Buru Tiket Murah ke Turki Agar Bisa Mengeksplorasi 10 Destinasi Wisata Menakjubkan Ini

Perpaduan kebudayaan Asia dan Eropa yang dimiliki Turki membuat negara ini menjadi terlihat unik dan layak dikunjungi sebagai destinasi wisata. Pantas saja jika Turki dijadikan sebagai daftar negara yang harus dikunjungi minimal seumur hidup sekali oleh para traveler. Keindahan alam yang melimpah, tempat bersejarah yang masih kokoh berdiri, hingga kebudayaan masyarakatnya yang unik akan membuat Turki jadi destinasi tak terlupakan untuk liburan anda. Jika tahun ini anda memiliki Turki sebagai destinasi liburan dan sudah mulai mencari-cari penerbangan terbaik ke sana, maka ini dia daftar destinasi wisata yang bisa anda datangi nantinya.

1. Fethiye

Setelah mendarat di Bandara Internasional Antalya ataupun Dalaman. Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Fethiye. Dari dua bandara ini, Fethiye bisa dijangkau hanya dengan berkendara selama 1 jam. Ini adalah tempat terbaik untuk menghabiskan musim panas di Turki. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti menyelam, berenang, memancing, parasailing, dan kano. Selain wisata air, Fethiye juga punya area bagi para pendaki dengan trek sepanjang 500 km yang disebut Lycian Way-Antalya. Trek ini akan melewati lembah dan mendaki gunung sambil disuguhi panorama cantik di sekitarnya. Pecinta olah raga ekstrim juga bisa mencoba paralayang. Paralayang di Fethiye ini dianggap sebagai tempat paralayang terbaik di Eropa. Setelah turun dari bandara dan langsung menuju Fethiye, anda bisa mencari penginapan di sini karena memang ditujukan sebagai destinasi wisata, maka ada banyak pilihan penginapan yang bisa disesuaikan dengan keuangan anda.

2. Cappadocia

Cappadocia

Salah satu kekayaan alam Turki yang dibanggakan dan menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara adalah Cappadocia. Sebuah panorama alam yang terdiri dari lembah, ngarai, dan perbukitan ini jadi spot cantik yang membius siapa saja yang datang melihatnya. Uniknya lagi semua bangunan mulai dari rumah, gereja, restoran, dan terowongan di kawasan ini terbuat dari batu-batuan yang dipahat. Tentu sebuah keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara lain. Dari Kota Istanbul, Cappadocia ini bisa ditempuh dengan melakukan perjalanan selama 12 jam dengan menggunakan bus. Setelah sampai di kawasan Cappadocia ini anda bisa menelusuri Goreme, sebuah kota dengan bangunan yang terbuat dari batu. Di Goreme ini anda juga bisa menaiki balon udara yang untuk melihat indahnya suasana matahari terbit. Pecinta kuliner bisa menyambangi Urgup yang dipenuhi dengan restoran dan hotel yang berada di dalam gua. Sebuah pengalaman makan malam yang unik. Lalu ada juga pusat pembuatan tembikar dan keramik yaitu Avanos. Di sini anda bisa belajar membuat tembikar dan keramik langsung dari pengrajinnya. Tak kalah serunya adalah menikmati sajian kuliner khas Turki, Testi Kebab. Kebab yang ditemukan di Cappadocia ini merupakan perpaduan antara daging dan sayuran yang dibalut dengan bumbu lezat. Cara memasaknya pun unik, dengan panci tanah liat yang akan membuat rasanya semakin khas. Jadi jangan sampai Cappadocia terlewatkan dari daftar kunjungan wisata anda selama berada di Turki.

3. Blue Mosque

Blue Mosque

Sebuah masjid megah yang dibangun tahun 1609 ini adalah peninggalan Sultan Ahmed 1 dari Dinasti Ottoman yang berkuasa di abad ke 14. Blue Mosque memiliki keramik-keramik berwarna biru yang menutupi dinding dan kubah masjid. Itulah sebabnya dinamakan Blue Mosque atau Masjid Biru. Blue Mosque ini adalah salah satu landmark Turki yang terkenal dan merupakan masjid terbesar di Istanbul. Masjid yang memiliki 6 menara ini menjadi destinasi wajib yang harus anda kunjungi saat datang ke Turki. Saat memasuki area masjid anda diharuskan mengenakan pakaian yang sopan dan hijab untuk para wanita.

4. Pamukkale

Sebuah pemandian air panas alami yang ada di Turki ini tak lepas dari sorotan mata para wisatawan. Pamukkale menjadi salah satu spot asik yang harus dikunjungi saat berada di Turki. Kolam air panas ini terlihat seolah-olah tertutupi salju karena berwarna putih, tapi ternyata warna putih yang ditampilkan merupakan logam kalsium yang mengeras di dalam kolam. Anda bebas berendam di kolam-kolam bertingkat dan merasakan sensasi panas yang berasal dari perut bumi. Dipercaya berendam di kolam ini akan menyembuhkan penyakit seperti asma, penyakit kulit, rematik, dan penyakit mata. Bagi anda yang ingin berkunjung, tempat ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam.

5. Konya

Konya adalah salah satu kota tua yang memiliki daya tarik tersendiri. Dari Istanbul anda bisa menempuh perjalanan sekitar 10 jam dengan menggunakan mobil, sedangkan dari ibukota Ankara bisa ditempuh hanya dengan perjalanan 3 jam saja. Konya merupakan pusat kebudayaan Turki dan populer dengan atraksi wisata dan kereligiusannya. Saat berada di Konya anda bisa menikmati beragam pertunjukan seperti Tarian Sufi yang mempertontonkan penari yang berputar selama 15 menit dengan kostum unik. Ada juga Museum Mevlana yang menyimpan karya sastra milik Jalaludin Rumi. Di dalam museum terdapat makam dan juga barang-barang pribadi peninggalan sastrawan terkenal ini. Jika anda berkunjung ke Konya pada bulan Desember, maka anda jangan sampai melewatkan festival Seb-i Arus yang diselenggarakan untuk memperingati karya besar Jalaludin Rumi.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

6. Blue Lagoon

Sebuah destinasi laut di Turki yang sayang untuk dilewatkan. Memang Turki juga terkenal dengan pemandangan laut yang indah dan salah satu destinasi yang tepat adalah Bule Lagoon ini. Anda bisa menikmati berbagai olah raga air dengan pemandangan pantai dan laguna yang indah.

7. Topkapi Palace

Museum ini dulunya adalah sebuah istana kerajaan yang digunakan sebagai tempat tinggal sultan pada tahun 1459. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas umum seperti rumah sakit, asrama, sekolah, perpustakaan, taman, dan juga masjid. Tapi saat ini tempat ini sudah dialihfungsikan sebagai museum yang memiliki nilai sejarah tinggi dalam peradaban bangsa Turki.

8. Galata Bridge

Galata Bridge

Jembatan Galata memberikan pemandangan yang sangat eksotis. Dengan perpaduan gaya arsitektur antara Asia dan Eropa, Jembatan yang dibangun tahun 1836 ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jembatan ini memiliki 2 tingkat yang membuatnya semakin terlihat unik. Pada sore hari Galata Bridge ini akan semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan. Bagian atas dari jembatan ini digunakan untuk jalur transportasi kendaraan dan pejalan kaki, sedangkan di bagian bawahnya digunakan untuk kafe dan restoran yang dibuka sejak tahun 2003. Jadi anda bisa menikmati sore hari di Jembatan Galata sambil menyeruput kopi dan camilan yang telah disediakan di kafe-kafe sekitarnya. Kuliner khas di Jembatan Galata ini adalah balik Ekmek berupa ikan panggang dan roti.

9 Istiklal Street

Tak hanya wisata sejarah dan pemandangan alam saja yang bisa dinikmati di Turki. Anda juga bisa berbelanja di sini dengan mengunjungi Istiklal Street. Berada di Kota Istanbul, Istiklal Street jadi spot buruan para wisatawan yang suka berbelanja. Berbagai jenis barang seperti pakaian, buku, cokelat, dan berbagai kebutuhan lainnya terpajang di jalanan sepanjang 1,4 km ini. Selain pusat perbelanjaan yang ramai, di Istiklal Street juga bisa ditemui bioskop, klub malam, restoran, dan tempat hiburan lainnya. Jika anda ingin merasakan keramaiannya maka datang saja setiap akhir pekan karena diperkirakan ada 3 juta orang yang datang ke Istiklal Street ini.

10 Bursa

Sebuah kota di Turki yang menjadi pusat kuliner ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bursa jadi kota tempat anda bisa mencicipi kebab asli Turki yang fenomenal itu. Selain itu ada makanan khas lain dari warung-warung yang dibuka di kota ini. Jadi jangan lewatkan Kota Bursa untuk anda sang petualang kuliner.

10 destinasi di atas tentunya semakin membuat anda ingin segera melakuan perjalanan liburan ke Turki. Segera cari tiket pesawat murah ke Turki sekarang dan rencanakan liburan yang menyenangkan bersama keluarga.

Related Post