Yogyakarta JOG (Adisutjipto)

harga termurah, informasi bandara, dan pedoman umum

Bagikan

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Yogyakarta

Rentang waktu:

Penerbangan di atas ditemukan oleh pengguna TIKET2 selama beberapa hari terakhir. Karena harga penerbangan berubah dengan cepat, tarif ini mungkin tidak lagi tersedia.

Yogyakarta informasi bandara

Bandara Internasional Adisutjipto adalah bandara yang terletak di Jl. Solo km. 9, Yogyakarta. Bandara ini memiliki luas 88.690 m persegi. Bandara ini menjadi Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada tanggal 21 Februari 2004 dimana rute Yogyakarta – Kuala Lumpur dibuka oleh Garuda Indonesia.

Bandara ini memiliki sejarah penting dalam mendukung kemerdekaan Indonesia. Bandara ini dibangun sejak tahun 1940 dengan nama Pangkalan Udara Maguwo. Tahun 1942 Kota Jogjakarta diduduki oleh Jepang dan Pangkalan Udara Maguwo juga diambil alih oleh tentara Jepang. Pada November 1945, lapangan terbang ini dikuasai oleh Badan Keamanan Rakyat Jogjakarta Timur. Setelah itu di tahun yang sama Pangkalan Udara Maguwo diambil alih oleh pemerintah RI dan dijadikan pangkalan Angkatan Udara untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun 1952, nama Pangkalan Udara Maguwo diubah menjadi pangkalan udara Adisutjipto. Nama ini diambil dari pelopor berdirinya TNI AU yang juga Bapak Penerbang Republik Indonesia; Komodor Muda Adisutjipto. Pangkalan udara ini awalnya hanya digunakan untuk kepentingan militer dan Akademi Angkatan Udara (AAU), namun pada tahun 1964 berubah menjadi peluhan udara untuk militer dan juga sipil.

Maskapai yang ada di bandara ini adalah:

Domestik:

Citilink

Garuda Indonesia

Indonesia AirAsia

Lion Air

Wings Air

Merpati Nusantara Airlines

Sriwijaya Air

Express Air

Internasional:

Air Asia

Silk Air

Nam Air

Bandara ini memiliki dua terminal, yaitu untuk domestik dan juga internasional. Terminal B bandara ini baru diresmikan pada 17 Agustus 2015 lalu. Fasilitas yang ada di bandara Yogyakarta ini pun termasuk lengkap, seperti money changer, restoran, cafe, stand makanan dan minuman, ATM, executive lounge, waving gallery, mushola, toilet dan sebagainya. Kapasitas penumpang per tahun bandara ini sebenarnya hanya 1,2 juta penumpang, namun nyatanya jumlah penumpang per tahunnya sudah mencapai 5.8 juta penumpang. Karena situasi bandara yang sudah melebihi kapasitas, rencananya akan dibangun bandara baru di daerah Kulon Progo untuk menggantikan bandara ini.

Fakta-fakta unik mengenai bandara Jogjakarta ini adalah sebagai berikut:

• Landasan pacu bandara tidak bisa diperluas lagi ke sebelah timur dikarenakan adanya candi tertinggi di Yogyakarta, yaitu Candi Ijo

• Rencananya bandara baru yang akan dibangun di Kulon Progo akan dinamakan New Yogyakarta International Airport Aryadi Subagyo

• Ada 7 penerbangan nonstop berdurasi lama yang terbang ke Yoyakarta di setiap minggunya

• Ada 515 penerbangan nonstop yang tiba di Yogyakarta di tiap minggunya

• Ada 130 penerbangan jarak menengah yang tiba di Yogyakarta tiap minggunya

• Durasi terlama untuk penerbangan ke Yogyakarta adalah 2 jam 45 menit

• Pesawat terbesar yang terbang ke Yogyakarta adalah tipe Airbus A380-800 dengan 526 kursi penumpang

• Pesawat terkecil yang terbang ke Yogyakarta adalah tipe ATR 42 / ATR 72 dengan hanya 46 kursi penumpang

Pajak bandara di Yogyakarta airport

Bila terbang di Indonesia, setiap orang harus membayar pajak bandara yang mungkin berbeda dari bandara ke bandara. Di Yogyakarta pajak bandara penerbangan domestik Rp. 25,000. Pastikan Anda memiliki jumlah ini dalam rupiah sebagai pajak bandara harus dibayar di bandara sebelum Anda melanjutkan ke area keberangkatan.

Cari harga tiket murah pesawat Indonesia

Informasi transportasi

Jika Anda baru saja mendarat di Bandara Yogyakarta (JOG) ini dan ingin menuju pusat kota Jogja, jangan khawatir karena ada banyak moda transportasi yang bisa Anda gunakan. Begitu juga bagi Anda yang ingin menuju bandara untuk menjemput sanak keluarga atau ingin melakukan penerbangan dari Jogjakarta. Berikut ini adalah moda transportasi yang bisa Anda gunakan.

1. Bus Trans Jogja

Bus ini merupakan angkutan umum semacam busway di Jakarta. Bus ini memiliki rute tertentu dan halte-halte khusus. Bus Trans Jogja ini melayani banyak rute, termasuk yang menuju ke bandara Adisutjipto. Ongkosnya pun sangat murah, yaitu hanya Rp. 4.000 sekali jalan. Bus Trans Jogja ini beroperasi dari pukul 05.30 - 21.30 WIB. Ada 4 rute Trans Jogja yang melewati Bandara Adisutjipto, yaitu:

• Trans Jogja 1A Prambanan-Adisutjipto-JEC

• Trans Jogja 1B Adisutjipto-JEC-Condong Catur

• Trans Jogja 3A Giwangan-Adisutjipto-Jokteng Kulon

• Trans Jogja 3B Giwangan-Adisutjipto-Kotagede

2. Kereta Api

Bagi yang suka naik kereta api, Anda bisa menuju Stasiun Maguwo yang posisinya persis di dekat bandara ini. Anda bisa mencermati petunjuk di bandara untuk menemukan jalur khusus lorong bawah tanah yang menghubungkan langsung bandara dengan stasiun kereta. Dari Bandara Yogyakarta ini Anda bisa naik Kereta Api Prambanan Ekspress atau Prameks menuju Stasiun Tugu yang berada tepat di tengah kota Yogyakarta. Ongkosnya pun sangat murah, yaitu hanya Rp. 3.000. Jam operasional stasiun kereta api ini adalah jam 06.00 - 20.00 WIB.

3. Bus Damri

Bus Damri yang ada di Bandara Adisutjipto mulai beroperasi dari jam 07.00 – 21.00 WIB tiap harinya. Bus ini melayani rute hingga ke luar kota, yaitu

• Damri Adisutjipto-Kebumen

• Damri Adisutjipto-Magelang

• Damri Adisutjipto-Purworejo

4. Taksi

Taksi resmi yang beroperasi di bandara ini adalah Taksi Rajawali dengan stiker Bandara Adisutjipto. Namun jangan khawatir karena ada juga taksi komersial lainnya yang beroperasi di dalam bandara ini.

5. Mobil rental

Bagi Anda yang ingin memiliki privasi juga bisa menyewa mobil di bandara ini. Ada banyak agen penyewaan mobil di pintu keluar kedatangan domestik bandara ini. Tarifnya bervariasi tergantung jenis mobil, tujuan dan lainnya.

Bandara lain di sekitar Yogyakarta

Bandara berikut dekat dengan Yogyakarta. Kadang-kadang harga berbeda, sehingga Anda mungkin ingin memeriksa penerbangan ke bandara ini juga.

Maskapai terbang ke Yogyakarta airport

AirAsia Jakarta,
Batavia Balikpapan, Batam, Jakarta, Denpasar (Bali), Medan, Pontianak, Surabaya, Makassar,
Garuda Banjarmasin, Balikpapan, Batam, Jakarta, Denpasar (Bali), Medan, Surabaya,
Lion air Ambon, Banjarmasin, Bandung, Balikpapan, Jakarta, Jambi, Jayapura, Denpasar (Bali), Fak Fak, Labuan Bajo, Manado, Medan, Mamuju, Padang, Pekanbaru, Palembang, Pontianak, Surabaya, Ternate, Makassar,
Mandala Banjarmasin, Bengkulu, Balikpapan, Batam, Jakarta, Denpasar (Bali), Pekanbaru,
Merpati Banjarmasin, Bandung, Biak, Jayapura, Denpasar (Bali), Kendari, Kupang, Manado, Surabaya, Makassar,
Sriwijaya Ambon, Balikpapan, Batam, Jakarta, Denpasar (Bali), Medan, Pekanbaru, Tarakan, Makassar,

Yogyakarta informasi kota

Kota Yogyakarta adalah ibukota dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Yogya juga masih terdapat keraton (istana) yang masih berfungsi, yaitu Karaton Ngayogyakarta dan Puro Pakualam. Nama Yogyakarta berasl dari dua kata, yaitu Ayogya atau Ayodhya yang berarti ‘kedamaian’ dan Karta yang berarti ‘baik’. Kota ini memiliki banyak julukan, diantaranya Kota Gudeg dan Kota Pelajar.

Jika Anda mengunjungi Yogyakarta, ada banyak sekali lokasi wisata yang harus Anda kunjungi. Berikut ini ada tiga lokasi wisata wajib untuk didatangi saat berada di Kota Gudeg ini.

1. Malioboro

Belum sah rasanya jika berkunjung ke Yogyakarta tapi belum mampir ke Jalan Malioboro. Disini Anda bisa menemukan berbagai souvenir khas Jogja dengan harga miring, ditambah lagi jejeran penjual makanan yang membuat Malioboro tempat yang pas untuk wisata kuliner dan juga belanja.

2. Candi Borobudur

Merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan juga masuk ke dalam keajaiban dunia, candi ini sangat patut dikunjungi untuk melihat keindahan bangunan dan relief nya. Untuk masuk ke area Candi Borobudur, Anda harus berpakaian sopan dan akan dipinjamkan semacam sarung di pintu masuknya. Meski berada di magelang, sekitar 40 KM dari Jogja, namun banyak wisatawan yang datang ke candi ini setiap harinya.

3. Candi Prambanan

Masih seputar peninggalan sejarah, Anda juga bisa mengunjungi Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Candi yang juga masuk dalam warisan kebudayaan dunia oleh UNESCO ini terletak di perbatasan provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah. Meski jauh dari pusat kota Jogja, namun sayang sekali jika tidak mampir ke candi cantik yang satu ini.