14 Resto Dengan Menu Soto Paling Enak yang Bisa Anda Cicip Setibanya di Surabaya

Pasti banyak hal yang ingin anda lakukan setibanya di Kota Surabaya. Salah satu kota besar di Indonesia ini juga punya perkembangan yang cukup maju. Mulai dari dunia industri, pariwisata, hingga kuliner. Tentu anda mulai penasaran tentang menu-menu enak di Surabaya yang bisa dicicipi selama berada di kota ini. Salah satu menu kuliner nusantara yang cukup difavoritkan oleh masyarakat Surabaya adalah Soto. Anda bisa menemukan banyak sekali warung-warung soto di setiap sudut Kota Surabaya. Tentu tak hanya sekedar pemuas rasa lapar saja, beberapa soto yang disiapkan pun menjadi wisata kuliner tersendiri yang menarik perhatian para pendatang. Jika anda sedang mempersiapkan kunjungan ke Kota Surabaya dan ingin mencicipi aneka hidangan soto, maka anda perlu tahu 14 restoran dengan menu soto paling enak di kota ini.

1. Soto Madura Gubeng Pojok
Soto Madura Gubeng Pojok

Jangan keliru dengan namanya karena meskipun nama warung soto ini Gubeng Pojok, tapi alamatnya ternyata berada di Jalan Kusuma Bangsa. Menurut Pak Ali, sang pemilik warung, menggunakan nama Gubeng Pojok tetap dipertahankan untuk tetap menarik pelanggan lamanya karena sebelumnya, warung soto ini memang berada di Gubeng Pojok. Soal rasa tak perlu ditanya lagi, Soto Madura Gubeng Pojok ini ternyata sudah merambah Jakarta karena kenikmatan kuah sotonya yang masih terjaga keasliannya dan tak pernah berubah.

2. Soto Madura Pak Kumis

Mungkin belum banyak yang tahu tentang warung soto yang satu ini. Soto Madura Pak Kumis yang ada di Jalan Ketupa, dekat dengan Jalan Kusuma Bangsa. Soto yang disajikan di warung ini masuk ke dalam jajaran soto spesial karena anda bisa memiliki isian soto sesuai pesanan mulai dari otak, jeroan, daging, jantung, dan lainnya. Ini berarti anda akan menyantap apa yang ingin anda santap, bukan yang tersedia. Untuk bisa menikmati soto Madura Pak Kumis ini anda bisa datang mulai dari pukul 5 sore hingga tengah malam. Jadi siapkan menu makan malam anda di Soto Madura Pak Kumis.

3. Soto Lamongan Cak Har

Siapa yang tak kenal dengan kuliner Soto Lamongan. Diperkirakan hampir di setiap kota di Jawa Timur punya warung soto yang bermenu Soto Lamongan. Tak kalah dengan yang lainnya, Surabaya juga punya warung soto Lamongan yang cukup terkenal, Soto Lamongan Cak Har namanya. Warung Soto Lamongan Cak Har memiliki dua cabang di Surabaya. Satunya di Kawasan MERR II dan satunya lagi di Jalan Arief Rahman Hakim yang pastinya selalu ramai didatangi pecinta soto. Soto Lamongan Cak Har ini memiliki rasa yang cukup khas dan melekat di lidah. Ini terlihat dari kuah kental yang dicampur dengan balungan yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang nikmat. Anda bisa menambahkan lauk lainnya seperti daging, kulit, jeroan, bahkan brutu untuk melengkapi satu porsi Soto Lamongan Cah Har ini. Meski harganya terbilang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan warung soto lainnya, tapi jelas keramaian pengunjung setiap harinya sudah menjadi bukti bahwa rasa soto Lamongan Cak Har layak diburu.

4. Soto Ambengan Pak Sadi
Soto Ambengan Pak Sadi

Berbicara warung soto di Kota Surabaya sudah pasti masyarakat akan menuju pada sebuah warung soto legendaris milik Pak Sadi. Meski terlihat sama, tapi Warung Soto Pak Sadi memberikan sentuhan berbeda pada peracikan kuahnya yang cukup unik. Anda akan merasakan bumbu unik dalam setiap mangkoknya. Ada serundeng kerupuk yang akan membuat kuah bening menjadi lebih gurih. Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa pilihan menunya seperti Soto Telur, Soto Ati Ampela, atau Soto Komplit sesuai dengan selera anda. Harga yang ditawarkan pun cukup ramah kantong sekitar 20 ribu rupiah per porsi.

5. Soto Sapi Tidar H. Kudir

Soto Sapi Tidar H. Kudir ini sudah ada sekitar 60 tahun yang lalu dan hingga kini masih eksis di dunia kuliner Kota Surabaya khususnya wisata kuliner soto. Sebelumnya warung soto milik H. Kudir ini berada di Pasar Tembok dan pindah ke lokasi sekarang ini di Jalan Tidar Pojok. Anda bisa mencicipi hidangan Pak Tidar mulai dari pukul 6 pagi hingga 5 sore. Menu yang ditawarkan pun cukup segar dan nikmat. Cobalah daging sapi empuk dengan isian campur yang nikmat di dalam campuran kuah setiap porsinya.

6. Soto Ayam Cak To

Anda bisa datang ke Jalan Undaan Wetan setiap jam 9 pagi hingga jam 2 siang untuk bisa menikmati nikmatnya Soto Ayam Cak To. Tempat yang tidak terlalu luas akan membuat anda sedikit kesulitan saat memesan karena dijamin anda akan antri bersama puluhan orang lainnya. Tak jarang para pengunjung harus menikmati Soto Ayam Cak To dengan berdiri dengan keterbatasan tempat yang ada. Tapi tentu saja waktu lama mengantri akan terbayarkan dengan semangkok soto ayam yang nikmat. Irisan daging ayam yang tebal dan empuk, ditambah uritan di siram kuah soto yang segar dengan rempah-rempah adalah hal nikmat yang bisa anda rasakan saat mencicipi Soto Ayam Cak To ini.

7. Soto Kalkulator
Soto Kalkulator

Anda bisa mencoba datang ke Taman Bungkul yang jadi salah satu landmark Kota Surabaya. Setelah puas menikmati suasana Kota Surabaya di taman ini, anda boleh mencicipi Soto Kalkulator yang ada di kawasan Foodcourt Taman Bungkul. Soto dengan kuah yang kaya rempah-rempah ini menjadi semakin menarik dengan potongan daging sapi yang empuk. Penyajiannya dengan nasi putih ditaburi tauge, daun seledri, dan bawang goreng menjadi paket yang pas untuk bersantap siang. Kuah soto ini tidak terlalu encer dan tidak terlalu pekat. Untuk menu tambahan anda bisa menikmati perkedel, sate usus goreng, babat, dan limpa. Jangan heran jika sewaktu melihat menu soto dan tempatnya, anda tidak akan menemukan ornament kalkulator sedikit pun. Penamaan Soto Kalkulator di warung ini berasal dari kelihaian para pelayan yang mampu menghitung total harga pesanan tanpa menggunakan kalkulator. Pasti anda akan takjub melihat kemampuan unik ini yang diterapkan dalam sebuah warung soto. Coba datang ke Surabaya dan buktikan sendiri.

Jangan lupa tersedia promo dan diskon last minute dari maskapai populer Indonesia: Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya, Citilink, Wings Air, Batik Air.

8. Soto Madura Super

Soto Madura Super yang ada di Jalan Raya Kendangsari No. 68 ini masih menggunakan cara-cara tradisional untuk menyajikan menu soto miliknya. Salah satu contohnya adalah penggunaan tungku arang yang disiapkan untuk memanaskan kuah soto yang masih dipertahankan hingga saat ini. Menggunakan tungku arang ini akan memberikan cita rasa berbeda pada kuah soto dan menjadikan kuah menjadi semakin nikmat. Ditambah lagi aroma arang saat memanaskan kuah ikut tercampur dan terasa sangat merakyat sekali.

9. Soto Ayam Kuswanto

Berjalan-jalan ke Surabaya Timur jangan lupa mampir ke Jalan Sidotopo Wetan. Ada warung soto Ayam Kuswanto yang menjanjikan di sana. Rasa soto dengan kuah yang khas dan ayam kampung pilihan membuat anda tak akan menyesal telah berkunjung ke warung ini. Meski belum banyak yang mengetahui kenikmatan warung soto ini, tapi setiap hari warung Soto Ayam Kuswanto selalu dipadati oleh pengunjung.

10. Soto Ayam Cak Riban

Soto Ayam Cak Riban yang berada di Jalan Genteng Besar No.21 ini menyajikan soto ayam yang tak kalah nikmatnya dibandingkan dengan warung soto lainnya. Dengan harga 9 ribu rupiah per porsinya, Soto Ayam Cak Riban siap menemani anda kapan pun karena buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi koya dan lontong spesialnya.

11. Soto Ayam Cak Pardi

Kesan sederhana adalah hal yang pertama kali anda rasakan saat memasuki area warung Soto Ayam Cak Pardi di jalan Embong Malang No. 20. Namun begitu, anda akan ketagihan dengan kaldu ayam yang gurih dan nikmat dalam kuah soto ayam yang diracik dengan sangat tepat. Soto Ayam Cak Pardi ini sudah ada sejak tahun 1972 dan hingga saat ini dikelola turun temurun oleh keluarga Cak Pardi. Ada tiga menu andalan yang disiapkan, menu soto biasa, soto campur, dan juga uritan. Dengan harga yang cukup bersahabat, tak heran jika warung soto ini bisa bertahan puluhan tahun dan tetap laris manis.

12. Soto Ayam Joko Tarub

Coba sempatkan jalan-jalan ke Pasar Atom Surabaya karena di sana terdapat banyak sekali spot kuliner yang unik dan enak. Salah satunya adalah warung soto ayam Joko Tarub yang terletak di lantai dasar. Anda akan mendapatkan satu mangkok soto dengan potongan daging yang berlimpah dan campuran bumbu segar lainnya. Bahkan nasi putih yang tersaji di dalamnya tak kelihatan. Dengan kuah kuning yang kental dan harga yang hanya 20 ribu rupiah, Soto Ayam Joko tarub bisa jadi rujukan saat anda jalan-jalan ke Pasar Atom Surabaya.

13. Soto Ayam Pak Djayus
Soto Ayam Pak Djayus

Soto Ayam Pak Djayus yang membuka warung di Jalan Manyar No. 81 ini bisa jadi rujukan saat anda menginginkan soto ayam yang segar dengan daging ayam yang empuk. Rasa gurih dan asin akan terasa saat anda mencicipi kuahnya. Tapi bagi anda yang kurang suka dengan rasa asin yang berlebihan, silahkan tambahkan kecap dan jeruk perasan ke dalam kuah maka rasanya akan semakin nikmat. Selain soto ayam, warung Pak Djayus juga menyediakan nasi goreng jawa yang rasanya pun tak kalah nikmat dengan soto ayamnya.

14. Soto Madura Tapak Siring

Tak hanya Sate yang terkenal sebagai makanan dari Madura, ternyata Soto Madura pun cukup tenar dan layak jadi hidangan saat perut lapar. Salah satu Soto Madura yang terkenal di Kota Surabaya adalah Soto Madura Tapak Siring. Berada di Jalan Dharmahusada No. 14, Warung sederhana berkonsep kaki lima masih melayani para pengunjungnya dengan cara-cara yang tradisional. Tapi untuk urusan rasa jangan ditanya lagi, Soto Madura Tapak Siring menjadi ikon penting Soto Madura di Surabaya meski ada banyak warung soto sejenis bertebaran. Ciri khas soto Madura adalah kuahnya yang tidak terlalu menonjolkan keragaman rempah. Tapi anda akan mendapatkan porsi dengan telur rebus, bawang goreng, tauge, kentang, dalam satu mangkok. Ditambah lagi penyajian nasi putihnya yang masih dipisah dan dibungkus dengan daun pisang akan menambah selera makan anda bertambah di warung ini. Sebuah warung soto Madura yang tak boleh anda lewatkan saat berjalan-jalan di Kota Surabaya.

Related Post