Malang MLG (Abdul Rachman Saleh)

Harga Termurah, Informasi Bandara, Dan Pedoman Umum

Memesan penerbangan

 

Informasi bandara

Bandara Abdul Rachman Saleh adalah nama dari bandara Malang, yang merupakan kota kedua terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya. Nama Abdul Rachman Saleh diambil dari seorang ahli aviasi dan psikologi yang ditembak mati pada zaman penjajahan Belanda saat beliau mendarat di Yogyakarta.

Meskipun bandara tersebut pernah ditutup pada Oktober 2009 karena landasan pesawatnya banyak yang rusak, bandara ini dibuka lagi tahun 2011 dengan landasan yang lebih kokoh dan baru. Bahkan, hingga tahun 2012 silam, rentang landasan diperpanjang hingga 2.300 meter. Lokasinya berada di kota kecil, sehingga bandara Malang (MLG) ini hanya melayani rute lokal saja.

Maskapai Indonesia yang melayani penerbangan menuju ke Malang dan penerbangan dari Malang:

1. Garuda Indonesia

2. Sriwijaya Air

3. Citilink

4. Kal Star Aviation

5. Lion Air

6. Wings Air

7. Batik Air

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Informasi transportasi

Terletak kurang lebih 17 kilometer dari pusat kota Malang, berikut beberapa alternatif transportasi untuk menuju ke Bandara Abdul Rachman Saleh:

1. Taksi Bandara

Hingga tahun 2014 silam, ini adalah satu-satunya transportasi umum untuk menuju ke Bandara Malang. Dioperasikan oleh Koperasi TNI AU, tidak ada taksi lain disini dan anda tak memiliki alternatif lain selain menggunakan taksi bandara ini. Tarifnya pun beragam dan tidak menggunakan argo, jadi sudah ditentukan oleh pihak pengelola. Siapkan uang mulai dari 60 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung daerah yang dituju. Jarak tempuh ke tengah kota Malang, misalnya saja alun-alun, kurang lebih 30 menit dari Bandara.

2. Bus Damri Bandara

Sebagai alternatif dari taksi bandara, pada tahun 2015 diluncurkan rute bus Damri. Namun, hingga saat ini peluncuran masih mengalami berbagai kendala, terutama karena masalah perizinan yang belum selesai serta diresmikan. Jika sudah ada alternatif bus, tentu harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan taksi.

3. Angkutan Kota (Angkot)

Jika anda memang tidak ingin naik taksi, ada pula angkutan umum. Biayanya pun sangat murah, sekitar 10 ribu rupiah saja per orangnya. Namun, bersiaplah untuk berjalan kaki kurang lebih 1 – 2 kilometer untuk menuju ke Bandara. Hal ini dikarenakan kawasan Bandara Malang berada di kompleks militer TNI Angkatan Udara, jadi kendaraan umum tak boleh masuk di kawasan ini.

4. Kendaraan Pribadi

Akses paling mudah untuk menuju ke Bandara Abdul Rachman Saleh adalah mengguakan kendaraan pribadi, karena anda bisa memasuki kawasan Bandara dengan mudah. Lama perjalanan dari pusat kota sekitar 30 menit, dan tidak ada jalan tol di daerah Malang.

Bandara di sekitar Malang

Bandara terpopuler

Bandara terdekat

Informasi kota

Malang adalah kota yang populer dengan produksi Apelnya. Memiliki luas 145.28 kilometer persegi, jumlah penduduk di Malang hanya sekitar 900,000 orang saja. Jika anda ke Malang, maka ada beberapa tempat wisata sekaligus kota tetangga yang tak boleh dilewatkan, karena begitu banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi disini.

1. Kota Batu

Dapat ditempuh sekitar 30 menit – 1 jam dari kota Malang, anda dapat menemukan aneka tempat wisata alam, sekaligus aneka taman hiburan disini. Jika anda membawa anak kecil, maka bisa berkunjung ke Eco Green Park, dimana anak-anak dapat belajar sambil bermain.

Untuk anak-anak remaja, maka anda bisa menuju ke Jatim Park II ataupun BNS untuk bermain sekaligus berfoto-foto gokil bersama teman-teman. Ada pula tempat wisata alam seperti Paralayang ataupun Omah Kayu, dimana anda bisa melepas penat dari kesibukan ditengah kota.

2. Pulau Sempu

Jika anda berjiwa petualang dan masih muda, maka anda wajib menuju ke Pulau Sempu. Anda wajib trekking selama 1-2 jam untuk menuju ke tempat utama yang terletak di balik hutan. Disini, anda bisa menyaksikan jernihnya air pantai yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang indah.

3. Coban Pelangi

Terletak di daerah Tumpang atau 130km dari pusat kota Malang, Coban Pelangi menawarkan pemandangan air terjun yang terkadang melewati sebuah pelangi yang begitu indah. Tempat ini juga cocok digunakan sebagai tempat bersantai, karena udaranya begitu sejuk.

4. Pantai Balekambang

Tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk melihat Pura seperti Tanah Lot. Pasalnya, di pantai Balekambang ini anda juga bisa melihat Pura yang bentuknya begitu mirip dengan Tanah Lot, yang juga berlokasi di tengah-tengah Pantai. Ditambah lagi, anda bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam disaat senja. 5. Alun-alun kota Malang Kalau anda ingin menikmati waktu di sore hari bersama keluarga sambil mencari makanan ringan atau makanan khas Malang, maka anda wajib berkunjung ke alun-alun kota. Suasana di alun-alun begitu ramai, terutama menjelang sore hingga malam hari. Banyak keluarga-keluarga atau orang lokal yang menghabiskan waktu di alun-alun sambil mengobrol santai dan memakan camilan ringan.

Malang Bandara — Abdul Rachman Saleh

4.7/5Dari 10 Suara

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.