Jambi DJB (Sultan Taha)

harga termurah, informasi bandara, dan pedoman umum

Bagikan

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Jambi

Rentang waktu:

Penerbangan di atas ditemukan oleh pengguna TIKET2 selama beberapa hari terakhir. Karena harga penerbangan berubah dengan cepat, tarif ini mungkin tidak lagi tersedia.

Jambi informasi bandara

Bandara Sultan Thaha adalah bandara yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta, Kota Jambi, provinsi Jambi. Bandara yang memiliki luas sekitar 155 hektar ini tiap tahunnya mampu menampung sekitar 704.000 penumpang. Nama bandara ini diambil dari nama pahlawan Indonesia yang juga Sultan Jambi terakhir yang gigih melawan Belanda, yaitu Sultan Thaha Syaifuddin. Bandara ini terletak 7 km dari pusat kota Jambi.

Bandara Jambi ini dulunya dibangun pada masa penjajahan dengan nama Lapangan Terbang Paalmerah. Setelah Indonesia merdeka, sekitar tahun 1950-an, pelabuhan udara Jambi dikelola oleh Djawatan Penerbangan Sipil untuk dikomersilkan. Pada tanggal 10 Oktober 1978 Lapangan Terbang Paalmerah berubah namanya menjadi Pelabuhan Udara Sultan Thaha Jambi. Pada pertengahan tahun 1978, nama Pelabuhan Udara ini berganti menjadi Bandar Udara Sultan Thaha Jambi hingga sekarang.

Di tahun 2011 mulai dilakukan peningkatan fungsi bandara mengingat jumlah penumpang yang terus meningkat. Pengembangan bandara ini meliputi penambahan panjang dan lebar landasan dan juga Instrument Landing System (ILS) yang merupakan peralatan wajib yang harus dimiliki setiap bandara berstandar internasional. Dengan adanya ILS ini diharapkan Bandara Sultan Thaha Jambi dapat menjadi bandara internasional. Bandara ini dulunya dikelola oleh Dinas Perhubungan Jambi, namun per Januari 2007 bandara ini dioperasikan oleh PT. Angkasa Pura II.

Maskapai yang beroperasi di bandara ini adalah sebagai berikut:

• Garuda Indonesia

• Citilink

• Lion Air

• Sriwijaya

Fasilitas yang ada di Bandara ini termasuk memadai, seperti ATM, berbagai restoran dan kafe untuk makan serta ada juga lounge eksekutif. Bandara Jambi (DJB) ini ternyata juga memiliki banyak fakta unik yang menarik untuk diketahui, seperti:

• Tahun 2015 in resmi menjadi bandara Embarkasi Haji Antara (EHA), jadi calon jemaah haji dari Jambi tak perlu lagi menginap di embarkasi Batam, melainkan langsung masuk ke pesawat yang akan terbang ke Arab Saudi.

• Hanya ada 4 maskapai penerbangan nasional yang beroperasi di bandara ini

• Durasi tercepat penerbangan ke Jambi adalah 50 menit

• Durasi terlama penerbangan menuju Jambi adalah 1 jam 25 menit

• Ada 119 penerbangan domestik yang terbang ke Jambi tiap minggunya

• Ada sekitar 21.756 kursi tersedia untuk penerbangan tiap minggunya ke Jambi

Pajak bandara di Jambi airport

Bila terbang di Indonesia, setiap orang harus membayar pajak bandara yang mungkin berbeda dari bandara ke bandara. Secara umum, mengharapkan pajak bandara penerbangan domestik antara Rp. 20.000 dan Rp. 40.000. Pastikan Anda memiliki jumlah ini dalam rupiah sebagai pajak bandara harus dibayar di bandara sebelum Anda melanjutkan ke area keberangkatan.

Cari harga tiket murah pesawat Indonesia

Informasi transportasi

Untuk Anda yang baru mendarat di Bandara Sultan Thaha dan ingin menuju pusat kota atau bagi Anda yang akan melakukan penerbangan dari Jambi melalui bandara, ada beberapa angkutan umum yang bisa digunakan, yaitu:

1. Bus Damri

Hampir sama dengan kebanyakan bandara di Indonesia, bus Damri juga beroperasi di bandara Sultan Thaha ini. Bus ini ada di terminal kedatangan ya! Tidak seperti bus Damri di bandara lain yang merupakan bus besar, bus Damri di bandara Sultan Thaha berupa minibus Mitsubishi L-300. Tarifnya pun berkisar antara Rp. 25.000 – Rp. 40.000. Rute yang tersedia adalah sebagai berikut:

• Bandara Sultan Thaha –> Jambi Timur –> Petaling dan sekitarnya

• Bandara Sultan Thaha –> Kotabaru –> Tempino dan sekitarnya

• Bandara Sultan Thaha –> Telanai –> Mendalo dan sekitarnya

• Bandara Sultan Thaha –> Telanai –> Aurduri dan sekitarnya

2. Taksi

Per 1 Juli 2015 kemarin telah ditetapkan bahwa Ceria Karya Utama Taksi adalah taksi resmi bandara. Anda bisa menemukan taksi ini di parkir Bandara Sultan Thaha.

3. Angkutan kota dan ojek

Bandara Sultan Thaha ini terletak di pinggir jalan besar, sehingga ada angkutan umum dan ojek yang bisa digunakan untuk menuju kota atau menuju bandara. Anda hanya perlu keluar bandara dan menunggu ojek atau angkot di pinggir jalan. Tarif angkot adalah Rp. 3.000, sedangkan tarif ojek dapat disesuaikan dengan tawar menawar.

Bandara lain di sekitar Jambi

Bandara berikut dekat dengan Jambi. Kadang-kadang harga berbeda, sehingga Anda mungkin ingin memeriksa penerbangan ke bandara ini juga.

Maskapai terbang ke Jambi airport

Batavia Jakarta,
Garuda Jakarta,
Lion air Batam, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makassar,
Mandala Batam,
Sriwijaya Batam, Jakarta, Medan,

Jambi informasi kota

Kota Jambi adalah ibukota dari Provinsi Jambi. Nama Jambi berasal dari kata ‘Jambe’ yang dalam bahasa Jawa berarti ‘pinang’. Kemungkinan besar saat memilih tanah yang akan dijadikan kerajaan baru, ada banyak pohon pinang yang tumbuh di sepanjang aliran sungai Batanghari.

Jika Anda mengunjungi Jambi, jangan lupa juga untuk mengunjungi berbagai tempat wisata keren yang ada di Jambi ya. Berikut ini ada tempat wisata yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Jambi.

1. Candi Muaro Jambi

Kompleks candi Buddha ini merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Tempat wisata ini berada 26 km dari pusat kota Jambi. Kompleks Candi Muaro Jambi ini merupakan kompleks candi terluas yang ada di Indonesia. Candi ini juga sudah masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi versi UNESCO.

2. Masjid Agung Al Falah

Masjid ini dikenal dengan sebutan Masjid Seribu Tiang karena ada banyak sekali tiang yang menjadi penyangga masjid ini. Oh ya, masjid ini tidak tidak memiliki dinding, pintu dan jendela alias terbuka begitu saja. Meski dijuluki masjid seribu tiang, nyatanya di masjid ini hanya terdapat 256 tiang saja. Masjid ini mampu menampung hingga 10.000 jamaah.

3. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata terpadu yang menawarkan wisata budaya, taman rekreasi dan sarana olahraga. Taman Mini menghadirkan miniatur budaya dari kabupaten yang ada di Jambi, mirip seperti TMII di Jakarta. Taman Rimba adalah kebun binatang yang berisi beragam spesies binatang. Kompleks wisata seluas 18 hektar ini juga dilengkapi dengan stadion olahraga yang selalu ramai digunakan warga setempat.