Surabaya SUB (Juanda)

harga termurah, informasi bandara, dan pedoman umum

Bagikan

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Surabaya

Rentang waktu:

Penerbangan di atas ditemukan oleh pengguna TIKET2 selama beberapa hari terakhir. Karena harga penerbangan berubah dengan cepat, tarif ini mungkin tidak lagi tersedia.

Surabaya informasi bandara

Bandara Internasional Juanda adalah bandara yang terletak di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Surabaya. Bandara yang terletak 20 Km dari kota Surabaya ini dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I. Bandara kebanggaan warga Surabaya ini memiliki panjang landasan 3.000 meter dengan luas terminal sebesar 51.500 meter persegi. Bandara ini mampu menampung hingga 12.5 juta penumpang per tahunnya. Namun angka ini diperkirakan akan meningkat seiring dengan pembangunan Terminal 3.

Terminal 3 Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur masih memasuki tahap studi kelayakan oleh para ahli. Pembangunan terminal yang rencananya dibangun di sisi utara timur terminal yang sudah ada saat ini membutuhkan sekitar 2.000 hektare lahan. Rencananya terminal tersebut akan dihubungkan dengan kereta ekspress Surabaya – Bandara Juanda.

Nama bandara ini diambil dari nama Wakil Perdana Menteri terakhir Indonesia yang juga menyarankan dibangunnya bandara ini, yaitu Ir. Djuanda Kartawidjaja. Awalnya bandara ini merupakan pangkalan udara Angkatan Laut (Lanudal) Djuanda yang diresmikan langsung oleh Presiden Sukarno pada 12 Agustus 1964. Pada 7 Desember 1981, Lanudal Djuanda melakukan penerbangan sipil pertama. Pada tanggal 24 Desember 1990, bandara Surabaya ini ditetapkan sebagai bandara internasional dengan diresmikannya terminal untuk penerbangan internasional.

Saat ini ada 2 terminal di bandara ini. Terminal 1 dibuka pada tahun 2006 dengan pembagian Terminal A dan B. Maskapai yang saat ini menggunakan Terminal 1 untuk tujuan penerbangan dari Surabaya ke rute domestik lainnya adalah:

• Citilink

• Sriwijaya Air

• Batik Air

• Lion Air

Beberapa tahun setelahnya, rute penerbangan ke Surabaya dan sebaliknya semakin bertambah sehingga terminal menjadi overload. Untuk mengatasinya, dibangunlah Terminal 2. Terminal 2 dibangun sejak tahun 2011 lalu untuk mengurangi kepadatan penumpang di terminal 2. Terminal ini mulai digunakan pada 14 Februari 2014. Daftar maskapai yang menggunakan Terminal 2 adalah sebagai berikut:

Internasional:

• Lion Air (Singapore)

• China Airlines

• Singapore Airlines

• Eva Air

• Cathay Pasific

• Jetstar / Value Air

• Garuda Indonesia

Domestik:

• Garuda Indonesia

• AirAsia

• Mandala Tiger

Fasilitas yang terdapat di bandara Surabaya (SUB) ini terbilang cukup lengkap, seperti drinking fountain bagi yang ingin minum gratis, ada juga charging station untuk penumpang yang ingin men-charge perangkat mobile mereka secara gratis. Ada juga nursing room, toilet, mushola, dan ATM. Di bandara ini juga tersedia food corner dan berbagai restoran ternama, seperti Burger King, Roti`O, Starbucks Coffee, Carl`s Jr, dan masih banyak lainnya.

Pajak bandara di Surabaya airport

Bila terbang di Indonesia, setiap orang harus membayar pajak bandara yang mungkin berbeda dari bandara ke bandara. Di Surabaya pajak bandara penerbangan domestik Rp. 30,000. Pastikan Anda memiliki jumlah ini dalam rupiah sebagai pajak bandara harus dibayar di bandara sebelum Anda melanjutkan ke area keberangkatan.

Cari harga tiket murah pesawat Indonesia

Informasi transportasi

Untuk Anda yang baru saja mendarat di Surabaya atau akan menuju Bandara Juanda, ada dua angkutan umum yang bisa digunakan untuk menuju dan juga keluar dari bandara ini, yaitu sebagai berikut:

1. Bus Damri

Anda bisa menuju dan keluar dari bandara dengan menggunakan bus Damri. Tarif yang ditawarkan berkisar antara Rp 30.000 – Rp 35.000 dengan rute trayek sebagai berikut:

• Bandara Juanda – Terminal Bis Bungurasih (Purabaya) PP

• Bandara Juanda – Gresik PP

2. Taksi Primkopal / Kokapura

Taksi milik koperasi karyawan Angkasa Pura ini adalah satu-satunya taksi yang diperolehkan beroperasi di sekitar bandara, sementara taksi komersial lainnya hanya boleh mengantar penumpang dari Surabaya atau daerah lainnya ke dalam bandara, tapi tidak boleh mengangkut penumpang ke luar bandara. Untuk naik taksi Primkopal ini, anda bisa membeli tiket di loket yang tersedia di pintu keluar bandara. Biasanya tarif yang diberikan lebih mahal dari tarif taksi komersial lainnya.

Bandara lain di sekitar Surabaya

Bandara berikut dekat dengan Surabaya. Kadang-kadang harga berbeda, sehingga Anda mungkin ingin memeriksa penerbangan ke bandara ini juga.

Maskapai terbang ke Surabaya airport

AirAsia Jakarta, Medan,
Batavia Lombok, Ambon, Banjarmasin, Berau, Balikpapan, Batam, Jakarta, Jayapura, Denpasar (Bali), Gorontalo, Yogyakarta, Kupang, Luwuk, Manokwari, Maumere, Palangkaraya, Palu, Pontianak, Sorong, Semarang, Lampung, Tarakan, Ternate, Makassar,
Citilink Banjarmasin, Balikpapan, Batam, Jakarta,
Garuda Banjarmasin, Balikpapan, Batam, Jakarta, Denpasar (Bali), Yogyakarta, Medan, Semarang, Makassar,
Lion air Lombok, Ambon, Banjarmasin, Bandung, Bima, Balikpapan, Batam, Baubau, Jakarta, Jayapura, Denpasar (Bali), Ende, Fak Fak, Gorontalo, Yogyakarta, Kendari, Kaimana, Kupang, Labuan Bajo, Tual, Manado, Medan, Mamuju, Manokwari, Maumere, Nabire, Natuna, Padang, Palangkaraya, Palu, Pontianak, Pomala, Sorong, Semarang, Surabaya, Tarakan, Makassar,
Mandala Batam, Jakarta, Denpasar (Bali),
Merpati Lombok, Bandung, Biak, Jayapura, Denpasar (Bali), Yogyakarta, Kendari, Kupang, Manokwari, Maumere, Sampit, Sorong, Timika, Ternate, Makassar,
Sriwijaya Banjarmasin, Bandung, Balikpapan, Jakarta, Kupang, Manado, Medan, Padang, Semarang, Makassar,

Surabaya informasi kota

Surabaya merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Timur. Kota Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta. Kota ini memiliki luas 333,063 km². Nama Surabaya diambil dari cerita rakyat pertarungan antara sura / suro (ikan hiu) dengan baya / boyo (buaya) yang kini menjadi lambang kota ini.

Kota ini mendapat julukan ‘Kota Pahlawan’ karena tercatat kota ini berperang untuk mengusir sekutu dari Surabaya dalam pertempuran 10 November 1945. Peristiwa ini dianggap sebagai perlawanan penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia dan tanggal 10 November ditetapkan sebagai ‘Hari Pahlawan’.

Ada banyak tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Surabaya. Diantaranya yang paling populer adalah sebagai berikut.

1. Tugu Pahlawan

Tugu ini dibangun sebagai monumen untuk mengenang keberanian arek Suroboyo melawan tentara sekutu. Menara dengan tinggi 41.15 meter ini berbentuk seperti paku terbalik dengan tiang berbentuk lengkungan sebanyak 10 lengkungan dan 1 ruas. Angka-angka ini memiliki makna tanggal 10 bulan 11 tahun 1945, yaitu tanggal terjadinya pertempuran 10 November. Di Tugu Pahlawan juga terdapat Museum 10 November yang banyak dikunjungi wisatawan.

2. Masjid Agung Al-Akbar

Masjid Al-Akbar adalah masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini adalah ikon religi kota Surabaya yang banyak dikunjungi wisatawan maupun warga lokal. Pintu masuk masjid ini terdiri dari 45 pintu utama yang semuanya dibuat dari kayu jati berukir. Bagian eksterior masjid ini dipenuhi oleh ukiran dan kaligrafi yang megah dan bagian dalamnya juga dihiasi dengan ukiran dan kaligrafi yang sangat indah.

3. Jembatan Suramadu

Jembatan ini merupakan penghubung antara Surabaya dan Madura. Jembatan yang terbentang 5.500 meter di sepanjang selat Madura ini menjadi ikon baru wisata Surabaya saat ini. pastikan Anda mampir untuk sekedar berfoto dengan latar belakang Jembatan Suramadu ya!