Palembang PLM (Mahmud Badaruddin II)

Harga Termurah, Informasi Bandara, Dan Pedoman Umum

Memesan penerbangan

 

Informasi bandara

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II adalah bandara internasional yang berada di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Nama bandara ini berasal dari nama pahlawan nasional Indonesia yang pernah memimpin Kesultanan Palembang Darussalam dalam melawan VOC; yaitu Sultan Mahmud Badaruddin II.

Bandara ini awalnya dibangun oleh Jepang pada tahun 1942-1943. Kemudian pada tahun 1963, bandara ini menjadi lapangan udara bersama bagi kepentingan militer dan penerbangan sipil. Lalu pada 21 Agustus 1975 bandara ini berubah menjadi Pelabuhan udara Sipil Talang Betutu. Lalu pada 3 April 1985, Bandara ini kembali berganti nama menjadi Pelabuhan Udara Sultan Mahmud Badaruddin II. Kemudian pada 1 September 1985 nama bandara ini diganti menjadi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Bandara ini resmi menjadi bandara internasional pada 27 September 2005.

Saat ini bandara ini memiliki kapasitas 3,4 juta penumpang per tahunnya. Sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 nanti, bandara ini rencananya akan dikembangkan lagi untuk menampung lebih banyak penumpang dan juga menunjang kelancaran acara tahunan tersebut.

Maskapai penerbangan yang saat beroperasi di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang adalah sebagai berikut:

Domestik:

• Citilink

• Garuda Indonesia

• Indonesia Air Asia

• Lion Air

• Sriwijaya Air

• Batik Air

• Nam Air

• Xpress Air

• Wings Air

Internasional:

• Air Asia

• Silk Air

Fasilitas yang terdapat di bandara ini antara lain waving gallery, ATM, money changer, mushola, toilet, berbagai restoran, toko souvenir, cafe dan ada juga ruangan merokok. Fakta-fakta unik dari bandara ini adalah sebagai berikut:

1. Ada 28 penerbangan nonstop jarak menengah yang tiba di Palembang setiap minggunya

2. Ada 287 penerbangan domestik yang tiba di Palembang setiap minggunya 3. Garuda Indonesia menjadi maskapai dengan rute dan frekuensi penerbangan terbanyak di bandara ini

4. Ada kurang lebih 50.785 penumpang yang tiba di Palembang setiap minggunya 5. Pesawat terbesar yang mendarat di bandara ini adalah jenis Airbus A380-800 dengan 526 kursi penumpang

6. Pesawat terkecil yang melakukan penerbangan ke Palembang adalah Bombardier CRJ1000 dengan 100 kursi penumpang

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Informasi transportasi

Bagi Anda yang baru saja mendarat di Bandara Palembang (PLM) ini, atau bagi yang ingin menuju bandara untuk melakukan penerbangan dari Palembang via bandara, ada banyak transportasi umum yang bisa digunakan. Berikut informasinya untuk Anda.

1. Taksi

Taksi yang ada di bandara ini adalah Taksi Khusus Bandara yang biasanya menetapkan tarif yang tinggi dibandingkan taksi komersial lainnya. Tarif dari bandara ke pusat kota Palembang biasanya berkisar pada Rp 50.000 – Rp. 100.000. Namun jika Anda dari pusat kota ingin menuju bandara, bisa menggunakan taksi komersial berargo yang biasanya jauh lebih murah.

2. Bus Trans Musi

Bus Trans Musi adalah angkutan umum di kota Palembang yang operasionalnya mirip dengan busway di Jakarta. Bus ini memiliki koridor masing-masing, rute khusus dan juga halte khusus untuk turun naiknya penumpang. Penumpang juga bisa transit atau berpindah ke bus dengan rute lain di halte tertentu tanpa harus membayar ongkos lagi.

Bus Trans Musi yang melewati bandara adalah Trans Musi Koridor 5 dengan tarif Rp. 5000 sekali jalan. Rute yang dilalui adalah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II > Asrama Haji (Halte Transit) > Kampus IGM (Halte Transit) > Terminal Alang Alang Lebar.

3. Bus Damri

Ada juga layanan bus Damri di bandara Palembang ini. Rute yang tersedia yaitu Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ke Prabumulih (depan kantor DPRD) dengan tarif Rp. 75.000. Anda bisa menemukan bus ini di parkiran bandara.

4. Rental mobil

Ada juga mobil rental yang mangkal di bandara ini. Tarifnya biasanya bisa dinegosiasikan lewat tawar menawar bergantung jauh dekatnya lokasi yang dituju.

Bandara di sekitar Palembang

Bandara terpopuler

Bandara terdekat

Informasi kota

Kota Palembang adalah ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Palembang merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan. Kota dengan luas wilayah 358.55 kilometer persegi ini pernah menjadi ibu kota kerajaan Buddha terbesar di Asia Tenggara, yaitu Kerajaan Sriwijaya. Menurut prasasti Kedudukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang, kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia yang berdiri pada tahun 688 masehi.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi kota ini, ada banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Berikut ini ada lokasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Palembang.

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera adalah landmark-nya kota Palembang. Dibangun pada tahun 1962, jembatan ini menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan ini cocok sekali dijadikan latar belakang untuk berfoto-foto. Selain itu ada juga pasar yang tak jauh dari jembatan ini yang merupakan pusat oleh-oleh dan kuliner.

2. Sungai Musi

Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Pulau Sumatera dengan panjang 750 km. Sungai ini membelah kota Palembang menjadi dua bagian. Dulunya sungai ini merupakan jalur transportasi utama di Palembang, namun kini digunakan nelayan dan juga perahu wisata. Di tepi sungai ini ada banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi, seperti restoran terapung, benteng Kuto Besak dan Kampung Arab. Disini juga surganya wisata kuliner Palembang yang tidak boleh dilewatkan.

3. Pulau Kemaro

Masih di sekitaran Sungai Musi, Anda bisa mengunjungi Pulau Kemaro yang terletak di tengah Sungai Musi. Di pulau ini Anda bisa menemukan vihara yang sering dikunjungi umat Buddha untuk ziarah dan berdoa. Selain itu ada pula makam putri Palembang disini. Disini Anda juga bisa menemukan pagoda berlantai 9 dan juga pohon cinta.

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.