4 Keunggulan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

Pemerintah nampaknya semakin gencar membangun sarana transportasi di Indonesia. Selain sarana transportasi di darat dan laut, saat ini Pemerintah juga sedang merenovasi bandara-bandara dan memperlebar landasan udara di beberapa wilayah terpencil di Indonesia.

Tapi tidak hanya bandara di wilayah terpencil, Bandara Soekarno Hatta di Jakarta pun tidak ketinggalan untuk berbenah. PT Angkasa Pura II sebagai pihak yang bertanggungjawab untuk proyek ini tengah menyelesaikan pembangunan Terminal 3 Ultimate yang dapat meningkatkan kapasitas Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang, Banten.

T3 Ultimate ini memiliki lima lantai dimana lantai paling bawah akan digunakan sebagai terminal kedatangan dan lantai 2 digunakan sebagai terminal keberangkatan. Sementara sisanya akan digunakan sebagai lounge dan sarana perkantoran. Lokasi check-in dan ruang tunggu internasional dan domestik di dalam terminal ini terpisah.

Kabarnya juga terminal yang memiliki panjang sekitar 1 km dan luas bangunan‎ 422.804‎ m2 ini diklaim dapat menyaingi Bandara Internasional Changi di Singapura lho.

Lalu apa saja sih keunggulan Terminal 3 Ultimate ini? Berikut ini beberapa kelebihannya:

1. Lebih aman

T3 Ultimate dilengkapi puluhan CCTV yang siap memantau pergerakan setiap penumpang sehingga jika ada barang tertinggal, atau jika penumpang meninggalkan barangnya sampai 5-10 menit, kamera akan secara otomatis menyorot barang tersebut. Tentunya, akan ada petugas yang segera bertindak untuk mengamankannya.

2. Fasilitas yang lebih lengkap

AP II menyiapkan dua moda transportasi, yaitu bus dan kereta monorel. Monorel‎ ini menghubungkan Terminal 3 Ultimate ke Stasiun Bandara dan beberapa terminal lainnya. Monorel, atau disebut juga people‎ mover ini, datang per 4 menit seperti di Changi dan mampu mengangkut 100-200 orang dalam sekali jalan.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

Untuk akomodasi, para pengunjung T3 Ultimate tidak perlu ke luar bandara atau bahkan keluar terminal karena di dalam terminal ini juga ada hotel. Hotel ini terletak di sisi kanan dan kiri terminal di bagian depan. Sisi kanan dan kiri terminal juga dilengkapi dengan fasilitas parkir bertingkat.

Lebih jauh untuk fasilitas penerbangan internasional, T3 Ultimate dilengkapi garbarata ganda khusus pelayanan pesawat super jumbo, seperti Airbus 380.

3. Lebih cantik

Terminal ini didesain dengan konsep seni budaya dengan ornamen-ornamen yang mewakili daerah-daerah di Indonesia. Ada pula tempat santai bagi para penumpang untuk menikmati karya-karya yang dipamerkan.

Selain produk seni budaya, calon penumpang juga dimanjakan dengan view yang apik, mengingat tingginya bangunan terminal yang mencapai sekitar 50 meter. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan sekeliling Bandara Soetta dari lokasi drop off ataupun di dalam terminal.

4. Ramah lingkungan

Terlepas dari kecanggihan teknologi dan fasilitas yang terintegrasi, pihak AP II tetap mengusahakan efisiensi energi dalam pengoperasian T3 Ultimate. Untuk itu, AP II menerapkan teknologi ramah lingkungan dengan menggunakan pencahayaan lampu LED dan penerangan jalan menggunakan sumber energi solar cell‎.