Jayapura DJJ (Sentani)

Harga Termurah, Informasi Bandara, Dan Pedoman Umum

Memesan penerbangan

 

Informasi bandara

Bandara Sentani (DJJ) adalah bandar udara di kota Jayapura, yang merupakan ibukota Papua. Nama Sentani sendiri berasal dari sebuah danau didaerah Bandara Sentani tersebut. Dahulu, Bandara Sentani merupakan milik Jepang, namun telah dibebaskan oleh pihak Amerika saat Perang Dunia ke II pada tahun 1944. Sehingga, sejak saat itu Bandara Sentani merupakan bagian dari fasilitas Amerika di Jayapura (dulunya dikenal dengan nama Hollandia).

Meskipun luasnya tak terlalu besar, yaitu dengan landas pacu sepanjang 2.500 meter, namun Bandara ini melayani penerbangan domestik serta internasional. Bahkan, pembangunan untuk terminal ke-3 sudah dalam tahap perencanaan serta pelaksanaan.

Maskapai yang melayani penerbangan dari Bandara Sentani dan penerbangan menuju ke Bandara Sentani, Jayapura:

1. Batik Air

2. Garuda Indonesia

3. Lion Air

4. Sriwijaya Air

5. Wings Air

6. Xpress Air

7. Susi Air

8. Trigana Air

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Informasi transportasi

Apabila anda ingin menuju ke Bandara Sentani (DJJ) berikut inilah alternatif transportasinya:

1. Taxi Airport

Tentu saja, Taxi Airport adalah transportasi paling nyaman, namun sekaligus paling mahal. Anda bisa menemukan layanan taxi di sekitar Bandara. Taxi yang digunakan di Bandara Sentani bukanlah taxi sedan pada umumnya, melainkan menggunakan mobil Kijang, Avanza, dan lain sebagianya. Tarifnya pun beragam tergantung tempat tujuan anda, misalnya:

1. Pusat kota Jayapura : mulai dari 250ribu, jarak tempuh sekitar 40km

2. Waen : mulai dari 200ribu

3. Abepura (Tujuan Abe serta Kotaraja) mulai dari 250ribu

4. Pasir Dua dan area sekitarnya, mulai dari 350ribu

2 Ojek

Apabila anda pergi perseorangan serta tak membawa banyak barang dan cuaca pada hari tersebut cerah, tentu ojek merupakan pilihan yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Taxi, serta perjalanannya pun tak kalah cepat karena menggunakan kendaraan bermotor. Biayanya hanya sekitar 60ribu saja untuk menuju ke pusat kota Jayapura.

3. Angkot

Angkot juga disebut sebagai taksi di Jayapura. Jika anda ingin naik angkot yang tentunya harga sangat murah, anda wajib berjalan sedikit keluar dari Bandara. Saat anda telah melewati pos parkir area Bandara, maka anda akan bertemu banyak angkot yang bisa membawa anda ketujuan yang diinginkan.

Angkot pun melayani ke banyak tujuan, seperti Waena, Abe, Entrop, bahkan hingga pusat kota Jayapura. Ongkosnya dimulai dari 5ribu saja, namun anda harus oper atau ganti angkot beberapa kali. Cobalah bertanya pada sopir angkot agar anda tak salah tujuan.

Bandara di sekitar Jayapura

Bandara terpopuler

Bandara terdekat

Informasi kota

Jayapura, yang merupakan ibukota dari Pulau Papua, memiliki arti Kota Kemenangan, yaitu Jaya: Menang dengan Pura: Kota. Areanya seluas 93 km persegi, dengan populasi kurang lebih 320,000 penduduk. Di Jayapura sendiri, terdapat sedikitnya 5 kecamatan, dimana terdapat Muara Tami, Abepura, Heram, Jayapura Selatan serta Utara.

Papua seringkali terlupakan, karena lokasinya yang memang cukup jauh, serta umumnya masyarakat menganggap tidak ada apa-apa di Jayapura serta Papua. Namun, sebenarnya begitu banyak wisata alam yang bahkan lebih menakjubkan dibandingkan luar negeri dan semuanya terletak di Jayapura. Jika anda berkunjung ke Jayapura, jangan lewatkan 5 tempat wisata utama ini.

1. Danau Sentani

Danau Sentani memiliki nama yang sama dengan Bandara Sentani dan letaknya pun cukup berdekatan dengan Bandara, dan sekitar 50km dari pusat kota. Memiliki luas sebesar 9.360 hektar, tentu saja Danau Sentani lebih memukau dibandingkan danau-danau lain. Apalagi, terdapat 21 pulau yang menghiasi danau hijau asri alami tersebut.

2. Lembah Baliem

Jika anda ingin menghirup udara segar dan berdekatan dengan alam, tentu wisata ini tak boleh dilewatkan. Merupakan tempat tinggal dari suku Dani, Yali, serta Lani, disini anda bisa berbaur dengan penduduk asli serta mencoba bagaimana kehidupan mereka sehari-harinya. Berlokasi di daerah pegunungan Jayawijaya, setiap Agustus mereka akan mengadakan sebuah Festival yang tak boleh anda lewatkan.

3. Polimak

Bisa dikatakan, kawasan ini adalah salah satu yang tertinggi di Jayapura. Saat sudah sampai puncak, anda bisa menikmati keindahan kota Jayapura dan melihatnya secara keseluruhan. Jika beruntung, anda juga bisa melihat sunset diatas bukit.

4. Wisata Sauwandarek

Lokasinya berdekatan dengan Raja Ampat, dan disini anda bisa melihat rumah-rumah tradisional suku asli di Desa. Tak hanya itu, penduduk juga menjual aneka kerajinan yang bisa anda beli dan dibawa pulang sebagai souvenir oleh-oleh.

5. Raja Ampat

Disebut-sebut sebagai “Surga”nya dunia, Raja Ampat bisa dikatakan sebagai salah satu wisata alam yang paling indah di dunia. Justru, banyak sekali wisatawan mancanegara berlomba-lomba menuju Raja Ampat. Kekayaan Raja Ampat memang tak terhingga, sampai 75% spesies laut diseluruh dunia ada disini. Jadi, bagi anda yang gemar snorkeling, menyelam, serta pemandangan alam, maka tak perlu jauh-jauh keluar negeri, karena di Raja Ampat anda akan mendapatkan sebuah paket wisata komplit, lengkap, dan tentunya menakjubkan.

Jayapura Bandara — Sentani

4.6/5Dari 18 Suara

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.