Ayo Terbang ke Flores dan Kunjungi 11 Destinasi Menarik Ini

Letak geografisnya yang masuk dalam gugusan Kepulauan Sunda Kecil bersama Bali dan NTB membuat Flores juga memiliki daya tarik wisata yang tak perlu diperdebatkan lagi. Dalam bahasa Portugis, Flores berarti “Bunga” dan memang latar belakang sejarah membuktikan jika Flores memang memiliki kedekatan dengan Portugis sebagai wilayah koloni. Jika anda menginginkan suasana baru dalam berpetulang maka Flores bisa jadi destinasi berikutnya. Dengan luas wilayah sekitar 14.300 km persegi, ada banyak hal yang bisa dilakukan dan tempat-tempat yang didatangi. Berikut ini kami tampilkan 11 destinasi menarik yang bisa anda kunjungi saat berada di Flores.

1. Labuan Bajo

Dipastikan saat anda berkunjung ke Flores maka anda harus mendatangi tempat yang satu ini. Labuan Bajo merupakan pelabuhan yang juga pintu gerbang dunia luar menuju ke Flores. Dari pelabuhan ini anda bisa mengakses kawasan wisata lainnya dengna mudah. Sebut saja Pantai Pede, Pantai Gorontalo, Puncak Waringin, dan lainnya. Pusat perekonomian dan kawasan paling modern di Flores ada di Labuan Bajo. Jadi pastikan anda sudah menginjakkan kaki di Labuan Bajo saat menyiapkan perencanaan liburan ke Flores.

2. Taman Nasional Komodo
Taman Komodo

Masuk ke dalam salah satu dari 7 keajaiban dunia tentu saja membuat Taman Nasional Komodo mendunia dan didatangi oleh turis mancanegara. Sebenarnya keunikannya bukan hanya sebagai taman perlindungan bagi hewan langka Komodo saja, tapi juga karena keindahan rumput savanna dan dunia bawah airnya. Taman Nasional ini memiliki luas 1817 km persegi yang terdiri dari 3 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca. Komodo yang termasuk dalam kategori hewan purba dan langka hanya bisa ditemukan di Taman Nasional ini. Selain itu Taman yang didirikan pada tahun 1980 ini juga menjadi rumah bagi 277 hewan yang berasal dari Benua Asia dan Benua Australia. Kehidupan bawah airnya pun membuat tercengang karena ada sekitar seribu spesies ikan dan 253 spesies karang pembentuk terumbu karang. Anda bisa menyelam sambil menikmati keindahannya, berpetualang di padang savanna, atau hiking ke beberapa bukit di taman ini. Mengunjungi Taman Nasional Komodo di Flores ini akan membuat anda lebih menghargai kekayaan alam Indonesia.

3. Pantai Pink

Pantai Pink yang ada di Flores ini memiliki pasir yang berwarna merah muda. Warna unik ini berasal dari serpihan terumbu karang yang tersapu gelombang ke bibir pantai sehingga membuat hamparan pasir berwarna kemerahan yang bisa dinikmati. Apalagi jika anda datang ke sini pada sore hari maka penampakan pasir merah muda dengan pantulan cahaya matahari sore membuat pantai ini semakin terlihat romantis. Jangan lewatkan juga untuk menikmati keindahan bawah airnya. Anda bisa diving dan snorkeling di kawasan pantai ini. Ada ratusan spesies ikan dan terumbu karang yang akan membuat pengalaman menyelam anda di pantai pink ini semakin mengesankan. Sehingga anda tak boleh melewatkan kesempatan mengunjungi Pantai Pink ini saat terbang ke Flores.

4. Taman Laut 17 Pulau

Taman Laut 17 Pulau adalah taman laut yang terdiri dari 17 pulau yang membentang dari barat hingga timur dengan luas sekitar 9.900 hektar. Di dalamnya meliputi pulau-pulau yang berdekatan yaitu Pulau Pata, Pulau Bangko, Pulau Rutong, Pulau Sua, Pulau Kolong, Pulau Ontoloe, Pulau Wingkureo, Pulau Telu, Pulau Batu, Pulau Taor, dan lainnya. Selain itu ada juga Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kupang. Anda bisa berkeliling melihat keindahan pulau-pulau itu dengan menggunakan speedboat selama dua setengah jam. Di sekitar perairan 17 pulau ini terdapat berbagai jenis karang mulai dari yang keras hingga yang lembut dan juga ratusan ikan hias warna warni. Untuk bisa memuaskan penasaran anda, langsung saja menyelam dan rasakan sensasinya. Atau jika anda sedang tak ingin berbasah-basahan, keindahan alam bawah airnya masih bisa terlihat dengan mata telanjang dari atas kapal.

5. Pulau Kanawa

Berada sekitar 10 km dari Labuan Bajo, Pulau Kanawa adalah salah satu spot asik untuk bersantai saat anda terbang ke Flores. Bisa dibilang Pulau Kanawa ini memang dipersiapkan untuk liburan santai. Anda bisa berjemur, snorkeling dan juga diving. Lihat saja kekayaan bawah airnya mulai dari terumbu karang berwarna-warni, kura-kura, bintang laut, dan masih banyak hewan lainnya. Hal yang membuat Pulau Kanawa ini semakin layak untuk dijadikan tempat liburan adalah penginapan yang telah disediakan. Ada 13 cottage minimalis yang sudah disiapkan untuk para tamu menginap. Tak lupa juga restoran dan juga diving center yang memang khusus disiapkan untuk kenyamanan wisatawan selama berlibur di Pulau Kanawa.

6. Gua Liang Bua

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Ada banyak gua karst di Flores dan salah satu yang menarik adalah Gua Liang Bua yang ada di Dusun Rampasasa, Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng. Gua ini menjadi terkenal karena di dalamnya ditemukan tengkorak manusia Hobbit (Homo Floresiensis) pada tahun 2001 silam. Gua alami ini terbentuk sekitar 15 juta tahun yang lalu akibat bentukan endokars pada batu gamping dan batu gamping pasiran.

7. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang yang ada di Flores ini merupakan danau vulkanis dengan luas 513 hektar. Danau ini cukup unik karena berada di ketinggian 750 mdpl dan memiliki kedalaman sekitar 600 meter. Secara administrasi, Danau Sano Nggoang masuk ke dalam wilayah desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang. Keunikan yang bisa anda lihat dari danau ini adalah kadar belerang yang cukup tinggi sehingga anda bisa mandi belerang di sini. Setelah puas mandi belerang anda masih bisa melakukan berbagai kegiatan lain seperti menunggang kuda dan berkeliling menjelajahi alam sekitar danau yang masih asri.

8. Air Terjun Cunca Rami

Kontur wilayah Flores yang berbukit-bukit dan penuh dengan dataran tinggi membuat kehadiran air terjun tak mengherankan lagi. Salah satu yang menjadi sorotan adalah Air Terjun Cunca Rami yang berada di Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, dan masuk ke dalam kawasan hutan tropis. Jadi air terjun setinggi 30 meter ini dikelilingi oleh rimbunnya hutan dan pepohonan asri yang membuatnya semakin segar. Kucuran air yang lumayan besar membuat terbentuknya kolam kecil di bawahnya seperti danau dan anda bisa berendam sepuasnya di sana. Kesegaran air yang mengucur langsung dari pegunungan dan balutan suasana hutan yang rimbun dan tenang menjadikan Air Terjun Cunca Rami layak didatangi.

9. Pemandian Air Panas Mengeruda

Tak perlu khawatir jika anda sedang ingin mandi air panas saat berada di Flores. Anda bisa langsung datang ke Pemandian Air Panas Mengeruda yang ada di Desa Piga, Kecamatan Soa. Tempat ini juga merupakan destinasi wajib bagi para wisatawan yang datang ke Flores. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pemandian air panas ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit karena suhu panasnya dirasa pas untuk media terapi. Pihak pengelola sudah melengkapi kawasan ini dengan berbagai fasilitas seperti toilet umum, rumah makan, serta perkemahan untuk mendukung kenyamanan para pengunjung.

10. Pantai Koka

Pantai Koka berada di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka. Pantai Koka ini merupakan salah satu pantai yang ditujukan sebagai destinasi wisata oleh penduduk sekitar dan juga rujukan bagi para wisatawan dari luar Flores. Pantia Koka ini dijuluki sebagai The Dream Beach karena memiliki pemandangan yang sangat cantik seperti di dalam mimpi. Hamparan pasir putih, air laut yang jernih memancarkan rona hijau kebiruan, dan ombak pantai yang menderu-deru membuat pantai ini memang layak dijadikan destinasi wisata di Flores.

11. Taman Nasional KelimutuTaman Kelimutu

Taman Nasional Kelimutu terdiri dari bukit- bukit dan gunung-gunung yang membuatnya semakin indah untuk dipandangi dan menggairahkan untuk dijelajahi. Gunung tertinggi di taman nasional ini adalah Gunung Kelibara dengan ketinggian 1.731 mdpl. Tentu saja hal yang paling menarik perhatian para wisatawan adalah Danau 3 warna yang ada di Gunung Kelimutu. Warna-warna dari air di danau ini bisa berubah-ubah sehingga banyak mitos yang berkembang di masyarakat setempat tentang danau ini. Mitos yang sering berkembang adalah danau berwarna biru yang merupakan tempat berkumpulnya jiwa anak muda yang telah meninggal. Danau warna merah merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang semasa hidupnya sering berbuat jahat. Dan danau berwarna putih merupakan jiwa orang tua yang sudah meninggal. Di taman nasional ini anda juga bisa menemukan hutan kecil seluas 4,5 hektar yang memiliki 78 jenis tanaman unik seperti uta onga, turuwara, dan argoni.

Related Post