Pekanbaru PKU (Sultan Syarif Qasim II)

harga termurah, informasi bandara, dan pedoman umum

Bagikan

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Pekanbaru

Rentang waktu:

Penerbangan di atas ditemukan oleh pengguna TIKET2 selama beberapa hari terakhir. Karena harga penerbangan berubah dengan cepat, tarif ini mungkin tidak lagi tersedia.

Pekanbaru informasi bandara

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II adalah bandara yang terletak di Kota Pekanbaru. Bandara yang memiliki luas 321.21 ha ini dulunya bernama Bandara Simpang Tiga. Bandara in berjarak 10 km dari pusat Kota Pekanbaru.

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru adalah bandara peninggalan sejarah dari zaman perang kemerdekaan melawan penjajah. Bandara ini dulunya digunakan sebagai pangkalan militer, lalu pada tahun 1960 bandara ini dioperasikan sebagai bandara Perintis dan diubah namanya menjadi Pelabuhan Udara Simpang Tiga. Nama Simpang Tiga sendiri diambil dari lokasi bandara tersebut yang memang berada di persimpangan tiga jalan, yaitu jalan menuju Kota Pekanbaru, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kampar. Per tanggal 1 September 1985, pelabuhan Udara Simpang Tiga resmi diganti lagi namanya menjadi Bandar Udara Simpang Tiga. Nama bandara ini kemudian diganti lagi menjadi Bandara Sultan Syarif Kasim II pada 4 April 1998.

Nama bandara ini diambil dari nama seorang pahlawan nasional dari Riau yaitu Sultan Syarif Kasim II yang merupakan Sultan dari Kerajaan Siak Indrapura. Bandara yang memiliki kapasitas 4 juta penumpang per tahun ini rencananya akan diganti oleh bandara baru yang akan dibangun oleh pemerintah Riau. Namun hal ini masih dalam wacana.

Tidak ada lagi airport tax yang dibebankan pada penumpang karena sudah digabung dengan tiket pesawat, baik domestik maupun internasional. Maskapai yang melakukan penerbangan dari Pekanbaru dan sebaliknya adalah sebagai berikut:

Domestik:

• Batik Air

• Citilink

• Garuda Indonesia

• Indonesia Air Asia

• Lion Air

• Susi Air

Internasional:

• Air Asia

• Firefly

• Malindo Air

• Silk Air

Fasilitas yang ada di Bandara Pekanbaru (PKU) ini tergolong lengkap, yaitu:

• ATM berbagai bank

• Lost n Found berbagai maskapai

• Money changer

• Baggage wrapping

• Kantor pos

• Berbagai cafe dan restoran

• Toko souvenir dan oleh-oleh

• Lounge eksklusif

• Toilet

• Musholla

Fakta-fakta unik tentang bandara ini adalah:

• Merupakan home-base untuk Skuadron udara 12 TNI AU

• Pada tahun 2013 dinobatkan sebagai ‘Bandara dengan toilet terbersih skala Nasional’ oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

• Pernah mendapat penghargaan Best Airport 2012

• Waktu tercepat penerbangan ke Pekanbaru adalah 50 menit

• Ada 225 penerbangan nonstop ke Pekanbaru di setiap minggunya

• Ada 149 penerbangan dengan jarak tempuh sedang selama seminggu di Pekanbaru

• Maskapai paling populer di bandara ini adalah Garuda Indonesia

• 11 pesawat kecil terbang ke Pekanbaru tiap minggunya

• Waktu terlama penerbangan menuju ke Pekanbaru adalah 2 jam 30 menit

Pajak bandara di Pekanbaru airport

Bila terbang di Indonesia, setiap orang harus membayar pajak bandara yang mungkin berbeda dari bandara ke bandara. Di Pekanbaru pajak bandara penerbangan domestik Rp. 30,000. Pastikan Anda memiliki jumlah ini dalam rupiah sebagai pajak bandara harus dibayar di bandara sebelum Anda melanjutkan ke area keberangkatan.

Cari harga tiket murah pesawat Indonesia

Informasi transportasi

Bagi Anda yang baru saja mendarat di Pekanbaru dan akan menuju inti kota, atau bagi Anda yang ingin menuju bandara, ada berbagai angkutan umum yang bisa digunakan. Angkutan umum ini sangat membantu terutama bagi Anda yang tidak dijemput di bandara.

1. Taksi khusus bandara

Sama seperti bandara lain yang menjadi basis militer, di bandara Pekanbaru ini juga beroperasi taksi khusus bandara (Puskopau). Jika Anda ingin menuju kota dari bandara, hanya taksi ini yang tersedia. Namun jika Anda dari kota menuju bandara, ada banyak taksi komersil yang bisa dipakai. Selain itu, tarif yang dikenakan oleh taksi bandara biasanya lebih mahal dari tarif biasanya. Jika Anda ingin tetap hemat dengan naik taksi lain yang berargo, Anda bisa jalan keluar dari bandara lalu naik taksi komersial yang biasanya lalu lalang disana.

2. Bus Trans Metro Pekanbaru

Bus ini memiliki jalur khusus dan juga halte khusus untuk turun / naiknya penumpang. Bus Trans Metro ini operasionalnya sama seperti bus Transjakarta di Jakarta. Halte bus ini ada di luar bandara, sehingga Anda perlu berjalan sebentar untuk mencapainya Ongkos naik bus ini pun terbilang murah, hanya Rp. 4.000 sekali jalan. Bus Trans Metro yang melewati bandara adalah bus dengan rute Perum Pandau – Pelita Pantai via Jalan Sudirman.

3. Angkot dan Ojek

Jika ingin transportasi yang lebih murah meriah lagi, Anda bisa menggunakan angkot maupun ojek yang ada di luar bandara. Anda harus berjalan keluar kawasan bandara terlebih dahulu untuk mendapatkan akses ke angkutan umum yang satu ini. Tarif angkot adalah Rp. 3.600 dan untuk tarif ojek bisa disesuaikan dengan tawar menawar.

Bandara lain di sekitar Pekanbaru

Bandara berikut dekat dengan Pekanbaru. Kadang-kadang harga berbeda, sehingga Anda mungkin ingin memeriksa penerbangan ke bandara ini juga.

Maskapai terbang ke Pekanbaru airport

Batavia Batam, Jakarta,
Citilink Batam,
Garuda Jakarta, Medan,
Lion air Ambon, Batam, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Semarang, Makassar,
Mandala Batam, Jakarta, Denpasar (Bali), Medan, Semarang, Surabaya,
Merpati Makassar,
Sriwijaya Batam, Jakarta, Medan,

Pekanbaru informasi kota

Kota Pekanbaru merupakan ibukota dari Provinsi Riau. Asal muasal nama daerah ini berasal dari musyawarah ‘Dewan Menteri’ datuk dari empat suku, yaitu Pesisir, Lima Puluh, Kampar dan Tanah Datar sepakat menamai kawasan tersebut sebagai Pekan Baharu yang kemudian berubah tutur menjadi Pekanbaru.

Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa juga ya untuk mampir ke berbagai destinasi wisata menarik yang ada di kota ini! Berikut ini ada 3 lokasi wisata favorit di kota ini.

1. Riau Fantasi

Riau Fantasi adalah taman rekreasi terbesar dan terlengkap yang ada di Pulau Sumatera. Tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Labersa Water and Theme Park ini berdiri di atas lahan seluas 6.5 hektar. Ada wahana air dan juga kering di taman rekreasi ini. Di wahana air, ada banyak jenis kolam yang bisa dicoba dengan berbagai pancuran dan papan seluncur.Di wahana keringnya ada banyak permainan yag menguji adrenalin pengunjungnya, seperti kora-kora, family swinger dan masih banyak lainnya. Ada juga permainan santai seperti komedi putar dan kereta wisata. Ada free wi-fi juga loh di area taman bermain ini! Tiket masuk untuk lokasi wisata ini adalah Rp. 60.000 (Senin – Jumat) dan Rp. 70.000 (Sabtu – Minggu dan hari libur).

2. Istana Siak Sri Indrapura

Istana indah ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak yang dulunya adalah kerajaan Islam terbesar di Riau pada abad ke-16 sampai ke-20. Istana yang juga disebut sebagai Istana Asherayah Al Hasyimiyah ini dibangun pada tahun 1889. Bangunan utama istana ini mengadopsi gaya arsitektur Melayu, Arab dan Eropa. Ada banyak peninggalan sejarah yang ada di istana ini, seperti patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda, patung Sultan Syarif Hasyim I yang bertahtakan berlian dan ada juga gendang tua berusia 200 tahun. Biaya masuk lokasi wisata ini adalah Rp. 3.000 dan Anda harus melepas alas kaki sebelum masuk ke dalamnya.

3. Masjid Agung An Nur

Masjid megah ini dijuluki Taj Mahal-nya Pekanbaru. Masjid ini mengadopsi arsitektur gaya Melayu, Arab, India dan juga Turki. Di depan masjid ini terdapat kolam besar dan air mancur yang membuat masjid ini mirip Taj Mahal di India. Masjid ini mampu menampung hingga 4.500 jamaah.