Lombok LOP (Selaparang)

Harga Termurah, Informasi Bandara, Dan Pedoman Umum

Memesan penerbangan

 

Informasi bandara

Bandara Internasional Lombok (Lombok International Airport) adalah bandara yang berlokasi di Tanah Awu, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bandara yang diresmikan pada 20 Oktober 2011 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ini menggantikan fungsi Bandara Selaparang Mataram yang kini digunakan untuk sekolah penerbangan. Bandara ini berdiri di atas lahan seluas 550 hektare dan memiliki kapasitas 3 juta penumpang per tahunnya.

Sebelumnya, bandara Lombok yang beroperasi adalah Bandara Selaparang, namun karena bandara ini tidak bisa didarati pesawat berbadan lebar, maka bandara tersebut kemudian ditutup dan kini dijadikan tempat untuk sekolah penerbangan Bali International Flight Academy (BIFA) dan Lombok Institure Flight technology (LIFT) serta untuk kepentingan wisata MICE (meeting, incentive, convention, exhibition).

Bandara ini awalnya bernama Pelabuhan Udara Rembiga yang dibangun pada tahun 1956 dan pada tahun 1959 Pelabuhan Udara Rembiga diresmikan oleh Presiden Soekarno secara resmi. Nama Pelabuhan udara Rembiga kemudian diubah menjadi Bandara Udara Selaparang pada Oktober 1994. Pada tahun 1995 pengelolaan bandara tersebut dilakukan oleh Angkasa Pura I. Setelah melalui proses panjang pembebasan lahan ditambah lagi dampak krisis ekonomi pada tahun 1998, pembangunan bandara baru terlaksana pada akhir tahun 2006. Pembangunan tahap pertama sudah selesai pada 2011 lalu dan diberi nama Bandara Internasional Lombok. Pada 30 September 2011 Bandara Selaparang resmi ditutup dan seluruh kegiatan operasional bandara dipindah ke bandara yang baru.

Pemilihan nama bandara ini dilakukan dalam jajak pendapat publik Lombok. Dalam jajak pendapat tersebut dihasilkan beberapa usulan nama bandara, yaitu Bandara Internasional Lombok (BIL) dipilih oleh 40.4% responden, disusul oleh Bandara Internasional Rinjani (BIR) dengan 16,7% suara responden. Lalu ada juga Bandara Internasional Mandalika (BIM) dari 10,9% responden. Ada juga yang mengusulkan Bandara Internasional Selaprangan (SIA) sebanyak 8% responden, Bandara Internasional Pejanggik (PIA) sebanyak 2.9% dan Bandara Internasional Arya Banjar Rapuh (ABGIA) sebanyak 1.1%. Karena melihat jumlah pilihan terbanyak, oleh karena itu nama bandara yang terpilih adalah Bandara Internasional Lombok.

Maskapai yang beroperasi di bandara Lombok (LOP) ini adalah:

Domestik:

• Batik Air

• Citilink

• Garuda Indonesia

• Lion Air

• Sriwijaya Air

• Wings Air

Internasional:

• Air Asia

• Silk Air

• Jetstar

• Garuda Indonesia

Fasilitas yang terdapat di Bandara ini terbilang cukup lengkap, seperti berbagai restoran, cafe, lounge, ATM, nursery room, mushola, toilet, ruang merokok, factory outlet, bank, money changer dan bahkan menyediakan children playground. Selain itu bandara ini juga memiliki fakta-fakta unik sebagai berikut:

1. Bandara Internasional Lombok dinobatkan menjadi bandara dengan kenaikan jumlah wisata tertinggi kuartal I tahun 2014 dengan kenaikan mencapai 214.7%

2. Pesawat terbesar yang mendarat di bandara ini adalah jenis Airbus 330 dan Boeing 767

3. Luas bandara ini adalah yang kedua terbesar setelah Bandara Soekarno-Hatta

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Informasi transportasi

Bagi Anda yang baru saja mendarat di Lombok atau berencana liburan di pulau eksotis ini, jangan khawatir karena transportasi yang ada di bandara sudah memadai untuk menuju pusat Kota Mataram maupun ke berbagai daerah lainnya. Begitu juga bagi Anda yang akan menuju ke Bandara untuk mengejar penerbangan dari Lombok ke kota tujuan, angkutan umum berikut ini juga bisa Anda gunakan.

1. Taksi

Anda bisa menggunakan taksi bandara untuk menuju berbagai tujuan wisata atau menuju tempat penginapan Anda di Lombok. Untuk tarif taksi ke berbagai tujuan bisa dilihat di counter resmi taksi bandara yang ada di pintu keluar kedatangan domestik.

2. Bus Damri

Untuk naik bus Damri, Anda bisa membeli tiket terlebih dahulu di loket yang terdapat di pintu keluar bandara. Ada tiga rute yang ditawarkan bus ini, yaitu:

• Bandara Internasional Lombok – Pantai Senggigi (Rp. 35.000)

• Bandara Internasional Lombok – Terminal Bis Mandalika Mataram (Rp. 25.000)

• Bandara Internasional Lombok – Terminal Pancor (Rp. 30.000)

3. Sewa mobil

Bagi Anda yang membawa banyak barang bawaan atau ingin menjelajah Lombok tanpa harus repot berganti transportasi, Anda bisa menyewa mobil yang banyak terdapat di bandara. Anda juga bisa memesan jauh hari sebelum kedatangan melalui berbagai agen perjalanan.

4. Angkot

Anda juga bisa naik angkot atau di Lombok dipanggil dengan sebutan Keri. Namun Keri tidak ada di area bandara, Anda harus berjalan keluar bandara kira-kira sejauh 1 km hingga bypass. Disana Anda bisa menunggu Keri yang lewat di depan bandara. Rute Keri yang melewati bandara adalah Keri rute Sengkol – Praya. Namun angkutan yang satu ini tidak beroperasi hingga malam, paling lama sekitar jam 5 sore.

Bandara di sekitar Lombok

Bandara terpopuler

Bandara terdekat

Informasi kota

Pulau Lombok adalah salah satu pulau yang ada di Kepulauan Nusa Tenggara. Luas pulau ini mencapai 5.435 km persegi dengan Kota Mataram sebagai kota utamanya yang juga merupakan ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lombok kini menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan dalam negeri dan juga turis dari berbagai negara. Hal ini karena keindahan alam Lombok yang masih alami dan belum seramai Bali.

Pemandangan di Lombok juga tak kalah dari Bali dan jaraknya yang dekat dari Bali membuat Pulau Lombok semakin banyak didatangi wisatawan. Anda bisa menuju Pulau eksotis ini dengan menggunakan pesawat atau kapal.

Ada banyak wisata menarik di Lombok yang wajib Anda kunjungi. Setelah mendarat dari penerbangan ke Lombok, mari refresh tubuh dan pikiran Anda dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di Lombok berikut ini.

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu tujuan wisata wajib saat Anda ke Lombok. Pantai ini bisa dibilang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun memiliki ombak yang lebih tenang sehingga cocok untuk tempat snorkeling dan berenang. Air lautnya yang jernih, ditambah suasananya yang masih asri membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tenang, ada banyak fasilitas penunjang di sekitar pantai ini, seperti hotel, restoran, bar, berbagai alat transportasi dan sebagainya.

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah ikon wisata Lombok yang paling terkenal. Gunung setinggi 3.700 meter ini merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Pemandangan dari puncak gunung ini sangat indah sehingga banyak yang mendaki gunung ini untuk menyaksikan keindahan dari puncak gunung.

3. Gili Trawangan

Gili Trawangan memiliki pemandangan yang indah serta keindahan bawah laut yang memukau. Pasir putih dan air lautnya yang begitu jernih memungkinkan Anda melihat ikan dan juga terumbu karang yang ada di bawahnya. Cocok sekali dijadikan spot untuk diving dan snorkeling, Gili Trawangan tak pernah sepi pengunjung.

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.