Manado MDC (Sam Ratulangi)

Harga Termurah, Informasi Bandara, Dan Pedoman Umum

Memesan penerbangan

 

Informasi bandara

Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi (MDC) diambil dari nama seorang pahlawan edukasi sekaligus kemerdekaan suku Minahasa, yaitu Sam Ratulangi. Awalnya, bandara dibangun oleh Jepang pada tahun 1942. Sejak tahun 1994, Bandara Internasional Sam Ratulangi ini pun menjadi sebuah Bandara Internasional, dengan panjang Runway 2.650 dan lebar 45 meter. Dikelola oleh PT. Angkasa Pura 1, Bandar udara yang dulunya dinamakan Lapangan Udara A. A. Maramis ini terletak kawasan Manado, Sulawesi Utara.

Maskapai udara yang melayani penerbangan dari Manado dan menuju ke Manado:

1. Batavia Air

2. Garuda Indonesia

3. Lion Air

4. Sriwijaya Air

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Informasi transportasi

1. Taxi

Terdapat 2 tipe taksi, yaitu eksekutif dan regular. Tentu saja, harga eksekutif lebih mahal, misalnya saja taksi eksekutif bisa mencapai Rp 100,000 – 150,000 untuk menuju ke tengah kota, sedangkan taksi regular hanya Rp 75,000 – 100,000 saja. Perjalanan ke tengah kota memakan waktu sekitar 30 menit, dengan jarak 13km.

2. Bus

Tersedia aneka rute bus Damri, mulai dari wilayah Boulevard yang merupakan pusat kota Manado, Bitung, Tomohon, Amurang, Kotamobagu, dan sebagainya menuju ke Bandara Sam Ratulangi. Tarifnya beragam, mulai dari Rp 20.000 – Rp 50.000 tergantung daerah, dan waktu tempunya mulai dari 30 menit hingga 4 jam untuk kota Kotamobagu. Rata-rata, jam operasi bus adalah mulai jam 4 pagi – 8 malam.

3. Mikrolet

Anda bisa naik mikrolet dari terminal Pasar 45, ataupun beberapa tempat lain disekitar kota. Tarifnya pun hanya Rp 5,000 saja untuk menuju Bandara. Transportasi ini sesuai bagi anda yang tak membawa barang bawaan banyak.

Bandara di sekitar Manado

Bandara terpopuler

Bandara terdekat

Informasi kota

Manado merupakan ibukota dari Sulawesi Utara, dengan motto utama “Torang Samua Basudara” yang artinya adalah Kita Orang Semua Bersaudara. Melalui jumlah penduduk lebih dari 425,000 jiwa, mayoritas penduduknya adalah suku Minahasa. Bisa dikatakan, Manado kota yang cukup maju, dan memiliki aneka tempat wisata yang tak boleh anda lewatkan. Ini dia beberapa diantaranya:

1. Taman Laut Bunaken

Ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 2005 silam, Bunaken menawarkan ribuan spesies laut dan menjadi sebuah surga bagi para pecinta selam, snorkeling, maupun fotografi. Terdapat total 39 titik selam, dan anda tak akan pernah bosan melihatnya.

2. Air Terjun Kima Atas

Letaknya sekitar 15km dari kota Manado, dan menawarkan pemandangan alam sangat indah. Melalui 3 tingkatan dan aliran sungainya yang tak terlalu deras, anda bisa sekaligus berenang dan bermain air disini. Bisa pula berpikinik disekitar area air terjun sambil bersantai bersama.

3. Taman Wisata Tandurusa

Bagi anda para pecinta hewan, anda bisa menemukan aneka binatang khas Sulawesi seperti tarsius yang cukup langka, babirusa, maupun monyet hitam. Letaknya sekitar 2 jam dari kota Manado, namun perjalanan anda akan terbayarkan sempurna dengan pemandangan indah dari hewan-hewan tersebut.

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.