8 Cara untuk Menghadapi Penerbangan Panjang

Tidak semua penerbangan hanya berdurasi 1 – 2 jam saja. Penerbangan ke Jepang, Korea, China, Eropa, Amerika, dan negara berjarak jauh dari Indonesia lainnya bisa membuat anda menghabiskan waktu perjalanan lebih dari 24 jam di dalam pesawat dan juga di bandara. Tentunya, kenyamanan diri anda sangat penting agar tidak lesu ketika sampai tujuan.

1. Membawa selimut serta bantal leher

Beberapa maskapai penerbangan memang menyediakan selimut serta bantal. Namun, ada beberapa orang yang akan merasa lebih nyaman serta bersih jika menggunakan peralatan pribadi. Jika anda salah satu dari orang tersebut dan barang bawaan tidak terlalu berlebih, maka bawalah selimut serta bantal untuk menemani perjalanan anda.

2. Bawa tisu basah

Ini dapat membantu membasuh tangan, muka, serta badan anda jika tidak ada kamar mandi untuk membersihkan diri. Badan anda bisa saja gatal-gatal dan lengket meskipun hanya duduk diam saja selama seharian di dalam pesawat.

3. Menyiapkan sebuah penutup mata

Agar tidur anda nyaman serta mata dapat diistirahatkan dengan cukup tanpa gangguan sinar lampu yang terkadang dinyalakan oleh pihak maskapai, sediakanlah alat yang satu ini. Beberapa maskapai penerbangan juga menyediakan penutup mata, namun akan lebih higienis jika anda membawanya sendiri.

4. Membawa earplug atau sumbatan telinga

Ini juga dapat membantu anda untuk memperoleh istirahat yang cukup. Jadi, ketika sedang tidur, anda tidak akan mendengar suara gangguan seperti mesin pesawat, obrolan disekitar, atau mungkin saja suara bayi menangis.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

5. Berpakaian nyaman

Suhu didalam ruang pesawat cukup dingin disebabkan oleh udara luar serta pendingin di dalam pesawat tersebut. Jadi, pakailah pakaian yang cukup tebal agar anda tidak kedinginan di dalam pesawat. Kemudian, jangan memakai baju yang akan merepotkan diri anda sendiri, khususnya bagi para wanita, seperti tanktop rumbai-rumbai dengan berbagai aksesoris seperti kalung, gelang, dan lain sebagainya. Pakailah sebuah sweater santai serta celana panjang longgar agar anda dapat duduk dengan nyaman.

6. Membawa baju ganti

Penerbangan seperti dari Indonesia menuju Amerika membutuhkan waktu seharian, bahkan bisa dua hari penuh karena harus transit di beberapa negara. Oleh karena itu, sediakan baju ganti lengkap yang nyaman di koper kabin agar kondisi tubuh anda selalu segar dan bersih.

7. Membawa sikat dan pasta gigi

Anda tentu tidak ingin memiliki bau mulut tidak sedap bukan? Bawalah sikat serta pasta gigi agar dapat membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan, serta bau mulut. Ini juga berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi diri anda sendiri.

8. Sediakan permen karet

Agar telinga anda tidak berdengung karena perubahan tekanan udara, cobalah untuk mengunyah permen karet di dalam pesawat.