Solo SOC (Adi Sumarmo)

Harga Termurah, Informasi Bandara, Dan Pedoman Umum

Memesan penerbangan

 

Informasi bandara

Bandar Udara Adisumarmo terletak di kota Surakarta, Solo. Dahulu, bandara ini diberi nama Pangkalan Udara Panasan, karena berada di wilayah Panasan. Sebelum dibuka untuk umum, pangkalan udara ini hanya dikhususkan untuk pangkalan militer saja. Kemudian, tahun 1977 diubah menjadi Adisumarmo yang merupakan nama adik dari Adisucipto. Sebelum dinobatkan sebagai Bandara Internasional dan meresmikan rute menuju Kuala Lumpur dan Singapore pada tahun 1989, Bandara ini hanya melayani rute domestic saja.

Bandara Adisumarmo (SOC) letaknya sekitar 14km dari pusat kota Solo, dengan landasan pacu seluar 2,600 meter x 45 meter. Luas terminal internasional serta domestiknya sendiri adalah 12. 955 meter persegi, dengan luas parkir 29,000 meter persegi. Bandara Adisumarno sendiri dikelola oleh PT Angkasa Pura I sejak 1 Januari 1992.

Maskapai penerbangan yang melayani penerbangan menuju ke Bandara Adisumarno dan penerbangan dari Bandara Adisumarno, Solo adalah:

1. Garuda Indonesia

2. Citilink

3. Lion Air

4. Batik Air

5. Wings Air

6. Air Asia

7. Sriwijaya Air

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Informasi transportasi

Transportasi di Bandara Adisumarno sangatlah mudah dan banyak pilihannya, yaitu:

1. Batik Solo Trans

Disingkat sebagai BST, ini adalah sebuah angkutan umum Bus yang beroperasi mulai dari 05.30 hingga 16.00 WIB. Uniknya, model bus ini penuh dengan batik dan menonjolkan kebudayaan Indonesia dengan tariff harga yang benar-benar murah, yaitu hanya Rp 4,500 saja sekali jalan, ke semua tujuan yang dilewati bus. Rute berangkat bus dimulai dari Terminal Palur dan melewati jalan-jalan utama di Solo hingga ke Bandara Adi Sumarno. Waktu perjalanannya sekitar 1 – 2 jam hingga sampai Bandara, jadi berangkatlah lebih awal jika menaiki bus.

2. Bus Damri

Selain bus bermotif batik, terdapat pula Bus Damri biasa yang beroperasi dari Terminal Tirtohadi dan berakhir di Bandara Adi Sumarno. Jadi, jika rute anda tak dilewati oleh Batik Solo Trans, bisa menggunakan bus ini. Ongkosnya Rp 15,000 sekali jalan. Siap-siap jalan kaki sekitar 200 meter, karena bus ini tak berhenti tepat di pintu masuk Bandara, namun di pangkalan bus Bandara.

3. Ojek

Jika anda tak membawa banyak barang dan ingin transportasi cepat, tak perlu menunggu, sekaligus menawarkan harga yang murah, maka ojek bisa menjadi pilihan. Dari pusat kota Solo atau terminal bis Tirtohadi, tariff yang dikenakan oleh tukang ojek dimulai dari Rp 25,000 dan anda langsung menuju Bandara dalam waktu 30 menit – 45 menit perjalanan.

4. Taxi

Bagi anda yang memiliki budget berlebih sekaligus mau nyaman, dan barang bawaan berlebih, maka taxi adalah pilihan sangat tepat. Anda bisa menaikinya dipintu keluar Bandara, dan tarifnya dimulai dari Rp 100,000 sekali jalan, tergantung tujuan anda. Perjalanannya pun mulai 30 menit – 1 jam tergantung kondisi jalan.

5. Persewaan mobil

Apabila anda berada di kota Solo untuk waktu yang cukup lama dan tak punya saudara, ataupun alat transportasi disana, lebih baik anda langsung menyewa mobil untuk beberapa hari, karena biayanya jauh lebih murah dan tak perlu susah-susah mencari transportasi lagi. Biayanya mulai Rp 350,000 untuk sehari, anda juga bisa memesan bersama supirnya.

Bandara di sekitar Solo

Bandara terpopuler

Bandara terdekat

Informasi kota

Memiliki nama asli Surakarta, masyarakat memang lebih familiar dengan nama “Solo”. Populasinya mencapai lebih dari 600,000 orang, dengan luas daerah hanya 44 kilometer persegi saja. Solo sendiri merupakan keturunan dari Kerajaan Mataram pada tahun 1755, sama dengan DKI Yogyakarta. Tak heran, kalau di Solo masih terdapat keluarga Keraton. Sehingga, kalau anda berkunjung ke Solo, wajib mengunjungi wisata budaya sekaligus kerajinan khas Solo, yaitu batik.

1. Wayang Orang Sriwedari

Jika kamu warga Indonesia, tentu wajib berkunjung ke salah satu pertunjukan tradisional khas Indonesia ini. Bagi wisatawan mancanegara, inilah kesempatan yang baik untuk mengenal Indonesia. Cerita intinya mengisahkan tentang Mahabarata dan Ramayana, dengan pesan moral untuk masyarakat. Menyenangkan sekaligus edukatif untuk ditonton.

2. Solo Batik Karnival

Karnaval atau festival solo batik carnival ini diadakan setiap tahun oleh pemerintah setempat. Apalagi, batik sendiri merupakan produksi khas Solo dan Indonesia. Disini, para pengunjung serta peserta bisa merancang batik kemudian mengenakannya sendiri di festival.

3. Kraton Kasunanan

Dibangun oleh Pakoe Boewono II pada tahun 1745, Keraton ini terletak di wilayah Kartasura. Disini, terdapat sebuah museum mini yang didalamnya berisi benda-benda bersejerah berseni yang tak ternilai harganya.

4. Kampung Batik Laweyan

Kalau anda melewatkan Solo Batik Karnival, tenang saja, anda masih bisa berkunjung dan berbelanja batik di kampung batik laweyan. Perkampungan ini sudah ada sejak tahun 1546 dan masih Berjaya hingga sekarang. Aneka pengrajin batik tradisional bisa ditemukan di area ini.

5. Pura Mangkunegaran

Berdiri sejak tahun 1757, diprakarsai oleh Raden Mas Said, Istana atau Pura ini terdiri dari 2 bagian, yaitu Pendopo serta Dalem. Tak hanya itu saja, terapat perpustakaan serta aneka koleksi topeng tradisional didalamnya. Tempat ini dibuka untuk umum setiap harinya mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB.

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.