Banda Aceh BTJ (Sultan Iskandarmuda)

Harga Termurah, Informasi Bandara, Dan Pedoman Umum

Memesan penerbangan

 

Informasi bandara

Bandar Udara Sultan Iskandar Muda (BTJ) adalah bandara yang terletak di Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, dan merupakan bandara satu-satunya di kota ini yang sekaligus melayani penerbangan internasional mulai tahun 2011. Rute internasionalnya adalah menuju ke Penang serta Kuala Lumpur. Dibangun sejak tahun 1943 oleh pemerintah Jepang dan sekarang dikelola oleh PT Angkasa Pura II, bandara ini termasuk dalam daftar bandara ke-23 tersibuk di Indonesia.

Tak hanya berfungsi sebagai bandara saja, namun bandara ini pernah menjadi saluran untuk mengirim bala bantuan terhadap korban bencana alam, salah satunya adalah bencana Tsunami di Aceh pada Desember tahun 2004 silam. Hingga saat ini, luas landasan pacunya mencapai 3000 meter dengan lebar 45 meter.

Maskapai yang melayani penerbangan dari dan penerbangan menuju Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh:

1. Malindo Air

2. Air Asia Indonesia

3. Batik Air

4. Lion Air

5. Garuda Indonesia

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Informasi transportasi

1. Bus Damri

Terdapat sedikitnya 5 bus damri yang khusus melayani rute dari tengah kota Aceh, yaitu dari Masjid Baiturrahman menuju ke Bandara Sultan Iskandar Muda. Bus ini beroperasi dari pukul 6 pagi hingga 5 sore. Biaya per orang berkisar 20 ribu rupiah dan lama perjalanan selama 30 hingga 45 menit, tergantung dari kemacetan di jalan. Anda wajib datang lebih awal, karena jam kedatangan serta keberangkatan bus tidak pasti, tergantung jumlah penumpang.

2. Taxi

Apabila anda menggunakan taxi bandara, maka mereka sudah memiliki panduan tarif tersendiri. Biayanya mulai dari 90ribu hingga 800ribu rupiah, tergantung lokasi mana yang anda akan tuju, mulai dari Banda Aceh, Lhoknga, hingga Lhokseumawe. Layanan taxi ada terus menerus, sehingga tak perlu khawatir. Menariknya lagi, taxi di bandara bukan menggunakan sedan, melainkan kendaraan pribadi seperti Avanza, Innova, dan sejenisnya sehingga lebih luas dan menampung lebih banyak orang. Jangan lupa untuk menyediakan tips bagi supir taksi, karena sudah menjadi kebiasaan bagi warga Banda Aceh.

3. Kendaraan Pribadi

Anda juga bisa naik sepeda motor menuju ke bandara, ataupun meminta orang lain untuk menjadi ojek anda. Biaya parkir sepeda motor adalah seribu rupiah saja sekali masuk. Sedangkan jika anda membawa mobil, biayanya 3 ribu, dan mobil box 5 ribu rupiah. Waktu perjalanan pun bervariasi, mulai dari 30 menit – 1 jam, tergantung darimana anda berangkat.

Popular Airports

Informasi kota

Nanggore Aceh Darussalam, atau yang lebih dikenal dengan nama Aceh, merupakan sebuah kota yang berada di Pulau Sumatera bagian Utara. Melalui total luas sebesar 58.375 kilometer persegi, Aceh memiliki jumlah penduduk sebanyak lebih dari 4.5 juta orang. Aceh terkenal akan sumber daya alam berupa minyak serta gas bumi yang begitu melimpah. Jika anda berkunjung ke Aceh, jelas tak boleh melupakan 5 tempat wisata wajib ini:

1. Masjid Raya Baiturrahman

Dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612, Masjid ini menjadi salah satu wisata religi yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Aceh. Bangunan ini begitu megah serta dihiasi dengan air mancur yang menyegarkan jiwa di area depan lapangan Masjid.

2. Pantai Iboih

Letaknya yang berada di bagian Utara pulau Sumatera serta berdekatan dengan pesisir pantai, membuat Aceh memiliki begitu banyak pantai cantik. Pantai Iboih salah satunya, yang memiliki pasir putih serta air yang begitu jernih dengan suasana tenang. Disini anda dapat melakukan aktivitas snorkeling, ataupun hanya berteduh dan menikmati suasana pantai.

3. Pantai Lhoknga

Terletak lebih kurang 20km dari pusat kota Banda Aceh, pantai ini lokasinya berdekatan dengan Pantai Lampuuk. Banyak wisatawan yang menyukai pantai ini karena banyak pepohonan rindang untuk berteduh, sekaligus ombaknya cukup tinggi dan sesuai untuk para peselancar.

4. Air Terjun Blang Kolam

Meskipun letaknya agak terpencil di desa Sidomulyo, namun perjalanan anda akan terbayarkan saat anda melihat betapa mengagumkan serta indahnya air terjun kembar yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter ditengah-tengah hutan tersebut. Tarifnya tergolong murah, hanya 5 ribu rupiah saja per orang.

5. Museum Tsunami

Warga Indonesia tentu mengetahui tentang kejadian bencana alam Tsunami yang menimpa aceh pada tahun 2004 silam. Untuk menghormati serta mengenang kejadian memilukan tersebut, pemerintah memang membangun sebuah museum Tsunami yang akan mengingatkan kita tentang kejadian hari tersebut. Tentu saja, museum ini bisa dimasukkan sebagai daftar kunjungan anda saat berada di Aceh.

Banda Aceh Bandara — Sultan Iskandarmuda

4.7/5Dari 45 Suara

Kami menerima ATM/transfer bank, e-payment dan kartu kredit

Layanan Pelanggan 24/7

(+62) 81 22444 0000

Pesan tiket secara online atau lewat telepon!

Tim Customer Care kami dengan ramah akan memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan Anda 24 jam sehari. Pastikan Anda mengunjungi halaman Help (Bantuan) kami dimana ada banyak topik dibicarakan. Kami juga bisa dihubungi melalui Live Chat dan sosial media.