Bagaimana Cara Upgrade Tiket Kelas Ekonomi Menjadi Kelas Bisnis?

Menumpangi pesawat memang memberikan kesan tersendiri kepada kita, karena berbeda dengan menumpangi transportasi darat, melakukan perjalanan udara memerlukan “keberanian” tersendiri. Salah satunya, keberanian “menghabiskan” banyak uang demi sebuah perjalanan yang aman, nyaman dan cepat serta tepat waktu. Itulah yang mendasari adanya tingkatan kelas yang telah disediakan oleh pihak maskapai penerbangan. Jangankan untuk melakukan penerbangan, bahkan dalam melakukan penerbangan dengan transportasi darat seperti kereta api saja pun, ada tingkatan-tingkatan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan calon penumpang. Penumpang yang tidak terbiasa dengan kursi yang berhadapan dan menginginkan ruang hampa rela membayar mahal agar keinginannya terpenuhi. Atau, ada penumpang yang hendak melakukan perjalanan yang jauh, kebanyakan memilih kelas bisnis atau eksekutif yang lebih nyaman, apalagi dalam kelas eksekutif Anda mendapatkan selimut saat malam hari jika saat Anda sedang tidur kenyamanan Anda terganggu karena kedinginan.

Begitu pula dengan tingkatan yang menjadi pilihan bagi Anda yang akan melakukan perjalanan udara. Saat ini kita telah mengenal tiga tingkatan atau tiga kelas dalam kabin pesawat, yaitu kelas ekonomi, kelas bisnis dan kelas eksekutif. Apa itu kelas ekonomi? Apa itu kelas bisnis? Apa itu kelas eksekutif atau first class? Apa saja perbedaan kelas ekonomi dengan kelas bisnis? Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelas ekonomi memberikan fasilitas standar untuk para penumpang dengan dana yang tidak terlalu banyak. Tidak ada makanan gratis dalam pesawat, dan banyak pula yang tidak menyediakan fasilitas bagasi gratis kepada penumpang sehingga untuk biaya bagasi penumpang harus membayarnya lagi. Kelas ekonomi berfokus pada penekanan biaya murah untuk naik pesawat.

Kelas bisnis dengan fasilitas yang setingkat lebih nyaman daripada kelas ekonomi, meskipun belum maksimal namun sudah memberikan sensasi yang berbeda. Para penumpang kelas bisnis dapat merasakan kenyamanan walaupun ada beberapa maskapai yang tidak menyediakan makanan gratis.

Kelas eksekutif atau first class, merupakan kelas “dewa” dari tingkatan kelas penumpang pesawat. Kelas eksekutif memberikan kenyamanan dan fasilitas yang lebih memadai. Disediakan pula makanan pesawat secara cuma-cuma. Fasilitas bagasi gratis pun tersedia, bahkan dapat bertambah.

Nah, Anda sudah membeli tiket pesawat kelas ekonomi, namun karena suatu hal ingin melakukan upgrade ke kelas bisnis? Bisa? Tentu bisa, bahkan ada trik tersendiri agar kita dapat melakukan upgrade tiket pesawat dari kelas ekonomi ke kelas bisnis secara gratis! Nah, sebenarnya bagaimana sih mengajukan upgrade tiket pesawat secara umum?

Setiap maskapai memiliki persyaratannya masing-masing dalam menentukan cara untuk mengupgrade tiket pesawat dari kelas ekonomi menjadi kelas bisnis. Ada maskapai yang menerapkan fee sekian, ada yang mewajibkan dengan menggunakan kartu kredit dan sebagainya. Yuk, simak di bawah!

Secara umum, Anda dapat melakukan upgrade class dengan cukup mudah, cukup telepon call center maskapai penerbangan Anda lalu ikuti instruksi yang diminta, datang ke kantor layanan maskapai tersebut lalu tukar tiket pesawat kelas ekonomi Anda dan jika masih ada tiket pesawat kelas bisnis yang tersisa, penawaran Anda akan disetujui. Bayar biaya upgradenya. Namun di beberapa maskapai, ada yang menerapkan program-program tertentu berkaitan dengan upgrade tiket dan ketentuan-ketentuannya.

Maskapai mana saja sih yang memiliki program upgrade tiket khusus?

A. Garuda Indonesia

Maskapai Garuda Indonesia menawarkan program Bid Upgrade yang fungsinya sama, yaitu upgrading atau menaikkan kelas tiket pesawat yang Anda miliki. Namun uniknya, biaya yang dibayarkan sebagai upgrade fee ditentukan oleh Anda sendiri sebagai penawar, jadi akan lebih menguntungkan karena maskapai lain masih mematok harga sekian untuk upgrade fee. Nah, apa saja syaratnya? Secara umum, yang perlu Anda siapkan adalah identitas diri Anda, tiket pesawat yang hendak Anda upgrade dan biaya upgrade. Nah, kemudian untuk prosesnya adalah sebagai berikut, dikutip dari situs maskapai penerbangan Garuda:

1. Setelah Anda membeli tiket dan memenuhi syarat-syarat yang berlaku, maka Anda akan mendapatkan email undangan.
2. Tentukan berapa jumlah upgrade fee yang Anda inginkan. Penawaran tersebut harus dibuat berdasarkan segmen penerbangan oleh setiap penumpang yang tercantum di informasi pemesanan, misalnya penerbangan dari Bengkulu ke Bangkok terdiri dari dua segmen, yaitu dari Bengkulu ke Jakarta dan dari Jakarta ke Bangkok.
3. Masukkan detil kartu pembayaran Anda, misalnya kartu kredit. Tenang saja, tagihan akan dibebankan setelah penawaran Anda diterima.
4. Periksa informasi yang telah Anda masukkan, lalu Anda dapat mulai mengajukan penawaran. Pengajuan dan perubahan informasi dapat dilakukan empat hari sebelum hari keberangkatan, jadi jangan sampai telat ya!
5. Jika berhasil, maka Anda akan menerima email pemberitahuan bahwa upgrade yang Anda lakukan berhasil dalam waktu dua hari sebelum keberangkatan.

Syarat dan ketentuan khusus yang perlu diperhatikan adalah:

  • Umur minimal 18 tahun dan bersedia memenuhi kontrak. Anda lah yang bertanggung jawab dan memiliki wewenang atas diri Anda sendiri dan orang lain yang ikut terlihat dalam penawaran ini.
  • Penumpang hanya dapat mengajukan satu penawaran untuk satu segmen penerbangan saja. Penawaran tersebut nantinya harus dibayar dengan menggunakan kartu kredit. Garuda Indonesia memberlakukan nilai maksimum dan nilai minimun penawaran yang diajukan.
  • Dalam penawaran yang diajukan harus berisi nama Anda atau penumpang lain yang terlibat dalam proses penawaran ini jika diajukan dengan pemesanan tiket langsung di Garuda Indonesia atau pun dengan cara lain dan disampaikan ke Garuda Indonesia.
  • Penawaran hanya berlaku untuk segmen yang tercantum dalam email pemberitahuan untuk pemilihan upgrade atau yang tertera pada kelayakan di laman BidUpgrade dengan memasukkan kode pemesanan Anda. Garuda Indonesia berhak menentukan rute yang berlaku untuk upgrade.
  • Garuda Indonesia dapat menerima atau menolak tawaran secara sepihak dan Anda tidak dapat menyampaikan keluhan atau gugatan mengenai penerimaan atau penolakan tersebut.
  • Setelah Anda memenuhi syarat Anda dapat mengakses link pada email yang Anda terima (email pengajuan penawaran) dalam waktu empat hari sebelum keberangkatan yang dijadwalkan atau bisa dengan langsung mengunjungi situs Garuda Indonesia.
  • Penawaran yang telah diterima berdasarkan persediaan kelas yang diminta.
  • Refund atau pengembalian ulang dapat diajukan apabila Garuda Indonesia membatalkan jadwal penerbangan Anda yang telah diupgrade atau Garuda Indonesia mengakomodasikan ulang penerbangan sama dengan penerbangan semula.

Bagaimana dengan pembatalan (cancellation) dan pengembalian dana (refund)? Ketentuan yang ditetapkan oleh Garuda Indonesia adalah berdasarkan kelas tiket dan waktu pembatalan yang dikategorikan dalam rute domestik dan rute internasional:

Rute domestik

1. Untuk kelas J, C, Y

  • Jika kurang dari 48 jam sebelum jadwal keberangkatan, akan dikenakan biaya sebesar 35% dari harga tiket
  • Jika lebih dari 48 jam maka akan dikenakan biaya sebesar 10% dari harga tiket

2. Untuk kelas D, I, B, M, K, N

  • Jika kurang dari 48 jam sebelum jadwal keberangkatan, akan dikenakan biaya sebesar 45% dari harga tiket
  • Jika lebih dari 48 jam maka akan dikenakan biaya sebesar 15% dari harga tiket

3. Untuk kelas H, L dikenakan biaya sebesar 50% dari harga tiket
4. Untuk kelas Q, T, V, S dikenakan biaya sebesar 75% dari harga tiket

Rute internasional

1. Untuk kelas F, J, C, Y tidak dikenakan biaya reschedule.
2. Untuk kelas A, D, B, M, K, N dikenakan biaya sebesar USD 10
3. Untuk kelas Q, T, V, S, H dikenakan biaya sebesar USD 20

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

B. AirAsia

Maskapai penerbangan AirAsia menyediakan program Upgrade Travel Option (UTo) yang menyediakan layanan untuk upgrade kursi kelas ekonomi menjadi AirAsia X Premium Flatbed. Fasilitas yang diberikan dalam program Upgrade Travel Option (UTo) antara lain adalah flatbed, hidangan pesawat gratis, check in prioritas eksklusif dan boarding prioritas serta klaim bagasi lebih awal saat kedatangan. Syaratnya tidak jauh berbeda dengan syarat Anda membeli tiket pesawat sebelumnya. Prosesnya juga cukup mudah:

1. Anda harus memesan tiket pesawat kelas ekonomi terlebih dahulu
2. Buka situs optiontown.com, pilih opsi UTo.
3. Isi formulir yang diminta dengan data selengkap-lengkapnya
4. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran dan biaya upgrade nominal, biasanya dengan menggunakan kartu kredit.
5. Tunggu email pemberitahuan, apabila pengajuan upgrade Anda diterima maka Anda akan dapat menikmati fasilitas dari program mereka dan apabila pengajuan upgrade Anda ditolak maka dana Anda akan dikembalikan.

Ada beberapa ketentuan yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan upgrade atau mengikuti program Upgrade Travel Option ini:

  • Anda akan diberi informasi mengenai program upgrade 1-3 hari sebelumnya hingga 4 jam sebelum jadwal keberangkatan
  • Layanan yang diterima dapat bervariasi, tergantung dari bandara keberangkatan dan lamanya penerbangan
  • Upgrade dan biaya upgrade tergantung dari ketersediaan kursi yang diminta. Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

Bagaimana dengan pembatalan (cancellation) dan pengembalian dana (refund)? Anda tidak dapat melakukannya karena alasan maskapai yang berfokus pada penekanan biaya penerbangan agar tetap rendah dan terjangkau.

C. Sriwijaya Air

Untuk maskapai penerbangan Sriwijaya Air, upgrade tiket hanya dapat dilakukan di kantor perwakilan Sriwijaya Air dan dikenakan biaya admin reissue. Ketentuannya adalah:

1. Upgrade untuk kelas O, U, X, E, G, V, minimal 2 kelas ke atas.
2. Upgrade untuk kelas T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y, minimal 1 kelas ke atas.
3. Untuk kelas I, D, C, tidak berlaku upgrade.
4. Dikenakan biaya admin reissue sebesar Rp. 20.000 per tiket
5. Untuk kelas I, D, C atau kelas eksekutif tidak berlaku upgade, jika kelas sesuai tiket full namun seat masih ada yang kosong atau masih tersedia, maka dapat diajukan rebook ke kelas sesuai dengan tiket (same class)
6. Untuk kasus permintaan upgrade tiket dari kelas ekonomi ke kelas eksekutif tidak dikenakan biaya admin reissue.

Untuk maskapai lainnya seperti Lion Air dan lain sebagainya, proses untuk upgrade tiket dari kelas ekonomi ke kelas bisnis dapat dilakukan dengan menghubungi langsung bagian administrasi bandara atau dengan menelpon call center masing-masing maskapai.

Bagaimana? Apa Anda sudah tertarik dan ingin segera melakukan upgrade tiket pesawat Anda? Eits, jangan buru-buru, karena ternyata, ada beberapa trik untuk mendapatkan upgrade tiket pesawat secara gratis tanpa harus membayar biaya pendaftaran maupun biaya upgrade loh! Bagaimana caranya?

Barbara Ward, seorang wanita anggun berusia 65 tahun yang senang jalan-jalan, telah melakukan 15 kali penerbangan dan 14 diantaranya mendapatkan fasilitas free flight upgrade atau fasilitas upgrade gratis! Dilansir dari https://www.tiket2.com, kira-kira bagaimana Barbara Ward dapat melakukan itu, ya? Kuncinya adalah dengan sikap dan tampilan.

1. Atur emosi Anda! Bersikap ramahlah saat melakukan proses check in.

Saat Anda menyerahkan boarding pass atau sedang melakukan timbang bagasi, sering-seringnya tersenyum dan menyapa petugas pesawat. Tapi tunggu, jangan langsung meminta layanan free flight upgrade karena justru mereka tidak akan respect dengan sikap seperti itu. Ajaklah mengobrol, basa-basi mengenai kondisi bandara dan penerbangan saat ini, dan seterusnya. Nah, jika sudah cukup akrab, pancinglah petugas dengan iseng-iseng menanyakan apakah kelas bisnis sudah penuh atau belum penuh.

2. Ikutlah keanggotaan grup maskapai tertentu.

Jadilah anggota dari grup maskapai tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa Anda memang sering dan rutin dalam melakukan perjalanan. Jika Anda sudah mendaftar dan kartu anggotanya belum jadi, sebutkan saja nomor anggotanya. Jika tersedia, mendaftarlah di grup yang memiliki beberapa maskapai penerbangan di dalamnya agar Anda tidak perlu repot mengingat banyak nomor member.

3. Berpenampilan rapi dan cerdas!

Jangan menggunakan sandal jepit dan celana pendek, pun jangan mengenakan kaos merah terang dengan celana kuning terang. Anda tahu itu tidak cocok dan sangat mencolok, kan? Kalau Anda berpenampilan seperti itu, bisa-bisa sebelum konversasi dimulai petugas maskapai sudah ilfeel duluan! Berpakaianlah yang anggun dan cerdas. Pakai saja pakaian formal yang biasa Anda pakai saat menghadiri sebuah pertemuan. Tidak usah berpenampilan selangit. Paling tidak gunakan saja blazer, celana panjang dan jaket kulit untuk pria, dan berdandanlah yang anggun dan menarik untuk wanita. Jangan kira petugas tidak menilai Anda! Biasanya petugas akan menilai apakah penampilan Anda cocok digunakan untuk penumpang kelas bisnis atau tidak.

Trik di atas bisa Anda coba jika ingin mendapatkan free flight upgrade. Walaupun, layanan free upgrade tidak akan pernah bisa Anda dapatkan di penerbangan charter.

Nah, untuk melakukan upgrade tiket ternyata tidak terlalu sulit, kan? Selamat menikmati perjalanan dengan kelas bisnis!