Cara Ini Dapat Membantu Kamu Memilih Pesawat Secara Tepat

Salah satu persiapan untuk traveling adalah mempersiapkan alat transportasi. Mengingat banyak sekali transportasi yang dapat kita gunakan untuk sampai ke destinasi yang kita inginkan. Dari mulai transportasi darat, laut maupun udara. Salah satu contohnya adalah pesawat. Sebuah moda transportasi yang banyak digemari oleh para wisatawan. Selain cepat, moda transportasi ini tergolong moda transportasi yang aman. Maka tak heran bila moda transportasi ini masih menjadi moda transportasi yang digemari oleh wisatawan bahkan para pebisnis.

Mendengar berita akan moda transportasi udara yang mengalami banyak kendala perihal jadwal penerbangan tak ayal membuat setiap orang berhati-hati dalam memilih moda transportasi ini. Pastinya anda pun merasa jengkel bila jadwal penerbangan anda tertunda lantaran kesalahan dari pihak maskapai. Anda pun tentunya sering sekali mendengar keluhan penumpang salah satu maskapai yang sering melakukan penundaan jadwal. Bagi anda para traveler, maka kali ini anda dapat melakukan traveling hack dan memilih pesawat yang sesuai dengan kriteria yang anda inginkan.

Berikut ini adalah tips bagaimana anda dapat memilih pesawat secara tepat.

• Cek Track Record Maskapai
Banyak sekali maskapai penerbangan yang ada di Indonesia. Mungkin anda sendiri sudah paham dan mengetahuinya. Namun apakah anda percaya terhadap maskapai-maskapai tersebut? Tak ada salahnya bila anda ingin mengecek track record maskapai yang ada pilih sehingga anda dapat memilih maskapai penerbangan aman.

Mengingat banyak sekali kasus kecelakaan pesawat yang ada di Indonesia. Hal tersebut tentunya membuat anda untuk berfikir memilih transportasi yang nyaman selama perjalanan traveling anda. Track record dapat anda lihat untuk mengetahui tingkat keamanan maskapai yang akan mengantarkan anda ke tempat tujuan.

Anda dapat mengecek hal tersebut melalui airsafe.com untuk mengetahui tingkat kecelakaan di setiap maskapai di Indonesia bahkan di dunia.

• Cari Tahu Fasilitas yang didapat
Ketika anda memesan tiket pesawat, maka tak ada salahnya bila anda melihat fasilitas yang akan anda dapatkan. Hal tersebut dapat menghindari kesalah pahaman antara penumpang dengan awak kabin.

Anda dapat memilih fasilitas apa yang anda inginkan dan dapat menyesuaikan sesuai budget yang anda miliki. Misalnya anda ingin mendapatkan makanan dan minuman pada saat penerbangan. Namun bila anda menghendaki penerbangan low budget, maka anda sebaiknya tidak, menghendaki fasilitas macam-macam.

• Pelayanan di Dalam Pesawat
Banyaknya maskapai di Indonesia membuat persaingan di dunia penerbangan semakin ketat. Setiap maskapai kini telah memperbaiki pelayanan mereka terutama pelayanan di dalam pesawat saat penerbangan.

Lamanya perjalanan kerap kali membuat anda dan sebagian penumpang lainnya merasa jenuh dan bosan, untuk itu tak ada salahnya bila anda mempertimbangkan mengenai pelayanan di dalam pesawat. Pastikan maskapai yang anda pilih memberikan anda kenyamanan selama penerbangan berlangsung.

Bagi anda yang ingin berpergian dan membutuhkan waktu yang lama dalam pesawat maka tak ada salahnya bahwa anda mempertimbangkan pelayanan dalam pesawat. Carilah penerbangan yang memiliki pelayanan yang membuat anda nyaman saat berada dalam penerbangan.

• Pastikan anda dapat memilih tempat duduk
Bila anda memesan tiket pesawat maka anda tidak dapat langsung memilih tempat duduk yang sesuai dengan keinginan anda. Beda bila anda memesan tiket kereta api, maka anda dapat segera langsung memilih tempat duduk sesuai yang anda inginkan.

Tapi jangan pernah berkecil hati tentang hal itu. Kini anda dapat memilih tempat duduk yang anda inginkan, dengan cara melakukan cek in lebih awal. Bila anda ingin duduk di dekat jendela. Atau bila anda ingin keluar lebih cepat, maka anda dapat memilih tempat duduk di dekat pintu keluar di bagian belakang atau bagian depan.

Dengan memilih tempat duduk yang sesuai dengan keinginan anda maka anda akan sedikit lebih tenang dalam melakukan perjalanan.

• Ketepatan jadwal penerbangan
Delay. Merupakan sebuah penyakit maskapai yang selalu menghantui penumpang pesawat. Terlebih bagi anda yang mengejar waktu dalam perjalanan. Kondisi seperti ini mengakibatkan anda merasa tidak nyaman dalam perjalanan.

Menunggu adalah hal yang sangat menyebalkan apalagi bila anda menunggu pesawat yang akan membawa anda untuk berpergian. Banyak sekali penumpang yang protes dan meluapkan kekesalannya ketika maskapai yang akan mereka tumpangi ternyata mengalami delay atau keterlambatan penerbangan.

Banyak sekali faktor penyebab keterlambatan penerbangan tersebut. Mulai dari faktor cuaca hingga kesalahan teknis pada pihak maskapai itu sendiri. Hal ini dapat menyebabkan kerugian bagi penumpang. Terlebih bagi mereka yang memiliki kepentingan bisnis. Oleh karena itu, maka ada baiknya anda memilih maskapai yang tidak memiliki riwayat penerbangan yang buruk.

• Membandingkan harga maskapai lainnya
Persaingan dalam usaha acap kali membuat para pelaku usaha memberikan sebuah program untuk memikat hati para konsumennya. Hal tersebut terjadi dalam ranah penerbangan di Indonesia. Pastinya anda tak heran bila terjadi persaingan harga yang sangat ketat pada industri penerbangan. Program promo setiap bulan tentunya membuat anda tertarik ingin membelinya. Bahkan tawaran menuju destinasi yang anda kehendaki sekali pun tanpa mengurangi fasilitas penerbangan yang ada.

Meskipun penerbangan kelas ekonomi, namun kenyamanan dan keamanan selama penerbangan tak menjadikan masalah bagi anda bukan? Ya, membandingkan harga dapat menjadikan pertimbangan untuk memilih pesawat. Dalam hal ini memang tergantung dengan kemujuran nasib anda, bila anda hoki, maka harga murah dengan fasiltas mewah dapat anda dapatkan secara cuma-cuma. Untuk membandingkan harga anda dapat membuka situs pemesanan tiket pesawat online melalui tiket2.com . Di sana anda akan menemukan berbagai macam jenis maskapai dan harga untuk menuju destinasi yang anda inginkan.

• Cari review dari penumpang
Banyaknya media social yang beredar saat ini memang sangat menguntungkan bagi sebagian orang. Hanya dengan bermodalkan kuota internet maka seluruh informasi dapat anda dapatkan dengan mudah di manapun anda berada.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Salah satunya adalah untuk mencari sebuah review penumpang maskapai yang akan anda pilih. Para penumpang pesawat dengan senang hati akan membagikan pengalamannya untuk anda. Jika pelayanan pada maskapai tersebut kurang memuaskan maka mereka pun akan mengatakan demikian. Namun bila sebaliknya mereka pun akan mengatakan sesuai kepuasan mereka.

Seharusnya dengan maraknya pengguna media social maka peningkatan mutu dari berbagai maskapai pun ikut ditingkatkan, mengingat adanya penumpang yang bersikap kritis dan menuliskan ketidak puasan mereka dalam media social. Secara umum hal ini dapat menjatuhkan nilai maskapai tersebut di mata konsumen.

Tugas anda adalah, carilah maskapai yang memiliki review terbaik di mata penumpangnya. Jangan pilih maskapai yang bernilai buruk, meskipun anda mendapatkan penawaran harga yang jauh lebih murah.

• Maskapai yang menerima penghargaan
Baru-baru ini muncullah sebuah berita mengenai penerimaan penghargaan maskapai termurah di dunia kepada salah satu maskapai di Asia. Tak hanya itu, sejatinya banyak sekali penghargaan yang diberikan oleh asosiasi penerbangan dunia kepada maskapai yang memiliki track record terbaik lainnya. Dengan adanya pemberian berbagai macam penghargaan tersebut maka konsumen seperti anda akan mengerti seperti apa kualitas maskapai yang akan anda pilih. Hal ini akan menjadikan sebuah pertimbangan bagi anda untuk memilih pesawat dengan tepat.

• Catatan kecelakaan yang minim
Berita kecelakaan pesawat kerap kali menjadikan momok bagi penumpangnya. Meskipun angka kecelakaan persawat di dunia sangatlah minim, namun anda sebagai konsumen harus teliti dan berhati-hati untuk memilih pesawat. Rasa trauma yang cukup mendalam akan mudah sekali dirasakan oleh para calon penumpang seperti anda. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila anda mencari sebuah maskapai dengan angka kecelakaan yang kecil. Meskipun kecelakaan kecil yang terjadi seperti tergelincir di dalam lintasan saat landing atau hendak take off. Bagaimana pun itu, tentunya akan menjadi sebuah pertimbangan bagi anda untuk memilih maskapai penerbangan aman.

• Cari rute penerbangan yang singkat
Traveling dengan low budget saat ini sedang digemari oleh para traveler. Tiket pesawat murah dan jalan-jalan ke luar negeri. Tentunya itu merupakan sebuah hal yang menyenangkan sekaligus membanggakan bagi anda bukan? Harga murah, pasti ada pula kelemahan yang anda dapatkan. Selain perbedaan fasilitas, anda akan mendapatkan jadwal penerbangan yang tidak sesuai harapan anda. Salah satu contohnya adalah waktu transit yang cukup lama.

Ada beberapa rute penerbangan yang harus anda ketahui waktu keberangkatannya. Jangan sampai anda memilh maskapai yang memiliki jeda waktu cukup lama, atau waktu transit yang lama. Hal ini akan menghabiskan waktu dan tenaga anda sia-sia dengan menunggu jadwal keberangkatan penerbangan selanjutnya atau ke destinasi akhir. Namun, beda halnya bila anda dapat menikmati apa yang ada alami. Bila tidak sebaiknya jangan memilih maskapai tersebut.

Setelah anda mempelajari tahap-tahap cara memesan pesawat dengan agar perjalanan anda nyaman dan mendapatkan maskapai sesuai dengan keinginan anda, sekarang ada baiknya anda mengetahui pula cara mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah meskipun anda tidak mendapatkan promo dari maskapai. Mari kita simak pembahasan mengenai memilih tiket pesawat dengan harga murah tanpa mendapatkan promo. Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan :

• Perhatikan kemana tujuan anda karena tujuan anda dapat menentukan waktu terbaik membeli tiket dengan harga termurah. Seperti halnya Singapura, Malaysia, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya maka anda harus cermat dalam membaca harga, karena harga cenderung fluktuatif.

• Perhatikan juga maskapai yang akan anda pilih. Setelah menentukan rute, maka hal wajib yang akan anda lakukan adalah memilih maskapai. Biasanya maskapai akan memberikan harga cenderung lebih miring ketika kita memesan jauh-jauh hari, maka anda akan mendapatkan harga Low Cost Carrier (LCC). Namun selain itu anda juga dapat memilih maskapai Full-service yang menerapkan year round fare dengan harga tiket sama sepanjang tahun, dan kadang malah lebih murah ketika anda memesannya pada hari sebelum keberangkatan.

• Perhatikan periode perjalanan anda. Jangan pernah sekali-kali anda memiilih jadwal pernerbangan pada musim liburan. Pilihlah pada masa low season. Jika anda memilih jadwal dengan kombinasi akhir pekan maka harga tiket yang akan anda dapatkan mahal. Beda halnya bila anda ingin menggunakan jadwal cuti anda dari kantor.

• Tak ada salahnya untuk mengikuti newsletter maskapai. Dengan begitu anda dapat mempelajari tren promo maskapai tersebut. Selain itu anda juga dapat mempertimbangkan kapan anda dapat melakukan transaksi pembelian tiket. Jika pada saat itu anda rasa murah, maka anda dapat melakukannya.

• Ketahuilah harga rata-rata dan benchmark harga maskapai yang paling rendah. Jika anda sudah mengetahui batas harga terendah dari maskapai tersebut maka anda akan mendapatkan harga termurah, bahkan anda bisa mendapatkan harga termurah lagi. Maka dari itu rajin-rajinlah untuk mengecek harga, entah ketika promo maupun tidak adanya promo.

Penjelasan di atas dapat anda gunakan sebagai acuan memilih pesawat agar perjalanan anda merasa nyaman dan tidak terganggu oleh faktor-faktor yang membuat perjalanan anda terganggu. Selain itu, anda juga akan mengeluarkan dana lebih untuk menebus tiket pesawat lagi bila anda tertinggal. Sementara apabila pesawat yang anda tumpangi mengalami keterlambatan, maka tentu saja akan ada banyak waktu yang terbuang untuk sampai hingga ke tujuan.

Perlu anda ingat pula, bahwa ketika anda memutuskan untuk pergi menggunakan moda transportasi udara, maka bawalah barang-barang seperlunya, karena dalam dunia pernerbangan tidak memiliki aturan yang longgar dari sisi keamanan bagasi. Jangan pernah membawa barang-barang yang sekiranya membahayakan atau dilarang oleh maskapai bila anda tidak ingin berurusan dengan petugas bandara. Pastikan jika anda pergi ke luar negeri dan membeli oleh-oleh pastikan anda tidak membelinya dengan jumlah yang berlebihan. Jika itu terjadi, maka anda akan berurusan dengan pihak bea dan cukai yang berakibat penarikan pajak barang impor oleh petugas.

Last but not least, lakukan travel hack ini untuk melakukan sebuah perjalanan yang nyaman dan menyenangkan. Bila anda sudah memilih maskapai aman lebih awal, maka anda dapat dengan mudah menentukan jadwal cuti dari jauh-jauh hari. Oya, jangan lupa juga untuk memesan tiket pada tiket2.com ya! Happy holiday, guys!

Related Post