilink: 22.1k
– @SriwijayaAir: 8.132
– @LionAir: 7.333

Anda sendiri lebih memilih untuk menggunakan maskapai apa? Apakah sudah di-follow atau add media sosial milik maskapai favorit Anda?

Maskapai dengan layanan terbaik di Indonesia

Dalam melakukan travelling jarak jauh memang tidak akan ada yang lebih baik dibandingkan pelayanan penerbangan yang terbaik dan nyaman. Dimana sistem pelayanan terbaik, sajian yang memuaskan hingga fasilitas memadai menjadi syarat bagi penerbangan kelas domestik maupun internasional yang tergolong layak. Tentunya selain dari pelayanan bandara dan bagasi.

Di Indonesia sendiri maskapai penerbangan yang dinilai pelayanan terbaik ditempati Garuda Indonesia. Ternyata bukan hanya cukup populer di media sosial, namun maskapai yang satu ini juga berhasil masuk ke dalam kategori maskapai dengan pelayanan terbaik di Indonesia dan dunia. Rating tertinggi yang telah berhasil didapatkan oleh Garuda Indonesia adalah kategori pelayanan staf kabin terbaik, pesawat dengan kebersihan terjamin dan pilihan makanan di kelas ekonomi.

Selain itu ada beberapa penghargaan yang menempatkan Garuda Indonesia sebagai maskapai terbaik di Indonesia dan dunia, yaitu:

i. Maskapai penerbangan dengan bintang 5 oleh SkyTrax.
ii. Berada pada peringkat ke 11 sebagai maskapai terbaik di dunia.
iii. Tergabung bersama dengan SkyTeam di tahun 2014 sebagai anggota ke-20.
iv. Salah satu maskapai Indonesia yang diizinkan untuk terbang ke Eropa.

Menjadi seseorang frequent flyer yang sering mengandalkan Garuda Indonesia dalam setiap perjalanan, seperti di saat travelling atau business trip tentunya Anda merasa senang mengetahui jika maskapai populer Indonesia favorit Anda ini mendapat gelar sebagai maskapai terbaik, entah itu di Indonesia maupun dunia, bukan?

Semoga informasi rute penerbangan serta runway terpanjang hingga maskapai penerbangan yang memiliki layanan terbaik seperti diatas dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia penerbangan di Indonesia. Jangan lupa untuk selalu memanfaatkan layanan terbaik dari maskapai favorit Anda di dalam setiap perjalanan. Selain itu, berlangganan informasi promo bulanan maskapai di Tiket2.com akan membantu Anda dapat menikmati liburan hemat dan mudah. Happy flight!

Related Post