Palangkaraya PKY (Tjilik Riwut)

Harga Termurah, Informasi Bandara, Dan Pedoman Umum

Memesan penerbangan

 

Informasi bandara

Bandara Tjilik Riwut adalah bandara yang berada di Jl. Adonis Samad, Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah. Sebelumnya, bandara Palangkaraya ini memiliki nama bandara Panarung yang saat itu difungsikan untuk pendaratan pesawat TNI AU. Pada tahun 1973 bandara tersebut diserahkan pengelolaannya kepada Direktorat jenderal Perhubungan udara Departemen Perhubungan RI. Sejak saat itu bandara tersebut difungsikan sebagai bandara sipil untuk penerbangan domestik. Pada 20 November 1988, bandara tersebut diganti namanya menjadi Tjilik Riwut yang merupakan mantan Gubernur Kalimantan tengah yang juga merupakan salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.

Bandara Palangkaraya (PKY) ini dioperasikan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan termasuk bandara kelas I di Indonesia. Ada wacana pemindahan bandara ini ke daerah Kasongan karena di sekitar bandara sudah ramai dengan rumah penduduk sehingga sulit untuk melakukan perluasan runway dan bangunan terminal. Rencananya, bandara baru tersebut akan dibangun di Kecamatan Katingan Hilir dan Tewang Sanggalang Garing (TWSG) di atas tanah seluas 20 ribu hektare.

Maskapai yang beroperasi di bandara Tjilik Riwut Palangkaraya ini adalah:

• Garuda Indonesia

• Lion Air

• Citilink

• Kal Star Aviation

• Batik Air

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Informasi transportasi

Bagi Anda yang baru saja mendarat di bandara Tjilik Riwut setelah melakukan penerbangan ke Palangkaraya, satu-satunya kendaraan umum yang bisa Anda gunakan untuk menuju kota adalah taksi bandara. Bandara ini sendiri berjarak sekitar 9 km dari pusat kota. Tarif untuk taksi berkisar di angka Rp. 70.000 sekali jalan.

Jika Anda membawa barang yang banyak, bisa juga menyewa mobil atau minta dijemput ke pihak hotel maupun keluarga /rekan bisnis yang ada di Palangkaraya karena transportasi umum di bandara ini bisa dibilang lumayan minim.

Bandara di sekitar Palangkaraya

Bandara terpopuler

Bandara terdekat

Informasi kota

Kota Palangkaraya adalah ibukota dari Provinsi Kalimantan tengah. Kota ini dulunya adalah hutan belantara yang kemudian dibuka untuk pemukiman. Pada tahun 2010 juga pernah ada wacana untuk memindahkan ibukota negara dari Jakarta ke Palangkaraya karena Palangkaraya adalah kota dengan luas wilayah terbesar di Indonesia. Namun hingga kini hal tersebut hanya menjadi wacana.

Jika Anda mengunjungi kota ini, jangan lupa untuk mengunjungi objek-objek wisata yang banyak terdapat di daerah ini ya. Hitung-hitung sambil menunggu penerbangan dari Palangkaraya menuju kota asal Anda. Objek wisata yang bisa dikunjungi diantaranya sebagai berikut.

1. Danau Tahai

Danau yang berjarak 30 km dari kota Palangkaraya ini sangat unik karena airnya tidak bening, melainkan berwarna merah agak hitam. Bukan karena danau ini tercemar, tetapi karena akar gambut yang ada di sekitar danau ini.

2. Museum Balanga

Tertarik dengan suku dayak? Anda bisa datang ke Museum Balanga yang menyimpan informasi lengkap mengenai suku Dayak.

3. Tugu Soekarno Palangkaraya

Monumen ini dikenal juga dengan nama Taman Monumen Tugu Soekarno dan terletak di pusat kota Palangkaraya. Taman monumen bersejarah ini terbuka untuk umum dan buka setiap hari.

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.