Bengkulu BKS (Fatmawati Soekarno)

Harga Termurah, Informasi Bandara, Dan Pedoman Umum

Memesan penerbangan

 

Informasi bandara

Bandara Fatmawati Soekarno adalah bandara yang terdapat di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu Indonesia. Bandara yang terletak di Jl. Raya Padang Kemiling, Selebar, Bengkulu ini dulunya bernama Bandara Padang Kemiling, namun kemudian diganti namanya menjadi Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu oleh Presiden Republik Indonesia yang kala itu menjabat; Megawati Soekarnoputri pada tanggal 14 November 2001.

Awalnya bandara ini dibangun pada tahun 1944 oleh Pemerintah Jepang yang kala itu tengah menduduki Indonesia. Bandara tersebut dibangun untuk kepentingan Jepang di Perang Dunia ke-II. Bandara tersebut dinamakan bandara Padang Kemiling karena konon di runway bandara ini dulunya tumbuh pohon kemiri besar yang dalam bahasa setempat kemiri disebut Kemiling. Setelah Jepang kalah dari sekutu, bandara tersebut diambil alih oleh AURI dan di masa Agresi Militer II, Belanda menduduki bandara tersebut. Namun tak lama kemudian bandara Padang Kemiling kembali dibawah pengawasan AURI setelah Belanda menyerah pada 1949.

Bandara tersebut pun mengalami peningkatan dan perbaikan di sana-sini termasuk perpanjangan landasan, pembangunan terminal, perkantoran dan lain sebagainya. Kemudian muncul aspirasi dari masyarakat ingin menamakan bandara tersebut dengan nama salah satu tokoh pahlawan nasional, yaitu Ibu Fatmawati yang juga merupakan istri Presiden pertama RI Soekarno. Nama bandara ini resmi diubah pada tahun 2001 dan diresmikan langsung oleh presiden RI saat itu.

Bandara Bengkulu ini masih diklasifikasikan sebagai bandara kelas I yang pengelolaannya dilakukan oleh UPT Ditjen Hubud. Ada sempat beredar wacana untuk membangun bandara baru yang direncanakan berjarak 20 km dari bandara Fatmawati Soekarno. Hal ini karena Gubernur Bengkulu menganggap kondisi bandara tersebut sudah tidak mungkin lagi. Namun hingga kini hal tersebut belum direalisasikan.

Maskapai yang beroperasi di bandara Bengkulu (BKS) ini adalah sebagai berikut:

• Citilink

• Garuda Indonesia

• Lion Air

• Sriwijaya Air

• Susi Air

• Wings Air

Fakta-fakta menarik tentang bandara ini adalah sebagai berikut:

1. Ada dua kota di Indonesia yang melakukan penerbangan ke Bengkulu

2. Pesawat terbesar yang mendarat di Bengkulu adalah jenis Boeing 777 dengan 328 tempat duduk

3. Ada 77 penerbangan nonstop ke Bengkulu dalam satu minggu

4. Perjalanan terjauh penerbangan dari Bengkulu dan sebaliknya ditempuh dalam waktu 1 jam 35 menit

5. Ada 70 pesawat ukuran sedang yang mendarat di Bengkulu di setiap minggunya

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Informasi transportasi

Bandara Fatmawati Soekarno terletak 14 km dari pusat kota Bengkulu. Untuk menuju bandara maupun kota, diperlukan waktu sekitar 25 – 30 menit. Transportasi umum yang ada di bandara ini adalah sebagai berikut:

1. Taksi

Dari bandara Anda bisa menuju pusat kota dengan membayar tarif taksi yang berkisar antara Rp 50 ribu – 100 ribu untuk sekali jalan tergantung tujuan Anda.

2. Mobil rental / travel

Jika Anda membawa banyak bagasi, bisa juga naik mobil rental yang ada di pelataran parkir bandara ini. Tarifnya pun tak jauh beda dengan taksi dan bisa dinegosiasikan.

3. Angkot

Alternatif lain yang lebih murah adalah naik angkot. Ongkosnya sekali jalan adalah Rp 4.000 sekali jalan. Tapi untuk sampai ke pusat kota Anda harus 3 kali ganti angkot.

4. Bus Damri

Pemerintah daerah bengkulu rencananya akan mengoperasikan bus Damri di bandara Fatmawati Soekarno pada 2015 ini. Namun hingga kini belum terealisasi.

Bandara di sekitar Bengkulu

Bandara terpopuler

Bandara terdekat

Informasi kota

Kota Bengkulu adalah ibukota dari provinsi Bengkulu, Indonesia. Kota yang berada di selatan Pulau Sumatera ini pernah menjadi tempat pengasingan Presiden Soekarno di masa pemerintahan Hindia Belanda. Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk juga singgah di berbagai lokasi wisata yang terdapat di kota ini ya!

Berikut ini ada beberapa lokasi wisata di Bengkulu yang wajib anda datangi.

1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah pengasingan ini ditempati Presiden Soekarno pada tahun 1938 – 1942. Disinilah beliau bertemu dengan Fatmawati yang kemudian menjadi istrinya sekaligus juga penjahit bendera Sang Saka Merah Putih untuk proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Rumah pengasingan ini menyimpan banyak benda-benda peninggalan Bung Karno, seperti sepeda onthel kesayangan Soekarno, buku-buku, hingga surat cinta untuk Ibu Fatmawati. Tiket masuk ke dalam rumah bersejarah ini pun hanya Rp 2.500.

2. Masjid Jamik Bengkulu

Masjid ini dibangun oleh Presiden Soekarno beserta masyarakat setempat selama beliau dalam masa pengasingan. Masjid tua yang terdapat di Jalan Soeprapto ini memiliki arsitektur yang unik serta memiliki tiang dengan ukiran emas.

3. Benteng Marlborough

Benteng bersejarah ini merupakan peninggalan sejarah Inggris dalam mempertahankan Bengkulu sebagai daerah perdagangan. Benteng ini diakui sebagai benteng Inggris terkuat di wilayah Timur setelah benteng St. George di madras, India. Di benteng ini Anda bisa melihat pemandangan Samudera Hindia dan menikmati arsitektur tempo dulu.

4. Kota Curup

Disini Anda bisa melihat bunga Rafflesia Arnoldi yang merupakan bunga asli Bengkulu. Kota yang terletak di pegunungan Bukit barisan ini merupakan tempat pas melihat bunga Rafflesia Arnoldi di habitat aslinya. Anda juga bisa melihat pemandangan hutan Bengkulu yang indah disini.

5. Pantai Panjang

Pantai indah ini hanya berjarak 3 km dari pusat kota Bengkulu. Pantai panjang memiliki garis pantai yang memang panjang, yaitu 7 km! Disini Anda bisa bersantai menyusuri pantai putih, melihat deburan ombak, makan di resto dan cafe serta menginap di sekitar area ini.

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.