Bangga! Garuda Indonesia Raih ‘World’s Best Airline for Halal Travellers’ dan ‘Indonesia GCG Award 2016’

Mungkin banyak dari kita yang sudah tahu bahwa maskapai penerbangan Garuda Indonesia meraih dua penghargaan bergengsi akhir tahun lalu. Yap, benar sekali, Garuda Indonesia mendapat penghargaan ‘World’s Best Airline for Halal Travellers’ dan ‘Indonesia GCG Award 2016’. Sungguh prestasi yang membanggakan bagi Indonesia dan bagi dunia maskapai penerbangan. Karena maskapai penerbangan yang dimiliki oleh Indonesia ini mampu dan dipercaya menjadi ‘World’s Best Airline for Halal Travellers’ dan ‘Indonesia GCG Award 2016’.

Penghargaan Garuda Indonesia tersebut diterima tentu bukan tanpa sebab yang jelas. Pasti ada alasan-alasan yang masuk akal bagaimana Garuda Indonesia pada akhirnya dapat menerima kedua penghargaan bergengsi bagi maskapai penerbangan. Disamping Penghargaan Garuda Indonesia yang membanggakan tersebut, mungkin memang banyak dari masyarakat yang belum mengetahui apa itu World’s Best Airlines for Halal Travellers dan Indonesia GCG Award 2016. Nah pada kesempatan kali ini,
Tiket2.com akan mengulas apa itu World’s Best Airlines for Halal Travellers dan apa itu Indonesia GCG Award 2016. Penasaran kan? Yuk review sama-sama!

Apa itu World’s Best Airlines for Travelers?

World’s Best Airlines for Halal Travellers. Diartikan dari namanya, kita bisa menebak bahwa Penghargaan Garuda Indonesia satu ini berhubungan dengan kehalalan suatu produk, misal makanan yang ditawarkan saat dalam flight, atau kehalalan dalam proses produksi makanan yang ditawarkan.World’s Best Airlines for Halal Travellers sendiri merupakan salah satu kategori yang ada dalam acara World Halal Tourism Awards 2016 yang diselenggarakan oleh International Travel Week Abu Dhabi, UAE. Yap, di Abu Dhabi. World Halal Tourism Awards 2016 sendiri adalah event pemberian penghargaan yang diberikan oleh badan usaha atau wilayah yang mencerminkan kemampuan memberikan pelayanan maupun produk yang sejalan dengan konsep para halal travelers. Jadi acara ini memang acara yang digelar dengan predikat internasional. Maka kategori World’s Best Airlines for Halal Travellers yang didapat Garuda Indonesia juga merupakan predikat internasional.

Melalui website resminya, http://itwabudhabi.com/halal-awards/ acara World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016 mengumumkan berbagai macam kategori yang menjadi fokus penghargaan mereka. Kategori yang ada selain World’s Best Airlines for Halal Travellers adalah World’s Best Airport for Halal Travellers, World’s Best Halal Travel Website, World’s Best Family Friendly Hotel, World’s Best Halal Cruise Company, World’s Best Halal Honeymoon Destination, World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel, World’s Best Hajj and Umroh Operator, World’s Best Halal Apartment Hotel, World’s Best Halal Beach Resort, World’s Best Halal Tour Operator, World’s Best Hajj and Umroh Hotel, World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Culinary Destination, World’s Best Non Organisation of Islamic Countries Emerging Halal Destination, World’s Best Halall Cultural Destination.

Sebagai agenda tahunan, acara ini telah diikuti sebanyak 383 peserta seperti badan usaha, merk, juga Negara bergantung kategori yang ada. Agenda tahunan ini tidak dilakukan dalam sekali waktu, namun dilakukan dalam beberapa tahapan. Adapun tahapan World Halal Tourism Award 2016 ini terbagi dalam 6 kali tahapan. Pertama, pendaftaran nominasi, yaitu dibuka dari tanggal 11 September 2016 hingga penutupannya tanggal 21 Oktober 2016. Selanjutnya di tanggal 24 Oktober nominasi resmi di umumkan dan pasca diumumkannya nominasi tersebut, voting dimulai hingga ditutup pada 6 November 2016. Sehari selang penutupan voting tersebut, tepatnya Rabu tanggal 7 November, pihak panitia mulai membuka kesempatan voting untuk 5 finalis di masing-masing kategori. Yap, dari voting pertama, dipilih 5 finalis di masing-masing kategori. Voting kedua ini berakhir pada 25 November 2016.

Dari proses voting yang dilakukan tersebut, lebih dari 1.8 miliar orang turut mengikuti voting, dan pemvoting tersebut tercatat dari 116 negara. Kemudian puncaknya, pengumuman masing-masing nominasi terbaik dilakukan pada 7 Desember 2016. Berdasarkan keterangan dari website resmi World Halal Tourism Award 2016, judging nominasi terbaik di masing-masing kategori ini dilakukan oleh panitia khusus dan independen, sehingga dipastikan tidak ada kecurangan disana. Dan yang paling membanggakan dari pagelaran event ini adalah dari 16 kategori tersebut, 12 kategori medali terbaik “diambil” oleh Indonesia. Benar, selain maskapai Garuda Indonesia yang menjadi World’s Best Airlines for Halal Travellers, kategori lain yang diraih oleh perusahaan atau lokasi di Indonesia adalah sebagai berikut:
1.  World’s Best Airport for Halal Travellers diperoleh oleh Sultan Iskandar Muda International Airport yang berada di Banda Aceh.
2.  World’s Best Halal Travel Website diperoleh oleh www.wonderfullomboksumbawa.com
3.  World’s Best Family Friendly Hotel diperoleh oleh The Rhadana Kuta, Bali
4.  World’s Best Halal Honeymoon Destination diperoleh oleh Sembalun Valley Region, West Nusa Tenggara
5.  World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel diperoleh oleh The Trans Luxury Hotel Bandung
6.  World’s Best Hajj and Umroh Operator diperoleh oleh ESQ Tours and Travel
7.  World’s Best Halal Beach Resort diperoleh oleh Novotel Lombok Resort & Villas
8.  World’s Best Halal Tour Operator diperoleh oleh ERO Tour, Sumatera Barat
9.  World’s Best Halal Destination diperoleh oleh Sumatera Barat
10. World’s Best Halal Culinary Destination diperoleh oleh Sumatera Barat
11. World’s Best Halal Cultural Destination diperoleh oleh Aceh

Dari 12 kategori yang diraih oleh Indonesia ini setidaknya membuat bangsa Indonesia bangga dan semakin yakin bahwa Indonesia sebagai negara muslim yang besar merajai banyak kategori halal yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Keberhasilan Indonesia kali ini memang ditunjang oleh Kementerian Pariwisata yang ikut serta mempromosikan acara penghargaan ini di media sosial, bahkan juga menggunakan endorser dan sosmed army untuk meraih nominasi-nominasi terbaik di tiap kategori yang ada di World Halal Tourism Award 2016 ini. Dan usaha yang dilakukan tidak sia-sia, emas berada di tangan Indonesia untuk 12 kategori.

Kemenangan ini tentu saja dapat mendongkrak kejayaan pariwisata Indonesia pada umumnya dan pada khususnya terdapat kepercayaan pada badan usaha, tempat, website, maskapai penerbangan, airport, hotel dan lain-lain yang masuk sebagai nominasi terbaik dunia. Banyaknya lokasi-lokasi yang juga meraih penghargaan sebagai destinasi halal seperti Sembalun Valley Region, West Nusa Tenggara, Sumatera Barat dan Aceh juga ikut mendongkrak pariwisata Indonesia. Bahkan Bali yang selama ini dikenal bukan berpenduduk mayoritas muslim juga memiliki hotel berpredikat World’s Best Family Friendly Hotel. Bangga dong ya!

Kedepannya, dengan 12 kategori bernominasi terbaik, semoga pariwisata Indonesia ikut terdongkrak. Selain itu, pelayanan “halal” yang selama ini telah diterapkan oleh berbagai bidang (badan usaha, tempat, website, maskapai penerbangan, airport, hotel dan lain-lain) tersebut terus ditingkatkan, sehingga para pengguna jasa merasa puas. Hal tersebut nantinya akan membuktikan bahwa nominasi-nominasi tersebut bukanlah isapan jembol semata, atau bukan menang berdasarkan voting saja. Tapi memang begitulah kenyataannya, terbaik dalam kehalalannya.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Apa itu Indonesia GCG Award 2016?
Selain maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang menjadi World’s Best Airlines for Halal Travellers, maskapai miliki negara Indonesia ini juga mendapat penghargaan di Indonesia GCG Award 2016. Apa itu Indonesia GCG Award? Indonesia GCG Award merupakan kependekan dari Indonesia Good Corporate Governance (GCG) Award yang diselenggarakan oleh Economic Review yang bekerja sama dengan IPMI International Business School, Sinergi Daya Prima, Indonesia Asia Institute – Ideku Group. Indonesia Good Corporate Governance (GCG) Award ini adalah bentuk apresiasi yang diberikan pada perusahaan-perusahaan terbaik (BUMN, BUMD, swasta, perusahaan terbuka, dll) yang dinilai berhasil dalam menjalankan praktek GCG dalam usaha atau bisnisnya.

Sebelumnya, Tahun 2015, Garuda Indonesia juga pernah meraih predikat yang sama. Predikat atau penghargaan yang diterima oleh Garuda Indonesia adalah penghargaan sebagai perusahaan terbuka industri transportasi dengan predikat A alias sangat baik. Untuk memperoleh predikat tertinggi perlu usaha yang keras dan cerdas. Karena penilaian indikatornya juga sangat banyak. Indicator penilaian penghargaan ini dilihat dari laporan keuangan perusahaan tahun 2015, laporan tahunan 2015, kelengkapan infrastruktur GCG, kelengkapan soft structure GCG, dan keterbukaan informasi perusahaan.

Kemudian, dari penilaian itu semua Garuda Indonesia tahun 2016 ini meraih predikat tertinggi (predikat A), dengan capaian score sebesar 90.05 persen. Membanggakan bukan? Yap, sangat membanggakan karena penghargaan ini diterima bersamaan dengan dinobatkannya Garuda Indonesia sebagai World’s Best Airlines for Halal Travellers. Jika penghargaan World’s Best Airlines for Halal Travellers diterima di Abu Dhabi, predikat A Garuda Indonesia sebagai perusahaan terbuka industri transportasi diterima di dalam negeri, tepatnya di Balai Kartini, Jakarta.

Sebagai perusahaan terbuka, Garuda Indonesia memang meng- implementasi Good Corporate Governance (GCG). Dan hal tersebut, seperti yang disampaikan oleh Hengki Heriandono, VP Corporate Secretary & Investor Relations Garuda Indonesia, adalah suatu hal yang mandatoy bagi Garuda Indonesia. Karena Garuda Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah terdaftar di lantai bursa sebagai perusahaan terbuka. Ini adalah salah satu prinsip Good Corporate Governance (GCG) pada pelaksanaan semua proses bisnis yang ada. Selain untuk menjaga kepercayaan publik dan juga para pemegang saham.

Penghargaan Garuda Indonesia

Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan yang terpercaya memang sering mendapatkan penghargaan-penghargaan yang memang pantas didapatkan oleh maskapai dengan ciri hijau/ biru tosca ini. Kredibilitasnya dalam dunia transportasi udara memang tak bisa dipandang sebelah mata. Pelayanan yang begitu memuaskan berbanding lurus dengan harga tiket pesawat yang ditawarkan. Seperti yang juga disampaikan Benny S. Butarbutar, Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, setelah Garuda Indonesia menerima predikat World’s Best Airlines for Halal Travellers mengatakan bahwa pencapaian-pencapaian yang didapat oleh Garuda Indonesia tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh semua pihak di Garuda Indonesia untuk mewujudkan komitmen memberikan layanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa.

Penghargaan Garuda Indonesia sebagai World’s Best Airlines for Halal Travellers tersebut juga didapat dari kegigihan Garuda Indonesia dalam pelayanannya. Ini karena menurut Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny S. Butarbutar, tren wisatawan muslim desawa ini menunjukkan kenaikan yang cukup pesat. Dan sebagai maskapai penerbangan ber-plat merah di negara dengan mayoritas penduduk muslim, Garuda Indonesia memiliki komitmen untuk terus berupaya dapat memberikan kenyamanan pada tiap aspek layanan Garuda Indonesia. Terutama melalui pelayanan yang tulus untuk setiap wisatawan muslim dan juga wisawatan pada umumnya dengan fasilitas pelayanan yang mendukung.

Garuda Indonesia sendiri selama ini juga telah menerapkan standar halal untuk seluruh sajian makanan yang diberikan kepada para penumpang, baik pada untuk penerbangan domestik maupun penerbangan internasional. Selain itu, kehalalan juga diterapkan di semua ruang tunggu (lounge) Garuda Indonesia. Bahkan seluruh supplier catering Garuda Indonesia memiliki sertifikat halal untuk semua produk dan prosesnya, untuk menjaga konsistensi kualitas dari makanan yang disajikan. Sesuai dengan ciri khas konsep layanan Garuda Indonesia Experience, maskapai penerbangan Garuda Indonesia dalam pelayanannya menawarkan beragam pilihan menú makanan juga menú masakan khas Indonesia yang dipadu dengan penyajian kuliner modern. Prestasi World’s Best Airlines for Halal Travellers yang diperoleh ini juga dianggap sebagai tantangan bagi pihak Garuda Indonesia untuk selalu meningkatkan pelayanan agar dapat mempertahankan kepercayaan seluruh pelanggan, terutama pelanggan muslim. Prestasi tersebut juga menjadi titik awal harapan Garuda Indonesia bahwa kedepannya akan dapat mendorong pariwisata Indonesia.

Ya, Garuda Indonesia memang sering sekali mendapatkan prestasi-prestasi gemilang. Bahkan selain World’s Best Airlines for Halal Travellers dan Indonesia GCG Award 2016, Penghargaan Garuda Indonesia yang diterima dalam tahun 2016 sangatlah banyak. Bahkan di Bulan Desember itu pula, tepatnya tangga 19 Desember, Garuda Indonesia mendapat penghargaan sebagai “The Most Trusted Company” dalam ajang penghargaan “Indonesia Most Trusted Companies” yang diselenggarakan oleh SWA bekerjasama dengan The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG). Penghargaan “Indonesia Most Trusted Companies” ini juga masih dalam satu rangkaian acara penghargaan “Indonesia Good Corporate Governance Award 2016”. Dalam ajang penghargaan tersebut, Garuda Indonesia terpilih sebagai perusahaan paling dipercaya di Indonesia. Hasil ini didasarkan dari survei asesmen yang dilakukan terhadap para investor dan analis keuangan. Acaranya sendiri digelar di Hotel Shangri-la Jakarta.

Bagaimana? Sekarang sudah paham bukan apa itu World’s Best Airlines for Halal Travellers dan apa itu Indonesia GCG Award 2016? Well untuk mendapatkan penghargaan tersebut, Garuda Indonesia telah mampu menunjukkan diri sebagai nominasi terbaik. Apakah nantinya akan diikuti oleh maskapai penerbangan lain? Kita lihat saja, semoga dunia penerbangan di Indonesia makin baik dan mendapatkan prestasi-prestasi yang membanggakan. Dan dengan begitu, wisatawan yang menuju ke Indonesia pun juga meningkat.

Related Post