Bagaimana Memilih Asuransi Perjalanan?

Pernahkah anda mendengar tentang asuransi perjalanan? Ya, dewasa ini banyak ditawarkan asuransi-asuransi yang melindungi aktivitas kita. Seperti asuransi mobil, asuransi kesehatan dan banyak lagi jenis asuransi lain. Asuransi perjalanan ini ditawarkan sebagai bentuk perlindungan saat sedang melakukan perjalanan. Nah bagi anda yang tertarik dengan asuransi perjalanan ini pasti anda bertarnya-tanya, “bagaimana cara memilih asuransi perjalanan yang cocok untuk saya?” Untuk menjawab pertanyaan anda, silakan simak ulasan lengkap tentang asuransi perjalanan berikut ini.

Mengenal Asuransi Perjalanan

Sebelum mengetahui bagaimana cara memilih asuransi perjalanan ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu apa itu asuransi perjalanan, bagaimana fungsinya, apa jenis asuransi perjalanan dan poin-poin lain terkait dengan asuransi perjalanan.

Apa itu asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan merupakan asuransi yang dibuat dalam rangka untuk melindungi mereka yang melakukan perjalanan. Tujuan perjalanan anda dengan tujuan perjalanan tetangga anda mungkin berbeda, seperti perjalanan berlibur dengan keluarga, study aboard, pertemuan bisnis, work overseas, dan berbagai macam tujuan lain. Apapun tujuan perjalanan itu, anda atau juga tetangga anda pasti ingin merasakan aman dan nyaman. Rasa aman dan nyaman inilah yang bisa didapatkan dari asuransi perjalanan.

Bagaimana fungsi asuransi perjalanan?

Anda pasti paham bahwa bahaya bisa mengintai anda setiap saat. Begitu juga saat melakukan perjalanan. Kemungkinan mengalami hal yang tak menyenangkan tak bisa diprediksi lebih dini. Hal yang kurang menyenangkan ini berisiko terjadi kapan saja dan dimana saja. Dalam konteks perjalanan, risiko yang mungkin saja didapat adalah seperti keterlambatan jadwal perjalanan, kehilangan barang bawaan, gangguan kondisi kesehatan ketika di tempat tujuan perjalanan, juga terjadinya kecelakaan.

Tak ada satu orang pun yang berharap hambatan-hambatan perjalanan seperti yang disebutkan tersebut terjadi. Namun, tak bisa dipungkiri jika terkadang perjalanan membuat anda was-was karena risiko kejadian tersebut tetap ada. Maka, asuransi perjalanan inilah yang menjadi jawaban untuk mengurangi rasa was-was anda. Asuransi perjalanan ini berfungsi sebagai sebuah polis asuransi yang memberikan berbagai manfaat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda ketika akan melakukan sebuah perjalanan.

Apa saja jenis asuransi perjalanan?

Sebelum membeli paket asuransi perjalanan dari agen asuransi, pastikan anda mengenal jenis-jenis asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan memiliki banyak jenisnya. Untuk asuransi perjalanan yang mengcover perjalanan ke luar negeri, hampir seluruh agen asuransi menawarkan dua kelompok yakni worldwide dan ASEAN. Selain itu beberapa perusahaan asuransi ada yang telah memperluas ASEAN menjadi ASEAN Plus. Yakni ASEAN ditambah China dan Hongkong. Selain itu ada pula yang menawarkan untuk kelompok ASIA. Sebelum membeli pastikan anda bertanya dahulu sesuai dengan kebutuhan anda.

Paket asuransi perjalanan yang umumnya ditawarkan ada 2 jenis. Yang pertama adalah program single trip. Program single trip ini hanya dapat menjamin untuk satu satu kali perjalanan yang akan anda lakukan. Program single trip ini umumnya akan menjamin pemegangnya hingga maksimal 180 hari atau 6 bulan dalam satu kali perjalanan. Paket yang kedua adalah program tahunan. Asuransi perjalanan tipe ini merupakan program asuransi yang bisa menanggung atau menjamin setiap perjalanan dengan maksimal 90 (sembilan puluh) hari/perjalanan. Namun, premi asuransi perjalanan yang diberlakukan bergantung dari paket yang diambil. Dan sebagai catatan, pihak penyedia jasa asuransi perjalanan memiliki nama-nama yang berbeda-beda untuk program mereka.

Alternatif asuransi perjalanan di Indonesia

Bagi masyarakat Indonesia, umumnya asuransi perjalanan yang dibutuhkan adalah untuk melindungi bagasi selama perjalanan menggunakan maskapai penerbangan. Selain itu ada pula yang mengajukan untuk mendapatkan perlindungan dari maskapai penerbangan yang seringkali delay. Tak jarang pula masyarakat Indonesia yang menggunakan asuransi perjalanan untuk melindungi perjalanan haji dan umroh mereka. Sebelum mengajukan asuransi perjalanan, penting pula bagi anda untuk mengetahui pesawat apa yang akan anda tumpangi, misalnya sriwijaya atau lion air atau maskapai penerbangan lainnya. Carilah informasi bagaimanakah pelayanan mereka bila terjadi kerusakan barang di bagasi misalnya. Namun, sejujurnya informasi ini bisa anda temukan pada agen asuransi perjalanan anda. Tanyakan pada mereka bagaimana klaim bila hal-hal tersebut terjadi.

Keuntungan Menggunakan Asuransi Perjalanan

Apa manfaat menggunakan asuransi perjalanan? Beda perusahaan asuransi beda keuntungan yang ditawarkan. Namun umumnya keuntungan tersebut hampir sama dan dengan harga yang beragam. Secara umum berikut keuntungan menggunakan asuransi perjalanan.

  • Manfaat Perjalanan
  • Dari segi manfaat perjalanan, keuntungan langsung yang bisa didapatkan adalah terkait pembatalan perjalanan, pengurangan perjalanan, keterlambatan bagasi, kehilangan atau kerusakan bagasi, kehilangan uang pribadi, penerbangan yang overbooked, penundaan penerbangan, kehilangan dokumen perjalanan atau miskoneksi perjalanan.

  • Manfaat Pengobatan
  • Dari segi manfaat pengobatan, asuransi perjalanan dapat mengcover biaya media pasca perjalanan, biaya medis & gigi akibat kecelakaan atau penyakit, rawat inap rumah sakit di luar negeri, rawat inap ICU, rawat inap lanjutan di RS dalam negeri. Selain itu juga meliputi santunan seperti evakuasi medis, kunjungan simpatik jika tertanggung dirawat di RS luar negeri, biaya telepon darurat, perjalanan kembali untuk anak‑anak, serta perpanjangan otomatis tanpa biaya.

  • Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri
  • Manfaat ini merupakan manfaat karena adanya kematian ataupun cacat total tetap yang dikarenakan kecelakaan dalam jangka waktu tertentu sejak kecelakaan yang terjadi selama perjalanan.

  • Manfaat Khusus
  • Yang dimaksud dengan manfaat khusus ini adalah asuransi perjalanan dapat mengcover tanggung jawab hukum pribadi, hubungan telepon 24 jam, perlindungan terhadap terorisme, risiko sendiri atas penyewaan mobil, perlindungan terhadap kebakaran rumah selama ditinggal perjalanan dan kejadian lainnya yang dicover oleh perusahaan asuransi.

Asuransi Perjalanan Diwajibkan Dalam Proses Mengurus Visa Ke Beberapa Negara

Tahukah anda karena begitu pentingnya asuransi perjalanan ini, ada negara-negara yang telah mewajibkan aplikasi asuransi perjalanan sebagai syarat wajib dalam mengajukan visa ke negara mereka. Sejauh ini negara-negara di Eropa yang seperti Norwegia, Belanda, Jerman, Spanyol, Portugis, dan lainnya yang tergabung dalam Visa Schengen telah memberlakukan syarat ini. Visa Schengen merupakan visa yang digunakan untuk memasuki kurang lebih sekitar 25 negara di Eropa. Dengan begitu, sekali mendapatkan Visa Schengen ini, anda dapat melakukan beberapa perjalanan sekaligus ke berbagai negara yang telah tergabung tanpa repot mengajukan permohonan visa ke masing-masing kedutaan. Ini tentu akan menghemat uang juga waktu anda bukan? Ya, dan syarat mengajukan permohonan visa ini adalah dengan memiliki asuransi perjalanan yang menjamin minimal sejumlah US$30,000 atau kurang lebih 400 juta rupiah.

Cara Daftar Asuransi Perjalanan

Lantas apa yang harus anda lakukan jika ingin mendaftarkan diri untuk mendapat asuransi perjalanan ini? Benar, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum anda mendapatkan asuransi perjalanan. Selain uang, anda juga perlu menunjukkan dokumen-dokumen seperti pembahasan berikut ini.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.
1. Penyedia Jasa Asuransi Perjalanan

Di Indonesia, sangat banyak penyedia jasa asuransi perjalanan. Dan seperti yang telah disinggung sebelumnya, setiap penyedia asuransi memberikan nama yang berbeda-beda pada setiap program yang mereka miliki. Contohnya asuransi perjalanan Allianz. Allianz mempunyai nama program seperti Allianz TravelPro, terdiri dari paket TravelPro Premium, TravelPro Deluxe dan TravelPro Superior dengan jangkauan ASEAN Plus dan Worldwide. Dimana durasi perjalanan yang ditawarkan mulai dari 4 – 30 hari dan berlaku premi khusus untuk tambahan durasi perjalanan. Lalu ada asuransi perjalanan Chartis, yakni asuransi perjalanan AIG dengan nama Travel Guard. Asuransi perjalanan ini menyediakan perlindungan lengkap untuk setiap perjalanan entah itu perjalanan bisnis atau perjalanan wisata. Dimana perlindungan yang diberikan mencapai 180 hari untuk setiap perjalanan.

Kemudian, anda juga akan mengenal asuransi perjalanan AXA. Asuransi perjalanan AXA mempunyai program SmartTraveller yang memberikan penutupan asuransi lengkap dengan beberapa rencana. Rencana ini dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan anda, seperti Spesial Asia, Seluruh Dunia? Gold, dan Seluruh Dunia? Juga Platinum. Penyedia asuransi perjalanan lainnya adalah asuransi perjalanan ACA yang memiliki nama ACA Travel Safe. Kemudian masih banyak lagi seperti asuransi perjalanan prudential, asuransi perjalanan Abacus, asuransi perjalanan Sinarmas/ASM, dan lain sebagainya. For your information, semua produk dari masing-masing penyedia jasa asuransi perjalanan tersebut memiliki kelebihanannya masing-masing. Jadi pastikan anda memilih penyedia asuransi perjalanan dengan program paling baik.

2. Dokumen Yang Dibutuhkan

Beda penyedia asuransi beda pula dokumen yang dibutuhkan. Namun untuk melakukan pengajuan permohonan asuransi perjalanan ini dokumen yang umumnya diminta adalah sebagai berikut.

  • Formulir pengajuan asuransi (disediakan oleh penyedia jasa asuransi perjalanan)
  • Fotokopi/Scan KTP
  • Fotokopi paspor (untuk perjalanan luar negeri
  • Dan ada syarat batas usia yakni 1-80 tahun
3. Cara Melakukan Pendaftaran Asuransi Perjalanan

Bagaimana cara mengajukan permohonan asuransi perjalanan? Pertama datanglah ke biro penyedia jasa asuransi perjalanan yang anda inginkan. Atau bila anda orang yang sangat sibuk, carilah penyedia jasa yang menawarkan pengajuan permohonan asuransi perjalanan dengan sistem online. Lalu pihak penyedia jasa asuransi akan memberikan anda pengertian-pengertian (dan andapun harus aktif bertanya agar jelas). Kemudian bila anda setuju anda dimintai dokumen pendukung juga diminta mengisi formulir.

Ingat, dalam proses ini anda akan dimintai data anda (sebagai orang yang ditanggung) dan ahli waris. Data tertanggung yang dibutuhkan yaitu nama, tanggal lahir, nomor passport, alamat, nomor telepon dan email. Dan untuk data ahli waris yang diminta umumnya hanya nama, tanggal lahir, nomor identitas dan hubungan dengan tertanggung.

Selepas itu pihak asuransi perjalanan akan memproses dan anda akan diberi tahu lebih lanjut bagaimana kelanjutan proses permohonan asuransi perjalanan tersebut. Termasuk diberi tahu mengenai harga-harga program yang anda beli dan bagaimana membayarnya.

Alasan Pihak Asuransi Tidak Mengcover Klaim

Terkadang ada pemberitaan dimana pihak jasa asuransi perjalanan yang tidak mau memenuhi klaim pengguna. Ya, pihak jasa asuransi bisa saja tidak mengcover apa yang dibutuhkan penggunanya. Kenapa demikian?

1. Tujuan Perjalanan Berbeda

Maksudnya, apabila anda berpindah destinasi dan anda terlanjur mengajukan pendaftaran asuransi. Misal, anda membeli asuransi perjalanan ke Thailand, namun pada akhirnya anda pergi ke Swiss. Jika kasusnya seperti itu, otomatis jika terjadi hal-hal yang tidak diingnkan maka klaim anda bisa saja ditolak. Sebelum membeli asuransi perjalanan, pastikan tujuan anda terlebih dahulu. Selepas tujuannya benar-benar telah fixed, baru mendaftarkan asuransi perjalanan.

For your information, asuransi perjalanan memiliki istilah perpanjangan atau perluasan pertanggungan. Bila dalam perjalanan anda telah menentukan tujuan yang berbeda, baiknya anda katakan pada pihak asuransi perjalanan dan merekapun akan melakukan perluasan wilayah geografi. Andapun juga akan diminta membayar premi tambahan. Selain itu, beberapa negara tujuan perjalanan bisa jadi tidak dapat dimasukkan dalam polis asuransi perjalanan. Mengapa demikian? Karena daerah tujuan tersebut umumnya merupakan negara yang di embargo serta mempunyai kondisi tertentu. Untuk memastikan tujuan perjalananan anda dapat dicover dan bukan merupakan negara larangan, ada baiknya anda bertanya pada penyedia asuransi perjalanan anda.

2. Dokumen Pendukung Tak Lengkap

Bila anda mengajukan klaim asuransi dan dokumen anda tidak lengkap maka otomatis penyedia jasa asuransi tidak akan mengcover klaim yang anda ajukan. Dokumen yang dimaksud adalah seperti paspor, tiket pesawat, identitas lain yang mendukung asuransi tidak lengkap. Bila dalam worst case anda kehilangan dokumen-dokumen anda, karena pencurian misalnya, anda harus mengurus surat kehilangan. Caranya dengan langsung membuat surat pendukung kehilangan dengan menghubungi otoritas lokal setempat, petugas bandara, atau kepolisian. Selain membuat surat kehilangan, pastikan anda memberi tahu pihak asuransi. Karena pihak asuransi akan menanggung kehilangan dokumen-dokumen tersebut.

3. Rekam Jejak Medis

Klaim anda atas gangguan kesehatan tertentu akan ditolak bila ternyata kondisi anda sama dengan kondisi sakit selama 1 tahun sebelum perjalanan. Contohnya, anda klaim untuk serangan jantung, bila ternyata kondisi medis tersebut ternyata dikarenakan oleh kondisi medis anda sebelumnya maka klaim anda bisa ditolak. Untuk mengantisipasi hal ini, saat sebelum membeli asuransi perjalanan, make sure untuk memberitahukan kondisi kesehatan pada penyedia layanan asuransi.

4. Kurang Paham dengan Kebijakan Pihak Penyedia Asuransi Perjalanan

Sebelum membeli produk asuransi perjalanan dan menandatangani tanda jadi pembelian asuransi perjalanan, pastikan anda telah membaca seluruh kebijakan yang diberlakukan oleh pihak penyedia jasa asuransi perjalanan. Karena bila anda klaim hal-hal yang ternyata telah dijelaskan dalam Term & Condition tidak dapat dicover, maka anda akan gigit jari pada akhirnya. Anda harus tahu bahwa terkadang pihak jasa asuransi tidak akan mengcover klaim karena adanya kejadian kondisi bencana alam, nuklir, perang, dan larangan pemerintah setempat. Bahkan risiko kecelakaan ketika melakukan olahraga ekstrim, seperti bungee jumping, ski pun tidak akan dicover. So pastikan anda benar-benar membaca Peraturan dan Kebijakan dari pihak asuransi perjalanan anda ya!

Nah, sekarang anda sudah tahu bukan apa itu asuransi perjalanan? Anda juga telah paham bahwa asuransi perjalanan sangatlah penting. So, bila anda ingin berpergian, jangan lupa untuk membeli asuransi perjalanan ya! Dan pastikan anda memilih asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan anda!