17 Hotel Terbaik Dekat Candi Borobudur yang Bisa Anda Coba Setelah Turun di Bandara Yogyakarta

Sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia, Candi Borobudur yang ada di Kabupaten Magelang ini memang tak akan berhenti membuat siapa saja berdecak kagum. Candi Borobudur pun sukses di datangi orang setiap tahunnya dalam rangka kunjungan wisata. Meski masuk dalam wilayah Jawa Tengah, tapi anda yang sedang berada di Yogyakarta tetap bisa dengan mudah mendatanginya karena memang letaknya yang tidak terlalu jauh dari perbatasan Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Bila anda sedang merencanakan untuk mengunjungi Candi Borobudur dan menginap di dekat lokasinya, maka 17 hotel berikut ini bisa dijadikan pilihan setelah turun dari Bandara Adisucipto Yogyakarta.

1. Plataran Borobudur Resort & Spa

Plataran Borobudur Resort & Spa hanya berjarak sekitar 3,5 Km dari Candi Borobudur dan tentunya akan memudahkan anda untuk menjangkau dan beraktivitas di Candi Borobudur. Dengan fasilitas mewah yang lengkap, penginapan ini akan menjamu anda dengan maksimal. Lihat saja desainnya yang bergaya kolonial yang dipadu dengan nuansa Indonesia. Belum lagi fasilitas seperti spa, kolam renang, yoga gratis, serta tak ketinggalan layanan antar jemput dari dan ke Candi Borobudur yang semakin memudahkan anda berjalan-jalan ke candi. Hal lain yang menarik dari tempat ini adalah letaknya yang berada di perbukitan Desa Tanjungan sehingga memiliki akses ke Punthuk Setumbu yang berjarak hanya sekitar 2 Km.

2. Manohara Resort
Manohara Resort punya nilai lebih yang mungkin tidak akan dimiliki oleh penginapan-penginapan lainnya di dekat Candi Borobudur. Letaknya yang cukup dengan pelataran candi pastinya akan memudahkan anda mengunjungi Candi Borobudur kapan saja. Bisa dibilang pelataran Manohara Resort juga merupakan pelataran Candi Borobudur. Anda hanya butuh waktu 5 menit berjalan kaki dari Manohara Resort menuju Candi Borobudur. Manohara Resort ini memiliki 35 kamar yang bisa dipesan untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana Candi Borobudur. Selain balkon dan juga taman yang luas, Manohara Resort juga menyediakan akses internet gratis, kamar mandi dengan bath tub, dan juga saluran TV kabel.

3. Omah Setumbu
Omah Setumbu adalah sebuah penginapan yang terletak sekitar 3,8 Km dari Candi Borobudur. Setelah sampai di Bandara Adisucipto Yogyakarta, anda bisa langsung bergegas menuju penginapan ini. Ada taman yang berisi hewan peliharaan, teras santai yang menenangkan, dan layanan prima yang pastinya tak akan anda lupakan selama menginap di sini. Anda bisa menyewa sepeda yang telah disediakan untuk berkeliling di sekitar lokasi penginapan yang terbilang masih asri.

4.Tingal Laras Art House Homestay
Meski hanya berformat homestay, tapi Tingal Laras Art House Homestay ini memberikan pengalaman menginap yang sangat unik. Mulai dari gaya banguan tradisional Jawa, ruang pameran seni, dan juga restoran. Homestay ini hanya berjarak 2,7 km dari Candi Borobudur dan tentunya memudahkan anda mengakses rute menuju candi. Anda juga bisa bersepeda dan menjelajahi daerah di sekitar homestay.

5. The Amrta Guest House
Jika anda memiliki biaya terbatas saat menginap di dekat Candi Borobudur tak perlu khawatir karena guest house yang satu ini sangat ramah di kantong. The Amrta Guest House memberikan harga terbaik bagi anda yang ingin merasakan menginap di dekat Candi Borobudur. Hanya berjarak 1,1 km dari komplek candi yaitu dari jalan Badrawati, The Amrta Guest House menyiapkan kamar-kamar nyaman dengan pemandangan pedesaan yang menenangkan. Ditambah lagi kolam renang yang memang disiapkan untuk para tamu beraktivitas. Anda akan merasakan berenang di antara pelataran sawah yang hijau.

6. Rumah Dharma
Ruma Dharma menyiapkan 4 buah villa dengan teras yang langsung menghadap ke taman. Penginapan yang satu ini berjarak 1,6 km dari Candi Borobudur dan anda bisa berjalan kaki dari Rumah Dharma menuju candi selama 20 menit. Selain villa yang nyaman, ada juga sebuah area umum yang biasa digunakan sebagai tempat berkumpul para tamu dengan tamu lainnya. Tempat parkir yang luas juga akan memudahkan anda saat membawa kendaraan pribadi. Tempat ini merupakan tempat yang cukup nyaman jika anda merencanakan liburan di Candi Borobudur bersama keluarga besar.

7. Saraswati Borobudur
Saraswati Borobudur menawarkan pengalaman menginap dengan cita rasa klasik yang dibalut dengan sangat apik dan berkelas. Ada teras dan taman untuk para tamu, kolam renang outdoor, serta pelatihan singkat seni tradisional Jawa sperti pembuatan keramik dan lainnya. Saraswati Borobudur hanya berjarak 1,2 km dari Candi Borobudur tepatnya di Jalan Balaputradewa No.10 dan memiliki 17 kamar yang siap dipesan oleh tamu. Anda bisa langsung memesannya setelah turun dari pesawat di Bandara Adisucipto Yogyakarta.

8. Cempaka Borobudur Guest House
Cempaka Borobudur Guest House memiliki 9 kamar yang sederhana serta teras kecil untuk anda menginap di sekitaran Candi Borobudur. Yang menarik adalah letaknya yang hanya berjarak 800 meter dari Candi Borobudur. Dengan jarak yang cukup dekat itu, anda bisa berjalan kaki selama 10 menit dari penginapan menuju komplek candi. Dengan suasana yang sederhana dan lekat dengan suasana desa setempat, anda bisa mencari berbagai restoran, warung kopi, dan pasar seni yang berada tak jauh dari Cempaka Borobudur Guest House ini. Jangan takut untuk bereksplorasi karena layanan pijat gratis di guest house ini siap melepaskan penat dan lelah anda.

9. Villa Borobudur
Pilihan mewah untuk anda yang ingin menginap di dekat Candi Borobudur dengan cita rasa berkelas. Villa Borobudur merupakan penginapan bintang 5 yang disiapkan untuk para pengunjung yang ingin meraskan serunya menjelajah Candi Borobudur dengan gaya eksklusif. Villa Borobudur berada sekitar 3,9 km dari Candi Borobudur. Setiap kamar dilengkapi dengan kolam renang pribadi serta fasilitas lainnya untuk semua tamu seperti spa, pijat, ruang yoga, serta kolam renang outdoor dengan latar belakang pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Anda akan merasakan liburan yang mewah saat menginap di villa ini.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

10. Hotel Bhumi Sambhara
Hotel Bhumi Sambhara berada di Jalan Badrawati Gang Mushalla yang berada tepat di sebelah timur Candi Borobudur. Hotel sederhana ini terbilang murah untuk hitungan sewa kamar perharinya. Ada beberapa tipe kamar yang disiapkan mulai dari Single Room, Twin Room, Double Bed Room, dan Family Room. Dengan akses yang mudah dan segala fasilitas yang diberikan membuat Hotel Bhumi Sambhara ini masuk ke dalam rekomendasi anda saat hendak liburan di dekat Candi Borobudur.

11. Ardian Hotel Borobudur
Hotel kecil ini hanya memiliki 7 kamar saja untuk melayani para tamu. Tapi tentu saja letaknya yang berada di utara Candi Borobudur yaitu di Jalan Pramudyawardani Janan ini membuat kamar hotel selalu penuh oleh wisatawan. Anda bisa memilih kamar Single dan Double dengan pilihan fasilitas sesuai dengan harga yang ditawarkan. Ini cukup fleksibel bagi anda yang ingin menghemat biaya liburan dari segi penginapan.

12. Omah Garengpoeng Guest House
Penginapan yang satu ini memiliki suasana asri dengan pohon rindang di sekitarnya. Tepatnya di Desa Tingal Wetan, Omah Garengpoeng ini menawarkan kamar yang bervariasi dengan harga yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas. Mulai dari tipe bungalow, single, dan Deluxe Single. Anda cukup berjalan kaki selama 10 menit untuk bisa sampai ke Candi Borobudur.

13. Rajasa Hotel Borobudur
Hotel berbalut interior Jawa ini berada di Jalan Badrawati No.2 yang kira-kira hanya berjarak 0,5 km dari Candi Borobudur. Anda akan menikmati koneksi internet yang cukup kencang di setiap kamar. Selain kamar Standar Double, anda juga bisa memesan kamar tipe Deluxe Double atau Family Room saat liburan bersama keluarga anda. Harga yang ditawarkan pun cukup murah untuk tiap kamarnya. Jadi anda bisa langsung menyiapkan penginapan setelah turun dari pesawat.

14. Hotel Lotus 1
Hotel yang satu ini menjadi salah satu hotel yang ramai didatangi turis domestik maupun mancanegara. Berada di Jalan Medang Kamolan 2, Hotel Lotus 1 Guest House and Restaurant ini siap melayani anda selama menginap di sekitar Candi Borobudur. Anda bisa mengakses internet dengan mudah, restoran, dan lahan parkir yang luas. Terdapat beberapa kelas kamar seperti Single dan Double dengan harga yang cukup terjangkau.

15 Eloprogo Art House Magelang
Penikmat seni dan pecinta traveling pastinya akan merasa nyaman dengan apa yang ditawarkan oleh Eloprogo Art House Magelang ini. Hotel ini menyatukan kesenian, keindahan, serta keasrian alam Magelang. Anda pasti sulit menemukan hotel dengan fasilitas kelas melukis seperti yang ditawarkan oleh Eloprogo Art House Magelang ini. Anda bisa memesan kamar bertipe Single, Standar Double, atau tipe Bungalow untuk privasi yang lebih nyaman. Menginap di hotel ini tentu tak membutuhkan waktu lama untuk sampai di Candi Borobudur karena hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.

16 Villa Menoreh Borobudur
Villa Menoreh Borobudur disiapkan untuk anda yang menginginkan penginapan berkelas. Harga-harga untuk setiap kamarpun terbilang cukup fantastis. Hotel ini berada di Dusun Menoreh Villas, Dusun Pete, Borobudur. Dari hotel ini anda cukup berjalan selama 10 menit untuk bisa sampai ke Candi Borobudur.

17 Cempaka Villa

Dengan gaya yang sangat tradisional, Cempaka Villa yang berada sekitar 1,1 km dari Candi Borobudur ini memang terlihat unik dan nyaman. Semua villa yang disiapkan bergaya joglo Jawa sehingga membuat kesan kuat saat anda berada di dekat Candi Borobudur. Anda bisa menikmati pemandangan dari daerah sekitar yang masih asri serta sebuah restoran yang menyajikan ragam masakan Indonesia dan luar negeri bersertifikat halal. Jika anda lelah, fasilitas pijat dari Cempaka Villa akan memanjakan anda.

Related Post