Padang PDG (Minangkabau)

Harga Termurah, Informasi Bandara, Dan Pedoman Umum

Memesan penerbangan

 

Informasi bandara

Bandara Internasional Minangkabau adalah bandara yang terletak di Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Padang. Bandara bertaraf internasional ini berjarak 24 km dari pusat Kota Padang. Bandara ini mulai dibangun pada tahun 2002 dan dioperasikan penuh untuk penerbangan domestik dan internasional pada Juli 2005. Bandara ini menggantikan Bandara Tabing yang sudah beroperasi selama 34 tahun dan tak lagi memenuhi syarat keselamatan penerbangan.

Tak seperti bandara lain di Indonesia yang menggunakan nama pahlawan sebagai nama bandara, namun bandara di Padang ini menggunakan nama ‘Minangkabau’ yang merupakan salah satu etnis asli dari Sumatera Barat. Fasilitas dan gedung terminal yang ada di dalamnya pun juga menggunakan istilah Minang dan arsitektur khas Minangkabau.

Kapasitas bandara ini adalah 2.5 juta penumpang tiap tahunnya. Maskapai yang beroperasi di bandara ini adalah sebagai berikut:

Domestik:

• Batik Air

• Citilink

• Xpress Air

• Garuda Indonesia

• Lion Air

• Sriwijaya Air

• Susi Air

Internasional:

• Air Asia (tujuan ke Kuala Lumpur dan Singapura)

• Garuda Indonesia (tujuan Jeddah di musim haji)

Bandara Padang (PDG) ini juga menyimpan banyak fakta unik, seperti:

• Satu-satunya bandara di dunia yang menggunakan nama etnis sebagai nama bandaranya

• Lion Air merupakan maskapai dengan jadwal terbanyak untuk penerbangan dari Padang dan sebaliknya

• Ada 223 penerbangan yang tiba di Padang setiap minggunya

• Ada 209 penerbangan domestik yang tiba di Padang tiap minggunya

• Waktu terlama penerbangan ke Padang adalah 1 jam 55 menit

• Ada 39.329 penumpang yang tiba setiap minggunya ke Padang

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Informasi transportasi

Bagi Anda yang baru mendarat di Padang atau baru akan menuju Bandara Internasional Minangkabau Padang, ada beberapa angkutan umum yang bisa digunakan untuk menuju kota dan sebaliknya, yaitu:

1. Taksi

Tersedia taksi bandara yang siap mengantar Anda ke manapun tujuan Anda, baik menuju Kota Padang atau daerah lain di sekitarnya. Tarif yang diberlakukan bervariasi tergantung jauh dekatnya tujuan Anda.

2. Bus Damri

Sama seperti banyak bandara di Indonesia, bus Damri juga beroperasi di Bandara Padang ini. Rute yang tersedia adalah Bandara Minangkabau – Pasar Raya, Kota Padang. Anda bisa menemukan bus ini di terminal kedatangan.

3. Bus Tranex Mandiri

Alternatif angkutan umum lainnya yang bsia digunakan adalah bus Tranex Mandiri dengan rute bandara – Simpang Lubuk Begalung. Bus ini juga terdapat di terminal kedatangan.

4. Kereta bandara (coming soon)

Pembangunan kereta bandara yang menghubungkan bandara dengan pusat Kota. Proses pembangunan sudah mencapai 70 % dan dipastikan akan selesai akhir tahun 2015. Kereta bandara tersebut rencananya akan mulai beroperasi pada awal 2016. Hal ini akan membuat Bandara Internasional Minangkabau sebagai bandara kedua di Indonesia yang memiliki fasilitas kereta bandara setelah Bandara Kualanamu di Medan.

Bandara di sekitar Padang

Bandara terpopuler

Bandara terdekat

Informasi kota

Kota Padang merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Kota yang terletak di pantai barat Pulau Sumatera ini berbatasan dengan lautan dan dikelilingi oleh perbukitan. Padang sangat terkenal akan cerita rakyatnya yang melegenda, yaitu Malin Kundang dan Siti Nurbaya. Selain itu, masakan Padang juga sangat terkenal dan sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Yang paling populer adalah rendang.

Tidak ada data yang resmi mengenai siapa yang menamakan kota ini dengan nama Padang. Diperkirakan dulunya kota ini merupakan sebuah daratan atau lapangan yang luas sehingga disebut Padang.

Jika Anda berkunjung ke kota ini, selain icip – icip makanan khas Padang, ada banyak lokasi wisata yang harus Anda kunjungi juga. Berikut ini ada beberapa lokasi wisata yang patut dikunjungi di Kota Padang dan sekitarnya.

1. Pantai Aie manih (Pantai Air Manis)

Pernah dengan cerita si Malin Kundang? Nah, batu menyerupai Malin Kundang yang dikutuk dan menjadi batu terdapat di pantai Air Manis ini. Selain terkenal sebagai lokasi tempat batu Malin Kundang berada, pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah dengan Gunung Padang sebagai backgroundnya.

2. Museum Adityawarman

Museum yang dibangun pada tahun 1974 ini adalah ikon kota Padang dan menjadi salah satu spot wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Padang. Ibaratnya, Museum Adityawarman adlaah Taman Mini-nya kota Padang karena berisi banyak peninggalan bersejarah kota Padang.

3. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya adalah jembatan ikonik yang namanya berasal dari cerita fenomenal di kalangan masyarakat Indonesia; kisah Siti Nurbaya. Disini anda bisa melihat kembatan dnegan arsitektur menarik yang juga menyuguhkan pemandangan yang indah, seperti kapal yang berlalu lalang, melihat matahari terbenam hingga wisata kuliner yang menggoyang lidah. Pastikan Anda mengunjungi jembatan ini untuk hiburan lengkap di Padang.

4. Lembah Anai

Lembah Anai juga merupakan ikon pariwisata kota Padang yang tak boleh dilewatkan saat Anda berada di Padang. Lembah ini terletak di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan memiliki tiga buah air terjun yang sangat cantik. Air terjun ini terletak di pinggir jalan sehingga membuatnya sangat unik. Jarak lembah Andai ke kota Padang adalah sekitar 60 km. Meski lumayan jauh, namun Lembah Anai sangat sayang untuk dilewatkan.

5. Miniatur Makkah

Sesuai namanya, objek wisata yang satu ini merupakan miniatur Makkah yang dibuat semirip mungkin. Fungsi utamanya adalah untuk tempat berlatih bagi mereka yang akan berangkat ke tanah suci. Meski tergolong baru, namun objek wisata religi ini juga ramai dikunjungi masyarakat karena bentuknya yang unik.

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.