Barang Penting VS Barang Tidak Penting Yang Terlupakan Saat Traveling

Siapa yang tidak suka dengan kegitan traveling? Baru-baru ini selain menjadi hobi, kagiatan traveling sudah menjadi sebuah kebutuhan lifestyle di kalangan masyarakat. Kegiatan ini digemari dari kalangan muda hingga kalangan tua. Mereka tak segan-segan untuk mengeluarkan dana untuk sekedar jalan-jalan. Destinasi yang mereka pilih pun beragam, mulai dari destinasi domestik hingga travelling ke luar negeri.

Sebelum melakukan traveling, kita perlu mempersiapkan segala sesuatu yang akan kita bawa selama perjalanan nanti. Perlengkapan traveling yang wajib anda bawa perlu anda data agar tidak ada satu pun barang-barang yang anda butuhkan tertinggal dan tercecer. Untuk itu anda perlu menyiapkan traveling anda dengan baik, mulai dari proses melakukan packing dan membuat list barang yang akan anda bawa. Sesuaikan barang yang akan anda bawa dengan berapa lama anda akan pergi dan kemana anda akan pergi.

Tips Menyiapkan Packing Ketika Traveling

Banyak sekali para traveler yang tidak peduli dengan cara packing mereka. Asal masuk ke dalam tas dan asal pergi merupakan sebuah alasan yang sangat buruk. Selain terlihat tidak praktis, hal ini juga dapat menyusahkan anda dalam menempuh sebuah perjalanan karena mungkin saja ada barang wajib travelling yang mungkin lupa anda bawa. Untuk itu ada beberapa tips packing untuk traveling yang harus anda ketahui, sebagai berikut.

tips-traveling-1

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan traveling Anda

Sesuaikan berapa lama anda akan pergi traveling dan kemana anda akan pergi. Jangan sampai anda salah membawa perlengkapan pribadi. Misalnya anda akan pergi ke Eropa pada saat musim dingin, anda tentunya akan membawa perlengkapan berupa baju tebal untuk melindungi tubuh anda dari cuaca dingin. Ketika anda akan pergi traveling selama dua hari maka bawalah pakaian secukupnya untuk memenuhi kebutuhan anda selama dua hari. Jangan sampai kekurangan bahkan terlalu berlebihan.

2. Sesuaikan dengan kapasitas bagasi

Membaawa barang berlebih bukanlah suatu larangan ketika anda pergi traveling. Namun hal itu akan sangat tidak efektif bila anda menggunakan moda transportasi udara yang membatasi kapasitas bagasi.

3. Kemas barang bawaan anda serapih mungkin

Biasanya para traveler melipat beberapa baju yang akan mereka bawa dengan cara digulung. Hal ini dapat meringkas barang bawaan anda agar muat ketika dimasukkan ke dalam tas ransel.

4. Kelompokkan perlengkapan traveling anda agar mudah dicari

Satukan perlengkapan mandi kedalam wadah tertentu, jangan menaruhnya dengan cara terpisah, karena hal tersebut dapat menyusahkan anda apabila anda akan menggunkananya.

5. Letakkan sesuai kebutuhan

Jika membawa makanan atau camilan, maka letakkan dalam kantong tas bagian luar agar anda mudah mencari dan mengambilnya ketika anda ingin memakannya.

Lima daftar diatas adalah tips packing yang dapat anda gunakan sebagai panduan untuk melakukan packing sebelum anda berangkat traveling.

Perlengkapan Traveling yang Wajib dibawa Saat Traveling

Banyak sekali perlengkapan traveling yang harus dibawa ketika kita berada di luar rumah. Untuk itu kita harus bijak memilih perlengkapan traveling apa saja yang akan anda bawa saat menyiapkan traveling. Hal tersebut dilakukan agar liburan anda menyenangkan dan tidak merepotkan diri anda sendiri selama perjalanan. Bawalah barang bawaan yang sesuai kebutuhan anda untuk melengkapi perjalanan anda. Pastikan tidak ada barang wajib saat travelling yang tertinggal supaya liburan anda tidak akan menjadi kacau!

Ada beberapa barang yang wajib dan penting untuk kita bawa saat traveling. Nah, untuk itu mari kita simak beberapa list dibawah ini :

tips-traveling-2

1. Dokumen-dokumen penting

Misalnya seperti; KTP, Pasport dan Visa (bila pergi ke luar negeri), tiket transportasi, bukti reservasi hotel, tiket masuk ke destinasi jika anda memesannya melalui online dan dompet beserta isinya.

2. Fotocopy pasport dan dokumen penting lainnya

Tujuanya adalah jika terjadi sesuatu pada kita saat di jalan (kehilangan), maka kita bisa menggunakan dokumen fotocopy untuk mengurusnya di KBRI. Agar kita dapat kembali pulang ke tanah air.

3. uang cash

Jika pergi keluar negeri, maka tukarkan uang anda sebelum berangkat agar anda me rasa nyaman dalam liburan.

4. tas selempang kecil untuk menyimpan dokumen penting

Hal ini akan memudahkan anda untuk mencarinya ketika membutuhkan dan tas selempang kecil lebih praktis dibawa kemana pun anda pergi, sehingga melekat pada anda.

5. Peralatan mandi

Barang-barang ini sering sekali disepelekan. Kalau tidak tertinggal terkadang sengaja tidak membawa. Kerena beranggapan bahwa membeli di tempat tujuan dianggap lebih efektif.

6.Tissue Basah

Jika kita pergi dengan cara backpacker mungkin tissue basah lebih banyak dibutuhkan. Karena kesempatan untuk mandi terkadang sangatlah minim sehingga kita bisa membasuh badan dengan menggunakan tissue basah.

7. Handuk atau kanebo badan

Kita dapat membawa salah satunya yang berfungsi untuk membersihkan badan ketika traveling.

8. Obat-obatan ringan

Misalnya seperti minyak angin, obat pusing kepala dan multivitamin.

9. Pakaian seperlunya

Untuk hal ini kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Pertama kita harus tahu kemana kita akan pergi? Jika kita hendak pergi ke gunung, alangkah baiknya bawalah pakaian tebal yang dapat menghalau hawa dingin. Seperti kaos kaki, jaket, kaos tangan topi yang menutupi telinga. Jika datang ke pantai bawalah baju yang dapat menyerap keringat lebih cepat seperti t-shirt.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.
10. alat elektronik seperlunya

Misalnya seperti hp, charger da powerbank. Karena barang-berang tersebut rawan hilang. Jadi anda harus menaruhnya ditempat yang aman.

11. Peta offline

Perjalanan dengan membawa peta adalah hal yang sangat merepotkan dan terekesan kuno. Namun dalam sebuah perlengkapan traveling hal ini sangatlah penting. Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di jalan pada saat perjalanan. Bisa jadi kita tidak mendapatkan signal dan memerlukan peta. Maka peta offline dapat menjadi solusinya.

12. Perlengkapan beribadah bagi yang muslim
13. Kamera

Sebagai alat pendukung untuk mendokumentasikan moment, maka kamera ini jangan sampai ketinggalan.

14. Kantong Plastik

Menerapkan untuk tidak buang sampah sembarangan adalah menjadi sebuah tugas kita. Maka dari itu bawalah kantong plastic sebagai wadah untuk sampah yang anda hasilkan selama dalam perjalanan, jangan lupa buang ke tempat sampah ya!

15. Converter Plug

Hal kecil yang sering lupa dibawa oleh para traveler. Barang ini sangatlah penting dan wajib kita bawa jika kita pergi ke luar negeri. Pasalnya beberapa negara menggunakan jenis power outlet yang berbeda dengan di Indonesia. Hal ini akan menjadi sangat menyebalkan jika kita tidak bisa mengisi baterai smartphone lantaran colokannya berbeda.

16. Bawalah mainan

Membawa mainan sangatlah dibutuhkan bagi anda yang membawa anak-anak pada saat liburan. Karena mood mereka mudah sekali berubah maka mainan kesayangannyalah yang biasanya dapat mengembalikan mood mereka.

17. sepatu cadangan untuk balita anda

Jika anda mengajak anak-anak anda berlibur ke luar negeri hal ini wajib sekali anda perhatikan. Membawa sepatu cadangan dapat mengantisipasi keadaan apabila sepatu balita anda hilang saat digendong atau rusak. Bawanlah sepatu cadangan agar anda tidak membeli sepatu baru.

Barang Yang Tak Perlu Dibawa

Traveling merupakan sebuah kegiatan yang kita lakukan di luar rumah. Maka dari itu anda perlu untuk waspada dalam menyikapi beberapa hal mengenai kejahatan yang dapat mengintai anda kapan pun. Dalam hal ini, anda pun harus selektif dalam memilih perlengkapan traveling. Mau gaya dan terlihat trendi saat difoto di tempat wisata merupakan hal yang sangat wajar bagi setiap orang. Ada beberapa barang yang tidak perlu dibawa saat traveling.

tips-traveling

1. Memakai Perhiasan Berlebih

Sangat tidak disarankan untuk memakai perhiasan berlebih ketika melakukan sebuah perjalanan. Untuk itu perlu kita perhatikan dalam persiapan traveling karena menyiapkan traveling sangatlah dibutuhkan ketika kita hendak traveling. Memakai perhiasan berlebih dapat mengundang sebuah tindak kejahatan. Oleh karena itu sebaiknya anda tidak memakai perhiasan anda agar tidak terkesan glamor dan mewah. Terlebih lagi jika anda melakukan perjalanan sendirian. Tentunya anda tidak mau menjadi target oprasi kejahatan bukan? Disamping itu, memakai perhiasan berlebih dapat menghambat perjalanan anda karena sebuah perasaan yang was-was akan sebuah keselamatan anda.

2. Membawa Lensa Kamera Berlebihan

Membawa kamera merupakan sebuah keharusan bagi anda yang suka dengan fotografi. Selain itu anda juga ingin mengabadikan beberapa moment liburan dengan hasil yang bagus dan memuaskan. Namun untuk kebutuhan foto tersebut anda tidak perlu membawa berbagai macam lensa untuk diaplikasikan pada kamera anda. Selain hal tersebut merepotkan, anda juga belum tentu membutuhkan beberapa lensa tersebut.

3. Gadget

Jika tujuan anda ingin berlibur, sebaiknya anda tidak membawa gadget yang berlebihan seperti tablet, laptop, usb dan yang lainnya. Cukup satu smartphone yang memang anda anggap penting untuk menunjang perjalanan anda. Membawa beberapa gadget yang anda miliki justru akan merusak suasana liburan anda. Karena anda tidak dapat menikmati liburan.

4. Membawa alas kaki tambahan

Menyiapkan traveling adalah hal yang paling utama kita siapkan sebelum traveling setelah anda menentukan destinasi yang akan anda tuju. Termasuk memilih alas kaki yang akan anda kenakan untuk traveling. Pilihlah alas kaki yang nyaman untuk anda kenakan. Jika anda pergi ke gunung, kenakan sepatu gunung yang nyaman, jika anda kepantai anda dapat menggunakan sandal yang nyaman. Menentukan alas kaki memang hal yang wajib kita perhatikan saat traveling. Selain itu anda tidak perlu membawa alas kaki berlehihan. Cukup membawa salah satu alas kaki yang anda anggap nyaman saat dikenakan.

5. Membawa Perlengkapan Mandi Tambahan

Perlengkapan mandi merupakan satu perlengkapan traveling yang wajib kita bawa. Tapi, bawalah seperlunya dan yang paling penting. Seperti sabun, shampoo, sikat gigi dan pasta gigi. Anda tidak perlu membawa perlengkapan mandi seperti lulur, srub dan perlengkapan mandi tambahan.

Terkadang saking senangnya mempersiapkan traveling, kita sering kacau dalam melakukan packing. Belum lagi ketika jika anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan traveling untuk suami atau anak-anak anda. Untuk menghindari kelupaan saat packing dan membawa barang-barang yang sudah anda persiapkan ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

• Buatlah daftar dan ceklist beberapa barang yang sudah anda siapkan. Hal ini memudahkan anda untuk mengingat beberapa barang yang sudah anda siapkan.
• Pisahkan beberapa pakaian dengan barang-barang yang dapat meninggalkan bekas noda. Agar ketika sampai tujuan anda tidak kesal akibat baju yang akan anda kenakan ternoda.
• Masukkan peralatan mandi dan beberapa bahan yang mengandung cairan kedalam kantong plastik tansparan, atau kedalam ziplock bags transparan.
• Timbang barang bawaan anda. Hal ini penting sekali anda lakukan agar anda tidak terkena charge kelebihan bagasi.
• Kemas barang anda kedalam koper dengan rapih. Hal ini akan memudahahkan dalam pengecekkan anda. Agar barang-barang yang anda perlukan dan butuhkan tidak tertinggal.
• Jangan lupa kunci tas atau koper anda sebelum masuk kedalam bagasi pesawat. Untuk menjaga keamana hal ini sah-sah saja dilakukan.
• Jika semuanya sudah dirasa oke, cek kembali tiket perjalanan anda.

Beberapa tips packing di atas dapat anda gunakan sebagai panduan untuk mempersiapkan traveling. Bagaimana pula packing sebelum traveling adalah sebuah ritual wajib yang harus dilakukan, agar barang-barang yang kita butuhkan tidak ada yang sampai ketinggalan.

Banyak sekali para pejalan yang tidak memperhatikan sebuah teknik packing, yaitu teknik sederhana untuk mengemas pakaian dan barang bawaan agar telihat ringkas dan tidak ribet. Pada umumnya mereka hanya memasukkan barang bawaannya kedalam tas dan koper. Hasilnya ketika tiba di tujuan banyak sekali masalah yang didapat. Salah satunya adalah barang ketinggalan, baju nampak kusut, baju terkena noda parfum atau sabun dan masih banyak sekali masalah yang terjadi dan terabaikan.

Kejadian-kejadian tersebut membuat mood kita menjadi rusak. Belum lagi jika terjadi pada anda yang membawa anak-anak balita. Segala keperluan mereka lebih banyak dibandingkan kita. Untuk itu kita harus lebih cermat dalam memilih beberapa barang yang dibutuhkan dan meninggalkan barang yang tidak diperlukan. Karena mood pada anak-anak gampang sekali berubah apabila keinginannya tidak terpenuhi.

Nah, buat anda yang ingin liburan jangan lupa ya! Untuk selalu teliti terhadap barang bawaan anda, dan bawa siapkan tiket pesawat online anda dari sekarang supaya perjalanan anda semakin menyenangkan!