Anda Berhijab? Masih Bisa Menjadi Pramugari, Kok!

Pekerjaan pramugari tentu dianggap sangat menyenangkan bagi wanita. Bagaimana tidak? Anda memiliki kesempatan pergi keliling Indonesia, bahkan keluar negeri, tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Ditambah lagi, anda selalu bisa berdandan cantik, berpakaian rapih, dimanapun dan kapanpun anda berada.

Seorang pramugari adalah sosok yang cantik, bertubuh indah, dan umumnya pasti mengenakan seragam maskapai yang agak ketat. Tidak hanya mempesona bagi para pria saja, namun wanita pun juga kerap iri ketika melihat pramugari melenggok sempurna di dalam pesawat. Ingin rasanya berjalan dengan gemulai dan anggun seperti para pramugari.

Namun, dengan image dari pramugari tersebut, cukup banyak para wanita pemakai hijab di Indonesia yang merasa tidak memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pramugari. Memang, ketentuan seragam yang dikeluarkan oleh maskapai tidak sesuai dengan aturan agama Islam.

Seorang mantan pramugari asal Arab Saudi, yaitu Marintan, pernah diwawancara oleh pihak Kompas. Marintan pun turut mengungkapkan, isu pakaian pramugari tersebut adalah isu yang sampai sekarang tidak terdapat jalan keluarnya. Setiap maskapai memang telah memiliki aturannya masing-masing, sehingga tiap pramugari yang sudah bekerja sudah mengetahui segala resiko dan tanggung jawab mereka.

Bahkan, maskapai penerbangan daerah Timur Tengah pun masih memperlihatkan aurat para pramugarinya. Contohnya saja rambut yang terlihat, serta betis karena memakai rok. Namun, Marintan mengungkapkan masih terdapat beberapa cara lain jika serius menjadi pramugari.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.
1. Menjadi pramugari di maskapai penerbangan Arab Saudi

Jika di Arab Saudi, tentu pramugari akan berpakaian tertutup dan tidak akan menunjukkan auratnya sedikitpun. Sehingga, bagi para wanita berhijab, sangat cocok untuk menjadi maskapai di penerbangan ini.

2. Bekerja sebagai pramugari hanya disaat musim Haji tiba

Saat musim Haji, maskapai akan mengeluarkan sebuah kebijakan khusus agar para pramugarinya mengenakan hijab. Tentu saja, sebagai maskapai pun wajib untuk menghormati umat yang hendak melaksanakan Haji.

Terlepas dari 2 cara tersebut, sebetulnya ada satu cara lagi. Yaitu, tidak mengenakan hijab saat bekerja, lalu baru mengenakan hijab diluar pekerjaan. Marintan mengungkapkan, banyak sekali teman-teman pramugarinya yang menerapkan cara tersebut. Seragam hanya simbol dari pekerjaan dan maskapai, dan sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan kepercayaan masing-masing.