Semarang SRG (Achmad Yani)

harga termurah, informasi bandara, dan pedoman umum

Bagikan

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Semarang

Rentang waktu:

Penerbangan di atas ditemukan oleh pengguna TIKET2 selama beberapa hari terakhir. Karena harga penerbangan berubah dengan cepat, tarif ini mungkin tidak lagi tersedia.

Semarang informasi bandara

Bandara Internasional Achmad Yani adalah bandara yang terletak di Jalan Puad Achmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah. Nama bandara seluas 127 hektar ini diambil dari nama salah satu pahlawan revolusi Indonesia, Achmad Yani yang gugur pada tahun 1965.

Bandara yang letaknya hanya 5 kilometer dari pusat Kota Semarang ini awalnya merupakan pangkalan udara TNI AD yang dikenal dengan ama Pangkalan Udara Angkatan Darat Kalibanteng. Pada 31 Agustus 1966, pangkalan militer tersebut berubah statusnya menjadi Pangkalan Udara Bersama Kalibanteng Semarang. Seiring dengan meningkatnya frekuensi penerbangan sipil, maka pada 1 Oktober 1995, bandara ini menjadi bandara komersial dan dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I dan berubah namanya menjadi Bandara Achmad Yani Semarang. Baru pada Maret 2004 bandara ini berubah statusnya menjadi Bandara Internasional Achmad Yani Semarang yang ditandai dengan penerbangan perdana maskapai Garuda Indonesia ke Singapura.

Kapasitas bandara ini adalah 7 juta penumpang per tahun. Saat ini, proyek pengembangan telah dilakukan di bandara tersebut dan diperkirakan rampung pada akhir 2016 atau awal 2017 paling lama. Proyek ini termasuk memperluas Terminal Bandara Achmad Yani seluas 6.708 m2 menjadi 40.900 m2. Selain itu, apron yang awalnya seluas 29.032 m2 hendak diperluas menjadi 61.344 m2 sedangkan area parkir selebar 8.805 m2 diperluas menjadi 43.500 m2.

Bandara Semarang ini memiliki dua terminal, yaitu terminal domestik dan terminal internasional. Maskapai yang menggunakan bandara ini adalah:

Domestik:

• Citilink

• Garuda Indonesia

• Air Asia

• KalStar Aviation

• Lion Air

• Susi Air

• Sriwijaya Air

• Batik Air

• Trigana Air Service

• Wings Air

• AviaStar

Internasional:

• Air Asia

• Silk Air

Airport tax bandara ini sudah digabung dengan tiket pesawat, baik untuk penerbangan domestik maupun penerbangan internasional. Fakta-fakta unik tentang bandara ini adalah sebagai berikut:

• Penerbangan tercepat ke Semarang ditempuh dalam waktu 35 menit

• Pesawat terkecil yang mendarat di bandara ini adalah ATR 42 / ATR 72 dengan 46 kursi penumpang

• Semarang memiliki hingga 44.449 penumpang yang tiba setiap minggunya

• Pesawat terbesar yang terbang ke Semarang adalah Airbus A389-800 dengan 526 kursi penumpang

• Bandara Semarang ini memiliki 307 penerbangan nonstop di tiap minggunya

• Ada 275 penerbangan jarak pendek ke Semarang tiap minggunya

• Penerbangan yang tiba di bandara ini lebih banyak terjadi di sore hari

Pajak bandara di Semarang airport

Bila terbang di Indonesia, setiap orang harus membayar pajak bandara yang mungkin berbeda dari bandara ke bandara. Secara umum, mengharapkan pajak bandara penerbangan domestik antara Rp. 20.000 dan Rp. 40.000. Pastikan Anda memiliki jumlah ini dalam rupiah sebagai pajak bandara harus dibayar di bandara sebelum Anda melanjutkan ke area keberangkatan.

Cari harga tiket murah pesawat Indonesia

Informasi transportasi

Sebagai salah satu bandara yang sibuk di Indonesia, Bandara Semarang (SRG) ini memiliki banyak pilihan angkutan umum yang bisa digunakan bagi penumpang yang baru saja melakukan penerbangan ke Semarang dan sebaliknya.

1. Bus Trans Semarang

Bus ini mirip dengan Transjakarta dimana setiap bus memiliki rute khusus dan penumpang naik dan turun di halte yang sudah disediakan. Bus ini merupakan milik Pemkot Semarang yang melayani penumpang dari dan ke Bandara Achmad Yani. Cukup membayar Rp 3.500 Anda sudah bisa menuju ke kota Semarang atau ke bandara dengan angkutan ini. Berikut rute Bus Trans Semarang yang melewati bandara Achmad Yani:

• Bus BRT Trans Semarang Koridor IV (Bandara Achmad Yani -> Cakrawala -> Pasar Karang Ayu -> Ada Siliwangi -> Pasar Bulu -> UDINUS -> Stasiun Poncol -> Layur -> Stasiun Tawang)

• Bus BRT Trans Semarang Koridor IV (Bandara Achmad Yani -> Muradi -> Pengadilan -> Jalan Urip Sumoharjo -> Jrakah -> Jalan Dr Hamka -> Jalan RM Hadi Soebeno -> Terminal Cangkiran)

Bus Trans Semarang adalah bus terpadu. Meskipun hanya bus koridor IV yang menuju bandara, mupun Stasiun Cawang dan Terminal Cangkirang, Anda bisa berpindah bus koridor lain melalui shelter transit tanpa membayar lagi. Sama seperti busway di Jakarta.

2. Taksi bandara

Di bandara ini hanya ada taksi bandara. Untuk menggunakan taksi ini, Anda bisa memesan dan membayar biayanya di loket yang disediakan kemudian mengantri untuk naik ke taksi. Sama seperti taksi bandara lainnya, taksi bandara Achmad Yani juga mengenakan tarif yang lebih tinggi dibanding taksi biasa. Jika ingin naik taksi lainnya, Anda bisa jalan ke luar bandara.

Bandara lain di sekitar Semarang

Bandara berikut dekat dengan Semarang. Kadang-kadang harga berbeda, sehingga Anda mungkin ingin memeriksa penerbangan ke bandara ini juga.

Maskapai terbang ke Semarang airport

Batavia Jakarta, Surabaya,
Garuda Balikpapan, Jakarta, Surabaya,
Lion air Ambon, Balikpapan, Jakarta, Denpasar (Bali), Manado, Medan, Surabaya, Makassar,
Mandala Banjarmasin, Balikpapan, Jakarta, Denpasar (Bali), Medan,
Merpati Banjarmasin, Jakarta, Jayapura, Yogyakarta, Manokwari,
Sriwijaya Banjarmasin, Jakarta, Surabaya, Makassar,

Semarang informasi kota

Kota Semarang adalah ibukota dari Provinsi Jawa Tengah. Semarang merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia dengan luas wilayah 373.67 km persegi. Nama Semarang berasal dari pohon asam yang arang atau dalam bahasa Jawa disebut Asem Arang.

Jika Anda melakukan penerbangan dari Semarang dan sebaliknya, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai tempat wisata keren yang ada di Semarang ya! Berikut ini ada tempat wisata populer di Semarang yang wajib Anda kunjungi.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan sebuah gedung kuno di Semarang. Terletak di jantung Kota Semarang, dulunya gedung ini digunakan sebagai gedung pemeritahan dan kantor kereta api Belanda. Nama Lawang Sewu berasal dari bentuk bangunannya yang memiliki banyak pintu dan jendela. Menampilkan arsitektur megah khas tempo dulu, Lawang Sewu juga memiliki suasana mistis yang membuat banyak orang penasaran mengunjungi tempat ini. Harga tiket masuk ke Lawang Sewu adalah Rp. 10.000.

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Terletak di Jalan Gajah Raya, kota Semarang, Masjid Agung jawa Tengah ini merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Berdiri di atas tanah seluas 10 hektar, masjid yang dibangun pada tanggal 6 September 2002 ini memiliki bangunan utama untuk shalat sebesar 7.500 meter persegi dan mampu menampung hingga 16.000 jamaah. Masjid ini juga memiliki payung raksasa seperti yang ada di Masjidil Haram di Mekah.

3. Klenteng Sam Po Kong

Terletak di Gedung Batu, bangunan tua bergaya khas Tionghoa ini merupakan klenteng yang dibangun oleh Laksamana Cheng Ho saat mendarat di Semarang. Di klenteng ini Anda bisa melihat indahnya gaya arsitektur khas Tionghoa. Ada juga patung Cheng Ho setinggi 10 meter yang didatangkan langsung dari Cina. Untuk masuk ke klenteng ini, Anda harus membayar tiket masuk yang cukup murah, yaitu Rp. 5.000 untuk umum dan Rp. 3.000 untuk pelajar.